Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Lingkungan Buatan Adalah : Jenis- jenis, Manfaat Lingkungan Buatan dan Contoh dari Lingkungan Buatan


Pengertian Lingkungan Buatan

Sebelum membicarakan lebih lanjut dan mendalam mengenai lingkungan buatan, pertama- tama kita harus mengetahui mengenai apa itu lingkungan buatan. Meskipun sudah dikatakan sebelumnya bahwasannya lingkungan buatan merupakan lingkungan yang ada karena dibuat oleh manusia, namun kita perlu mengetahui pengertian dari lingkungan buatan yang lebih lengkap lagi. Lingkungan buatan merupakan lingkungan yang sengaja dibentuk oleh manusia agar dapat memenuhi hasrat atau keinginan atau bahkan kebutuhan manusia  yang jumlahnya selalu tidak terbatas. Itulah pengertian dari lingkungan buatan ini.

Setiap mahluk hidup di bumi, selalu akan berusaha membuat tempat tinggal yang dapat menjamin keselamatan dan kenyamanannya. Ada hewan yang merasa cukup dengan sekedar tempat yang cukup terlindung, seperti gua atau di bawah pohon, untuk tempat tidurnya, ada pula hewan yang membuat sarang, misalnya lebah, semut, burung, atau hewan lainnya. Sarang yang dibuat oleh para hewan ini umumnya berasal dari bahan alami seperti tanah, ranting, atau daun pohon, sering tanpa diolah lebih dulu, hanya disusun sesuai insting mereka. Biasanya “tempat tinggal” seperti ini terlihat dan bersifat alami, sehingga seolah menyatu dengan alam.


Manusia pun membuat bangunan untuk tempat tinggalnya, juga tempat belajar, bekerja, atau berkegiatan lainnya. Berbeda dengan hewan lainnya, dengan kecerdasannya manusia menciptakan teknologi yang terus berkembang, yang digunakan untuk mengolah bahan alami seperti tanah liat menjadi bata, genteng, keramik, atau bahan bangunan lainnya. Dengan teknologi yang canggih, manusia juga mengembangkan bangunan cerdas. Lingkungan tempat tinggal dan berkegiatan manusia biasanya disebut sebagai lingkungan buatan atau lingkungan binaan, yang kontras dengan lingkungan alami. Di perkotaan, hutan sebagai tempat hidup tanaman dan hewan berubah menjadi hutan bangunan dan beton, yang hanya cocok untuk hidup manusia, hewan dan tanaman liar tergusur mennyingkir dari tempat tinggal manusia. Manusia yang semula merupakan bagian dari alam, seolah mengambil tempat yang terpisah dari alam. Lingkungan buatan dibedakan dan terpisah dari lingkungan alami, Taman, kebun, sawah, atau penghijauan yang dibuat oleh manusia juga dianggap sebagai lingkungan buatan.

 

 Baca Juga: Pengertian Tanah Humus : Proses Terbentuknya, Ciri-Ciri, Manfaat dan Kelemahan dari Tanah Humus untuk Lahan Pertanian

 

Jenis- jenis Lingkungan

Apabila kita ditanyakan mengenai apa itu lingkungan, mungkin kita akan mengetahui bahwasannya lingkungan adalah semua yang berada di alam. Namun tahukah Anda, seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwasannya bagian dari lingkungan tidak hanya tentang yang diciptakan oleh Tuhan, namun juga apa yang diciptakan oleh manusia. Dengan demikian kita juga dapat memberikan suatu pernyataan bahwasannya lingkungan dibagi menjadi dua macam yakni lingkungan alam dan lingkungan buatan.

  1. Lingkungan Alam

Jenis lingkungan yang pertama adalah jenis lingkungan alam. Lingkungan alam merupakan lingkungan yang terjadi dengan sendirinya dan tanpa adanya campur tangan dari manusia. dengan kata lain lingkungan alam merupakan lingkungan yang sudah ada dari saat seseorang belum dilahirkan. Lingkungan alam merupakan lingkungan yang diciptakan oleh Tuhan. Ada banyak sekali contoh lingkungan alam yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari- hari. contoh dari lingkungan alam antara lain seperti bukit, rawa, laut atau pantai , gunung, sungai , macam- macam danau, dan lain sebagainya. Lingkungan- lingkungan alam tersebut merupakan hal yang sangat wajar dan dapat kita temukan dimana saja.

  1. Lingkungan Buatan

Berbeda dengan lingkungan alam yang dapat terbentuk dengan sendirinya, lingkungan buatan justru melibatkan kreativitas dan keuletan dari tangan manusia. Ya, lingkungan buatan merupakan kebalikan dari lingkungan alam. Lingkungan buatan merupakan lingkungan yang terbentuk karena adanya tindakan oleh manusia. Sehingga tanpa adanya tindakan dari manusia, maka lingkungan buatan tidak akan ada untuk digunakan manusia atau masyarakat banyak. Ada berbagai macam contoh lingkungan buatan yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari- hari pula. Beberapa contoh dari lingkungan buatan antara lain taman bunga, kebun buah, waduk, bendungan, dan lain sebagainya. Lingkungan buatan yang semacam ini juga meruapakan lingkungan yang tidak asing dan sering kali kita temui di sekitar tempat tinggal kita.

 

 

Manfaat Lingkungan Buatan

Manfaat dan fungsi lingkungan buatan diantaranya yaitu:

Sebagai Sarana Pemenuhan Kebutuhan Masyarakat

Lingkungan buatan dapat berfungsi sebagai pemenuh kebutuhan jasmani dan rohani manusia.

Lingkungan buatan sebagai sarana pemenuhan kebutuhan jasmani, yaitu dimana untuk dapat bertahan hidup, manusia membutuhkan air. Oleh karena itu, manusia membuat lingkungan buatan untuk menyediakan air apabila sumber air yang biasa digunakan mengalami kekeringan. Selain itu, lingkungan juga digunakan sebagai sarana pemenuhan kebutuhan rohani dimana lingkungan buatan apat dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga atau tempat menghilangkan kelellahan akibat aktivitas sehari-hari.

Sebagai Tempat Penyimpan Cadangan Air

Apabila terjadi kekeringan di lingkungan alam, maka sumber air buatan seperti bendungan atau waduk dapat dimanfaatkan airnya untuk kebutuhan sehari-hari.

Sebagai Sarana Rekreasi

Lingkungan buatan dapat dijadikan sebagai tempat berwisata bagi pribadi atau keluarga. Apabila menyukai tempat yang menyatu dengan alam maka lingkungan buatan yang bisa dikunjungi untuk berekreasi diantaranya waduk, bendungan, danau, kebun buah atau tanam bunga. Tapi jika lebih menyukai keramaian, maka bisa memilih pusat perbelanjaan atau mall serta taman bermain untuk dikunjungi.

Sebagai Sarana Pendidikan

Lingkungan buatan seperti bendungan, waduk, kebun buah dan sebagainya dapat dijadikan tempat edukasi dimana pengunjung dapat mengetahui dengan suku lingkungan dan perawatan yang terjadi, tanaman/makhluk hidup apa saja yang berada di lingkungan itu.

Sebagai Sarana Penelitian dan Pengembangan.

Dengan adanya lingkungan buatan sepeti bendungan dan waduk, manusia bisa meneliti kandungan pada air yang ada disana dan mengembangkan penelitian apakah air yang ada di bendungan atau waduk itu layak untuk dikonsumsi sehari-hari atau tidak.

Sebagai Pembangkit Listrik

Air dari waduk dan bendungan yang ada dapat dijadikan sebagai sumber tenaga pembangkit listrik yang bermanfat bagi kehidupan.

Sebagai Penunjang Perekonomian Masyarakat

Air dari lingkungan buatan seperti bendungan atau waduk dapat dijadikan sebagai sumber irigasi bagi sawah atau ladang bagi petani. Selain itu lingkungan buatan seperti taman bermain, tanam buah atau yang lainnya dapat memberikan keuntungan bagi para pedagang sebagai sumber penunjang ekonomi mereka.

 

 

Contoh dari Lingkungan Buatan

Beberapa contoh lingkungan buatan, diantaranya yaitu ialah:

Sawah

Sawah ialah salah satu contoh lingkungan buatan sebab sawah memang dibuat untuk bercocok tanam padi sebagai makanan pokok, ataupun untuk ditanami tanaman-tnaman lainnya, contohnyaseperti jagung, singkong. Supaya padi yang ditanam bisa tumbuh subur, maka petani memerlukan beberapa kondisi tertentu, diantaranya yaitu ialah pengairan yang cukup dimana pada usai tertentu, tanaman padi membutuhkan tanah yang tergenang air supaya tumbuh subur.

Genangan buatan di lahan tanaman padi tersebut bisa dibuat dengan cara melakukan irigasi di lahan yang bersumber dari mata air, dari sungai, maupun dari proses terjadinya hujan yang turun. Lahan ditempat menanam padi yang sumber pengairannya berasal dari air hujan disebut sebagai sawah tadah hujan, sedangkan yang sumber dari pengairannya dari sungai ataupun mata air disebut dengan sebagai sawah irigasi.  

Kebun Buah

Kebun buah juga merupakan salah satu contih lingkungan buatan. Meskipun tanaman buah sendiri merupakan ciptaan Tuhan, namun tanaman- tanaman di kebun buah tersebut ditanam oleh manusia. Sehingga kebun buah tersebut dikatakan sebagai lingkungan buatan manusia. ada banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari adanya kebun buah ini. Selain sebagai tempat rekreasi, biasanya pengunjung juga diperbolehkan memakan buah- buahan yang tumbuh secara gratis. Selain itu apabila buah yang matang terlalu banyak maka bisa dijual kembali. Berwisata di kebun buah selain menyenangkan karena biasanya tempatnya sejuk, juga mengenyangkan.

Taman

Taman bisa diartikan sebagai lahan buatan manusia yang berisi berbagai macam tumbuhan / tanaman beserta komponen abiotik seperti batu, tanah, patung, air mancur dan juga yang lain sebagainya. Ditinjau dari kegunaanya, taman buatan manusia memiliki manfaat yang berbeda-beda. contohnya yaitu taman “Toga” / tanaman obat keluarga berguna sebagai bahan obat tradisional.

Ada pula taman wisata yang mempunyai fungsi sebagai tempat refreshing ataupun tempat berwisata. misalnya taman wisata yang berada pada selecta malang. Selain itu juga, ada yang disebut dengan taman kota, yang umumnnya kita temukan pada kota-kota besar seperti Surabaya dan juga Jakarta.Taman-taman kota ini sengaja di buat sebagai penyaring polusi yang terjadi sebab polusi dan juga padatnya daerah perkotaan. Itulah mengapa taman kota hasil buatan manusia ini sering juga di sebut pengertian penghijauan / paru-paru kota.

Tambak

Tambak / kolam buatan ialah tempat dari budidaya ikan terutama ikan-ikan air tawar, ataupun digunakan sebagai tempat budidaya udang. Pembuatan tambak memiliki tujuan yang sama halnya seperti sawah, yaitu kalau tujuan pembuatan sawah ialah untuk kelangsungan hidup tanaman padi, sedangkan pada tambak manusia berusaha menerapkan kondisi buatan yang sesuai untuk kelangsungan hidup ikan ataupun udang.Tambak ini dibuat sedemikian rupa agar bisa mendukung kelangsungan hidup ikan ataupun udang ini seperti adanya genangan air sebagai habitat hidup ikan dan juga udang, cukupnya oksigen terlarut, tingkat keasaman dan juga yang lain sebagainya.

Bendungan

Bendungan disebut juga dengan Dam, yaitu ialah salah satu bangunan kontruksi buatan manusia yang berguna menahan laju dari air sungai sehingga membentuk waduk.Buatan umumnya dimanfaatkan untuk tujuan rekreasi, dan juga bahkan digunakan sebagai salah satu pembangkit listrik dengan bertenaga air. Selain itu juga, bendungan digunakan sebagai tempat untuk mengontrol laju dari aliran sungai.

Oleh sebab itu, pada tiap bendungan ataupun Dam buatan manusia tersebut dilengkapi pintu air yang dapat dibuka dan juga ditutup ketika waduk mulai penuh terisi, sehingga pada saat hujan tiba, kita dapat mengontrol ataupun membuang air di waduk supaya tidak terjadi genangan pada daerah lingkungan pemukiman yang berkategori dalam pengertian penduduk.

Taman Safari

Taman safari memiliki lingkungan alam buatan yang sama dengan habitat hewan yang hidup di dalamnya. Alam buatan ini sengaja dibuat untuk menyesuaikan kondisi asli kehidupan hewan ataupun satwa yang dipelihara pada taman ini.Berbeda pada taman kota yang umumnya hanya diisi berbagai macam jenis tanaman ataupun tumbuhan saja, di taman safari lebih berorientasi pada satwa yang ditangkar di dalamnya, sehingga manusia berusaha untuk membuat kondisi lingkungan yang hampir mirip ataupun menyerupai habitat asli satwa-satwa tersebut supaya bisa tetap hidup layaknya pada habitat aslinya di alam

Mall

Selain pasar, ada pula pusat perbelanjaan lainnya, yakni mall. Mall merupakan gaya hidup manusia modern. Manusia zaman sekarang leboh menyukai berkunjung ke mall daripada ke tempat- tempat wisata yang bernuansa alam. Beragam aktivitas bisa dilakukan di mall, dari berbelanja, jalan- jalan, atau sekedar nongkrong- nongkrong dan hang out.

 

 Baca Juga: Pengertian Lapisan Ionosfer : Ciri- Ciri, Pembentukan Lapisan Ionosfer, Suhu di Lapisan Ionosfer dan Fungsi Lapisan Ionosfer

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian Lingkungan Buatan Adalah : Jenis- jenis, Manfaat Lingkungan Buatan dan Contoh dari Lingkungan Buatanh . Jangan Lupa selalu kunjungi Ilmuips.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

 Penelusuran yang terkait dengan lingkungan buatan adalah

  • lingkungan alam adalah
  • lingkungan alam buatan adalah
  • pengertian lingkungan buatan
  • 20 contoh lingkungan buatan
  • nama nama lingkungan buatan
  • contoh lingkungan alam
  • gambar lingkungan buatan
  • manfaat lingkungan alam dan buatan
  • materipedia.my.id

Post a Comment for "Pengertian Lingkungan Buatan Adalah : Jenis- jenis, Manfaat Lingkungan Buatan dan Contoh dari Lingkungan Buatan"