Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pithecanthropus Erectus: Pengertian, Sejarah, Cirinya dan Peninggalan Kebudayaan Pithecanthropus Erectus

 


Pithecanthropus erectus adalah fosil manusia purba yang pertama kali ditemukan di Indonesia. Tidak hanya itu, Pithecanthropus erectus juga menjadi salah satu jenis manusia purba yang paling banyak ditemukan di Indonesia.

Pithecanthropus erectus memiliki nama lain, yakni manusia Jawa (Java Man) atau juga sering disebut homo erectus. Adapun Pithecanthropus erectus berasal dari Bahasa Yunani yaitu fithkos yang artinya kera, anthropus yang artinya manusia, dan erectus yang artinya tegak. Dengan ini, pithecanthropus erectus memiliki arti manusia kera yang berjalan tegak.

Fosil jenis Pithecanthropus erectus sendiri telah ditemukan pada 1890 silam. Dalam artikel kali ini, Suara.com akan merangkum sejarah penemuan Pithecanthropus erectus serta ciri-ciri manusia purba yang satu ini. 

 

Baca Juga: Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Sastra Beserta Penjelasannya Lengkap

 

 

Penemuan Pithecanthropus erectus

Fosil jenis Pithecanthropus erectus merupakan fosil manusia purba pertama yang ditemukan di Indonesia. Fosil tersebut ditemukan pada 1890 oleh Eugene Dubois di lembah Sungai Bengawan Solo daerah Trinil, Jawa Timur.

Eugene Dubois sendiri merupakan seorang petugas tenaga medis pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Di Desa Trinil, Dubois pada saat itu tercatat telah menemukan fosil gigi (diberi label Tr-1), sebuah fosil tempurung kepala (diberi label Tr-2) pada 1891, dan fosil tulang paha (diberi label Tr-3) pada 1892.

 

Ciri-ciri Pithecanthropus erectus

Sama seperti fosil manusia purba pada umumnya, Pithecanthropus erectus memiliki ciri tersendiri. Adapun ciri-ciri Pithecanthropus erectus adalah:

  • Berbentuk seperti kera namun berjalan tegak
  • Memiliki tinggi badan sekitar 165 cm
  • Mempunyai hidung yang besar dan tebal
  • Mempunyai gigi dan rahang yang besar
  • Tulang kening bagian atas tebal
  • Tulang kepala tebal
  • Tidak memiliki dagu
  • Volume otak sekitar 1000cc

 

Pola Hidup Pithecanthropus Erectus

Sebagai salah satu manusia purba yang masih awal, Pithecanthropus Erectus menjalani kehidupan secara nomaden atau bisa dikatakan berpindah-pindah dan tidak menetap di satu wilayah dalam kurun waktu yang lama.Salah satu tempat tinggal mereka sementara adalah gua-gua yang kita kenal sebagai abris sous roche.

Selain itu, mereka juga sering menetap lama di daerah-daerah yang dekat dengan sumber air. Selain karena semua manusia membutuhkan air, ternyata hewan-hewan buruan mereka juga banyak ditemukan di dekat sumber air.Berburu hewan dan mengambil makanan dari alam adalah cara utama untuk bertahan hidup. Oleh karena itulah banyak ditemukan peninggalan berupa kapak gengam, alat penetak, batu penggiling, hingga kapak perimbas.

Kehidupan pada zaman tersebut belum mengenal tulisan dan kesenian sederhana. Manusia hanya mengenal mengolah makanan dan mencari tempat berteduOleh karena itu, periode hidup dari manusia purba ini kerap disebut sebagai zaman pra aksara, atau zaman sebelum sejarah.Seiring dengan berjalannya waktu, manusia purba ini mulai hidup menetap di suatu tempat dan mulai mengenal cocok tanam serta peternakan sederhana.Kemajuan pesat ini disebabkan oleh kapasitas otak Pithecanthropus Erectus yang cukup besar, sehingga daya kreasinya juga tinggi.

 

 

Hasil Kebudayaan Pithecanthropus Erectus

 


Dibawah ini merupakan beberapa jenis alat kebudayaan yang dimiliki oleh manusia purba jenis pithecanthropus erectus, yaitu:

  1. 1. Kapak Genggam Bentuk dari kapak ini gak besar, tapi mempunyai ukuran yang lebih kecil dari jenis kapak lainnya.Kapak genggam udah tersebar ke beberapa wilayah di Nusantara dan masih dikembangkan sampai pada zaman yang modern ini.Awalnya, kapak genggam adalah buatan manusia purba memakai bahan-bahan yang sederhana, dengan cara penggunaannya yang digenggam pada ujung. 
  2. Pahat Genggam Alat ini bentuknya kecil dipakai buat kegiatan bercocok tanam, buat memanfaatkan hasil alam yang lebih dan buat menggemburkan tanah. Selain itu, pahat genggam juga dimanfaatkan buat mencari ubi atau hal lainnya, karena pahat genggam ini sangat tajam. 
  3. Kapak Perimbas Kapak perimbas punya bentuk yang sedikit cembung dan sering dipakai dalam kebutuhan buat memangkas suatu benda. Kapak perimbas ditemukan di oleh seorang ilmuan pada tahun 1935 dengan fungsinya sebagai alat pemotong atau penetak. Selain di Indonesia, kapak perimbas ini juga banyak sekali ditemukan di berbagai negara lainnya. 
  4. Alat Serpih Ada seseorang yang bernama Von Koenigswald menemukan alat serpih pada tahun 1934. Alat ini banyak ditemukan di gua – gua, di mana manusia purba tersebut dahulu tinggal di sana. Ukuran alat serpih sendiri umumnya sangat kecil dan cuma sekitar 11 sampai 20 cm aja. Alat serpih banyak dipakai buat pisau, mata panah dan juga alat pemotong lainnya. 
  5. Kapak Penetak Alat penetak ini disebut juga sebagai kapak, tapi bentuknya terlihat lebih besar dan cuma bisa dipakai buat memotong benda tertentu aja. Umumnya, alat penetakini dipakai oleh manusia purba tepatnya pithecanthropus buat memotong kayu, pohon sebagainya. Alat penetak ini bisa kalian temui dengan mudah di seluruh wilayah Nusantara. 
  6. Benda Tajam (Dapat Berupa Tulang Hewan) Ada banyak pisau yang dipakai oleh manusia purba buat berbagai hal, ada juga alat yang dipakai ini berasal dari tulang hewan. Selain itu, banyaknya benda tajam lainnya seperti pisau, belati, tombak dan sebagainya yang biasa dipakai oleh pithecanthropus. Daerah yang banyak ditemukan alat ini yaitu Ngawi, Jawa Timur. 
  7. Batu Penggiling Manusia purba juga memakai batu sebagai media buat menggiling sesuatu dan banyak ditemukan di sekitar gua-gua atau hutan.

 

 

Baca Juga: Kalimat Persuasif Meliputi Pengertian, Ciri, Fungsi, dan Jenisnya Lengkap

 

 Penelusuran terkait

  • ciri pithecanthropus erectus
  • pithecanthropus erectus ditemukan di
  • volume otak pithecanthropus erectus
  • pengertian pithecanthropus erectus
  • penemu pithecanthropus erectus
  • fosil pithecanthropus erectus ditemukan oleh eugene dubois di trinil pada tahun 1890 dalam bentuk
  • data yang merupakan ciri-ciri dari jenis manusia purba pithecanthropus erectus adalah
  • apa yang kamu ketahui tentang pithecanthropus erectus

Post a Comment for "Pithecanthropus Erectus: Pengertian, Sejarah, Cirinya dan Peninggalan Kebudayaan Pithecanthropus Erectus"