Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Hutan Buatan Adalah - Karakteristik, Jenis- jenis, Fungsi dan Manfaat Hutan Buatan Beserta Contoh Hutan Buatan

 


Pengertian Hutan Buatan

Hutan buatan merupakan sebuah hutan yang mana keberadaannya bukan disebabkan karena proses alam, namun karena sengaja dibuat dan dibudayakan oleh manusia. Karena merupakan buatan oleh manusia maka hutan ini memiliki sifat yang sedikit berbeda dengan jenis hutan lainnya yang terbentuk karena alam.

Menurut sifat pembuatan atau pembentukkan hutan, hutan dibagi menjadi dua, yakni hutan alam dan hutan buatan. Natural forest atau hutan alam adalah hutan yang terbentuk secara alami atau murni dari alam, tanpa adanya campur tangan manusia. Sedangkan, hutan buatan adalah hutan yang sengaja dibuat oleh manusia atau juga disebut (man made forest).

 

Baca Juga: Pengertian Tanah Vulkanik Meliputi Ciri, Jenis, dan Manfaatnya

 

Karakteristik Hutan Buatan

Akibat dari proses terbentuknya, hutan buatan memiliki ciri atau karakter khusus, antara lain:

  • Memiliki karakteristik homogen, baik dilihat dari segi jenis tanaman, umur tanaman, serta metode penanamannya.
  • Perkembangannya dapat dikontrol oleh manusia
  • Bisa berada di tengah-tengah atau sekitar pemukiman warga
  • Tata letak tanaman nampak lebih rapi daripada hutan alami
  • Hasil hutan berupa kayu maupun non kayu biasanya dimanfaatkan untuk kepentingan industri
  • Fauna atau binatang yang hidup di hutan buatan jenisnya tidak banyak dan tidak bervariasi seperti hutan alami

 

 

Jenis- jenis Hutan Buatan

Hutan buatan tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Terdapat beberapa jenis hutan buatan yang dapat kita temui antara lain:

  • Hutan karet
  • Hutan pinus
  • Hutan sengon
  • Hutan Tusam
  • Hutan Jati
  • Hutan Mlanding, dsb.

 

Fungsi dan Manfaat Hutan Buatan

Manfaat hutan bagi kehidupan yang ada dimuka bumi ini sangatlah banyak, dan sebagian besar manfaat tersebut diperuntukkan bagi umat manusia. Untuk itu sudah seharusnya bagi kita melindungi, menjaga, dan melestarikan hutan yang ada disekitar kita agar tetap bertahan hidup sepanjang masa. Dan inilah beberapa manfaat hutan bagi kehidupan yang wajib untuk kamu ketahui bersama.


  1. Menyerap Karbon Dioksida
    Manfaat hutan bagi kehidupan manusia antara lain dapat menyerap gas-gas karbon dioksida yang ada dimuka bumi. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa gas-gas karbon dioksida ini sangat membahayakan manusia terlebih jika tingkatannya jauh diatas batas normal.
  2. Menghasilkan Oksigen
    Fungsi hutan lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh manusia adalah hutan sebagai penyedia oksigen. Hutan menghasilkan oksigen dalam jumlah yang sangat besar yang digunakan oleh manusia untuk bernafas. Coba bayangkan kalau tidak ada hutan, mau bernafas dengan apa kita?
  3. Rumah Bagi Flora dan Fauna
    Hutan adalah rumah dan habitat bagi flora dan fauna, disana mereka lahir, tumbuh dan berkembang. Kalau hutan menjadi rusak, lalu mereka mau tinggal dimana? Kita tentu pernah melihat pemukiman yang dirusak hewan liar, itu karena rumah dan habitat mereka yang dirusak terlebih dahulu.
  4. Sumber Ekonomi
    Salah satu manfaat hutan yang bisa kita rasakan adalah hutan sebagai sumber ekonomi. Hasil-hasil hutan seperti kayu, rotan, damar, dan lainnya dijual (ekspor) sebagai sumber pendapatan negara. Sudah seharusnya negara mempergunakannya untuk kepentingan kesejahteraan rakyat banyak.
  5. Mencegah Bencana Alam
    Fungsi hutan bagi kehidupan lainnya adalah hutan dapat mencegah atau meminimalisir terjadinya bencana alam seperti banjir dan longsor. Kedua bencana alam tersebut disebabkan oleh volume air yang berlebihan yang ada dibumi, dan pohon-pohon yang ada dihutan bisa menampung air tersebut.
  6. Menyimpan Air
    Salah satu diantara banyak peranan hutan adalah sebagai tempat penyimpanan air dalam volume yang sangat besar. Jika hutan kita rusak maka air dengan volume yang sangat besar tersebut tidak bisa tertampung sehingga hal seperti ini bisa menimbulkan bencana alam seperti banjir dan longsor.
  7. Mengurangi Polusi
    Fungsi hutan lainnya yang sangat berguna bagi kehidupan manusia didunia adalah hutan dapat mengurangi polusi udara. Kita tahu semua bahwa polusi udara ini sangat membahayakan manusia, dan udara yang tidak sehat tersebut dapat diserap oleh pohon-pohon yang ada dihutan.
  8. Tempat Wisata
    Ketahuilah bahwa hutan tidak hanya memiliki tanaman atau pohon-pohon saja, ada juga hutan yang memiliki panorama yang begitu indah. Oleh sebab itu tidak sedikit hutan yang dijadikan sebagai tempat wisata. Tentunya ini sangat menguntungkan karena bisa dijadikan sumber pendapatan daerah.
  9. Untuk Pendidikan
    Tidak hanya sebagai tempat wisata, hitan juga bisa dijadikan sebagai tempat riset dan penelitian untuk pendidikan. Penelitian-penelitian seperti ini bisa menginformasikan kepada masyarakat bagaimana pentingnya keberadaan hutan dan menyadarkannya agar selalu menjaga dan melestarikannya.
  10. Mengatur Iklim
    Keberadaan hutan sangatlah penting bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah hutan kota. Hutan kota ini berfungsi untuk mengatur iklim yang ada disekitar kota tersebut, misalnya dengan mengurangi efek panas, memberikan kesejukan, dan berbagai manfaat lainnya.

 

 

 

Contoh Hutan Buatan

1. Hutan kota

Hutan kota adalah salah satu dari beberapa contoh hutan buatan yang bisa kita temui. Hutan yang satu ini bisanya terletak di dalam pusat kota maupun pada pinggiran kota. Fungsi dai hutan kota ini sendiri selain sebagai lokasi wisata, juga merupakan sebuah kawasan konservasi. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa hutan kota termasuk dalam kawasan terbuka hijau, yang oleh pemerintah indonesia telah diatur kedalam undang-undang yang ada. Setiap kota seharusnya memiliki setidaknya 30% ruang terbuka hijau pada setia daerahnya. Tentang peraturan ini dapat kita temukan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2002 Tentang Hutan Kota.

Keberadaan dari hutan kota maka sedikit banyak akan dapat mengurangi tingkat polusi dalam kota. Selain dapat mengurangi tingkat polusi dan sangat berpotensi sebagai destinasi wisata. Hutan kota juga sangat bermanfaat dalam mengurangi efek buruk yang dapat ditimbulkan oleh anomali cuaca yang tak tentu. Selama ini kita banyak mengenal beberapa jenis hutan kota yang ada di Indonesia. Salah satu hutan kota yang cukup terkenal adalah Kebun Raya Bogor yang terletak di Daerah Bogor, Jawa Barat.

2. Hutan Tanaman Industri

Pada dasarnya potensi sumber daya alam hutan sangat lah besar. Namun, semua itu tergantung dari bagaimana cara pemanfaatan dan pengelolaan yang tepat guna. Banyak sekali pemanfaatan hutan yang bisa kita temukan. Selain itu adanya hutan buatan juga menambah deretan dari fungsi dan manfaat hutan yang bisa di dapatkan. Salah satu contoh hutan buatan yang ada adalah Hutan Tanaman Industri. Hutan jenis ini dapat dimasukkan kedalam jenis hutan produksi yang cukup penting. Hutan Tanaman industri sendiri biasanya lebih banyak ditanaman oleh pihak swasta.

Biasanya jenis hutan tanaman industri sendiri termasuk kedalam golongan hutan homogen. Hal tersebut dikarenakan sangat minimnya jenis tumbuhan yang ditanam. Pada hutan ini, tananaman yang banyak di temukan adalah jenis tanaman tahunan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Kita akan banyak menemukan hutan jenis ini di Pulau Sumatra, Kalimantan dan beberapa daerah Papua.

3. Hutan Rakyat

Hutan rakyat adalah salah satu contoh hutan buatan yang berikutnya. Hutan ini adalah hutan yang dibangun dan dikelola oleh rakyat secara swadaya. Biasanya hutan jenis ini akan tumbuh dan ditanam diatas lahan tanah milik maupun tanah adat. Hutan rakyat bisa digolongkan sebagai hutan heterogen, jenis tanaman yang ada lebih banyak dan bervariasi. Fungsi dari hutan ini sendiri sangat beragam, ada yang akan berfungsi sebagai hutan produksi dan ada juga yang akhirnya berubah menjadi sebagai hutan wisata. Namun, beberapa dari hutan rakyat yang ada kebanyakan menjadi sebuah hutan produksi yang digunakan untuk menopang perekonomian masyarakat sekitar.

Hutan rakyat sendiri dapat dibagi menjadi beberapa golongan utama seperti Hutan Milik, Hutan adat dan hutan Kemasyarakatan. Setiap jenis hutan tersebut memiliki fungsi dan cirinya masing-masing . Namun, persamaan yang dimilikinya adalah tetap digunakan untuk kesejahteraan dari masyarakat sendiri.

 


 Baca Juga: Pengertian Tanah Aluvial Meliputi Ciri, Pemanfaatan, dan Jenis Tanah Terbaik untuk Pertanian.

 

Demikian  Penjelasan Tentang Pengertian Hutan Buatan Adalah - Karakteristik, Jenis- jenis, Fungsi dan Manfaat Hutan Buatan Beserta Contoh Hutan Buatan .Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi ilmuips.my.id.

 

Penelusuran yang terkait dengan hutan buatan adalah

  • hutan alami adalah
  • sifat hutan buatan adalah
  • contoh hutan buatan adalah
  • hutan lindung adalah
  • hutan buatan disebut juga
  • hutan produksi adalah
  • perbedaan hutan alami dan buatan
  • contoh hutan alami

Post a Comment for "Pengertian Hutan Buatan Adalah - Karakteristik, Jenis- jenis, Fungsi dan Manfaat Hutan Buatan Beserta Contoh Hutan Buatan"