Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Humas Meliputi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Tugas Humas dan Contoh Humas Secara Lengkap

Pengertian Humas Menurut Pendapat Para Ahli

Pengertian Humas

Apa arti Humas? Pengertian Humas secara umum adalah salah satu bagian dari organisasi yang berfungsi untuk melakukan interaksi, hubungan, dan kerjasama dengan masyarakat yang terkait dengan organisasi tersebut.Humas merupakan singkatan dari Hubungan Masyarakat atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Public Relation (PR) yang bertanggungjawab dalam membangun dan mempertahanan reputasi, citra, dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan publik.

Dalam dunia bisnis, fungsi humas kerap dikaitkan dengan marketing, padahal sangat berbeda. Sebagai profesi, bidang Humas nantinya membantu mendidik, memberikan infomasi, membangkitkan ketertarikan masyarakat, merencanakan strategi untuk meraih simpati hingga membuat masyarakat mengerti dalam situasi tertentu.Seperti ketika perusahaan diterpa kasus tidak sedap yang mengancam citra baik, pihak humas nantinya akan memberikan edukasi dan berbagai upaya pada khalayak supaya tidak memberikan citra buruk tentang  perusahaan mereka.

Bidang ini akan menyusun berbagai strategi supaya mendapatkan simpati dan agar brand yang dibangun dengan susah payah tidak gelap begitu saja. Makanya pekerjaan humas nantinya akan berhubungan dengan pers dan tidak pernah lepas dari ilmu komunikasi.


Pengertian Humas Menurut Para Ahli dan Lembaga Humas Dunia

  1. The Public Relations Society of America
Menurut The Public Relations Society of America, Humas merupakan usaha yang dilakukan oleh organisasi untuk bisa mendapatkan kerjasama dengan sekelompok orang, membantu organisasi melaksanakan interaksi yang efektif, serta melakukan aktivitas komunikasi dengan publik utama.
  1. International Public Relations Association (IPRA)
Menurut International Public Relation Association, pengertian humas adalah sebuah fungsi manajemen yang terencana dan berkelanjutan, organisasi induk dan lembaga swasta atau publik yang bertujuan untuk mendapatkan pengertian, simpati, dan dukungan dari pihak – pihak terkait atau yang memiliki hubungan dengan penelitian opini publik di antara mereka.
  1. Public Relation World Conference
Menurut Public Relation World Conference, humas adalah gabungan seni dan ilmu yang dipakai untuk memprediksi kecendrungan, memperkirakan konsekuensi, memberikan masukan kepada pimpinan organisasi, serta melaksanakan rencana kegiatan yang telah direncanakan untuk memberikan pelayanan pada kepentingan publik dan organisasi induknya.
  1. The British Institute of Public Relation
Menurut The British Institute of Public Relation, pengertian humas adalah usaha terencana dan berkesinambungan yang dilaksanakan untuk membina dan memelihara itikad baik atau pun pengertian bersama di lapisan organisasi dengan masyarakatnya.
  1. Public Relations News
Menurut Public Relations News, humas merupakan salah satu fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan prosedural individual / organisasi yang memiliki kepentingan publik, serta membuat perencanaan dan melaksanakan program aksi dalam rangka mendapatkan pemahaman dan penerimaan publik.
  1. Scott M. Cutlip & Allen H. Center
Menurut Scott M. Cutlip & Allen H. Center, humas merupakan fungsi manajemen yang:
  • Menilai sikap publik
  • Mengidentifikasi kebijakan dan tata cara organisasi / perorangan dalam melayani kepentingan publik
  • Membuat perencanaan serta melaksanakan program kegiatan untuk mendapatkan pengertian, pemahaman, dan dukungan dari publik
  1. J.C Seidel
Menurut J.C Sidel, humas adalah proses berkesinambungan dari usaha – usaha manajemen untuk bisa mendapatkan itikad baik dan pengertian dari langganannya, pegawai, dan publik umum.
  1. Cultip, Center, & Broom
Menurut Cultip, Center, & Broom, humas merupakan fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan publik yang dapat memberikan pengaruh terhadap kesuksesan dan kegagalan organisasi tersebut.


Tujuan Humas

Berikut dibawah ini merupakan tujuan humas, yaitu :
  1. Membuka peluang menjadi lebih luas kepada para pemakai produk/lulusan dan pihak yang terhubung untuk partisipasi dalam meningkatkan mutu organisasi.
  2. Meningkatkan partisipasi, dukungan dan bantuan secara nyata dari masyarakat baik itu dalam bentuk tenaga, sarana prasarana maupun dana demi kemudahan dan terlaksananya tujuan organisasi.
  3. Menjadikan masyarakat ikut serta dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi.
  4. Membuat rangsangan dan menghidupkan kembali rasa tanggung jawab yang lebih besar kepada masyarakat terhadap berlangsungnya program organisasi tersebut secara efektif dan efisien.
  5. Menegakkan dan mengembangkan citra yang menguntungkan untuk organisasi kepada para pimpinan/stakeholdernya dengan sasaran yang terhubung yaitu publik internal dan publik eksternal.

Fungsi Humas

Berikut dibawah ini merupakan fungsi humas, yaitu :
  1. Menyediakan penerangan/pemahaman kepada publik
  2. Usaha mempersatukan sikap dan perilaku lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan masyaraka atau sebaliknya.
  3. Melaksanakan persuasi kepada publik untuk menjadikan sikap dan tingkah laku publik berubah.

Manfaat Humas

Berikut dibawah ini beberapa manfaat humas, diantaranya :
  1. Manajemen Krisis

    Hampir semua organisasi pernah mengalami masalah atau krisis. Hal ini membuat para pemimpin dan manajemen menyadari bahwa mereka perlu persiapan untuk mengatasi masalah, terutama yang berkaitan dengan hubungan pers.
  2. Menciptakan Identitas Perusahaan

    Secara umum, pihak yang bertanggung jawab untuk menciptakan identitas perusahaan adalah staf hubungan masyarakat (Humas).
  3. Hubungan Parlemen

    Hubungan parlemen adalah hubungan yang ada antara berbagai organisasi, baik secara langsung maupun dengan perantara. Hubungan parlemen sangat penting bagi pegawai negeri dan pemerintah untuk memahami kepentingan organisasi dan untuk mendapatkan informasi tentang hukum dan peraturan undang undang yang dapat memengaruhi perusahaan.

Tugas Humas (Hubungan Masyarakat)

Tentunya ada banyak sekali tugas dari humas (hubungan masyarakat) yang tidak bisa disebutkan secara keseluruhan dalam satu artikel ini. Namun secara umum, tugas dari humas dapat kita susun menjadi beberapa poin utama sebagai berikut.
  1. Menyebarluaskan informasi terkait gagasan, visi dan misi dari sebuah organisasi /perusahaan, agar maksud dan tujuan dapat tersampaikan dengan jelas, tanpa menimbulkan ketimpangan yang merugikan kedua belah pihak baik masyarakat atau badan organisasi atau perusahaan itu sendiri.
  2. Menyediakan materi teraktual terkait topik atau pembahasan yang akan disampaikan pemimpin organisasi kepada lapisan masyarakat, baik dalam bentuk seminar, pidato, ceramah, atau pun kajian umum dan sejenisnya.
  3. Menyampaikan informasi secara transaparan dan lugas kepada masyarakat, sesuai dengan apa yang disampaikan pemimpin organisasi kepada pihak humas.
  4. Merancang skema dan mengembangkan perencanaan terkait pelayanan masyarakat untuk pemimpin, dengan tujuan memperoleh simpatik yang berujung pada persetujuan masyarakat terhadap keinginan perusahaan atau organisasi.


Tugas Pokok Humas

Secara umum tugas utama humas adalah mempromosikan pengertian dan pengetahuan akan semua fakta tentang urutan situasi sehingga organisasi mendapatkan simpati dari situasi dan kejadian tersebut.

Tugas pokok humas pada sebuah organisasi adalah:
  1. Menciptakan Kesan/ Image - Kesan yang didapatkan seseorang terhadap seseorang, produk, atau situasi, sesuai dengan tingkat pengetahuan orang tersebut.
  2. Pengetahuan dan Pengertian - Humas sangat berperan dalam memberikan informasi kepada publik internal dan publik eksternal dengan menyediakan informasi yang akurat dan dalam format yang mudah dipahami.
  3. Menciptakan Ketertarikan (interest) - Humas juga harus mampu menciptakan ketertarikan publik terhadap situasi tertentu yang berdampak besar pada organisasi.
  4. Penerimaan - Humas bertanggungjawab dalam memberikan penjelasan kepada publik atas situasi atau kejadian sehingga sikap menentang, ketidakpedulian yang ada di sekitarnya dapat berubah menjadi pengertian dan penerimaan.
  5. Simpati - Humas harus bisa menyampaikan informasi secara jelas kepada publik untuk meraih simpati.


Contoh Humas (Hubungan Masyarakat)

1. Humas Media Cetak

Dalam hal ini, divisi humas (hubungan masyarakat) media cetak bertugas menyebarluaskan informasi berupa pernyataan tertulis ke media. Bukan kepada satu media saja, melainkan press release (siaran pers) dipublikasikan ke banyak media siaran.

2. Humas Media Audio Visual

Sedikit berbeda namun dengan tugas yang sama, yaitu menyebarluaskan informasi. Hanya saja, humas media audio visual lebih berfokus membagikan informasi melalui media siaran berbentuk audio (suara) dan visual (gambar/video). Dalam hal ini media yang dimaksudkan seperti: Radio dan televisi.

3. Humas Media Online

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, humas juga turut menyesuaikan diri dalam penyebaran informasi kepada masyarakat, salah satunya adalah dengan membentuk humas media online. Divisi humas media online bertanggung jawab menyebarluaskan informasi, melalui berbagai media yang dapat diakses dengan jaringan internet, dimanapun dan kapanpun. Dalam hal ini media yang dimaksudkan dapat berupa website ataupun situs publik.

Itulah beberapa pengertian humas yang coba diutarakan oleh para ahli humas di dunia. Semoga bermanfaat ya!

Penelusuran terkait
  • Pengertian humas menurut para ahli
  • Pengertian humas brainly
  • Tugas humas adalah
  • Definisi humas
  • Contoh humas
  • Kegiatan humas
  • Manfaat humas
  • Tujuan humas

Post a Comment for "Pengertian Humas Meliputi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Tugas Humas dan Contoh Humas Secara Lengkap"