Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kreatif dan Inovatif Beserta Arti, Bentuk, Ciri, Perbedaanya Dan Contohnya




Kreatif adalah suatu kemampuan dalam menciptakan produk/hal-hal yang baru atau cara yang baru dari sesuatu yang telah di ciptakan (Sudah ada) sebelumnya. Umumnya Kreatif ini akan muncul jika ada suatu halangan atau rintangan yang memerlukan solusi terbaru.
Sebagai contoh Seorang ayah ingin memberikan anaknya dengan mainan, akan tetapi jika membelinya tidak memberikan nilai edukasi maka seorang ayah mengajak anaknya untuk membuat mainan dari berbagai barang-barang bekas yang ada di rumah. Jika melihat contoh tersebut tentunya memiliki nilai kreatif dengan memanfaatkan barang yang ada menjadi susuatu yang baru dan bermanfaat .

Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti kreatif, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli. Berikut ini adalah pengertian kreatif menurut para ahli:

1. Shadiq (2010)

Menurut Shadiq (2010), pengertian kreatif adalah gagasan terhadap konsep dan rencana untuk kemajuan, gagasan ini dibutuhkan dalam pemikiran dan juga hasil karya seseorang di dalam memecahkan masalah-masalah sosial yang sedang berkembang.

2. Widyatun

Menurut Widyatun (1999), pengertian kreatif adalah kemampuan dalam menyelesaikan suatu masalah yang memberi kesempatan kepada setiap personal untuk berkreasi untuk memunculkan ide-ide baru/adaptif yang memiliki fungsi dan kegunaan secara menyeluruh untuk berkembang

3. James R. Evans

Menurut James R. Evans (1994), pengertian kreatif adalah kemampuan dalam menemukan hubungan baru, melihat subjek dari sudut pandang yang berbeda, dan mengkombinasikan beberapa konsep yang sudah mindstream di masyarakat dirubah menjadi suatu konsep yang berbeda.

4. Supriadi

Menurut Supriadi, definisi kreatif adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada. Kreativitas merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mengimplikasikan terjadinya eskalasi dalam kemampuan berpikir, ditandai oleh suksesi, diskontinuitas, diferensiasi, dan integrasi antara tahap perkembangan.

4. Conny R. Semiawan

Menurut Conny R. Semiawan, arti kreatif adalah kemampuan dalam membuat suatu gagasan baru dalam upaya memecahkan masalah.

5. Havvel

Menurut Havvel, arti kreatif adalah suatu kemampuan untuk menciptakan suatu sistem atau komposisi yang baru.

6. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan atau daya cipta, kreativitas juga dapat bermakna sebagai kreasi terbaru dan orisinil yang tercipta, sebab kreativitas suatu proses mental yang unik untuk menghasilkan sesuatu yang baru, berbeda dan orisinil.


Ciri-Ciri Orang Kreatif

Setelah memahami apa itu kreatif dan bagaimana bentuk kreatif, maka berikutnya adalah melihat beberapa karakteristik orang-orang kreatif. Adapun ciri-ciri orang kreatif adalah sebagai berikut:

1. Sering Berimajinasi

Mereka yang sering berimajinasi kemungkinan besar termasuk dalam kategori orang-orang kreatif. Umumnya orang yang suka berimajinasi memiliki otak kanan yang lebih dominan dibanding otak kirinya.
Mereka sering juga disebut sebagai pemimpi yang realistis karena mampu merealisasikan imajinasi mereka menjadi nyata.

2. Menyukai Tantangan

Bagi orang-orang kreatif tantangan dan kesulitan merupakan sesuatu yang dapat memicu semangat. Umumnya mereka menghadapi tantangan dengan sikap optimis berani mengambil risiko.
Ketika mereka gagal menghadapi tantangan, hal itu dianggap sebagai pelajaran. Dan ada kepuasan tersendiri ketika mereka berhasil melalui kesulitan yang dihadapi.

3. Mudah Beradaptasi

Orang-orang kreatif merupakan individu yang dapat berpikir cepat dalam menemukan ide atau gagasan untuk mengatasi masalah. Hal tersebut membuat mereka mudah beradaptasi dengan lingkungan dan suka membantu dalam penyelesaian kasus secara berkelompok.

4. Mudah Merasa Bosan

Orang-orang kreatif sering berimajinasi dan mereka selalu terbuka dengan hal-hal baru di sekitarnya. Inilah yang kemudian membuat mereka cenderung mudah bosan terhadap sesuatu dan selalu ingin mencoba hal-hal yang baru.

5. Pribadi yang Misterius

Orang kreatif mudah dipengaruhi oleh mood yang cepat berubah sehingga kepribadian mereka sulit ditebak. Sensitifitas dan rasa empati mereka tinggi, namun seringkali sikap mereka membingungkan orang lain.



Contoh Kreativitas

Kreativitas dapat muncul kapan saja dan di mana saja. Lingkupnya pun luas, mulai dari hal yang sangat sederhana hingga paling rumit. Berikut adalah contoh-contoh kreativitas yang dapat kita temui pada kehidupan sehari-hari.
  • Drum bisa diubah fungsinya dengan kreativitas. Misalnya dengan menjadikannya bangku cantik di ruang tamu. Tentu perlu proses kreatif di dalamnya seperti melakukan pengecatan ulang, memberi ornamen cantik, hingga jadilah bangku yang indah.
  • Buku bekas yang tebal juga tidak luput dari kreativitas. Ia dapat dijadikan pot, yakni dengan melubangi bagian tengah buku, kemudian menambahkan media tanam seperti tanah. Pot buku tebal pun siap dijadikan hiasan cantik di sudut ruangan.
  • Benda yang rusak seperti roda sepeda dapat dimanfaatkan sebagai gantungan baju. Roda sepeda tak terpakai bisa digantung pada tiang yang tinggi untuk menjemur baju.
  • Membuat kebun vertikal menggunakan botol bekas merupakan contoh kreativitas selanjutnya. Langkah ini diambil karena sempitnya lahan untuk berkebun, terutama di kawasan yang padat penduduk.
Masih banyak contoh kreativitas lainnya yang dapat Anda lakukan. Mulailah berimajinasi dan jadilah orang kreatif dengan memanfaatkan benda-benda tak terpakai di sekitar Anda.



Pengertian Inovatif Dan Syarat-Syarat

Pengertian inovatif adalah sebuah daya untuk berfikir secara baru dengan melewati beberapa tahap dan syarat yang sudah di tentukan. Ada beberapa syarat yang harus di penuhi dalam berfikir inovatif yaitu elastisitas yang tinggi yaitu berfikir secara luas dengan batasan-batasan norma dan agama agar tidak terlalu jauh dari jalur kemudian produktifitas yang tinggi yaitu dapat menciptakan segala sesuatu yang baru tanpa henti tetapi tetap dalam batasan lalu memiliki sensitifitas yang tinggi terhadap lingkungan sekitar dan yang terakhir ialah originalitas yang tinggi dengan tidak mencuri atau mengakui kreatifitas orang lain serta benar-benar baru dari otak kita. Inovatif yang baik dan positif mencangkup keempat hal tersebut sehingga tidak boleh di pisahkan dari hal tersebut. 

Pengertian atau definisi inovatif yang benar pun selain menyandarkan kepada sebuah pemikiran inovatif harus menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi dirinya maupun bagi orang lain secara umum inovatif yang bermanfaat bagi orang lain yaitu menciptakan segala sesuatu yang berguna untuk masyarakat baik lapangan pekerjaan, pemikiran atau paham serta hal-hal lain yang berkaitan dengan kehidupan sosial. Secara khusus arti inovatif bagi diri sendiri yaitu menciptakan sesuatu yang berguna bagi diri kita seperti gaya hidup yang baik, menciptakan sebuah wirausaha dan berbagai macam hal yang berkaitan pada kelangsungan hidup diri kita.

Inovatif yang positif tetunya sangat diinginkan setiap semua masyarakan karena setiap orang memiliki hak asasi untuk berfikir tetapi tetap terbatas pada hak-hak orang lain karena itulah dalam berfikir inovatif jangan terlalu jauh menyimpang dari agama, adat atau budaya yang kita anut supaya ide atau inovasi yang kita buat dapat di terima secara baik oleh seluruh masyarakat. Dari paparan di atas dapat di simpulkan bahwa pengertian inovatif yang positif ialah kemampuan atau daya upaya kita sebagai umat manusia untuk menciptakan sebuah produk atau karya yang baru untuk keberlangsungan hidup baik untuk diri sendiri dan lingkungan sosial atau masyarakat yang ada di sekeliling kita.

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli :

Seseorang yang inovatif akan selalu berupaya melakukan perbaikan, menyajikan sesuatu yang baru/unik yang berbeda dengan yang sudah ada. Nah, dibawah ini beberapa definisi inovatif menurut beberapa ahli.
  1. Kuniyoshi Urabe Menurut Kuniyoshi Urabe, inovasi merupakan setiap kegiatan yang tidak bisa dihasilkan dengan satu kali pukul. Melainkan suatu proses yang panjang dan kumulatif, meliputi banyak proses pengambilan keputusan, mulai dari penemuan gagasan hingga ke implementasian nya di pasar. 
  2. Inovasi menurut UU No. 18 tahun 2002 Inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi. 
  3. Van de Ven, Andrew H Menurut Van de Ven menyatakan bahwa Inovasi ialah suatu pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang yang dimana dalam jangka waktu tertentu melakukan suatu transaksi-transaksi dengan orang lain dalam sebuah tatanan organisasi. 
  4. West & Far Inovasi adalah pengenalan dan penerapan dengan sengaja gagasan, proses, produk dan prosedur yang baru pada unit yang menerapkannya,yang dirancang untuk memberikan keuntungan bagi individu, kelompok, organisasi dan masyarakat luas. 
  5. Everett M. Rogers Mendefisisikan bahwa inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi.

Ciri Orang Inovatif

Ada banyak ciri-ciri yang melekat pada orang yang inovatif. Berikut adalah beberapa ciri orang inovatif.
  • Challenges status quo, yaitu tidak merasa cepat puas dengan keadaan saat ini serta mempertanyakan otoritas dan rutinitas.
  • Curious, yaitu senantiasa mengeksplorasi lingkungan dan mengidentifikasi adanya kemungkinan-kemungkinan baru.
  • Self-motivated, yaitu tanggap terhadap kebutuhan dari dalam diri dan menjadi pribadi yang proaktif memprakarsai proyek baru.
  • Visionary, yaitu memiliki pandangan yang jauh ke depan.
  • Entertains the fantastic, yaitu memiliki ide-ide yang bagi sebagian orang akan dianggap gila, serta mengubah sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin.
  • Takes risks, yaitu melampaui batas kenyamanan, berani mencoba, dan berani pula menanggung kegagalan.
  • Peripatetic, yaitu mengubah lingkungan kerja sesuai dengan apa yang dibutuhkan, sering melakukan perjalanan guna memperoleh inspirasi ide-ide brilian.
  • Playful/humorous, yaitu memiliki ketertarikan pada hal-hal yang aneh, berani untuk tampil beda, dan juga berani bertindak.
  • Self-accepting,yaitu dapat mempertahankan ide yang dimiliki serta tidak terpengaruh dengan cara pandang orang lain.
  • Flexible/adaptive, yaitu terbuka bagi setiap perubahan, mampu melakukan adaptasi atau penyesuaian, serta mampu menyajikan berbagai solusi dan gagasan.
  • Makes new connections, yaitu mampu menyambungkan atau melihat hubungan dari unsur-unsur yang terputus.
  • Reflective, yaitu dapat merenungkan berbagai pertimbangan sebelum mengambil suatu keputusan.
  • Recognize patterns, yaitu perseptif terhadap sesuatu serta dapat membedakannya.
  • Tolerate ambiguity, yaitu tetap mampu merasa nyaman meski dalam situasi kacau (chaos), serta tidak terburu-buru dalam membenarkan suatu ide atau gagasan yang muncul.
  • Committed to learning, yaitu berusaha untuk terus mencari pengetahuan secara kontinu dan juga menyeimbangkan setiap informasi yang terkumpul serta menyelaraskan tindakan.
  • Balances intuition and analysis, yaitu mampu memilih antara pemikiran divergen dengan konvergen serta memiliki intuisi untuk melakukan analisis.
  • Situationally collaborative, yaitu berusaha menyeimbangan pemikiran dari setiap individu, mampu membuka dan mencari dukungan.
  • Formally articulate, yaitu mengomunikasikan gagasan secara efektif serta mampu menerjemahkan sesuatu yang abstrak ke dalam bahasa yang penuh arti.
  • Resilient, yaitu merefleksi hal-hal yang dianggap mengecewakan atau tidak diinginkan. Orang dengan sifat ini akan mampu belajar dengan cepat dari umpan balik yang diberikan kepadanya.
  • Persevering, yaitu bekerja keras dan tekun serta memiliki komitmen terhadap hasil apa yang telah digariskan.

Contoh Inovasi:

Contoh inovasi misalnya pada penemuan pesawat terbang, semakin berkembangnya jaman dan ilmu pengetahuan maka pesawat terbang-pun semakin dikembangkan lagi dan lagi sehingga semakin canggih dan bisa didapatkan manfaat yang lebih.

Lalu pada perkembangan telepon, semakin berkembangnya jaman maka telepon semakin canggih sehingga ditemukan-lah telepon genggam atau handphone yang dapat di bawa kemana-mana yang memiliki multi fungsi, sehingga dapat mempermudah manusia dalam berkomunikasi dan mencari informasi.

Dalam perusahaan, Manajemen Inovasi diperlukan karena ide-ide segar akan terus lahir di sebuah perusahaan dan menjadi sangat banyak. Keberadaan ide-ide tersebut harus diatur dan disusun secara sistematis agar tidak terjadi kesemrawutan. Inovasi yang harus dijalankan secara sistematis, efisien dan berkelanjutan ini memerlukan suatu sistem untuk mengatur ide-ide ini agar lebih terstruktur. Dari 100 ide yang brilian, hanya satu yang menjadi inovatif.


Perbedaaan antara kreatif dan inovatif

Kreativitas adalah kemampuan untuk mencanangkan sesuatu yang berbeda dan orisinil, sedangkan inovasi adalah proses penerapan atau penciptaan suatu hal yang memiliki nilai bagi orang lain.Menjadi kreatif artinya kamu mampu mengeluarkan potensi yang ada dalam dirimu. Potensi tersebut tidak harus berwujud sesuatu yang dapat dilihat. Kamu juga tidak harus menciptakan sesuatu untuk bisa disebut sebagai orang yang kreatif.Kreativitas seseorang dapat berlangsung dalam benaknya sendiri. Misalnya ketika kamu bertukar pikiran dan berbagi gagasan dengan orang lain. Seluruh proses ini melibatkan kreativitas yang ada pada dirimu.Sebaliknya, inovasi adalah suatu hal yang dapat diukur. Seseorang yang inovatif mampu mengenalkan sebuah terobosan baru pada sistem yang telah berjalan dengan stabil.Inovasi berperan penting ketika suatu perusahaan mengalami kendala atau memiliki kebutuhan yang belum terpenuhi. Dengan berinovasi, perusahaan dapat menciptakan solusi untuk berbagai jenis masalah.



Penelusuran yang terkait dengan contoh kreatif dan inovatif
  • contoh kegiatan kreatif dan inovatif
  • contoh kreatif dan inovatif dalam kehidupan sehari hari
  • contoh inovatif dalam kehidupan sehari-hari
  • kreativitas dan inovasi dalam kewirausahaan
  • contoh karakter wirausaha yang kreatif dan inovatif
  • contoh perilaku inovatif
  • sebutkan contoh perilaku inovatif
  • teori inovasi dan kreativitas

Post a Comment for "Pengertian Kreatif dan Inovatif Beserta Arti, Bentuk, Ciri, Perbedaanya Dan Contohnya"