Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli melalui Berbagai Pendekatan dan Bidang-bidang Ilmu Politik

Pengertian Ilmu Politik Secara Umum

Definisi Ilmu Politik

Ilmu politik merupakan ilmu yang mempelajari politik atau politics atau kepolitikan. Politik adalah usaha menggapai kehidupan yang baik. Di Indonesia kita mengenal sebuah pepatah “gemah ripah loh jinawi”. Orang Yunani Kuno terutama Plato dan Aristoteles menamakannya sebagai en dam onia atau the good life.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa politik dalam suatu negara (state) berkaitan dengan masalah kekuasaan (power), pengambilan keputusan (decision making), kebijakan publik (public policy) dan alokasi atau distribusi (allocation or distribution). Pemikiran politik di dunia barat banyak dipengaruhi oleh filsuf Yunani Kuno abad ke-5 SM, seperti Plato dan Aristoteles menganggap politik sebagai suatu usaha untuk mencapai masyarakat politik yang terbaik.
 
Dewasa ini definisi mengenai politik yang sangat normatif itu telah mendesak yang lebih menekankan pada upaya (means) untuk mencapai masyarakat yang baik, seperti kekuasaan, pembuatan keputusan, kebijakan, alokasi nilai dan sebagainya. Pada umumnya politik dapat dikatakan bahwa politik adalah usaha untuk mentukan peraturan-peraturan yang dapat diterima baik oleh sebagian besar warga, untuk membawa masyarakat ke arah kehidupan bersama yang harmonis. Usaha untuk menggapai the good life ini menyangkut bermacam-macam kegiatan yang antara lain menyangkut proses penentuan tujuan dari sistem, serta cara-cara melaksanakan tujuan tersebut. Cara-cara yang dapat dipakainya dapt bersifat persuasi (meyakinkan) dan jika perlu bersifat paksaan (coercion). Tanpa unsur paksaan, kebijakan ini hanya merupakan perumusan keinginan (statement of intent) belaka.
 

Ilmu politik pada dasarnya merupakan frasa kata yang terdiri dari dua kata yaitu ilmu dan politik. Jika diartikan berdasarkan dua frasa kata ini, maka dapat diartikan bahwa ilmu politik merupakan ilmu khusus yang membahas mengenai politik. Segala sesuatu yang berkaitan dengan politik akan dibahas dalam ilmu politik ini. Menurut pendapat saya sendiri, “Ilmu politik merupakan wadah untuk mempelajari bagaimana mengatur, mengelola, membuat, mengaplikasikan, dan mengendalikan berbagai kebijakan yang berkaitan terhadap sebuah negara beserta dengan personil-personil dan juga rekanan-rekanannya dengan baik dan benar, sehingga seluruh personil dan rekanan negara tersebut merasa saling untung dan diuntungkan”.
Ada banyak sekali definisi dari ilmu politik yang diungkapkan oleh para ahli. Beberapa Ahli membagi-bagi definisi mereka mengenai ilmu politik melalui berbagai pendekatan.
  1. Pendekatan Negara
Menurut Roger F. Sultau dalam bukunya berjudul ‘Introduction to Politics’, “Ilmu Politik mempelajari negara, tujuan-tujuan negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan-tujuan tersebut; hubungan antara negara dengan warga negaranya serta dengan negara-negara lainnya”
  1. Pendekatan Kekuasaan
Menurut Haroled D. Laswell dan A. Kaplan dalam buku mereka ‘Power Society’ mengungkapkan bahwa “Ilmu politik adalah mempelajari pembentukan dan pembagian kekuasaan”
  1. Pendekatan Pengambilan Keputusan
Menurut Joyce Mitchell dalam buku berjudul ‘Political Analysis anda Public Policy’ mengungkapkan bahwa “Ilmu Politik adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijaksanaan umum untuk masyarakat seluruhnya”
  1. Pendekatan Kebijaksanaan
David Easton dalam buku miliknya yang berjudul ‘The Polical System’ mengutarakan bahwa, “Ilmu Politik merupakan studi mengenai terbentuknya kebijaksanaan umum”
  1. Pendekatan Pembagian (Distribusi)
Dalam buku berjudul ‘Who Gets What, When and How’, Harold laswell menutarakan bahwa “Ilmu Politik adalah masalah siapa mendapat apa, kapan dan bagaimana.”


  • Miriam Budiardjo: Menurut Miriam Budiardjo, bahwa pengertian ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari tentang perpolitikan. Politik diartikan sebagai usaha-usaha untuk mencapai kehidupan yang baik. Orang Yunani seperti plato dan aristoteles menyebutnya sebagai en dam onia atau the good life (kehidupan yang baik). 
  • Deliar Noer: Pengertian ilmu politik menurut Deliar Noer yang dalam buku pengantar pemikiran politik, ilmu politik memusatkan perhatian pada masalah kekuasaan dalam kehidupan bersama atau masyarakat. 
  • Sri Sumantri: Pengertian ilmu politik menurut Sri Sumantri bahwa ilmu politik adalah pelembagaan dari hubungan antar manusia yang dilembagakan dalam bermacam-macam badan politik baik suprastruktur politik dan infrastruktur politik.  
  • Ramlan Surbakti: Pengertian ilmu politik menurut Ramlan Surbakti adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat, dalam rangka proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu. 
  • Kosasih Djahiri: Pengertian ilmu politik menurut Kosasih Djahiri bahwa ilmu politik melihat kekuasaan sebagai inti dari politik melahirkan sejumlah teori mengenai cara memperoleh dan melaksanakan kekuasaan. Sebenarnya setiap individu tidak dapat lepas dari kekuasaan, sebab memengaruhi seseorang atau sekelompok orang yang dapat menampilkan laku seperti yang diinginkan oleh seseorang atau pihak yang memengaruhi. 
  • Idrus Affandi: Menurut Idrus Affandi, pengertian ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari kumpulan manusia yang hidup teratur dan memiliki tujuan yang sama dalam ikatan negara. 

Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli Luar Negeri 

  • Roger. F. Soltau: Pengertian ilmu politik menurut Roger. F. Soltau adalah ilmu yang mempelajari negara, tujuan-tujuan negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan-tujuan itu; hubungan antara negara dengan warga negaranya serta dengan negara-negara lain. 
  • Karl W. Deutsch: Menurut Karl W. Deutsch bahwa pengertian politik adalah pengambilan keputusan melalui sarana umum.
  • Ossip K. Flectheim: Pengertian ilmu politik menurut Ossip K. Flectheim adalah ilmu sosial yang khusus mempelajari sifat dan tujuan dari negara sejauh negara merupakan organisasi kekuasaan beserta sifat dan tujuan gejala-gejala kekuasaan lain yang tak resmi yang dapat mempengaruhi negara. 
  • J. Barents: Pengertian ilmu politik menurut J. Barents bahwa ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari kehidupan suatu negara yang merupakan bagian dari kehidupan masyarakat, ilmu politik mempelajari negara-negara itu melakukan tugas-tugasnya. 
  • Goodin: Pengertian ilmu politik menurut Goodin bahwa ilmu politik adalah penggunaan kekuasaan sosial secara paksa. Jadi, ilmu politik dapat diartikan sebagai sifat dan sumber paksaan itu serta cara menggunakan kekuasaan social dengan paksaan tersebut. 
  • Isjware: Menurut Isjware, pengertian ilmu politik adalah perjuangan untuk memperoleh kekuasaan atau teknik menjalankan kekuasaan-kekuasaan atau masalah-masalah pelaksanaan dan kontrol kekuasaan/pembentukan dan penggunaan kekuasaan. 
  • Adolf Grabowsky: Pengertian ilmu politik menurut Adolf Grabowsky bahwa politik adalah penyelidiki negara dalam keadaan bergerak. Golongan pendefinisian institusional ini mempelajari lembaga-lembaga politik dengan negara sebagai pusat pembahasannya. 
  • Hoogerwerf: Pengertian ilmu politik menurut Hoogewerf adalah kebijakan pemerintah, proses terbentuknya serta akibat-akibatnya. 
  • Mas Weaber: Pengertian ilmu politik menurut Max Weaber adalah kemampuan untuk membuat orang lain melakuikan sesuatu yang tidak dikehendakinya.
  • Paul Janet: Menurut Paul Janet bahwa pengertian ilmu politik merupakan sebagai ilmu yang mengatur perkembangan negara begitu juga prinsip-prinsip pemerintahan.

Dalam Contemporary Political Science terbitan UNESCO 1950, ilmu politik dibagi menjadi empat bidang, yaitu:
1.Teori politik
  • Teori politik;
  • Sejarah perkembangan ide-ide politik.
2.Lembaga-lembaga politik
  • Undang-undang Dasar;
  • Pemerintah nasional;
  • Pemerintah daerah dan lokal;
  • Fungsi ekonomi dan sosial dari pemerintah;
  • Perbandingan lembaga-lembaga politik.
3.Partai-partai, golongan-golongan (groups) dan pendapat umum
  • Partai-partai politik;
  • Golongan-golongan dan asosiasi-asosiasi;
  • Partisipasi warga negara dalam pemerintah dan administrasi;
  • Pendapat umum.
4.Hubungan Internasional
  • Politik internasional;
  • Organisasi-organisasi dan administrasi internasional;
  • Hukum Internasional.
Teori politik yang merupakan bidang pertama dari ilmu politik adalah bahasan sistematis dan generalisasi-generalisasi dari fenomena politik. Teori politik bersifat spekulatif sejauh menyangkut norma-norma untuk kegiatan politik, tetapi dapat juga bersifat menggambarkan atau membandingkan atau berdasarkan logika. Ide-ide politik sering juga dibahas menurut sejarah perkembangannya, oleh karena setiap ide politik selalu erat hubungannya dengan pikiran-pikiran dalam masa ide itu lahir.


Hubungan Ilmu Politik Dengan Ilmu Sosiologi

Hubungan ilmu politik dengan ilmu sosiologi, yaitu dijelaskan bahwa:
  1. sosiologi umum general sosiology, algemene sociologie)
  2. sebagai ilmu tentang pengelompokan dan hubungan-hubungan sosial.
  3. politik dan ekonomi
  4. politik dan antropologi
  5. politik dan sejarah
Dua pernyataan mengenai hubungan ilmu politik dengan ilmu lainnya mungkin sudah dapat lebih memperjelas bahwa ilmu politik merupakan ilmu pengetahuan, karena ilmu politik berhubungan dengan ilmu ekonomi dan antropologi yang notabene kedua ilmu tersebut termasuk ilmu terapan, seperti yang kita lihat atau tertera pada table di atas.



Lingkup Ilmu Politik


Ruang lingkup ilmu politik sangat luas dan para ahli telah membagi bidang ilmu politik menjadi lima sub-disiplin ilmu yaitu teori politik, administrasi publik, politik komparatif, hubungan internasional, dan hukum publik. Perlu dicatat bahwa sub-disiplin ini mencakup keseluruhan ekonomi politik modern dan memberikan dasar untuk studi dan pemahaman tentang bagaimana ekonomi politik global bekerja.

Studi tentang hal-hal mengenai alokasi dan distribusi serta transfer kekuasaan adalah salah satu keasyikan utama para ilmuwan politik. Keberhasilan atau sebaliknya dari struktur tata kelola diukur oleh para ilmuwan politik yang memeriksa faktor beragam dan berlapis-lapis di tempat kerja yang berkontribusi terhadap tata kelola yang baik atau buruk.

Ruang lingkup para ilmuwan politik sekarang telah diperluas untuk mencakup bidang studi pemilihan demokratis di seluruh dunia. Dengan kata lain, dengan ledakan dalam sistem politik di seluruh dunia, para ilmuwan politik, dan ruang lingkup studi mereka telah sangat ditingkatkan.

Pentingnya Ilmu Politik

Pentingnya ilmu politik terletak pada kenyataan bahwa kita semua hidup dalam sistem politik dan kita dipengaruhi oleh perubahan ekonomi politik global. Dengan munculnya globalisasi, telah terjadi peningkatan minat masyarakat dunia dalam memahami sistem politik negara-negara lain.

Oleh karena itu, para ilmuwan politik menjadi dihargai dan penting karena mereka menyediakan lensa yang melaluinya kita dapat memahami ekonomi politik global. Ada banyak universitas yang memberikan gelar sarjana dan tingkat yang lebih tinggi dalam ilmu politik dan dalam beberapa tahun terakhir, karena minat baru dalam ilmu politik sebagai bidang studi, ada banyak peserta untuk kursus ini.



Itulah sedikit informasi mengenai pengertian ilmu politik yang dapat kami bagikan untuk Anda. Semoga sedikit informasi yang kami bagikan ini dapat membantu Anda dalam mempelajari dasar-dasar dari ilmu politik ini.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Ilmu Politik
  • pengertian ilmu politik menurut para ahli
  • pengertian ilmu politik pdf
  • contoh ilmu politik
  • konsep ilmu politik
  • ruang lingkup ilmu politik
  • ilmu politik sebagai ilmu pengetahuan
  • pendekatan ilmu politik
  • sejarah ilmu politik

Post a Comment for "Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli melalui Berbagai Pendekatan dan Bidang-bidang Ilmu Politik "