Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Geografi Dan Menurut Para Ahli, Konsep, Cabang dalam Ilmu Geografi Terlengkap

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Beserta Definisi & Konsepnya

Geografi adalah kata geografi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu ‘geo’ yang berarti  bumi serta ‘graphein’ yang artinya tulisan. Jadi dapat di simpulkan geografi adalah tulisan tentang bumi. Atau definisi lain dari geografi yaitu suatu ilmu pengetahuan yang menggambarkan segala sesuatu yang terdapat di permukaan bumi. Oleh karena itu, geografi juga sering sekali juga disebut dengan ilmu bumi.
Tetapi, yang dipelajari dalam geografi bukan hanya tentang permukaan bum saja, melainkan juga berbagai hal-hal yang ada di permukaan bumi maupun yang ada di luar bumi, bahkan berbagai macam benda  yang ada di ruang angkasa pun turut menjadi objek-objek kajian geografi.
Itulah pengertian geografi atau definisi dari geografi secara singkat jelas dan juga padat, lalu selanjutnya tepatnya di bawah ini adalah definisi geografi menurut beberapa ahli.


Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu geografi, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Claudius Ptolomaeus

Menurut pendapat Claudius Ptolomaeus, definisi geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

2. Preston E. James

Menurut pendapat Preston E. James definisi geografi merupakan induk dari segala ilmu pengetahuan, hal ini karena bidang ilmu pengetahuan selalu di mulai dari keadaan muka bumi yang kemudian beralih pada studi ilmu pengetahuan masing-masing.

3. Frank Debenham

Frank Debenham mengatakan bahwa pengertian geografi adalah ilmu yang bertugas untuk mengadakan penafsiran mengenai persebaran fakta, menemukan hubungan di antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, serta menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.

4. Mustofa Bisri

Menurut Mustofa Bisri, pengertian geografi adalah suatu ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora dan fauna, serta basil-basil yang terdapat di bumi.

5. Herioso Setiyono

Menurut Herioso Setiyono, pengertian geografi adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya serta merujuk terhadap pola persebaran horisontal di permukaan bumi.

6. Ikatan Geografi Indonesia (IGI)

Menurut IGI, definisi geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan, dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan, dan kelingkungan dalam konteks keruangan.



  • Konsep Lokasi

Konsep lokasi merupakan konsep yang digunakan untuk menjawab pertanyaan dimana  (where) terjadinya suatu fenomena. Lokasi dalam geografi terdiri atas dua, yaitu :
  • lokasi absolut

lokasi berdasarkan garis lintang dan garis bujur (bersifat tetap ). Contoh : Indonesia terletak di 6oLU – 11oLS dan 95oBT – 141oBT.

  • lokasi relatif

lokasi yang artinya bisa berubah-ubah karena dipengaruhi daerah sekitarnya. Contoh : Bagi seseorang yang tinggal di Kecamatan Gambir, lokasi Monas tidaklah jauh. Namun  bagi seseorang yang tinggal di Kecamatan Matraman, lokasi Monas cukup jauh.
  • Konsep Jarak

Konsep jarak berkaitan dengan lokasi. Jarak biasanya juga berkaitan dengan kehidupan sosial  ekonomi dan bersifat relatif. Contoh :
  1. Harga tanah akan semakin mahal jika jaraknya berdekatan dengan jalan raya
  2. Harga produksi pertanian akan lebih mahal pada pasar yang letaknya jauh dari pusat produksi

  • Konsep Keterjangkauan

Konsep keterjangkuan berkaitan erat dengan keadaan permukaan bumi dan ketersediaan sarana serta prasarana transportasi. Contoh : Daerah yang terletak dipedalaman hutan yang lebat akan terisolir dengan daerah luar karena tidak adanya akses untuk menuju ke sana.

  • Konsep Pola

Konsep pola berkaitan dengan persebaran fenomena geosfer dipermukaan bumi. Contoh : Pola permukiman penduduk biasanya terkait dengan ketersediaan SDA, sungai, jalan, bentuk lahan.
  • Konsep Morfologi

Konsep morfologi berkaitan dengan bentuk permukaan bumi sebagai hasil dari tenaga endogen dan eksogen. Contoh : Daerah pegunungan cocok digunakan untuk pertanian perkebunan.
  • Konsep Aglomerasi

Konsep aglomerasi berkaitan dengan kecenderungan penyebaran objek geografi dipermukaan bumi. Contoh :
  1. Adanya daerah kumuh dan daerah elit
  2. Pengelompokkan industri di suatu tempat (aglomerasi industri)

  • Konsep Nilai Kegunaan

Konsep nilai kegunaan berkaitan dengan manfaat dari fenomena yang ada dipermukaan bumi yang bersifat relatif. Contoh : Bagi sebagian orang museum merupakan tempat yang menarik karena dapat memberikan banyak informasi.

Objek Studi Geografi


Dalam geografi terdapat dua objek studi yang dipelajari. Adapun objek studi dari geografi yang dipelajari adalah sebagai berikut:

1. Objek Formal

Objek formal adalah objek studi dalam geografi yang berhubungan dengan fenomena keruangan. Untuk membahas tentang fenomena keruangan maka dalam geografi sering dilakukan analisis lokasi, persebaran di dalam bumi, sehingga sering ditemukan berbagai fenomena lainnya yang saling berkaitan.

2. Objek Material

Objek material adalah objek studi geografi yang berbentuk material, yaitu fenomena yang ada di permukaan bumi (litosfer, atmosfer, pedosfer, biosfer, hidrosfer dan antroposfer).


Cabang dalam Ilmu Geografi

Ilmu Geografi terbagi menjadi beberapa cabang keilmuan. Nah, jika melihat pengertian Geografi pada poin sebelumnya, cabang Geografi terdiri atas:
  1. Bio Geografi: ilmu yang mempelajari mengenai distribusi organisme pada permukaan bumi
  2. Paleontologi: ilmu yang mempelajari sejarah kehidupan di bumi. Baik kehidupan hewan, serta tumbuhan prasejarah yang sudah menjadi fosil.
  3. Hidrologi: Ilmu yang mempelajari mengenai distribusi, sumber daya, pergerakan, siklus, dan kualitas air di seluruh bumi.
  4. Petrologi: cabang ilmu geologi yang memfokuskan diri pada kajian tentang batuan serta kondisi pembentukannya.
  5. Vulkanologi: Ilmu tentang gunung berapi, lava, magma, serta fenomena geologi yang berhubungan dengannya
  6. Hidrogeologi: Cabang ilmu hidrologi yang memfokuskan kajiannya pada pergerakan air dalam tanah serta batuan yang ada di dalam kerak bumi
  7. Oseanografi: Ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang ada dalam laut serta yang berhubungan dengannya
  8. Geologi: Ilmu yang mempelajari bumi secara khusus yakni pada sisi struktur bumi, komposisi, sifat fisik, serta proses pembentukannya
  9. Geografi Politik: Cabang ilmu Geografi yang melakukan pengkajian secara khusus tentang kondisi politik dalam konteks kepentingan negara secara Geografi
  10. Demografi: Ilmu yang mempelajari penduduk, baik dari komposisi penduduk sampai jumlah penduduk pada suatu wilayah
  11. Geomorfologi: Ilmu yang mempelajari mengenai proses yang mengakibatkan terbentuknya lahan dan bentuk lahan itu sendiri
  12. Geofisika: Ilmu yang mempelajari mengenai bumi dalam kaitan prinsip fisika
  13. Mineralogi: Ilmu yang mempelajari mengenai mineral, baik dari sisi sifat kimia, serta struktur fisika dan kristal dari mineral tersebut.
  14. Geografi Matematik: Cabang dari ilmu Geografi yang berhubungan dengan bentuk, perkiraan ukuran, dan juga gerakan bumi.
  15. Geografi Historik: Cabang ilmu Geografi yang mempelajari tentang kawasan atau wilayah tertentu yang ada di bumi
  16. Antropologi: Ilmu mengenai manusia baik pada warna kulit, ciri-ciri, bentuk fisik, kebudayaan, dan masyarakatnya
  17. Astronomi: Ilmu yang mempelajari mengenai benda langit yang ada di luar atmosfer. Seperti bulan, bintang, ruang angkasa, dan matahari

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Geografi
  • pengertian geografi secara umum
  • pengertian geografi menurut para ahli
  • pengertian geografi menurut igi
  • rangkuman pengertian geografi
  • sebutkan pengertian geografi
  • pengertian geografi brainly
  • pengertian geografi sebagai suatu ilmu pengetahuan
  • ruang lingkup geografi

Post a Comment for "Pengertian Geografi Dan Menurut Para Ahli, Konsep, Cabang dalam Ilmu Geografi Terlengkap"