Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis - jenis Peta dan Fungsinya Beserta Contohnya Secara Lengkap


 Pengertian Peta

Istilah peta berasal dari bahasa Yunani, yaitu mappa, yang artinya taplak atau kain penutup meja. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta adalah kartografi.Peta adalah sebuah gambaran permukaan Bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan skala tertentu. Peta umumnya dibuat dalam berbagai bentuk.Di antaranya, peta konvensional (gambar datar) dan peta digital yang bisa ditampilkan pada komputer dan smartphone.Dengan menggunakan peta, kita bisa melihat sebagian atau seluruh permukaan Bumi atau suatu wilayah.

 

Baca Juga: Pengertian Asean : Anggota, Prinsip, Sejarah, Lambang, Tujuan Dibentuknya beserta Bentuk Kerja Sama Pada ASEAN



Tujuan Peta

Tujuan pembuatan peta yaitu memberikan informasi tentang ruang suatu wilayah dan menggambarkan data mengenai sebuah wilayah.Misalnya, perhitungan luas dan jarak suatu wilayah.

 

 Fungsi Peta

Jika melihat dari sejarahnya, peta sudah digunakan sejak zaman dahulu sampai sekarang. Adapun pembuatan peta ini mempunyai beberapa fungsi di berbagai bidang, antara lain :

  • Memberikan informasi posisi atau letak daerah tertentu di permukaan bumi. Dengan membaca peta kita dapat mengetahui lokasi relative suatu wilayah yang kita lihat.
  • Menunjukan informasi tentang ukuran dan arah suatu tempat di permukaan bumi.
  • Memberikan informasi tentang bentuk-bentuk permukaan bumi seperti negara, benua, gunung, sungai dan lainnya, sehingga dimensi dapat terlihat dalam peta.
  • Menyajikan data tentang potensi suatu daerah misalnya pulau Kalimantan memiliki banyak daerah tambang, dan pulau Jawa memiliki banyak persawahan.
  • Mempermudah peneliti menganalisis kondisi daerah yang akan diteliti sebelum melakukan penelitiannya. Diantaranya untuk mengetahui ketinggian suatu wilayah, pola curah hujan, dan kelembapan suatu daerah.
  • Sebagai alat untuk mempelajari fenomena alam, peristiwa sosial, atau gejala geografi di permukaan bumi.


Unsur-Unsur dalam Peta

Peta memiliki istilah yang membantu kita untuk bisa memahami isi peta. Berikut ini istilah yang biasanya ada dalam peta.

  1. Judul - Peta harus memiliki judul. Tujuannya, untuk menjelaskan jenis peta. Judul biasanya terletak di atas gambar.
  2. Petunjuk arah - Petunjuk arah biasanya berada pada bagian ruang kosong di peta. Petunjuk arah berisi simbol arah mata angin. Tujuannya untuk mengetahui arah pada peta, seperti utara, selatan, timur, dan barat.
  3. Legenda - Legenda peta berfungsi untuk menjelaskan keterangan simbol-simbol yang terdapat pada peta. Legenda biasanya berada di sudut kiri peta.
  4. Skala peta - Skala merupakan perbandingan jarak antara keadaan pada peta dengan keadaan sebenarnya.

 

 

Jenis-Jenis Peta Berdasarkan Isi

1. Peta umum

Jenis-jenis peta berdasarkan isinya yang pertama adalah peta umum. Di dalam peta umum menggambarkan sebagian atau seluruh permukaan bumi yang data kamu lihat secara umum. Peta umum juga menunjukkan kenampakan alam dan kenampakan buatan manusia. Peta umum dikenal menjadi tiga macam yaitu:

  •  Peta dunia 
  • Peta korografi, yaitu peta yang menjelaskan dan menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan. Misal peta kota Jawa Timur. 
  • Peta topografi, yaitu peta yang menggambarkan dan menjelaskan permukaan relief bumi dengan garis-garis kontur sebagai penjelasnya. Garis-garis ini menunjukkan permukaan bumi atau perbedaan ketinggian pada suatu tempat. Misalnya sungai, jalan, pemukiman dan lain-lain.

2. Peta khusus atau peta tematik

Jenis-jenis peta berdasarkan isi selanjutnya adalah peta khusus atau peta tematik. Peta ini biasanya menggambarkan dan menjelaskantentang suatu aspek atau gejala khusus pada permukaan bumi. Misalnya peta penyebaran flora dan fauna, peta kepadatan penduduk, peta persebaran hasil tambang dan lain sebagainya.

 

Jenis-Jenis Peta Berdasarkan Bentuk

1. Peta digital

Berdasarkan namanya, jenis-jenis peta satu ini dibuat menggunakan bantuan komputer. Peta digital akan menampilkan data-data yang disimpan di dalam memori komputer. Untuk melihatnya, peta digital ini ditayangkan melalui layar monitor komputer dengan menggunakan program map info dan arc info.

2. Peta timbul

Peta timbul adalah peta yang dibuat secara 3 dimensi. Peta ini terlihat mirip dengan bentuk permukaan bumi sebenarnya. Pada peta timbul memiliki warna dan permukaan yang timbul serta kontur-kontur yang jelas. Misalnya area pegunungan maka permukaan peta akan tampak menjulang, warna laut, warna dataran rendah dan tinggi juga tampak berbeda.

3. Peta datar

Peta datar adalah salah satu jenis-jenis peta yang dibuat pada bidang yang datar seperti kertas, kain, kanvas ataupun triplek. Secara umum peta ini tampak seperti peta yang sering kita gunakan dan kita kenali. Terdapat gambar permukaan bumi, warna yang berbeda-beda dan penjelasan skala serta simbol.

 

Jenis-jenis Peta Berdasarkan Skala

1. Peta skala kecil

Peta skala kecil biasanya digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan wilayah yang luas, seperti peta Indonesia, peta Thailand, peta Inggris dan sebagainya. Peta skala kecil yaitu peta yang memiliki ukuran skala antara 1:500.000 sampai 1:1.000.000.

2. Peta skala sedang

Peta ini memiliki ukuran skala antara 1:250.000 sampai 1:500.000. Peta ini digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan peta dengan wilayah yang agak besar. Contohnya peta provinsi Jawa Timur, peta provinsi Bangka Belitung dan sebagainya.

3. Peta skala besar

Jenis-jenis peta selanjutnya adalah peta skala besar. Peta ini memiliki ukuran skala antara 1:5.000 sampai 1:250.000. Biasanya peta ini digunakan untuk wilayah yang sempit. Misalnya peta Kelurahan Kampung Rawa, peta Kelurahan Tanjung Benoa, peta Kelurahan Muara Rapak dan sebagainya.

4. Peta kadaster

Peta kadaster pada umumnya adalah peta yang menunjukkan wilayah peta tanah ataupun peta yang ada di dalam sertifikat tanah. Peta kadaster memiliki ukuran skala antara 1:100 sampai 1:5.000.

5. Peta geografis

Skala peta ini memiliki skala antara 1:1.000.000. Peta geografis adalah salah satu jenis-jenis peta yang biasanya digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan tentang sekumpulan negara di bumi. Misalnya peta negara-negara di Asia, peta negara-negara bagian benua Amerika, peta negara-negara di Afrika, peta negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: Pengertian Awan Sirus Meliputi Proses Terbentuk, Ciri-Ciri, dan Jenisnya

 

 Penelusuran yang terkait dengan Peta adalah

  • peta umum adalah
  • komponen peta
  • unsur-unsur peta
  • pengertian peta
  • fungsi peta adalah
  • skala peta adalah
  • judul peta adalah
  • apa yang dimaksud dengan peta

Post a Comment for "Jenis - jenis Peta dan Fungsinya Beserta Contohnya Secara Lengkap"