Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Hujan Frontal Adalah : karakteristik, Proses Terjadinya, Pengaruh Positif dan Negatif dari Hujan Frontal [ LENGKAP ]


Pengertian Hujan Frontal

 Hujan frontal adalah hujan yang terjadi karena pertemuan massa udara yang berbeda, yakni massa udara panas dan massa udara dingin. Perbedaan massa udara yang bertemu membuat adanya pendinginan secara mendadak hingga terjadilah kondensasi yang kemudian menjadi hujan frontal. Batasan massa udara yang panas dengan massa udara yang dingin ini disebut dengan front, sehingga daerah yang merupakan lokasi pertemuan massa udara dingin dengan massa udara panas disebut dengan daerah front. Maka dari itu, hujan ini dinamakan sebagai hujan frontal. Hujan frontal ini mempunyai beberapa karakteristik atau ciri- ciri yang tidak dimiliki oleh jenis hujan lain. Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh hujan frontal ini antara lain: Terjadi di daerah front, yakni daerah dimana ada pertemuan antara massa udara yang panas dengan massa udara yang dingin. Daerah seperti ini bisanya adalah daerah lintang dan daerah sub tropis. Kedua, terjadi karena adanya pertemuan massa udara panas dan massa udara dingin. Ketiga, apabila terjadi di daerah beriklim tropis maka bisa menyebabkan terjadinya hujan es.

 

 Baca Juga: Sekilas Tentang Negara Brunei Darussalam - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Geografi, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Brunei Darussalam Secara Lengkap

 

 

Hujan Frontal memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Hujan yang terjadi di daerah dimana massa udara panas bertemu dengan massa udara dingin.
  • Hujan yang terjadi didaerah beriklim tropis dan menyebabkan hujan es.

 

 

Proses Terjadinya Hujan Frontal

Hujan frontal yang dapat terjadi di Bumi yang menyebabkan tanah Bumi menjadi basah tidak terjadi dengan sendirinya tanpa melalui sebuah proses. Seperti halnya jenis hujan yang lainnya, hujan frontal ini juga terjadi dengan melalui beberapa proses tertentu. Proses ini dinamakan dengan proses terjadinya hujan frontal. Secara lebih khusus, hujan frontal ini dapat terjadi karena adanya beberapa hal yang akan menyebabkan timbulnya hujan frontal ini.

 

Beberapa hal yag menyebabkan terjadinya hujan frontal meliputi massa udara dingin dan massa udara panas. Secara kronologis, proses terjadinya hujan frontal dapat diuraikan dalam beberapa tahapan sebagai berikut:

  1. Terjadi pertemuan massa udara yang berbeda, yakni massa udara panas/ lembab dan massa udara dingin/ padat di suatu derah yang dinamakan daerah front. Bertemunya massa udara panas dan dingin yang terjadi di daerah front ini ditandai dengan suhu atau temperatur yang berbeda satu sama lain.
  2. Terjadinya pertemuan dua massa udara yang berbeda tersebut dapat dirasakan ketika suhu yang hangat kemudian menjadi lebih ringan dan cenderung di atas udara yang lebih dingin.
  3. Bertemunya massa udara yang panas dan massa udara yang dingin ini kemudian menyebabkan terjadinya pendinginan secara mendadak, yakni udara dingin mengangkat udara yang lebih hangat.
  4. Terjadinya pendinginan secara mendadak ini kemudian menyebabkan terjadinya kondensasi. Yakni udara yang hangat tersebut terangkat, kemudian mengembang dan mendingin.
  5. Proses pendinginan tersebut mengakibatkan terjadinya titik- titik air, yakni berupa awan.
  6. Kondensasi ini kemudian menyebabkan turunnya hujan. Yakni titik air atau awan yang terbentuk tersebut mengaami kejenuhan dan akhirnya jatuh menjadi hujan. Hujan yang turun inilah yang dinamakan dengan hujan frontal.

 

Pengaruh Positif dari Hujan Frontal

Frontal ini juga dapat membawa pengaruh tertentu. Pengaruh frontal ini tidak lepas dari pengaruh air hujan secara umum. Namun, untuk melihat lebih dekat pada frontal, pengaruh dari frontal ini dijelaskan di bawah ini. pengaruh selanjutnya dari frontal ialah:

Mengurangi Polusi

Frontal dapat mengurangi polusi udara. Air hujan dapat menyerap zat yang tidak penting dan dengan demikian mengurangi polusi udara. Hujan ini ialah hujan yang turun didaerah front, sehingga hujan ini mengurangi polusi udara didaerah front.

Menyegarkan Udara

Pengaruh selanjutnya ialah salah satunya memiliki keunggulan memberikan suhu udara segar. Sebelum hujan turun, kita biasanya merasakan suhu udara yang begitu panas dan pengap. Ini disebabkan penguapan air dari sinar matahari. Ketika hujan turun, suhu udara panas dapat dinetralkan, membuat udara menjadi sejuk dan segar. frontal ini memberikan kesegaran, terutama di kawasan front.

Meningkatkan Candangan Air Bersih

Pengaruh selanjutnya ialah dapat menyimpan cadangan air bersih. Air hujan yang jatuh kemudian meresap ke dalam tanah (keduanya menyerap tanah dan diserap oleh akar-akar pohon) sehingga disimpan dengan baik di tanah. Air yang tumpah ke tanah ini akan menjadi air tanah dan menjadi reservoir air bersih. Air hujan dari daerah front ini akan memasuki daratan dan menjadi cadangan air bersih didaerah front.

Menyuburkan Tanaman

Pengaruh selanjutnya ialah memiliki pengaruh untuk pemupukan tanaman. Tanaman subur ini terutama yang didaerah front. Ini, tentu saja, terjadi karena hujan memuncak di daerah ini. Air hujan dapat menyuburkan tanaman, karena tanaman itu sendiri membutuhkan banyak air untuk tujuan yang berbeda. Hujan yang turun memberi tanaman air yang cukup bagi tanaman untuk berkembang.

itulah beberapa pengaruh kronologi positif dari frontal Setelah pembahasan diatas, selanjutnya dibawah ini akan menjelaskan kronologi pengaruh negatif dari frontal.

 

Pengaruh Negatif Dari Hujan Frontal

  • Apabila hujan turun terlalu deras dan membuat air hujan menggenang, maka air hujan yang menggenang itu akan dapat merusak tanaman misalnya seperti ytanaman padi.
  • Apabila hujan turun terlalu deras dan disertai angin maka dapat mengganggu aktivitas nelayan dalam mencari ikan.
  • Apabila hujan turun terlalu deras maka dapat mengganggu aktivitas manusia di luar ruangan.
  • Apabila hujan turun terlalu deras dan lama maka dapat mengakibatkan akan terjadinya banjir.

 

 Baca Juga: Pengertian Matahari Beserta Sejarah, Ukuran Matahari, Suhu, Manfaat, Karakteristik dan Pengaruh Energi Matahari terhadap Bumi

 

Demikian  Penjelasan Tentang Pengertian Hujan Frontal  Adalah : karakteristik, Proses Terjadinya, Pengaruh Positif dan Negatif dari Hujan Frontal [ LENGKAP ].Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi ilmuips.my.id.

 

 Penelusuran yang terkait dengan Hujan Frontal adalah

  • hujan orografis adalah
  • hujan konveksi adalah
  • hujan zenithal adalah
  • hujan frontal adalah brainly
  • hujan muson adalah
  • hujan siklonal adalah
  • hujan konvektif adalah
  • gambar hujan frontal

Post a Comment for "Pengertian Hujan Frontal Adalah : karakteristik, Proses Terjadinya, Pengaruh Positif dan Negatif dari Hujan Frontal [ LENGKAP ]"