Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Awan Nimbostratus Adalah : Ciri-Ciri , Jenis- jenis dan Dampak kemunculan Awan Nimbostratus


Pengertian Awan nimbostratus

Awan nimbostratus (Ns) adalah awan yang berada pada ketinggian rendah yang tidak menyebar (rapat) dan tanpa bentuk. Awan nimbostratus menghasilkan hujan atau salju yang stabil dan lama. Nimbostratus berasal dari bahasa Latin yaitu nimbus yang berarti awan hujan, dan stratus yang berarti merata atau menyebar. Awan nimbostratus berada pada ketinggian dari 0,6 km sampai 3 km. Nimbostratus memilik warna abu-abu, berbentuk lapisan yang berwarna gelap.

Keberadaan awan nimbostratus menyebabkan jarak pandang yang rendah dan menghalangi sinar matahari.Awan ini biasanya diikuti cuaca yang buruk.Beberapa jenis awan nimbostratus antara lain: Nimbostratus virga (Ns vir), memiliki ciri garis kebawah pada bagian bawah awan, Nimbostratus praecipitatio (Ns pra), awan Ns dengan presipitasi yang mencapai tanah atau permukaan bumi, Nimbostratus pannus (Ns pan), terbentuk dari evaporasi yang berasal air akibat perubahan bentuk awan (presipitasi) yang tumbuh menjadi lapisan tidak stabil, Ns pan memiliki bentuk seperti terkoyak.

Ada 2 jenis Awan Nimbostratus, yaitu Nimbostratus Pannus yang menyebabkan hujan ringan hingga sedang, dan Nimbostratus Pracepitatio yang menyebabkan hujan sangat deras. Awan Nimbostratus menghasilkan hujan tanpa disertai petir.

 

 Baca Juga: Pengertian Urbanisasi Meliputi Tujuan, Faktor, Dan Dampaknya Secara Lengkap

 

 Ciri-Ciri Awan Nimbostratus

Dari penjelasan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa ciri khusus yang dimiliki Nimbostratus, antara lain:

  1. Secara umum terletak di atmosfer dengan ketinggian rendah antara 600 meter hingga 4 km dari permukaan bumi.
  2. Bentuknya tidak teratur atau tidak memiliki bentuk dan lebih cenderung selalu berubah-ubah.
  3. Tersebar cukup luas di langit, hingga bisa menutupi sebagian langit.
  4. Kemunculannya sering menandakan akan terjadinya cuaca buruk dan hujan ringan yang relatif lama tanpa disertai petir.

 

 

Jenis- jenis Awan Nimbo Stratus

Awan merupakan salah satu benda alam yang mengapung- apung di udara. Keberadaan awan tidak dapat dipungkiri di dunia ini. terkadang awan memperlihatkan cuaca yang cerah. Pada saat cuaca cerah, maka awan terlihat putih bersih dan berpadu dengan langit yang berwarna biru cerah. Namun disisi lain keberadaan juga akan mengindikasikan adanya cuaca buruk. Pada keadaan seperti ini maka awan yang terlihat adalah berwarna abu- abu terang hingga abu- abu gelap. Dari kedua kondisi diatas kita pun mengetahui bahwasannya tidak semua awan memiliki keadaan yang sama. Karena adanya perbedaan dari awan itulahm kita juga mengenal berbagai jenis awan yang ada di Bumi

Kita telah mengetahui berbagai jenis awan yang dilihat dari letak ketinggiannya di udara. Namun dari beberapa jenis awan yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa jenis awan lagi. Satu jenis awan dapat dipecah kembali ke dalam beberapa jenis awan. Salah satu awan tersebut adalah awan Nimbo stratus. Awan Nimbo stratus dapat dipecah- pecah lagi menjadi beberapa jenis. Beberapa jenis dari awan Nimbo stratus antara lain adalah sebagai berikut:

  • Nimbo stratus Virga (Ns vir), jenis awan ini merupakan awan nimbo stratus yang mempunyai ciri- ciri garis kebawah pada bagian bawah awan.
  • Nimbo stratus Praecipitatio (Ns pra), yaitu awan nimbo stratus atau Ns yang memiliki presipitasi yang mencapai tanah atau permukaan Bumi.
  • Nimbo stratus Pannus (Ns Pan), yaitu merupakan awan nimbo stratus yang terbentuk dari evaporasi yang berasal dari air akibat perubahan bentu awan atau presipitasi yang tumbuh menjadi lapisan tidak stabil. Awan jenis ini memiliki bentuk seperti terkoyak.

 

Dampak kemunculan Awan Nimbostratus

Kemunculan jenis awan ini akan menimbulkan beberapa dampak, antara lain:

  1. Jarak pandang menjadi rendah atau pendek, sehingga dapat mengganggu aktivitas penerbangan.
  2. Karena cukup tebal dan memiliki lapisan gelap, maka cahaya mataharipun akan terhalang.
  3. Kemunculannya akan menandakan datangnya cuaca buruk.

 

 

 Baca Juga: Pengertian Kependudukan , Masalah Kependudukan Dan Lingkungan Serta Hubungannya

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian Awan Nimbostratus Adalah : Ciri-Ciri , Jenis- jenis dan Dampak kemunculan Awan Nimbostratus . Jangan Lupa selalu kunjungi Ilmuips.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan awan nimbostratus adalah

  • awan cumulus adalah
  • awan kumulus humilis
  • awan sirostratus
  • gambar awan stratus
  • ciri-ciri awan cumulonimbus
  • awan stratus menandakan cuaca
  • awan stratocumulus dilambangkan dengan huruf
  • nimbostratus tergolong awan rendah yang mempunyai bentuk

Post a Comment for "Pengertian Awan Nimbostratus Adalah : Ciri-Ciri , Jenis- jenis dan Dampak kemunculan Awan Nimbostratus"