Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Multimedia Meliputi Sejarah, Komponen, Jenisnya dan Contohnys

Pengertian Multimedia dan Sejarah, Beserta Komponen dan Jenis-Jenis Multimedia
Pengertian multimedia

Multimedia adalah berasal dari kata “multi” dan kata “media”. Multi yang artinya banyak dan media yaitu media ataupun perantara. Jadi multimedia adalah sebuah media dan juga konten yang memakai atau menggunakan kombinasi bentuk konten yang berbeda. Istilah tersebut dapat dipakai sebagai kata benda (sebuah media yang isinya gabungan dari beberapa bentuk konten) / sebagai kata sifat yang menggambarkan media yang memiliki beberapa bentuk konten. Istilah tersebut sangat berbeda dengan media yang hanya menggunakan bentuk-bentuk tradisional dari bahan cetak atau bahan produksi tangan.
Multimedia masuk ke dalam kombinasi bentuk konten dari teks, gambar diam, audio, animasi, video serta interaktivitas. Dengan kata lain multimedia yaitu penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan juga video dengan alat bantu (tool) dan juga koneksi (link) sehingga penggunanya dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya serta berkomunikasi.


Pengertian Multimedia menurut Para Ahli

  • Mc.Comick, 1996
Menurut Mc. Comick, Multimedia merupakan gabungan dari tiga buah elemen penting yang ada di dalamnya yaitu suara, tulisan, dan gambar.
  • Robin dan Linda, 2001
Menurut Robin dan Linda, Multimedia adalah sebuah alat yang dapat digunakan sebagai media presentasi yang lebih interaktif dan dinamis dimana dalam media ini penggunanya dapat mengkombinasikan berbagai macam data seperti teks, grafik, video, animasi, dan juga audio.
  • Hofstekter, 2001
Menurut Hostekter, Multimedia dalam konteks komputer merupakan pemanfaatan komputer sebagai media untuk membuat dan juga menyatukan data gambar, teks, grafik, dan audio dengan menggunakan perangkat lunak yang memungkinkan penggunanya untuk bisa berkreasi, berinteraksi dan berkomunikasi.
  • Turban, dkk, 2002
Menurut Turban, dkk, pengertian Multimedia adalah kombinasi dari dua buah media berupa input dan output. Media yang dikombinasikan dapat berupa audio, video, teks, gambar, grafik, dan animasi.


Sejarah Multimedia

Sebelum membahas lebih jauh mengenai multimedia, Anda harus mengetahui terlebih dahulu sejarah perkembangan multimedia dari tahun ke tahun.

  • Keberadaan surat kabar menjadi titik awal berkembangnya dunia multimedia. Surat kabar disebut sebagai media komunikasi pertama dengan menyajikan teks, grafik dan gambar.
  • Penciptaan film pertama yang dilakukan dengan mengamati setiap pergerakan yang mempengaruhi persepsi mata manusia di sekitar tahun 1830.
  • 1895 – Guglielino Marconi mengirimkan transimisi radio nirkabel pertamanya di Ponthecchio, Italia.
  • 1950 – Penciptaan televisi pertama sebagai media yang menampilkan video.
  • 1960 – Ted Nelson menciptakan istilah hypertext.
  • 1967 – Nicholas Negroponte membentuk suatu kelompok arsitektur (Architecture Machine Group).
  • 1968 – Douglas Engelbart mendemonstrasikan On-Line System (NLS), program hypertext yang pertama.
  • 1969 –  Nelson dan Van Dam menciptakan editor hypertext awal yang disebut FRESS.
  • 1976 –  Architecture Machine Group mengusulkan proyek yang berjudul Multiple Media.
  • 1978 – Menghasilkan Aspen Movie Map, videodisk hypermedia pertama.
Sejak diciptakannya hypermedia, maka dunia multimedia sudah menerapkan beberapa elemen yang tidak berfokus pada teks saja, melainkan elemen lain seperti grafik, audio dan video juga terlibat didalamnya.



Komponen Multimedia

Komponen multimedia berupa teks, grafik, audio, video, animasi :
  • a) Teks - Tampilan dalam bentuk teks atau yang lebih dikenal dengan istilah tipografi merupakan elemen yang cukup penting dalam pembuatan multimedia. Sebagian besar multimedia menggunakan teks karena sangat efektif untuk menyampaikan ide dan panduan kepada pengguna. Teks merupakan bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikenali, serta file teksmempunyai struktur yang sederhana. Teks biasanya mengacu pada kata, kalimat, alinea, segala sesuatu yang tertulis atau ditayangkan. 
  • b) Grafik (Gambar) - Grafik atau gambar merupakan sarana pembentukan informasi yang lebih mudah untuk dipahami. Gambar juga merupakan salah satu komponen penting dalam multimedia karena dapat meringkas dan menyajikan data kompleks serta mampu menyampaikan banyak kata. Gambar dalam publikasi multimedia lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks, sebab manusia selalu berorientasi terhadap visual. 
  • c) Audio - Teknologi audio juga berperan penting dalam penyampaian informasi, tanpa adanya audio dalam sebuah multimedia maka hasilnya tidak lengkap. Suara atau audio di dalam multimedia biasanya berupa suara musik, suara dari voice record dan efek–efek suara lain. 
  • d) Video - Video adalah gambar–gambar yang saling berurutan sehingga menimbulkan efek gerak. Pembuatan video dalam tampilan multimedia bertujuan untuk membuat tampilan yang dihasilkan lebih menarik. 
  • e) Animasi - Animasi merupakan kumpulan gambar yang ditampilkan secara bergantian dan berurutan sehingga terlihat bergerak dan hidup. Pergerakan animasi akan lebih mudah dimengerti daripada objek atau gambar diam. Selain itu, animasi lebih menarik dan mudah dimengerti daripada hanya sekedar gambar karena lebih komunikatif dalam menyampaikan suatu tujuan.
Multimedia dapat digunakan pada semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan setiap orang. Contoh paling dekat adalah televisi, radio, handphone dan komputer.


Jenis-jenis Multimedia

Berdasarkan karakteristiknya, multimedia dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif.

1. Multimedia Linier

Sesuai dengan namanya, multimedia linier disebut juga dengan multimedia satu arah, dimana tidak ada navigasi dari pengguna. Maksudnya, pengguna tidak dapat memberikan respon terhadap informasi yang disajikan dengan jenis linier ini. Contohnya adalah rekaman video atau film, e-book, musik, siaran TV dan lainnya.

2. Multimedia Interaktif

Berlawanan dari jenis sebelumnya, multimedia interaktif ini memungkinkan penggunanya dapat memberikan respon terhadap informasi melalui kontrol navigasi yang disediakan. Contoh dari jenis multimedia ini adalah game, pemutar video, website dan masih banyak lagi.

3. Multimedia Hiperaktif

Multimedia hiperaktif ini mempunyai struktur dengan unsur terkait yang nantinya dapat diarahkan oleh pengguna melalui link dengan unsur multimedia yang ada. Multimedia Hiperaktif juga dapat diisitilahkan sebagai Richmedia. Contoh: world wide web, web site, mobile banking, dan Game online.

4. Multimedia kits

Multimedia ini digunakan sebagai pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisir oleh topik tunggal. Perangkat yang termasuk dalam multimedia kits yaitu CD-ROM, kaset audio, gambar statis, transparasi overhead, dan lain-lain. Multimedia kits ini banyak digunakan karena multi sendorik dan ideal untuk digunakan dalam proyek-proyek kecil di dalam maupun di luar ruangan.

Pengertian Multimedia : Jurusan, Jenis, Manfaat, dan Contoh

Jurusan Multimedia

Jurusan multimedia menjadi salah satu jurusan yang menjanjikan masa masa depan. Multimedia telah masuk dalam daftar perangkat kinerja yang membutuhkan banyak tenaga ahli untuk dapat mengembangkan perangkat tersebut. Di Indonesia terdapat telah banyak SMK hingga perguruan tinggi yang memasukan multimedia sebagai kajian tersendiri meskipun masih masuk dalam ilmu komunikasi.
Perkembangan tekonologi memaksa industri media untuk ikut mengembangkan dan terjun dalam dunia yang kreatif dengan pembaharuan terus menerus. Menurut QS World University Rankings by subject tahun 2013, terdapat lima perguruan tinggi dengan kajian multimedia dalam jurusan komunikasi terbaik di Indonesia UI, Airlangga, Brawijaya, Sanata Dharma dan UGM.

contoh pekerjaan yang akan didapat jikan anda sekolah atau kuliah pada jurusan Multimedia yaitu :
  • Animator – Membuat dan Mengedit Animasi biasanya lebih cenderung pada Objek Karakter seperti Kartun atau Tokoh pada Game.
  • Multimedia Design & Desainer – Membuat dan Merancang sekema Tempat dan Latar Ruangan yang bisa banyak digunakan baik untuk Entertaiment ataupun kehidupan.
  • Video Editor, Pic Editor dan Audio Editing – Video editor yaitu mengedit dan membuat berbagaimacam jenis Video, Pic Editor seperti mengedit menggunakan photoshop, Mengedit Audio baik musik ataupun efek suara.
  • Video Shooting dan Fotografer – Membuat dan mendokumentasikan Foto / video serta juga bisa digunakan dalam pembuatan Film.
  • Webmaster – Pengelolaan Website dan Server Online yang akan membutuhkan kemampuan dari materi Pemorograman
  • Kerja Kantoran – Dengan kemampuan dasar Office Komputer.

Contoh atau Kategori Multimedia

• Multimedia Communication

Multimedia Communication merupakan penggunaan media yang memiliki fungsi mempublikasikan informasi. Media yang digunakan dalam kategori ini adalah TV, Radio, Film, Game, Musik, Entertaiment, Tutorial, Internet, dan Media Cetak.

• Multimedia Content Production

Selanjutnya Multimedia Content Production adalah penggunaan beberapa media yang berbeda seperti Teks, Animasi, Audio, Video, gambar (grafik) yang dipadukan untuk mengasilkan produk multimedia seperti musik, game, film, entertainment, dll.  Media dalam multimedia content production berupa  teks, audio, video, grafik, animasi, spesial efek, dan interactivity.



MANFAAT MULTIMEDIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.

a.       Di Bidang Pendidikan
Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar:
a. Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran
b. Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran
c. Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
d. Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan
e. Multimedia mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain
f. Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
g. Multimedia kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran
h. Multimedia mampu menghibur selama proses pembelajaran
i. Multimedia membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini
j. Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran
k. Multimedia membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan
l. Multimedia memudahkan pembelajaran yang berpusatkan pada siswa karena siswa diberi kebebasan memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar pada kadar yang sesuai dengan diri sendiri
m. Multimedia mengajari setiap siswa dengan gaya pembelajaran yang berbeda
n. Multimedia menggalakkan pembelajaran kooperatif dan interaktif di antara siswa melalui diskusi
o. Multimedia memudahkan pembelajaran yang berasaskan konstruktivisme.
p. Multimedia memudahkan siswa mempunyai kebebasan belajar sendiri tanpa dipengaruhi oleh pihak-pihak lain.

q. Siswa dapat memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar dengan kadar yang sesuai dengan minat dan kehendak sendiri.
b.      Di Bidang Kesehatan
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.
c.       Di Bidang Lain
Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan –pekerjaan manusia diantaranya adalah   :
Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.
Dengan komputer, narigasi kapal laut  bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.
Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.
Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
Bidang Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.
Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood  berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Multimedia

Post a Comment for "Pengertian Multimedia Meliputi Sejarah, Komponen, Jenisnya dan Contohnys"