Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pelapukan Kimia Adalah: Faktor- faktor yang Mempengaruhi, Contoh dan Dampak yang Ditimbulkan oleh Pelapukan


Pengertian Pelapukan Kimia


Pelapukan kimiawi merupakan pelapukan yang menghancurkan masa batuan yang disertai perubahan struktur kimiawinya. Pelapukan kimiawi tampak jelas terjadi pada pegunungan kapur (karst).

Pelapukan ini berlangsung dengan batuan air dan suhu yang tinggi. Air yang banyak mengandung CO2 (zat asam arang) dapat dengan mudah melarutkan batu kapur (CaCO2). Peristiwa ini merupakan pelarutan dan dapat menimbulkan gejala karst.Di Indonesia pelapukan yang banyak terjadi adalah pelapukan kimiawi, hal ini karena di Indonesia banyak turun hujan. Air hujan inilah yang memudahkan terjadinya pelapukan kimiawi.

 

 Baca Juga: Pengertian Bioma Gurun Adalah : Proses Terjadinya, Ciri-ciri, Jenis Bioma Gurun, Flora dan Fauna Bioma Gurun Lengkap

 

 Pengertian Pelapukan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian pelapukan menurut para ahli, sebagai berikut:

  • Pelapukan merupakan proses alamiah akibat bekerjanya gaya-gaya alam baik secara fisik maupun kimiawi yang menyebabkan terjadinya pemecah belahan, penghancuran, transformasi batuan, dan mineralmineral penyusunnya menjadi materi lepas (regolit) di permukaan bumi. (Hanafiah, 2005)
  • Proses  yang  berhubungan  dengan  penghancuran bahan yg berasal dari tumbuhan dan binatang oleh aktivitas jamur dan jasad renik lain (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
  • The processes by which rock is broken into smaller pieces by the action of the weather–proses dimana batu dipecah menjadi potongan kecil oleh aksi cuaca–( Cambridge Dictionary)
  • Disintegration or alteration of rock in its natural or original position at or near the Earth’s surface through physical, chemical, and biological processes induced or modified by wind, water, and climate–disintegrasi atau perubahan batuan dalam posisi alami atau asli pada atau dekat  permukaan  bumi melalui  fisik, kimia, biologi dan proses induksi atau dimodifikasi oleh angin, air, dan iklim—( Encyclopedia Britannica)
  • The action of the weather conditions in altering the color, texture, composition, or form of exposed objects; specifically the physical disintegration and chemical decomposition of earth materials at or near the earth’s surface –aksi kondisi cuaca dalam mengubah warna, tekstur, komposisi, atau bentuk benda terkena; khususnya disintegrasi fisik dan dekomposisi kimia bahan bumi pada atau dekat permukaan bumi—(Encyclopedia Britannica dictionary)
  • Pelapukan merupakan proses alterasi dan fragsinasi batuan dan material tanah pada dan/atau dekat permukaan bumi yang disebabkan karena proses fisik, kimia dan/atau biologi (Wikipedia Indonesia)
  • Pelapukan adalah proses hancurnya batuan dari gumpalan besar menjadi butiran yang lebih kecil sampai menjadi sangat halus. (Pelajaran IPA-Fisika Bilingual SMP/MTs Kelas IX)2
  • Pelapukan adalah penghancuran batuan dari bentuk gumpalan  menjadi lebih kecil/hancur. (Mandiri Geografi untuk SMA/MA Kelas X) 3
  • Pelapukan adalah peristiwa penghancuran atau pengrusakan dan pelepasan partikel-partikel batuan. (Geografi untuk SMA/MA Kelas X)4


 

Faktor- faktor yang Mempengaruhi Pelapukan Kimia

Pelapukan merupakan proses alamiah yang terjadi pada batuan. Namun meski alamiah, pelapukan ini tidak terjadi dengan sendirinya. Adapun di sekitar batuan sendiri pastilah terdapat berbagai macam faktor yang akan mempengaruhi terjadinya pelapukan secara kimiawi tersebut.

Hal ini juga berlaku pada pelapukan kimia. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi terjadinya pelapukan kimia ini. Adapun berbagai macam faktor yang mempengaruhi pelapukan kimia ini meliputi komposisi batuan, iklim, ukuran batuan, serta vegetasi dan binatang. Mengenai penjelasan mengenai masing- masing faktor yang mempengaruhi pelapukan kimia tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Komposisi batuan

Komposisi batuan merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi pelapukan kimia. Ada mineral yang mudah untuk bereaksi dengan air, oksigen dan juga gas asam arang akan lebih cepat lapuk daripada mineral yang sulit bereaksi dengan air, oksigen dan gas asam arang.

  • Iklim

Faktor kedua yang mempengaruhi pelapukan kimia adalah adanya iklim basah dan juga panas. Misalnya iklim hujan tropis akan mempercepat proses reaksi kimia, sehingga batuan menjadi cepat lapuk.

  • Ukuran batuan

Ukuran batuan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pelapukan kimia. Adapun semakin kecil ukuran batuan, makin intensif pula reaksi kimia pada batuan tersebut  dan akan semakin cepat pula pelapukannya.

  • Vegetasi dan binatang

Faktor lain yang mempengaruhi pelapukan kimia adalah vegetasi dan binatang. Dalam kehidupannya, vegetasi dan binatang akan menghasilkan asam- asam tertentu, oksigen dan gas asam arang sehingga mudah bereaksi dengan batuan. Hal ini berarti vegetasi dan binatang ikut mempercepat proses pelapukan batuan yang ada di sekitarnya.

 

 Contoh pelapukan kimia

  • Contoh pelapukan kimia adalah besi yang berkarat. 

Peristiwa pelapukan kimia dapat terjadi karena batuan bereaksi dengan bahan kimia tertentu, misalnya batuan gamping yang melapuk karena terkena air. Dinding-dinding bangunan yang berada di sekitar pabrik dan terkena limbahnya.

  • Reaksi antara batuan kapur dengan air

Contoh pelapukan kimia yang pertama adalah reaksi yang terjadi antara batuan kapur dengan air. Batu kapur lebih familiar kita kenal dengan istilah gamping. Sifat batu ini cenderung lebih lunak daripada jenis batu lainnya. Batu kapur apabila terkena air maka akan menghancur dengan sendirinya. Struktur yang dimiliki oleh batu kapur ini lunak, terlebih apabila terkena air. Batu kapur pada akhirnya akan melarut, tidak menggumpal dan zat- zat yang terkadung dalam batu kapur tersebut akan bercampur dengan air yang mengakibatkan air menjadi keruh berwarna putih dan tidak jernih lagi.

  • Pecahnya batuan yang terlalu banyak terkena garam laut

Sebelumnya kita telah mempelajari mengenai pelapukan fisika. Di dalam pelapukan fisika dicontohkan bahwa batu akan melapuk apabila terkena oleh kristalisasi garam oleh air laut. Nah, dalam pelapukan kimia pun juga demikian. Apabila di pelapukan fisika, batu akan hancur akibat dari tekanan garam yang membentuk, maka di pelapukan kimia disebabkan oleh kandungan yang dimiliki oleh garam tersebut yang masuk ke dalam batuan. Batuan yang terkena zat- zat dari garam laut bisa saja tidak kuat dan mengalami kehancuran sedikit demi sedikit. Kehancuran batuan sedikit- demi sedikit inilah yang pada akhirnya menyebabkan batu menjadi lapuk seutuhnya dan tidak berbentuk seperti batuan lagi.

  • Dekomposisi batu gamping, batu granit dan batu gabro

Contoh pelapukan kimia yang selanjutnya adalah dekomposisi yang terjadi pada beberapa jenis batuan, yaitu batu gamping, batu granit mapun batu gabro. Ketiga jenis batuan tersebut bisa mengalami proses penghancuran atau penguraian atau yang disebut dengan dekomposisi. Dekomposisi yang terjadi dikearenakan berbagai faktor. Nah dekomposisi dari batu gamping atau kapur, batu granit maupun batu gabro ini terjadi karena kandungan yang dimiliki oleh batuan tersebut. Batu – batu ini memiliki tahapan atau siklusnya sendiri sehingga suatu saat akan mengalami dekomposisi atau penguraian.

 

 

Dampak yang Ditimbulkan oleh Pelapukan

Dampak Positif  :

  1. Aktivitas pelapukan  dapat  menghasilkan  bentuk  muka  bumi  yang  indah  dan menjadi objek wisata, contohnya Grand Canyon di Amerika Serikat9
  2. Pelapukan di daerah kapur dapat membentuk gua-gua yang mempunyai stalaktit, dan stalagmit, yang dapat menjadi tujuan wisata, contoh Goa Maharani, Lamongan

Dampak Negatif :

  1. Sebagai tenaga destruktif, pelapukan merusak batu-batuan termasuk bangunan-bangunan, sehingga sangat merugikan manusia
  2. Pelapukan juga dapat merusak batu-batu candi sehingga sangat merugikan manusia

 

 Baca Juga: Pengertian Batu Marmer Adalah : Klasifikasi, Ciri-ciri , Jenis-jenis, Manfaat dan Tambang Marmer Terbesar di dunia

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian Pelapukan Kimia Adalah: Faktor- faktor yang Mempengaruhi, Contoh dan Dampak yang Ditimbulkan oleh Pelapukan . Jangan Lupa selalu kunjungi Ilmuips.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Pelapukan Kimia

  • pelapukan fisika
  • contoh pelapukan kimia
  • pelapukan kimia disebabkan oleh
  • pelapukan biologi
  • pelapukan kimia adalah brainly
  • contoh pelapukan fisika
  • contoh pelapukan biologi
  • gambar pelapukan kimiawi

Post a Comment for "Pengertian Pelapukan Kimia Adalah: Faktor- faktor yang Mempengaruhi, Contoh dan Dampak yang Ditimbulkan oleh Pelapukan"