Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Hubungan Bilateral - Menurut Para Ahli, Tujuan , Manfaat dan Contohnya


Pengertian Hubungan Bilateral


Pengertian Hubungan bilateral

Hubungan bilateral (Inggris: bilateral relations atau bilateralism) adalah jenis hubungan yang melibatkan dua pihak. Biasanya digunakan untuk menyebut hubungan yang melibatkan hanya dua negara, khususnya suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara.
Kebanyakan hubungan internasional dilakukan secara bilateral. Misalnya perjanjian politik-ekonomi, pertukaran tumpang, dan kunjungan antar negara. Alternatif dari hubungan bilateral adalah hubungan multilateral; yang melibatkan banyak negara, dan unilateral; ketika satu negara berlaku semaunya (freewill).
Hubungan bilateral atau multilateral juga berlaku untuk Negara yang bekerjasama dengan sebuah Organisasi besar dunia dalam berbagai bidang. contoh: Spt Indonesia dengan PBB, Indonesia dgn OKI (Organisasi kerjasama Islam), Sia pasific economic community (APEC) DSB. Tidak menutup kemungkinan dimasa mendatang akan terjalin hubungan hubungan baru.


Hubungan Bilateral Menurut Para Ahli

  1. Tygve Nathiessen
    Hubungan Internasional merupakan bagian dari ilmu politik dan karena itu komponen- komponen hubungan internasional meliputi politik internasional, organisasi dan administrasi internasional, dan hukum internasional.

  2. Charles A. Mc Clelland
    Hubungan Internasional adalah studi tentang keadaan- keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.

  3. Buku Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri RI (Restra)
    Hubungan Internasional sebagai hubungan antarbangsa dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut.

  4. Encyclopedia Americana
    Hubungan Internasional sebagai hubungan politis, budaya, ekonomi ataupun pertahanan dan keamanan.

  5. Warsito Sunaryo
    Hubungan Internasional merupakan studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi. Adapun yang dimaksud dengan kesatuan-kesatuan sosial tertentu bisa diartikan sebagai negara, bangsa, maupun organisasi negara sepanjang bersifat internasional.

  6. Mochtar Mas’oed
    Hubungan Internasional merupakan bagian dari studi ilmu sosial yang mempelajari tentang interaksi setiap negara di dunia dalam segala aspek hubungan internasional yang meliputi diplomasi politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan.

  7. Daniel S.Papp
    Hubungan Internasional adalah ilmu yang mempelajari masalah- masalah Internasional dan sistem yang membentuk hubungan internasional serta para aktor yang terlibat didalamnya.

  8. Karl W.Dentesh
    Dalam bukunya The Analysis of Internasional relation, Hubungan Internasional merupakan proses transnasional yaitu berpengaruhnya suatu ide, perilaku, kejadian dari suatu negara ke negara lain.

  9. Suwardi Wiryaatmaja, M.A.
    Beliau mengemukakan bahwa hubungan internasional membahas keadaan atau soal-soal politik di masyarakat internasional dalam arti sempit, menitik beratkan pada diplomasi dan hubungan antarbangsa serta satuan politik lainnya. hubungan internasional mencakup segala macam hubungan antar bangsa kelompok-kelompok bangsa dalam masyarakat dunia.

  10. Warsito Sunaryo
    Hubungan internasional merupakan studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial, termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi. Kesatuan-kesatuan sosial tertentu dapat diartikan sebgai negara, bangsa atau organisasi negara, sepanjang hubungan bersifat internasional.


Ada banyak sekali tujuan kerjasama bilateral, dan tujuan tersebut disesuaikan dengan kepentingan kedua negara yang menjalin kerjasama. Adapun secara umum tujuan dari kerjasama bilateral adalah memajukan kedua negara yang menjalin kerjasama. Namun tujuan tersebut bisa dijabarkan kembali ke dalam uraian yang lebih rinci. Adapun beberapa tujuan dari kerjasama bilateral antara lain sebagai berikut:
  • Untuk memasarkan produk suatu negara ke negara lainnya
  • Untuk mendapatkan bahan kebutuhan yang diperlukan apabila di negara sendiri tidak memproduksinya
  • Untuk memperoleh investor untuk kemajuan perekonomian suatu negara
  • Untuk memperoleh ilmu teknik militer yang lebih maju
  • Untuk menjalin persahabatan dengan negara lain (mempererat hubungan dengan negara lain)
Itulah beberapa tujuan melakukan kerjasama bilateral. Tujuan- tujuan lain yang lebih khusus disesuaikan dengan kepentingan masing- masing negara anggota yang melakukan perjanjian.


Setiap hubungan dengan pihak lain pasti akan membawa dampak positif. Setiap dampak positif kita rasakan sebagai manfaat. Seperti halnya dengan kerjasama internasional lainnya, kerjasama bilateral merupakan hubungan yang dapat mendatangkan banyak manfaat. Beberapa manfaat yang akan kita dapatkan dari kerjasama bilateral antara lain sebagai berikut:
  • Menambah keuntungan negara
Salah satu manfaat kerjasama bilateral adalah bertambahnya keuntungan negara. Hal ini jelas terjadi karena negara dapat memperkenalkan produk yang dihasilkan dalam negerinya kepada negara- negara tetangga yang menjadi anggota dalam kerjasama tersebut. Dengan demikian suatu negara bisa menjalin hubungan perdagangan yang lebih banyak lagi dengan pasar yang lebih luas. Dengan demikian keuntungan yang bisa didapatkan akan lebih banyak.
  • Mempererat hubungan antar negara
Selain menambah keuntungan negara, manfaat kerjasama bilateral yang lainnya adalah mempererat hubungan antar negara. Hubungan antar negara ini seperti halnya hubungan persahabatan. Dengan menjalin kerjasama antar negara maka akan semakin banyak peluang bagi suatu negara untuk meningkatkan berbagai hubungan lainnya diluar hubungan kerjasana tersebut. Apabila suatu negara sedang dilanda musibah, seperti bencana tsunami dan jenis gempa bumi maka negara yang lain pun bisa memberikan bantuan.
  • Memasarkan produk dalam negeri
Seperti halnya poin teratas, manfaat kerjasama bilateral antara lain adalah untuk memasarkan produk yang dibuat lokal oleh suatu negara. Kerjasama antar negara bisa menjadi ajang promosi untuk  produk lokal dalam negeri supaya dikenal oleh masyarakat yang lebih luas. Dengan demikian produk lomeperkenalkankal kita akan lebih dikenal dan kemungkinan daya jualnya juga akan lebih tinggi di masyarakat luas.
  • Meningkatkan kesejahteraan ekonomi
Manfaat lain dari kerjasama bilateral adalah meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Dengan melakukan kerjasama bilateral, maka kita bisa lebih mudah mendapatkan barang- barang yang tidak diproduksi di dalam negeri untuk kemudian dikonsumsi di dalam negeri. Hal ini akan meningkatkan kesejahteraan ekonomi suatu negara.
  • Mudah mendapatkan pinjaman keuangan
Kerjasama bilateral di bidang moneter akan memudahkan suatu negara mendapatkan pinjaman keuangan apabila sedang membutuhkan. Hal ini karena memang organisasinya bergerak dalam bidang moneter.
  • Meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi
Kerjasama bilateral akan meningkatkan ilmu pengetahuan dan juga teknologi. Dengan sering berkumpul dan sharing, maka suatu negara akan bisa mencontoh negara lain dalam bidang ilmu pengetahuan dan juga teknologi supaya lebih maju dan juga lebih modern.

Bidang Hubungan Bilateral—

  • Bidang Pendidikan
    Dalam bidang pendidikan, antara Indonesia dan Malaysia menjalin hubungan dengan mengadakan pertukaran pelajar setiap tahunnya.
  • —Bidang Ekonomi
    Banyaknya investor-investor dari Malaysia yang ber investasi di Indonesia telah sedikit banyak membantu pemerintah Indonesia di dalam mengentaskan pengangguran. Investor dari Malaysia banyak menanamkan investasinya dalam industri perkebunan kelapa sawit. Selain itu, di Malaysia juga banyak di tempatkannya Tenaga Kerja dari Indonesia yang bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT), petugas medis, pekerja bangunan serta tenaga profesional lainnya




Contoh Hubungan Bilateral Indonesia

Dibawah ini adalah beberapa contoh dari hubungan bilateral indonesia:

  1. Hubungan Bilateral Indonesia dan Amerika Serikat

Ekrja sama antara indonesia dan damirika sejatinya telah lama terjadi bahkan sebelum proklamasi kemerdekaan indoneisa pada tahun 1945. Hubungan diplomatik diantara keduanya ditandai dengan dibukanya kedutaan besar pada masing-masing negara tersebut. Hubungan bilateral yang terjadi pun terdapat pada berbagai bidan, entah itu bidang perdagangan, investas, wisata, pembangunan, pendidikan, dan yang lainnya. Hubungan bilaterral yang paling diingat antara indonesia dan AS ialah ketika kedua engara ini meluncurkan indonesia US comprehensive  partnership pada tahun 2010.

  1. Hubungan Bilateral Indonesia dan Arab Saudi

Indonesia adalah neraga dengan pendudukan muslim terbesar di dunia. Hal ini menjadikan indonesia harus mempunyai hubungan bileteral yang baik dengan negara arab saudi. Mengan begitu? Hal ini dikarenakan salah satu kewajiban dari umat muslim ialah pergi melaksanakan ibadah haji yang hanya bisa dilakukan di negara arab saudi.

  1. Hubungan Bilateral Indonesia Ingris

Inggirs adalah slah satu negara monarki di benua eropa. Hubungan kerja sama bilateral antara indonesia dan inggris banyak terjadi di dalam bidang pendidikan dan juga ekonomi. Pada bidang pendidikan yaitu dengan benyaknya pertukaran pelajar diantara kedua negara ini. Pada bidang ekonomi sendiri, inggris dan indonesia mempunyai banyak kegiatan ekspos dan impor


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Hubungan Bilateral
  • pengertian kerjasama bilateral multilateral dan regional
  • perbedaan hubungan bilateral dan multilateral
  • contoh bilateral
  • pengertian kerjasama bilateral regional multilateral dan contohnya
  • pengertian kerjasama regional
  • hubungan bilateral menurut para ahli
  • pengertian hubungan bilateral menurut para ahli
  • jelaskan perbedaan hubungan bilateral dan hubungan multilateral berikan masing-masing contohnya

Post a Comment for "Pengertian Hubungan Bilateral - Menurut Para Ahli, Tujuan , Manfaat dan Contohnya"