Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Banjir Lumpur Adalah : Karakteristik, Proses Terjadinya, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasi Banjir Lumpur


Pengertian  Banjir Lumpur 

Banjir lumpur adalah banjir yang membawa muatan lumpur. Banjir ini terjadi karena keluarnya lumpur dari dalam bumi. Salah satu contoh adalah banjir lumpur Lapindo di Sidoarjo.

 Lumpur mengandung proporsi tanah liat yang signifikan, yang membuatnya lebih cair daripada aliran serpihan; dengan demikian, mereka dapat melakukan perjalanan lebih jauh dan melintasi sudut kemiringan bawah. Kedua jenis ini umumnya campuran dari berbagai jenis bahan dengan ukuran berbeda, yang biasanya diurutkan berdasarkan ukuran setelah pengendapan.

Lumpur sering disebut lumpur longsor, sebuah istilah yang diterapkan tanpa pandang bulu oleh media massa untuk berbagai peristiwa pemborosan massa. Lumpur sering mulai sebagai slide, menjadi mengalir ketika air terperangkap di sepanjang jalur aliran; Peristiwa semacam itu sering disebut slide aliran.

 

 Baca Juga: Sekilas Tentang Negara Brunei Darussalam - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Geografi, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Brunei Darussalam Secara Lengkap

 

Karakteristik Banjir Lumpur

Banjir lumpur memiliki beberapa karakteristik yang membedakan dengan banjir pada umumnya, yaitu:

  • Mayoritas material yang dibawa oleh banjir yaitu lumpur.
  • Terlihat lebih kental daripada banjir pada umumnya.
  • Lumpur yang terdapat biasanya berasal dari lahan pertanian atau dari dalam bumi melalui lubang ataupun celah dalam lapisan tanah.
  • Memiliki sifat lebih licin daripada banjir pada umumnya.
  • Setelah banjir surut akan meninggalkan banyak kotoran di daerah yang terendam banjir.

 

 

Proses Terjadinya Banjir Lumpur

Seperti halnya banjir- banjir lainnya, banjir lumpur ini juga bisa disebabkan karena sesuatu hal yang memicu terjadinya banjir lumpur tersebut. Banjir lumpur ini dapat terjadi melalui penumpukan endapan di tanah pertanian sedimen yang kemudian terpisah dari endapan dan terangkut sebagai materi tetap maupun penumpukan di dasar sungai. Endapan lumpur pada banjir lumpur ini memang tidak terlalu kelihatan. Endapan lumpur baru akan terlihat jelas atau diketahui ketika banjir sudah mencapai kawasan yang berpenghuni.

Terjadinya banjir lumpur ini disebabkan oleh beberapa hal :

  1. Salah satu hal yang paling umum menyebabkan banjir lumpur ini adalah terjadinya hujan deras yang mengguyur daerah- daerah yang berlumpur atau daerah yang berpotensi mengeluarkan lumpur. Beberapa wilayah yang berpotensi memunculkan lumpur adalah wilayah pertanian, ataupun perbukitan yang tanahnya mudah sekali becek dan berlumpur ketika hujan turun.
  2. Selain dengan campur tangan hujan, salah satu hal yang menyebabkan terjadinya banjir lumpur adalah munculnya lumpur dari dalam bumi. Lumpur ini keluar dengan sendirinya melalui suatu celah ataupun lubang yang ada di tanah. Sehingga akan terjadi banyak lumpur yang keluar ke permukaan bumi dan memenuhi tanah yang ada di permukaan bumi. Hal ini apabila diteruskan, maksudya apabila lumpur keluar secara terus menerus dan tidak ada upaya penanganan, maka akan dapat menenggelamkan apa saja yang ada di area tersebut. Kasus seperti ini sudah seringkali ditemui dan bukanlah menjadi hal yang mengherankan lagi.

 

 

Penyebab Banjir Lumpur

Banjir lumpur dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  • Meluapnya air sungai karena tidak cukup membendung debit air yang masuk akibat hujan yang turun dengan lebat.
  • Di muara sungai mengalami banjir atau meluap.
  • Sedang terjadi air laut pasang, yang dinama luapannya dapat dinamakan banjir rob.
  • Jebolnya waduk atau bendungan yang biasa menampung air dan disaat yang bersamaan sedang terjadi hujan yang deras dalam durasi yang lama.
  • Ulah manusia seperti membuang sampah sembarangan atau menebangi hutan secara liar.
  • Sistem drainase terjadi kerusakan sehingga air yang berada di permukaan tanah tidak mudah diserap.
  • Terdapat celah atau lubang dalam lapisan tanah sehingga mengeluarkan lumpur.

 

Dampak Banjir Lumpur

Banjir lumpur merupakan salah satu jenis banjir yang menimbulkan banyak sekali dampak. Tentu saja dampak yang ditimbulkan dari banjir lumpur adalah dampak yang bersifat negatif. Beberapa dampak yang ditimbulkan karena adanya banjir lumpur antara lain:

  1. Rusaknya benda- benda yang dilewati oleh lumpur tersebut. Hal ini karena lumpur yang terkandung dalam banjir akan mudah menjadikan rusak benda- benda yang dilaluinya.
  2. Menimbulkan banyak kotoran di daerah yang dilalui atau direndam oleh banjir tersebut yang berwujud lumpur itu sendiri.
  3. Banyak menimbulkan berbagai bibit penyakit.
  4. Menyebabkan lingkungan becek
  5. Berpotensi menimbulkan kecelakaan karena sifat licin dari lumpr tersebut.
  6. Mengganggu kelangsungan hidup tanaman yang tumbuh di ladang ataupun lahan yang terkena banjir.

 

Cara Mengatasi Banjir Lumpur

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi banjir lumpur, yaitu:

  1. Lancarkan Saluran Air
  2. Membuang sampah di tempatnya
  3. Rajin membersihkan saluran-saluran yang digenangi air secara berkala
  4. Melakukan penanaman pohon didaerah bantaran sungai
  5. Membangun tanggul atau waduk untuk menampung debit air sungai yang sewaktu-waktu akan meluap ketika musim hujan
  6. Memaksimalkan pembuatan lubang biopori sebagai teknologi anti banjir yng ramah lingkungan

 

 Baca Juga: Sekilas Tentang Negara Malaysia - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Geografi, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Malaysia Secara Lengkap

 

Demikian  Penjelasan Tentang Pengertian  Banjir Lumpur  Adalah : Karakteristik, Proses Terjadinya, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasi Banjir Lumpur .Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi ilmuips.my.id.

 

 Penelusuran yang terkait dengan Banjir Lumpur adalah

  • banjir kanal adalah
  • banjir adalah
  • bagaimana kondisi lalu lintas akibat banjir lumpur tersebut
  • kapan banjir lumpur terjadi
  • bantuan yang sangat diperlukan untuk korban banjir adalah
  • jenis jenis banjir dan contohnya
  • penyebab banjir
  • contoh banjir

Post a Comment for "Pengertian Banjir Lumpur Adalah : Karakteristik, Proses Terjadinya, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasi Banjir Lumpur"