Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian + Macam-macam Teknik Passing Bola Basket

 

Teknik Dasar Passing Dalam Bola Basket – Basket adalah permainan bola yang dilakukan oleh dua tim dan setiap tim terdiri dari lima orang. Dalam satu pertandingan dilakukan dalam 2 babak. Untuk memenangkan pertandingan basket, setiap pemain harus mampu menguasai teknik-teknik basket dengan baik. Terutama teknik passing.
Teknik passing dalam bola basket adalah suatu teknik yang dilakukan untuk mengumpan bola basket ke taman satu timnya. Passing biasanya dilakukan dengan satu tangan ataupun dua tangan. Berikut ini adalah beberapa macam teknik passing dalam bola basket:

Salah satu teknik dasar bola basket yang harus dikuasai oleh seorang pemain yaitu cara melakukan passing atau mengumpan. Berikut macam-macam passing dan cara mengejarkannya :
Macam-macam passing atau umpan diantanya yaitu :
 
 
 
 

1. Chest pass (operan dada)




 Chest pass adalah  teknik Chest pass dilakukan dengan mengangkat bola di depan dada dan kemudian dorong dengan kuat dan cepat untuk rekan satu tim. Chest pass Atau operan dada yang umum digunakan bila tidak ada pemain bertahan diantara pengoper dan rekan setimnya. Cara melakukan operan ini adalah memegang bola setinggi dada dan dekat dengan badan. Siku ditekuk dan jari-jari terbuka memegang bola. Saat bola dilepaskan, lengan dan tangan diluruskan dengan telapak menghadap ke luar.


2. Bounce pass



Bounce pass adalah teknik passing yang dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai. Hal ini bertujuan untuk mengecoh lawan dan menghindari lawan yang akan membendung dan merebut bola tersebut. Bounce pass biasa dilakukan ketika ada penghalang di antara pengoper dan penerima bola.



3. Overhead pass



 Teknik Passing dilakukan dengan memegang bola di atas kepala dan kemudian melemparkan rekan satu tim yang tidak dijaga ketat. Overhead pass adalah sangat berguna untuk serangan menghindari dari lawan yang berada tepat di depan kita. Teknik overhead pass  yang umumnya digunakan ketika postur Passer dan penerima lebih tinggi dari pemain lawan yang dihadapi atau sebagai lemparan yang mengawali serangan cepat setelah bola memantul, atau saat lemparan kedalam.


4. Baseball pass





 Baseball pass adalah Operan jarak jauh yang dilakukan dari lebih setengah panjang lapangan. Teknik melewati dilakukan dari jarak jauh hanya menggunakan satu tangan. operan ini kurang akurat ketika dilempar ke arah  rekan tim, tapi operan ini dapat digunakan untuk serangan balik Dengan cepat saat lawan belum kembali ke daerah pertahanan.


5. Back pass


 Back pass adalah Teknik passing Cang dilakukan dengan menggunakan satu tangan dari balik punggungnya. operan ini biasanya digunakan untuk menyerang dan menerobos pertahanan lawan dengan cepat. Teknik back pass dapat digunakan baik ketika Passer atau pengoper dan penerima keduanya pada jarak dekat.Operab ini dianggap operan angan-angan, namun sekarang sudah menjadi senjata menyerang yang umum. Keunggulan umpan ini yaitu lawan tidak mengetahui sasaran yang ingin dituju.
 
 
 

Demikian pengertian tentang passing bola basket dan macam-macam nya, semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin belajar tentang bola basket. Sekian terima kasih


Penelusuran yang terkait dengan Macam-macam Teknik Passing Bola Basket
  • cara melakukan passing bola basket
  • 4 macam passing dalam bola basket
  • sebutkan macam-macam passing dengan satu tangan dalam permainan bola basket
  • macam macam passing dalam bola basket dan pengertiannya
  • teknik dasar bola basket
  • macam macam passing dalam bola voli
  • sebutkan dan jelaskan bagaimana macam macam cara melakukan teknik passing bola basket
  • sebutkan empat jenis passing dasar yang harus dikuasai pemain dalam permainan bola basket

Post a Comment for "Pengertian + Macam-macam Teknik Passing Bola Basket"