Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Hotspot, Sejarah, Jenis Dan Fungsinya Secara Lengkap

Pengertian Hotspot dan Fungsinya

Pengertian Hotspot

Hotspot sangat diminati oleh masyarakat sekarang untuk dapat menggunakan jaringan internet secara bersama – sama atau berkelompok. Hotspot ialah sebuah istilah yang dapat digunakan bagi sebuah area dimana orang tersebut atau user dapat mengakses jaringan internet tersebut.Biasanya menggunakan teknologi Wi-Fi, melalui jaringan area lokal nirkabel (Wireless Local Area Network, disingkat WLAN) menggunakan router yang terhubung ke penyedia layanan internet (Internet Service Provider, disingkat ISP).Asalkan di perangkat lainnya seperti PC, Laptop, Notebook gadget atau pun perangkat lainnya dengan adanya fitur WiFi tersebut, sehingga dapat mengakses jaringan internet tanpa menggunakan media tambahan seperti kabel – kabel.Jangkauan dari sebuah hotspot tersebut kurang lebih dari beberapa ratus frekuensi atau signalnya tersebut. Oleh karena itu penggunaan hotspot tersebut tidak dapat berjauhan dengan perangkat yang mengaktifkan hotspot tersebut.

Hotspot pun lebih mudah digunakan dari pada WiFi. Walaupun keuntungan dari menggunakan WiFi lebih banyak dari pada sebuah jaringan hotspot tersebut, tetapi jika anda menggunakan WiFi, anda tidak dapat membawa kemana pun perangkat tersebut.Karena penggunaan dari WiFi tersebut harus menjalani beberapa tahapan. WiFi tersebut pun harus diinstal pada tahapan tertentu yang mengharuskan perangkat kerasnya diletakkan diarea yang tidak tergantung dan lebih baik tidak jauh dari televisi.



Sejarah Hotspot

Konsep hotspot pertama kali diusulkan oleh Henrik Sjödin pada saat konferensi NETWORLD + Interop di Moscone Center di San Francisco pada Agustus 1993. Akan tetapi pada saat itu, Sjödin tidak menggunakan istilah hotspot namun wireless local area networks (wireless LANs) yang bisa diakses publik.
Perusahaan komersial pertama yang mencoba membuat public local area access network yaitu perusahaan yang didirikan di Richardson, Texas yang dikenal sebagai PLANCOM (Public Local Area Network Communications). Pada tahun 1998, para pendiri perusahaan, Mark Goode, Greg Jackson, dan Brett Stewart membubarkan perusahaan tersebut.
Kemudian, Goode dan Jackson menciptakan MobileStar Networks. Perusahaan tersebut merupakan salah satu yang pertama dalam menandatangani lokasi akses publik seperti Starbucks, American Airlines dan Hilton Hotel.
Pada tahun 2001, perusahaan tersebut kemudian dijual ke Deutsche Telecom dan namanya diubah menjadi “T-Mobile Hotspot”. Pada saat itulah istilah “hotspot” menjadi populer sebagai acuan untuk lokasi di mana Wireless LAN tersedia untuk diakses oleh publik, agar terhubung ke internet.



Fungsi Dari Hotspot

Ada pun beberapa fungsi dari sebuah perangkat hotspot tersebut yang pastinya belum banyak mengetahui. Salah satu fungsi umumnya yaitu dapat menjalankan jaringan internet pada oerangkat lainnya. Mari simak fungsi – fungsi lainnya mengenai hotspot tersebut sebagai berikut.
  • Dapat menggunakan hotspot dengan koneksi internet seperti halnya browsing, mengirimkan email, chattingan, mendownload film mau pun lainnya, dan lain sebagainya.
  • Tidak menggunakan nirkabel yang membuat agak ribet.
  • Jangkauannya paling kurang seratus meter
  • Sangat fleksibel
  • Dapat digunakan dimana pun, kapan pun dan siapa pun.
Adapun beberapa tips yang dapat anda gunakan agar hotspot anda menjadi aman, yaitu sebagai berikut:
  • Jangan anda aktifkan file yang sharing folder pc tersebut atau pada laptop kamu juga, karena apa bila anda terhubung dengan jaringan publik lainnya, anda akan memungkinkan bagi orang lain untuk dapat mengakses folder yang anda sharing tersebut.
  • Jangan lupa matikan sharing printer pc atau pun pada laptop kamu tersebut.
  • Jangan lupa aktifkan anti virus yang harus terupdate di versi terbaru.
  • Jangan pernah sekali – sekali anda memberikan username dan juga password anda pada orang lain.


Jenis-Jenis Hotspot

Hotspot dibedakan menjadi beberapa jenis atau macam, yaitu:

Free Hotspot

Freen hotspot merupakan jenis hotspot yang mana publik dapat mengakses jaringan dengan bebas. Fasilitas free hotspot seringkali tersedia sebagai fasilitas tambahan untuk pelanggan hotel, cafe dan usaha lain. Free hotspot juga biasa dipasang dengan semi permanen pada acara pameran komputer, atau konferensi/seminar komputer. Biasanya seorang admin akan melakukan kontrol terhadap jaringan menonaktifkan persyaratan otentikasi (authentication reqirements) dan membuka koneksi jaringan menjadikan siapapun dapat mengakses jaringan tersebut.

Hotspot Berbayar

Untuk dapat memanfaatkan hotspot berbayar, pengguna harus membayar sewa hotspot langsung kepada pemilik gedung, seringkali dipasang di ruangan hotel, restoran atau kedai kopi. Tidak semua hotel, cafe atau perusahaan bisa memberikan layanan internet secara gratis. Karena itu, biasanya mereka mengambil kebijakan untuk menyediakan hotspot berbayar kepada konsumen untuk menutupi biaya layanan internet yang mereka sewa dari Internet Service Provider (ISP)

Hotspot Berbayar ke Operator Wifi Hotspot

Jenis hotspot berbayar seperti Boingo, iPASS operator WiFi HotSpot ini adalah jaringan internasional yang mempunyai banyak user pengguna mobile secara internasional. Jenis HotSpot ini seringkali banyak digemari oleh orang yang hendak bepergian jauh atau keluar negeri seperti traveler atau pengusaha yang sering melakukan bisnis di luar negeri.
Suatu Hotspot dapat menjadi gabungan dari beberapa jenis hotspot menjadi satu kesatuan, tidak harus menyediakan hanya satu jenis saja. Oleh karena itu bisa saja, HotSpot berbayar ke pemilik geedung dan berbayar ke operator WiFi HotSpot jarigan area lokal nirkabel (Wireless Local Area Network) memakai router yang tersambung dengan penyedian layanan Internet Service Provider (ISP)

Kelebihan dan Kekurangan Hotspot

Cara Kerja Hotspot

Hotspotmerupakan Bisnis Internet BroadBand yang banyak di minati semua kalangan saat ini. Membangun hotspot adalah suatu konsep dimana beberapa komputer dalam suatu perumahan atau blok dapat saling berhubungan dan dapat berbagi data serta informasi. Konsep lain dari hotspot adalah memberdayakan pemakain internet dimana fasilitas internet tersedia selama 24 jam sehari selama sebulan agar biaya yang akan dikeluarkan akan murah.
Karena semua biaya pembangunan infrastruktur, operasional dan biaya langganan akan ditanggung bersama. Konsep hotspot sebetulnya sama dengan konsep Warnet, pemilik warnet akan membeli atau menyewa pulsa atau bandwith dari penyedia internet / ISP (Internet Service Provider) misalkan Telkom, Indosat atau Indonet, lalu dijual kembali ke pelanggan yang datang menyewa komputer untuk bermain internet baik untuk membuka Email, Chating, Browsing, Main Game dll.

Cara kerja hotspot yaitu Merupakan perangkat memancarkan gelombang radio yang akan ditangkap oleh laptop atau personal digital assistant (PDA) milik pengguna yang telah dilengkapi teknologi Wi-Fi.Apabila pengguna membuka browser internetnya dalam kawasan hotspot, maka akan muncul halaman utama hotspot penyedia layanan. Kemudian pengguna harus memasukkan username dan login password-nya. Setelah proses verifikasi selesai, pengguna terhubung ke dunia maya.


Kelebihan dan Kekurangan Hotspot


Kelebihan

1. Tingginya minat masyarakat

Tingginya minat masyarakat terhadap jaringan nirkabel (wireless) tidak terlepas dari banyak terdapatnya  di berbagai tempat umum yang sudah menyediakan Hotspot. Kapan dan dimanapun pengguna dapat mengaksesnya serta cara pengkoneksiannya yang tidak ribet.

2. Mudah aksesnya
Artinya, para pengguna dalam satu area dapat mengakses Internet secara bersamaan tanpa perlu direpotkan dengan kabel. Pengguna yang ingin melakukan surfing atau browsing berita dan informasi di Internet, cukup membawa PDA (pocket digital assistance) atau laptop berkemampuan Wi-Fi ke tempat dimana terdapat access point atau hotspot. Menjamurnya hotspot di tempat-tempat tersebut -yang dibangun oleh operator telekomunikasi, penyedia jasa Internet bahkan orang perorangan- dipicu faktor kedua, yakni karena biaya pembangunannya yang relatif murah atau hanya berkisar 3.000.000 Rupiah Juga salah satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kecepatannya yang beberapa kali lebih cepat dari modem kabel yang tercepat.


Jadi pemakai Wi-Fi tidak lagi harus berada di dalam ruang kantor untuk bekerja Wi-fi Hardware Hardware wi-fi yang ada di pasaran saat ini ada berupa Wi-fi dalam bentuk PCI Wi-fi dalam bentuk USB Ada 2 mode akses koneksi Wi-fi, yaitu Ad-Hoc Mode koneksi ini adalah mode dimana beberapa komputer terhubung secara langsung, atau lebih dikenal dengan istilah Peer-to-Peer. Keuntungannya, lebih murah dan praktis bila yang terkoneksi hanya 2 atau 3 komputer, tanpa harus membeli access point Infrastruktur Menggunakan Access Point yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).


Kekurangan

1. Kemampuan sinyal yang terbatas
Salah satu kekurangan jaringan wireless adalah kekuatan sinyal yang di pancarakan hanyalah sekitar beberapa ratus meter saja. Jadi jika anda berada di tempat yang agak jauh dengan jaringan wireless maka anda tidak bisa lagi konek dengan jaringan.

2. Pemakaian bandwith tinggi
Mudahnya beragam device yang bisa konek dengan wireless membuat banyak pengguna bisa terhubung dengna mudah. Cukup dengan klik wireless connection dan memasukkan password (jika menggunakan security) maka semua device akan mudah konek.
Dengan banyaknya client yang konek bersama, akan membuat pemakaian bandwith internet menjadi tinggi, sehingga akan membuat jaringan internet anda lebih lambat.

3. Keamanan harus lebih di perhatikan
Agar pemakaian data internet melalui jaringan wireless dapat terkontrol maka anda perlu melakuakn konfigurasi pada wireless anda seperti penambahan password yang kuat, serta pemilihan sistim security yang lebih aman.Dengan adanya sistim keamanan yang baik akan membuat wireless bersifat private atau tidak sembarang orang bisa mengakses jaringan internet anda.

4. Kecepatan transfer lebih lambat
Dan terakhir kekurangan dari jaringan wireless adalah kecepatan pada transfer data. Jika di banding transmisi kabel tentu jalur wireless sedikit lebih lambat baik dalam pengiriman dan penerimaan data di dalam jaringan.



  • Jangan mengaktifkan file sharing folder PC/laptop kamu, jika kamu terhubung dengan jaringan publik, karena memungkinkan orang lain juga dapat mengakses folder yang kamu sharing.
  • Matikan juga sharing printer PC/Laptop kamu.
  • Selalu mengaktifkan anti virus dengan update yang terbaru.
  • Jangan sekali-kali berikan username dan juga password Anda kepada orang lain.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Hotspot
  • pengertian hotspot mikrotik
  • pengertian hotspot menurut para ahli
  • jurnal pengertian hotspot
  • apa itu hotspot wifi
  • arti hotspot dalam bahasa indonesia
  • kelebihan dan kekurangan hotspot
  • pengertian hotspot dan cara kerjanya
  • pengertian hotspot brainly

Post a Comment for "Pengertian Hotspot, Sejarah, Jenis Dan Fungsinya Secara Lengkap"