Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Perpustakaan - Jenis-jenis, Fungsi Perpustakaan Besera Tujuan Perpustakaan Secara Lengkap

Pengertian Perpustakaan Secara Lengkap

Apa sih perpustakaan?

Kata ‘perpustakaan’ sangat akrab pada hampir setiap telinga, terutama bagi mereka yang kesehariannya berkecimpung dengan dunia sekolahan. Para guru adalah di antara mereka yang sangat akrab dengan dunia perpustakaan. Kehidupan keguruan mereka sangat bergantung kepada keberadaan perpustakaan. Setiap kali para guru menyampaikan materi ajar kepada para siswa,  sesunggunya yang mereka lakukan adalah berbagi hasil pustaka kepada siswa. Bisa disebut begitu karena para guru terlebih dahulu mengambil berbagai macam sumber bacaan dari perpustakaan (bisa jadi dari perpustakaan pribadi atau perpustakaan lain), kemudian mereka baca, cerna,  dan dengan kemampuan intelektual-pedagogisnya bacaan tersebut disintesakan. Kemudian, dibagikannyalah hasil sintesa bacaannya tersebut kepada para siswa secara cermat sehingga terjadilah perubahan pada pengetahuan dan sikap siswa.
Sedangkan bagi para siswa, perpustakaan menempati posisi yang lebih krusial (penting), karena perpusatakaan merupakan tempat rekreasi yang konstruktif-edukatif selain kelas. Melihat kedudukannya yang begitu penting, maka tidaklah heran jika para siswa merasa sangat sedih ketika mereka menemukan jam kunjung perpustakaan sangat pendek. Para siswa merasa bahagia jika jam kunjung perpustakaan dimulai dari jam 6.30 pagi dan belum tutup diatas jam 2 siang, agar memungkinkan untuk melakukan pinjaman atau membaca buku di luar jam pelajaran.

Sebelum mendeskripsikan lebih lanjut mengenai pentingnya perpustakaan. Mari kita akrabi terlebih dahulu, apa itu perpustakaan. Dalam konteks tradisional, perpustakaan diartikan sebagai kumpulan buku. Sedangkan pada masa kekinian, perpustakaan mengacu lebih dari sekedar kumpulan buku, tetapi “kumpulan informasi, sumber, dan layanan yang dikelola oleh lembaga masyarakat, institusi, atau perorangan” (Anaba Alemma, 2003).
Merujuk kepada siapa pengelola perpustakaan, maka kita kenal berbagai jenis perpustakaan. Salahsatunya adalah perpustakaan sekolah yang tidak saja memberikan layanan pinjaman buku, tetapi juga menjadi pusat informasi, sumber belajar, sekaligus menjadi petunjuk keseriusan sekolah dalam memberikan layanan pendidikan bagi semua warga sekolah.
Perpustakaan pribadi adalah perpusatakaan milik seseorang dan biasanya tidak disiapkan untuk memberikan layanan kepada publik. Berlawanan dengan perpustakaan pribadi, perpustakaan umum malah melayani semua lapisan masyarakat. Perpustakaan umum disebut pula “Universitas Masyarakat” karena kehandalannya dalam melayani setiap individu untuk menjadi kaya pengetahuan, atau secara tidak langsung mempersenjatai anggota masyarakat dengan pengetahuan sesuai dengan kebutuhannya.
Sedangkan perpustakaan yang menyediakan layanan bagi mereka yang sedang menimba ilmu di tingkat universitas, ada perpustakaan universitas. Bagi sebuah universitas, perpustakaan disamakan posisinya sebagai jantungnya universitas. Hal ini didasarkan pada fungsi perpustakaan universitas sebagai pusat kegiatan universitas, mulai dari sebagai tempat dimana ditemukannya materi perkuliahan, tempat mengakses hasil-hasil penelitian, periodical (majalah dan jurnal ilmiah), dan manuscript (tulisan asli sebelum dipublikasikan).


Kini dikenal pula perpustakaan digital, yakni perpustakaan maya. Salah satu layanan perpustakaan digital adalah  Online Public Access, yaitu layanan yang dapat diakses siapa saja, dari mana saja, dan kapan saja, serta hebatnya mengenai apa saja, semuanya tersedia.
Selain menyediakan buku, perpustakaan juga menyediakan hal lain. Pada perpustakaan modern, perpusatakaan difungsikan pula sebagai tempat penyimpanan dan poin akses untuk peta, lukisan, dokumen atau hasil seni seperti mikrofilm, audio tapes, CD, LP, kaset, viodetape, dan DVD. Bahkan, dia dapat pula memberikan layanan bagi publik  untuk dapat mengakses ke CD-ROMs, masuk ke database, dan akses internet. Bagi perpustakaan modern, perpustakaan tidak lagi dibatasi oleh dinding untuk dapat mengakses informasi dalam berbagai format dari berbagai sumber.
Tetapi, sesederhana atau secanggih apapun sebuah perpustakaan, tidak ada gunanya jika semua layanan yang tersedia di dalamnya tidak ada yang memanfaatkan. Maka melalui tulisan ini, saya menghimbau untuk kembali mengingat apa sih perpustakaan dan sekaligus mengajak untuk kembali menghidupkan perpustakaan,  sehingga fungsi perpustakaan sebagai gudang ilmu, tempat menyimpan ilmu berubah menjadi tempat untuk melaksanakan self-education (mendidik diri sendiri). Dan, cara paling sederhana untuk mewujudkan self-education adalah dengan membaca. Ketika perpustakaan dipenuhi oleh individu-individu yang membaca, tidak diragukan lagi kemajuan sedang terjadi. Karena memang itulah tujuan dari perpustakaan ‘mengubah ke arah yang lebih baik melalui self-education dengan cara membaca’



Jenis-jenis Perpustakaan

Menurut Sutarno NS (2006:37) jenis-jenis perpustakaan adalah sebagai berikut:
  • Perpustakaan Nasional RI

Merupakan Perpustakaan Nasioal yang berkedudukan di Ibu Kota Negara Indonesia yang mempunyai jangkauan dan ruang lingkup secara Nasional dan merupakan salah satu Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) yang bertanggung jawab kepada Presiden.
  • Badan Perpustakaan Daerah

Badan perpustakaan daerah atau lembaga lain yang sejenis adalah yang berkedudukan di tiap provinsi di Indonesia yang mengelola perpustakaan.
  • Perpustakaan Umum

Perpustakaan umum diibaratkan sebagai Universitas Rakyat atau Universitas Masyarakat, maksudnya adalah bahwa perpustakaan umum merupakan lembaga pendidikan bagi masyarakat umum.
  •   Perpustakaan Perguruan Tinggi

Perpustakaan yang berada di Perguruan Tinggi, baik berbentuk Universitas, Akademi, Sekolah Tinggi, ataupun Institut. Keberadaan, tugas dan fungsi perpustakaan tersebut adalah dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, meliputi pendidikan, penelitian / riset dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan sekolah berada di sekolah, dikelola sekolah, dan berfungsi untuk sarana kegiatan belajar mengajar, penelitian sederhana, menyediakan bahan bacaan, dan tempat rekreasi.
  • Perpustakaan Khusus

Perpustakaan khusus berada pada lembaga-lembaga pemerintahan dan swasta. Perpustakaan tersebut diadakan sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan yang berkaitan baik langsung maupun tidak langsung dengan instansi induknya.
  • Perpustakaan Lembaga Keagamaan

Merupakan perpustakaan yang dimiliki dan dikelola oleh lembaga-lembaga keagamaan, misalnya perpustakaan, masjid, gereja.
  • Perpustakaan Internasional

Perpustakaan Internasional Merupakan perpustakaan internasional yang memiliki koleksi yang menyangkut negara-negara anggota atau negara-negara yang berafiliasi kepada lembaga dunia tersebut. Perpustakaan ini dikelola dan diselenggarakan lembaga internasional.
  • Perpustakaan Kantor Perwakilan Negara-negara Asing 

Merupakan perpustakaan yang dimiliki dan diselenggarakan oleh lembaga / kantor perwakilan Negara masing-masing. Contohnya perpustakaan lembaga kebudayaan amerika dan pusat kebudayaan jepang
  • Perpustakaan Pribadi / Keluarga 

Merupakan perpustakaan yang dimiliki dan dikelola oleh perorangan atau orang-orang tertentu bersama anggota keluarganya.
  • Perpustakaan Digital 

Perpustakaan digital bukan merupakan salah satu jenis perpustakaan yang berdiri sendiri, tetapi merupakan pengembangan dalam system pengelolaan dan layanan perpustakaan.


Fungsi Perpustakaan

Fungsi suatu perpustakaan adalah sebagai berikut:
  • Fungsi Penyimpanan

Dalam fungsi penyimpanan, perpustakaan menyimpan koleksi tetapi tidak semua koleksi bisa dijangkau oleh perpustakaan.
  • Fungsi Informasi

Dalam fungsi informasi, perpustakaan menyajikan berbagai informasi yang dibutuhkan masyarakat melalui buku, majalah dan sebagainya.
  • Fungsi Pendidikan

Fungsi pendidikan artinya perpustakaan adalah tempat yang menyediakan sarana untuk belajar baik dilingkungan formal ataupun non formal.
  • Fungsi Rekreasi

Fungsi rekreasi artinya perpustakaan berisikan berbagai sumber informasi hiburan seperti cerita rakyat, puisi, dan lain sebagainya sehingga masyarakat bisa meningkati rekreasi kultural dengan membacanya.
  • Fungsi Kultural

Perpustakaan berfungsi untuk mendidik dan mengembangkan apresiasi budaya masyarakat dengan berbagai aktivitas, contohnya pameran, bedah buku, seminar, pertunjukan dan lain sebagainya.
Dalam Ketentuan peraturan tahun 1980. Tugas pokok Perpustakaan Nasional Republik Indonesia adalah menyelenggarakan pengumpulan, penyimpanan, serta pelestarian terbitan Indonesia sebagai khasanah kebudayaan serta menjamin pemeliharaan terbitan Indonesia. Maka fungsi Perpustakaan Nasional adalah sebagai berikut:
  • Mengumpulkan, mengatur dan menyediakan karya tulisan yang diterbitkan di Indonesia
  • Menjadi pusat terbitan Indonesia, baik pemerintah ataupun swasta
  • Menentukan standar dari sistem, organisasi, pelayanan, dan mutu koleksi perpustakaan di Indonesia.
  • Menyelenggarakan kursus tingkat nasional untuk pegawai perpustakaan.
  • Memprakarsai kerjasama dengan lembaga di luar negeri, dalam pertukaran publikasi, peminjaman antar perpustakaan, penyusuan bibliografi dan pembuatan microfilm.
  • Menyusun dan menerbitkan bibliografi nasional
  • Menyusun katalog induk.

 

Tujuan Perpustakaan

Tujuan dari perpustakaan adalah dapat membantu masyarakat untuk semua umur. Maka tujuannya adalah agar:
  • Bisa mendidik dirinya sendiri secara berkesinambungan
  • Bisa tanggap dalam kemajian pada berbagai lapangan ilmu pengetahuan, kehidupan sosial dan politik
  • Dapat memelihara kemerdekaan berfikir yang membangun supaya menjadi anggota keluarga dan masyarakat yang lebih baik.
  • Bisa mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, membina rohani dan bisa memakai kemampuannya supaya dapat menghargai seni dan budaya manusia.
  • Untuk peningkatan taraf hidup sehari-hari dan lapangan pekerjaan.
  • Dapat menjadi warga negara yang baik dan dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional dan dalam membina rasa saling pengertian antar bangsa
  • Bisa memanfaatkan waktu senggang dengan baik yang bermanfaat untuk kehidupan pribadi dan sosial



Artikel Terkait
  • Pengertian PERPUSTAKAAN sekolah
  • Pengertian PERPUSTAKAAN menurut para ahli
  • Pengertian perpustakaan menurut KBBI
  • Pengertian PERPUSTAKAAN pdf
  • Pengertian PERPUSTAKAAN mini
  • Pengertian PERPUSTAKAAN Nasional
  • Pengertian perpustakaan menurut Sutarno
  • Pengertian PERPUSTAKAAN menurut UU No. 43 Tahun 2007
  • Materi Perhotelan 
  • Materismk.my.id

Post a Comment for "Pengertian Perpustakaan - Jenis-jenis, Fungsi Perpustakaan Besera Tujuan Perpustakaan Secara Lengkap"