Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Diplomasi - Menurut Para Ahli ,Beserta Tujuan, Fungsi Beserta Contohnya

Pengertian Diplomasi dan Contohnya

Pengertian Diplomasi

Diplomasi adalah seni dan praktik bernegosiasi oleh seseorang (disebut diplomat) yang biasanya mewakili sebuah negara atau organisasi. Kata diplomasi sendiri biasanya langsung terkait dengan diplomasi internasional yang biasanya mengurus berbagai hal seperti budaya, ekonomi, dan perdagangan. Biasanya, orang menganggap diplomasi sebagai cara mendapatkan keuntungan dengan kata-kata yang halus. Perjanjian-perjanjian internasional umumnya dirundingkan oleh para diplomat terlebih dahulu sebelum disetujui oleh pembesar-pembesar negara. Istilah diplomacy diperkenalkan ke dalam bahasa Inggris oleh Edward Burke pada tahun 1796 berdasarkan sebuah kata dari bahasa Prancis yaitu diplomatie.
Menurut Kepres Nomor 108 Tahun 2003 Tentang Organisasi Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri, perwakilan diplomatik adalah kedutaan besar Republik Indonesia dan perutusan tetap Republik Indonesia yang melakukan kegiatan diplomatik di seluruh wilayah negara penerima dan/atau pada organisasi internasional untuk mewakili dan memperjuangkan kepentingan bangsa, negara dan pemerintah Republik Indonesia.


Pengertian Diplomasi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti diplomasi, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli. Berikut ini adalah pengertian diplomasi menurut para ahli:

1. Geoffrey McDermott

Menurut Geoffrey McDermott, pengertian diplomasi adalah pertimbangan dalam manajemen hubungan internasional, masing-masing Negara, seberapapun kaliber dan ukurannya, selalu ingin memelihara/ mengembangkan posisinya dalam kancah Internasional.

2. De Cussy

Menurut De Cussy, arti diplomasi adalah pemanfaatan seluruh pengetahuan dan prinsip- prinsip yang diperlukan untuk melaksanakan serta mengelola berbagai urusan resmi antar negara.

3. Calvo

Menurut Calvo pengertian diplomasi adalah ilmu mengenai hubungan antar berbagai negara yang tercipta sebagai hasil timbal balik berbagai kepentingan, dari prinsip-prinsip hukum antar negara dan ketentuan-ketentuan yang dicantumkan dalam traktat-traktat ataupun berbagai persetujuan internasional.

4. Suwardi Wiriaatmadja

Menurut Suwardi Wiriaatmadja, arti diplomasi adalah prosedur hubungan antar negara yang bebas nilai dan dengan bergantung pada kemampuan serta kecakapan dari mereka yang melaksanakannya.

5. KBBI

Menurut KBBI, pengertian diplomasi adalah urusan penyelenggaraan perhubungan resmi antara satu negara dengan negara lain. Bisa juga diartikan sebagai urusan kepentingan sebuah negara dengan perantaraan wakil-wakilnya di negara lain.



 
jenis jenis diplomasi di bagi menjadi 4 :

  1. Diplomasi publik didefinisikan sebagai upaya mencapai kepentingan nasional suatu negara melalui understanding, informing, and influencing foreign audiences. Dengan kata lain, jika proses diplomasi tradisional dikembangkan melalui mekanisme government to government relations maka diplomasi publik lebih ditekankan pada government to people atau bahkan people to people relations. Tujuannya, agar masyarakat internasional mempunyai persepsi baik tentang suatu negara, sebagai landasan sosial bagi hubungan dan pencapaian kepentingan yang lebih luas.
  2.  Diplomasi multilateral merupakan sebuah praktik diplomasi yang melibatkan tiga atau lebih negara, terutama antar negara yang memiliki kepentingan sama dan ingin dicapai bersama (Freeman Jr., 2010). Diplomasi multilateral mulai berkembang pada abad ke empat SM, yang ditandai dengan adanya aliansi antara negara Greco-Persian. Pada awal abad ke-20, diplomasi multilateral kembali muncul sebagai rasa kekecewaan terhadap sistem diplomasi bilateral yang mengarah kepada ketidakseimbangan kapabilitas tiap negara yang berujung pada monopoli salah satu negara. 
  3. Diplomasi Preventif seperti yang dikemukakan oleh sekretaris jenderal PBB dalam agendanya yang berjudul "An Agenda for Peace" mengatakan bahwa untuk menjaga perdamaian diperlukan adanya diplomasi preventif. Diplomasi preventif dalam didefinisikan sebagai sebuah aksi untuk mencegah perselisihan antar kelompok yang secara perlahan telah berkembang menjadi sebuah konflik terbuka dan membatasi efek dari pertikaian tersebut agar tidak semakin meluas. Aksi anti-kekerasan yang dilaksanakan oleh para aktor diplomasi preventif juga berusaha mencegah konflik agar tidak berubah menjadi konflik bersenjata yang dapat membahayakan kedamaian dan keamanan internasional 
  4.  Diplomasi Bilateral adalah Pelaksanaan hubungan diplomatik antara dua negara secara formal melalui misi diplomatik (diplomatic mission) yang diakreditasi oleh kedua pihak. Diplomasi bilateral sering dianggap identik dengan diplomasi tradisional dan umumnya mengedepankan prinsip resiprositas(reciprocity).

 

Fungsi dan Tujuan Diplomasi

 



Fungsi Diplomasi


Fungsi diplomat menurut Norman dan Howard c parkins, 1957 sebagai duta dari negaranya maka diplomasi memiliki fungsi yaitu:
  • Representasi
    Yaitu mewakili negara asalnya dalam melakukan perundingan dan sebagainya dengan membawa nama negara asal.
  • Negosiasi
    Melakukan negosiasi dengan negara lain berkait dengan permasalahan negara asal.
  • Reporting
  • Prortection of the interst of the nation and of its citizans in foreigen lands.

 

Tujuan Diplomasi

Sedangan menurut S L Roy, 1991 tujuan dari diplomasi yaitu:
  • Tujuan Politik
    Berkaitan dengan kebebasan politik dan integritas teritorialnya, dalam konteks Indonesia ialah mempertahankan kemerdekaan yang telah diperoleh serta melindungi kedaulatan wilayah NKRI dari sabang sampai Merauke.
  • Tujuan Ekonomi
    Berkaitan dengan pembangunan ekonomi nasional.
  • Tujuan Kultur
    Melestarukan serta memperkenalkan kebudayaan nasional pada dunia internasional.
  • Idiologi
    Mempertahankan keyakinan dan kepercayaan yang diyakini oleh sebuah bangsam dalam konteks Indonesia ialah Pancasila.


Contoh Diplomasi

Beragam kasus yang bisa diberikan wawasan dalam diplomasi, antara lain sebagai berikut;

Indonesia

Contoh diplomasi Indonesia yang pernah dilakukan ini misalnya saja tentang adanya hubungan antara Indonesia dan Arab Saudi dalam upaya memberikan perlindungan warga negara Indonesia yang bekerja disana (TKI). Perlindungan tersebut dilakukan melalui langkah diplomasi kedua negara untuk membentuk kesepatan-kesepatan dalam perjanjian tertentu. 

Hubungan Internasional

Kejadian lainnya yang berhubungan dengan diplomasi dalam internasional ini misalnya saja kerjasama Indonesia dengan Malayisa (Bilateral) dalam membuka lapangan pekerjaan kedua negara serta perdangangan dalam indutri kepada Sawit.
Contoh lainnya,ialah kebijakan yang dilakukan Indonesia dengan bergabungnya pada Organisasi Internasional PBB. Melalui struktur PBB Indonesia secara penuh dapat diberikan hak-haknya sebagai negara bardulat, misalnya saja adanya dukungan untuk menjadikan Irian Jaya (Papua) sebagai wilayah Indonesia. Selengkapnya, Manfaat PBB Bagi Indonesia dan Dunia

Demikianlah pembahasan mengenai  Pengertian Diplomasi Menurut Para Ahli & ( Fungsi – Tujuan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.


Penelusuran yang terkait dengan contoh diplomasi
  • contoh diplomasi dalam hubungan internasional
  • sebutkan contoh diplomasi
  • diplomasi adalah
  • fungsi diplomasi
  • tujuan diplomasi
  • arti diplomatik dan contohnya
  • contoh diplomasi terbuka
  • contoh diplomasi brainly

Post a Comment for "Pengertian Diplomasi - Menurut Para Ahli ,Beserta Tujuan, Fungsi Beserta Contohnya"