Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Demokrasi Meliputi Sejarah, Bentuk, Prinsip Dan Macam-macam atau Jenis-jenis Demokrasi

Pengertian Demokrasi, Macam Macam, Ciri Ciri, Prinsip Dan Contohnya
Pengertian Demokrasi

Definisi demokrasi secara umum yaitu sistem pemerintahan dengan memberikan kesempatan kepada seluruh warga negara dalam pengambilan keputusan. Yang dimana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Dalam arti lain rakyat bertindak sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Kata demokrasi berasal dari kata Yunani yakni demos dan kratos. Demos artinya rakyat & kratos artinya pemerintahan. Jadi, arti demokrasi secara singkat adalah pemerintahan rakyat, yakni pemerintahan yang memegang peranan yang sangat menentukan.Istilah demokrasi pertamakali dipakai di yunani kuno, khususnya di kota Athena, dengan maksud untuk menunjukkan sistem pemerintahan yang berlaku di kota tersebut.

Pada waktu itu penduduk kota – kota di yunani tidak begitu banyak sehingga cukup mudah untuk di kumpulkan pemerintah dalam suatu rapat guna melakukan masyarawarah. Dalam rapat tersebut, diambil keputusan secara bersama mengenai garis-garis besar kebijakan pemerintah yang dilakukan dan segala hal permasalahan yang menyangkut kemasyarakatan. Karena rakyat ikut terlibat secara langsung dalam musyawarah, maka pemerintahan  ini disebut sebagai demokrasi langsung.


Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Berikut Ini Merupakan Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli.
  • Arisoteles - Pengertian demokrasi ialah  sebagai  suatu kebebasan, atau prinsip dari demokrasi kebebasan dikarenakan hanya lewat kebebasan  pada setiap warga negara dapat saling berbagi kekuasaan. Aristoteles menyatakan bahwa ada dalam , setiap orang (individu) ialah sebagai warga negara itu seimbang dalam jumlah yaikni 1 dan 1 dan juga tidak dilihat dari suatu nilai dari 1 orang tersebut. Dia juga menambahkan bahwa seseorang yang hidup tanpa adanya bebas memilih cara hidupnya sama saja dengan yang disebut budak.
  • Wikipedia.id - Pengertian demokrasi ialah bentuk pemerintahan yang  pada semua warga negaranya tersebut memiliki hak yang setara dalam mengambil suatu kebijakan yang juga dapat mempengaruhi hidup mereka.Berdasarkan pengertian demokrasi tersebut ialah memberikan izin secara langsung ataupun dengan melalui perwakilan dalam rancangan, pengembangan dan juga pembuatan aturan. Demokrasi tersebut harus memperhatikan kondisi sosial, ekonomi dan juga budaya yang memberikan kemungkinan dalam aplikasi kebebasan politik secara bebas serts setara.
  • Henry B. Mayo - Dalam Sistem Politik Demokratis tersebut, kebijakan umum yang diambil oleh suatu pemerintahan yang ditetapkan oleh DPR di Indonesia yang diawasi dengan secara efektif oleh rakyat. Penentuan kebijakan tersebut  juga harus menjunjung tinggi suatu kebebasan berpolitik.
  • Kranemburg - Kraneburg mengartikan demokrasi tersbut sesuai dengan arti dasarnya yakni cara memerintah rakyat.
  • Koentjoro Poerbopranoto - Dia menggemukakan bahwa demokrasi ialah sebuah sistem dimana rakyat ikut berpartisipasi secara aktif didalam suatu pemerintahan negara.
  • Harris Soche - Demokrasi ialah  pemerintahan yang didalam kekuasaanya melekat pada rakyat ataupun demokrasi ialah  pemerintahan rakyat.
  • Abraham Lincoln - Mantan presiden Amerika tersebut berpendapat  ialah bahwa demokrasi ialah pemerintah dari, oleh, dan juga untuk rakyat.
  • Charles Costello - Pengertian demokrasi ialah sistem sosial dan juga politik pemerintahan diri dengan kekuasaan pemerintah yang dibatasi dengan hukum dan juga kebiasaan untuk dapat melindungi hak-hak perorangan pada warga negara.
  • Sidney Hook - Pengertian Demokrasi ialah bentuk dari pemerintahan yang mana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung maupun tidak didasarkan pada suatu kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa tersebut.
  • Samuel Huntington - Demokrasi tersebut ada apabila  para pembuat keputusan kolektif yang paling kuat didalam sebuah sistem dipilih dengan melalui suatu pemilihan umum yang adil, jujur dan juga berkala serta di dalam sistem itu para calon bebas bersaing untuk dapat memperoleh suara dan juga  hampir seluruh penduduk dewasa dapat  untuk memberikan suara.


Sejarah Dan Perkembangan Demokrasi

Sebelum istilah demokrasi ditemukan oleh penduduk Yunani, bentuk sederhana dari demokrasi telah ditemukan sejak 4000 SM di Mesopotamia. Ketika itu, bangsa Sumeria memiliki beberapa negara kota yang independen. Di setiap negara kota tersebut para rakyat seringkali berkumpul untuk mendiskusikan suatu permasalahan dan keputusan pun diambil berdasarkan konsensus atau mufakat.Barulah pada 508 SM, penduduk Athena di Yunani membentuk sistem pemerintahan yang merupakan cikal bakal dari demokrasi modern. Yunani kala itu terdiri dari 1,500 negara kota (poleis) yang kecil dan independen. Negara kota tersebut memiliki sistem pemerintahan yang berbeda-beda, ada yang oligarki, monarki, tirani dan juga demokrasi. Diantaranya terdapat Athena, negara kota yang mencoba sebuah model pemerintahan yang baru masa itu yaitu demokrasi langsung.

Penggagas dari demokrasi tersebut pertama kali adalah Solon, seorangpenyair dan negarawan. Paket pembaruan konstitusi yang ditulisnya pada 594 SM menjadi dasar bagi demokrasi di Athena namun Solon tidak berhasil membuat perubahan. Demokrasi baru dapat tercapai seratus tahun kemudian oleh Kleisthenes, seorang bangsawan Athena.Dalam demokrasi tersebut, tidak ada perwakilan dalam pemerintahan sebaliknya setiap orang mewakili dirinya sendiri dengan mengeluarkan pendapat dan memilih kebijakan. Namun dari sekitar 150,000 penduduk Athena, hanya seperlimanya yang dapat menjadi rakyat dan menyuarakan pendapat mereka.Demokrasi ini kemudian dicontoh oleh bangsa Romawi pada 510 SM hingga 27 SM. Sistem demokrasi yang dipakai adalah demokrasi perwakilan dimana terdapat beberapa perwakilan dari bangsawan di Senat dan perwakilan dari rakyat biasa di Majelis.



Prinsip – Prinsip Demokrasi

Prinsip demokrasi serta persyaratan dari berdirinya negara demokrasi sudah terakomodasi dalam konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Prinsip-prinsip demokrasi, bisa dilihat dari pendapat Almadudi yang dikenal dengan guru demokrasi. Menurutnya prinsip demokarasi yaitu:

  1. Kedaulatan rakyat
  2. Pemerintahan berdasarkan persetujuan dari yang diperintah
  3. Kekuasaan mayoritas
  4. Hak-hak minoritas
  5. Jaminan hak asasi manusia
  6. Pemilihan yang bebas, adil dan jujur
  7. Persamaan di depan hukum
  8. Proses hukum yang wajar
  9. Pembatasan pemerintah secara konstitusional
  10. Pluralisme sosial, ekonomi, dan politik
  11. Nilai-nilai toleransi, pragmatisme, kerja sama, dan mufakat.
Pengertian Demokrasi – Sejarah, Bentuk, Prinsip, Ciri, Indonesia, Para Ahli

Ciri Ciri Demokrasi


Negara dikatakan berhasil menerapkan sistem demokrasi, bila berbagai ciri-ciri demokrasi ini sudah diusung. Berikut sejumlah ciri-ciri yang bisa diperhatikan;
  • Seluruh Keputusan yang Ditetapkan oleh Pemerintah
Selalu berlandaskan atas aspirasi dan kepentingan warga negara. Jadi bukan atas dasar kepentingan pribadi maupun kelompok. Sehingga dapat mencegah terjadinya praktek korupsi yang merajalela.
  • Menyelenggarakan Pemilihan Umum
Pesta rakyat ini harus digelar secara berkala, sehingga terpilih perwakilan atau pemimpin untuk menjalankan roda pemerintahan.
  • Mempunyai Perwakilan Rakyat
Seperti di Indonesia, terdapat lembaga legislatif bernama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Sehingga urusan negara, kekuasaan dan kedaulatan rakyat diwakilkan pada anggota dewan. Mereka sudah terpilih melalui pemilihan umum.
  • Menerapkan ciri konstitusional
Hal ini berkaitan dengan kehendak, kepentingan atau kekuasaan rakyat. Dimana hal itu tercantum di dalam penetapan hukum atau undang-undang. Hukum yang tercipta harus seadil-adilnya.
  • Terdapat Sistem Kepartaian
Partai merupakan sarana atau media untuk melaksanakan sistem demokrasi. Dengan adanya partai rakyat bisa dipilih sebagai wakil rakyat sebagai penerus aspirasi. Sehingga pemerintah bisa mewujudkan keinginan rakyat.
Prinsip demokrasi juga harus anda pahami, tidak hanya cukup mengerti mengenai pengertian demokrasi saja.





 Berdasarkan bentuknya:
Demokrasi prosedural, yaitu proses teknis dalam penyelenggaraan demokrasi. Sebagai contoh, pilkada, pilpres, dan pemilu secara umum. Model memilih pemimpin secara langsung adalah bentuk demokrasi prosedural
Demokrasi substansial, yaitu wujud nilai-nilai demokratis, misalnya, adanya perlindungan terhadap kaum minoritas oleh negara dan masyarakat secara umum. Ketika setiap orang memiliki kebebasan berpendapat tanpa melukai kepentingan umum, maka hal tersebut merupakan wujud demokrasi substansial.


Berdasarkan prosesnya:
Demokrasi langsung, yaitu semua masyarakat ikut rembug dalam permusyawaratan untuk merumuskan dan memutuskan kebijaksanaan umum atau undang-undang.
Demokrasi tidak langsung, yaitu kebijaksanaa umum atau undang-undang dirumuskan dan diputuskan oleh lembaga perwakilan rakyat.


Berdasarkan ideologinya:

Pengertian demokrasi terpimpin adalah, sistem demokrasi yang dimana seluruh keputusan serta pemikiran berpusat pada pemimpin negara.
Pelaksanaanya yaitu:
  • Dominasi dari presiden.
  • Terbatasnya peranan partai politik.
  • Berkembagnya pengaruh komunis.
  • Meluasnya peranan ABRI (TNI) sebagai unsur sosial politik.
  • Terdapatnya atau adanya rasa gotong royong,
  • Tak mencari kemenangan atas golongan lain.
  • Melarang propaganda anti nasakom & menghendeaki konsultasi sesama aliran progresif revolusioner. 
Pengertian demokrasi liberal adalah, sistem politik yang dimana melindungi secara konstitusional hak-hak individu dari kekuasaan pemerintah, dalam demokrasi liberal keputusan-keputusan mayoritas (dari proses perwakilan/langsung) diberlakukan pada sebagian besar kepada bidang-bidang kebijakan pemerintah yang tunduk pada pembatasa-pembatasan supaya keputusan pemerintah tidak melanggar kemerdekaan dan juga hak-hak individu seperti yang tercantum dalam konstitusi.
Pelaksanaanya yaitu:
  • Kontrol terhadap negara, alokasi SDA (sumber daya alam) serta manusia dapat terkontrol.
  • Kekuasaan eksekutif yang dibatasi secara konstitusional.
  • Kekuasaan eksekutif dibatasi dengan peraturan perundangan.
  • Kelompok minoritas (agama dan etnis) di bolehkan berjuang, untuk memperjuangkan dirinya.
  • Terdapat golongan mayoritas atau minoritas.
  • Penggunaan system seperti voting, oposisi, mosi dan juga demonstrasi serta multipartai.
Apa itu demokrasi?
Pengertian demokrasi Pancasila adalah, sistem demokrasi yang berdasarkan kekeluargaan dan gotong royong yang ditujukan untuk atau kepada kesejahteraan rakyat, yang mengandung unsur berkesadaran religius, berdasarkan kebenaran, kecintaan dan juga budi pekerti yang luhur, berkepribadian Indonesia & berkesinambungan. Di dalam demokrasi Pancasila, kebebasan individu tak bersifat mutlak, akan tetapi harus diserahkan dengan tanggung jawab sosial.
Pelaksanaanya yaitu:
  • Mengutamakan musyawarah mufakat.
  • Mengutamakan kepentingan negara dan juga masyarakat.
  • Tidak memaksakan kehendak sendiri/individu kepada orang lain.
  • Selalu diliputi dengan semangat kekeluargaan.
  • Terdapat rasa tanggung jawab dalam melaksanakan hasil musyawarah.
  • Dilakukan dengan akal sehat dan juga sesuai dengan hati nurani yang luhur.
  • Keputusannya dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang  Maha Esa  berdasarkan nilai-nilai kebenaran dan nilai-nilai keadilan.
  • Demokrasi Pancasila di mulai berlaku sejak bulan Maret 1966 – Mei 1998, dan mulai Mei 1998 sampai dengan sekarang berlaku Demokrasi Pancasila dalam Reformasi.


Demokrasi Di Indonesia

Berikut ini merupakan demokrasi yang ada di indonesia dan perkembngan secara sempit maupun luas.

    1. Demokrasi Desa

Menurut Mohammad Hatta dalam Padma Wahyono (1990), desa-desa di Indonesia sudah menjalankan demokrasi, misalnya dengan pemilihan kepala desa dan adanya rembug desa. Itulah yang disebut “demokrasi asli”. Demokrasi desa memiliki lima unsur atau anasir, yaitu :

  • rapat
  • mufakat
  • gotong-royong
  • hak mengadakan proses bersama
  • hak menyingkirkan dari kekuasaan raja absolut

    2.Demokrasi Pancasila

Sebagai ideologi nasional, pancasila berfungsi sebagai :

  • cita-cita masyarakat yang selanjutnya menjadi pedoman dalam mebuat dan menilai keputusan politik
  • alat pemersatu masyarakat yang mampu menjadi sumber nilai bagi produser penyelesaian konflikyang terjadi.

Perkembangan Demokrasi Indonesia

Lahirnya konsep demokrasi dalam sejarah modern Indonesia dapat ditelusuri pada sidang-sidang BPUPKI antara bulan Mei sampai Juli 1945. Ada kesamaan pandangan dan konsensus politik dari para peserta sidang BPUPKI bahwa kenegaraan Indonesia harus berdasarkan kerakyatan/kedaulatan rakyat atau demokrasi. Cita-cita atau ide demokrasi ada pada para founding fathers bangsa (Suseno 1997). Para pendiri bangsa bersepakat bahwa negara Indonesia merdeka haruslah negara demokrasi.

Paradikma kenegaraan Soepomo yang disampaikan tanggal 31 Mei 1945 terkenal dengan ide integralistik bangsa Indonesia. Memurut Soepomo, politik pembangunan negara harus sesuai dengan struktur solial masyarakat Indonesia. Bentuk negara harus mengungkap semangat kebatinan bangsa Indonesia yaitu hasrat rakyat akan persatuan. (Suseno, 1997).

Pandangan Hatta mengenai demokrasi dapat kita pada tulisannya di tahun 1932 dengan judul demokrasi kita. Hatta setuju dengan demokrasi yang dikatakannya dengan istilah kerakyatan. Hatta menggap dan percaya bahwa demokrasi/kerakyatan dan kebangsaan sangat cocok untuk keperluam pergerakan Indonesia di masa datang (Hatta 1953).


Kelebihan dan Kekurangan Demokrasi

Demokrasi ternyata tidak hanya memiliki kelebihan serta keunggulan, namun juga kekurangan. Sehingga, setiap orang harus memahami apa saja keuntungan dan kekurangannya ketika sistem demokrasi diterapkan di sebuah Negara atau institusi tertentu.
Berikut ini adalah penjelasan terkait kelebihan dan kekurangan demokrasi yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Kelebihan Sistem Demokrasi 

  1. Keputusan diambil berdasarkan suara rakyat ataupun kehendak rakyat.
  2. Kebebasan setiap individu dibatasi oleh kepentingan bersama, karena kepentingan bersama lebih penting daripada kepentingan individu ataupun golongan.
  3. Kekuasaan merupakan amanat rakyat, segala sesuatu yang dijalankan pemerintah bertujuan untuk kepentingan rakyat.
  4. Kedaulatan tertinggi berada di tangan rakyat, lembaga perewakilan rakyat memiliki kedudukan penting dalam sistem keuasaan negara.

Kekurangan atau Kelemahan Sistem Demokrasi

  1. Kepercayaan rakyat kepada penguasa sangat mudah untuk digoyahkan karena berbagai dampak yang sifatnya negatif seperti media yang tidak memiliki sikap objektif atau bahkan memiliki kecenderungan subjektif atas informasi atau berita tertentu.
  2. Berkaitan dengan kesamaan hak akan kerap dinilai tidak adil karena berdasarkan kepada pendapat para ahli bahwa tiap orang mempunyai pemahaman politik yang beragam alias tidak bisa sama persis.
  3. Konsentrasi atau fokus dari pemerintah yang sedang menjabat menjadi berkurang dikarenakan mendekati pemilihan umum yang akan datang.

Contoh Demokrasi Secara Langsung dan Tidak Langsung

Contoh Demokrasi Langsung
Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, demokrasi langsung tidak dapat digunakan oleh negara ataupun masyarakat dengan permasalahan yang kompleks. Namun, ada kalanya demokrasi langsung digunakan oleh suatu negara dalam rangka suatu kegiatan politik tertentu. Nah, agar pembaca semakin memahami mengenai apa itu demokrasi langsung, di bawah ini penulis uraikan beberapa contoh demokrasi langsung dalam kehidupan sehari-hari:

1. Pemilihan Umum
Pemilihan umum atau biasa kita singkat menjadi pemilu merupakan salah satu pesta demokrasi terbesar bagi setiap negara yang ada di negara ini. Terdapat jenis-jenis pemilu yang berbeda, bergantung pada siapa yang dipilih di dalam pemilu tersebut. Entah presiden dan wakil presiden, atau anggota legislatif. Pemilu merupakan bentuk demokrasi langsung karena semua rakyat memiliki hak yang sama untuk memilih calon yang dikehendakinya. Saat ini, pemilu pada tingkat negara merupakan hal yang rawan praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme sehingga harus kita awasi bersama pelaksanaannya.

2. Demonstrasi atau Unjuk Rasa
Salah satu cara mengemukakan pendapat di muka umum adalah dengan melakukan demonstrasi atau unjuk rasa. Unjuk rasa sendiri ialah pernyataan pendapat secara massal yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam jumlah besar. Salah satu demonstrasi yang paling besar pengaruhnya di indonesia ialah ketika rakyat dan para mahasiswa menduduki gedung MPR dan DPR menuntut turunnya presiden Soeharto pada tahun 1998. Dikatakan sebagai salah satu contoh demokrasi langsung karena dalam demonstrasi rakyat dapat langsung menyampaikan pendapatnya pada penguasa.

3. Pemilihan Kepala Desa
Seperti halnya pemilihan umum presiden dan anggota legislatif, pemilihan kepala desa juga merupakan salah satu contoh pelaksanaan demokrasi langsung dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan pada tingkatan organisasi pemerintahan yang kecil seperti desa pun rakyat dapat menyalurkan suaranya dalam pemilihan kepala desa untuk memilih calon yang dikehendakinya. Desa merupakan pilar pembangunan dari suatu negara, maka dari itu, setiap warga negara harus berhati-hati di dalam memilih

4. Pemilihan Ketua OSIS
OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan salah satu organisasi yang sangat dekat hubungannya dengan para siswa. Mengapa demikian? OSIS adalah tempat pertama seorang siswa untuk mempelajari keterampilan berorganisasi. Tugas OSIS sendiri adalah menampung keinginan siswa untuk mengadakan berbaai kegiatan. Pemilihan ketua OSIS merupakan tiruan dari pemilu pada umumnya. Terdapat siswa yang mencalonkan diri sebagai ketua dan wakil ketua, mengadakan kampanye, hingga saatnya pencoblosan yang diikuti oleh seluruh siswa.


Contoh Demokrasi Tidak Langsung
Di dalam suatu negara, contoh demokrasi langsung dan tidak langsung pasti digunakan di dalam kehidupan berpolitik negara tersebut. Terlebih demokrasi tidak langsung, demokrasi ini paling banyak digunakan untuk menghasilkan berbagai keputusan penting suatu negara. Jadi, seperti apa tepatnya pelaksanaan demokrasi tidak langsung di dalam kehidupan suatu negara? Berikut ini penulis sampaikan beberapa contoh pelaksanaan demokrasi tidak langsung dalam kehidupan sehari-hari:

1. Pembuatan Undang-Undang
Di dalam suatu negara, tentunya terdapat banyak rakyat yang tidak dapat disatukan di dalam satu ruang saja. Maka dari itu, untuk pembuatan undang-undang sendiri digunakan prinsip perwakilan rakyat. Pembuatan undang-undang merupakan salah satu tugas dan wewenang DPR . Pembuatan undang-undang sangat penting karena undang-undang merupakan salah satu kebijakan publik yang berpengaruh besar terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

2. Pemilihan Ketua Umum Dewan Perwakilan Rakyat
Dewan Perwakilan Rakyat memang merupakan lembaga yang mewakili rakyat suatu negara. Di dalamnya terdapat ketua yang harus memimpin lembaga tersebut agar berjalan sebagai mestinya. Pemilihan ketua umum DPR ini melalui mekanisme musyawarah dari para perwakilan rakyat yang ada di DPR. Maka dari itu, pemilihan ketua umum DPR merupakan salah satu contoh pelaksanaan demokrasi tidak langsung karena yang terlibat adalah perwakilan rakyat.

3. Pemilihan Ketua Rukun Tetangga
Ketua Rukun Tetangga atau dapat kita singkat menjadi ketua RT merupakan pemimpin organisasi masyarakat pada tingkat yang paling kecil namun perannya begitu besar. Pemilihan ketua RT dikatakan sebagai salah satu contoh pelaksanaan demokrasi tidak langsung karena pemilihan ketua RT dilakukan melalui mekanisme musyawarah dimana setiap yang bermusyawarah merupakan perwakilan dari keluarga yang ada di kawasan Rukun Tetangga tersebut.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Demokrasi

Post a Comment for "Pengertian Demokrasi Meliputi Sejarah, Bentuk, Prinsip Dan Macam-macam atau Jenis-jenis Demokrasi"