Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Literatur, Ciri, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Pengertian Literatur, Ciri, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Definisi dan Pengertian Literatur

Literatur dapat diartikan sebagai sumber ataupun acuan yang digunakan dalam berbagai macam aktivitas di dunia pendidikan ataupun aktivitas lainnya. Literatur juga dapat diartikan sebagai rujukan yang digunakan untuk mendapatkan informasi tertentu. Literatur dapat berupa buku ataupun berbagai macam tulisan lainnya.
ALA Glozary of Library and Information Science sendiri, pengertian literatur adalah bahan bacaan yang dipakai dalam berbagai macam aktivitas baik secara intelektual ataupun rekreasi


Jenis-Jenis Literatur

Secara umum, literatur dapat dibedakan menjadi tiga jenis. Mengacu pada pengertian literatur, adapun beberapa jenis literatur adalah sebagai berikut:

Jenis Literatur Berdasarkan  Tingkat Ketajaman Analisisnya

1. Literatur Primer
Literatur primer adalah jenis literatur yang dibuat dari hasil penelitian dimana isinya belum pernah diterbitkan oleh orang lain sebelumnya. Jenis literatur ini umumnya berisi tentang gagasan ataupun teori baru di berbagai disiplin ilmu.
Beberapa contoh literatur primer; tesis, disertasi, makalah, jurnal, paten, laporan penelitian, interview, dan lain-lain.
Ciri-ciri literatur primer:
  • Isinya masih orisinil dan bersumber dari tangan pertama tanpa ada perubahan atau modifikasi.
  • Jenis literatur ini merupakan bentuk pendaftaran dan penerapan sebuah penemuan atau gagasan baru. Dapat juga dalam bentuk penjelasan sebuah alat baru.
  • Literatur dapat  berupa karya tulis ilmiah yang diajukan untuk memperoleh gelar doktor di universitas. Misalnya disertasi atau tesis.
2. Literatur Sekunder
Pengertian literatur sekunder adalah jenis literatur yang isinya dibuat dengan menggunakan rujukan dari literatur primer. Biasanya dalam literatur jenis ini terdapat teori-teori atau gagasan yang telah ada sebelumnya dan cenderung tidak menjelaskan mengenai temuan baru.
Beberapa yang termasuk literatur sekunder; indeksi, abstrak, ensiklopedi, majalah, surat kabar, buku pedoman, dan lain-lain.
Ciri-ciri literatur sekunder:
  • Jenis literatur ini tidak berasal dari tangan pertama.
  • Informasi di dalam literatur ini berasal dari sumber primer yang telah dimodifikasi atau ditafsirkan.
  • Literatur ini berisi informasi yang berhubungan dengan dokumen primer, namun disajikan dalam bentuk yang lebih mudah digunakan pembaca.
  • Jenis literatur ini diterbitkan dengan lebih informatif karena didukung informasi dari dokumen lain.
3. Literatur Tersier
Jenis literatur ini berisi tentang informasi yang berupa petunjuk untuk bisa mendapatkan literatur sekunder. Beberapa jenis literatur tersier diantaranya; almanak, pedoman literatur, direktori, abstrak, daftar indeks, dan lain-lain.


Jenis Literatur Berdasarkan Berdasarkan Lokasi Penempatan Koleksinya

1.Koleksi Umum
Jenis literatur koleksi  umum adalah literatur yang terdiri dari berbagai macam buku yang dibuat untuk tingkat pembaca dewasa. Pada jenis literatur ini umumnya diletakkan di rak terbuka dan bebas untuk digunakan oleh siapapun sebagai sumber bahan bacaan. Seperti buku populer yang membahas tentang budidaya tanaman, novel, serial komik dan lain sebagainya.

2. Koleksi refrensi
Jenis literatur koleksi refrensi ini adalah literatur yang berisi sekumpulan informasi yang secara khusus dapat digunakan untuk menjawab berbagai macam pertanyaan yang dimiliki oleh penggunanya. Literatur jenis ini umumnya berbentuk buku pedoman, kamus dan ensiklopedia.


Jenis Literatur Berdasarkan Sifatnya

a. Dokumen Tekstual
Literatur dokumen tekstual adalah literatur yang berisi berbagai macam teks tertulis yang dapat dibaca oleh penggunanya.
b. Dokumen Non-Tekstual
Literatur dokumen non-tekstual adalah literatur yang berisi tentang informasi yang tertuang dalam bentuk selain teks seperti gambar, foto, suara dan lain sebagainya.
c. Dokumen Campuran
Literatur dokumen campuran adalah literatur yang isinya adalah gabungan dari literatur tekstual dan literatur non-tekstual. Jenis literatur yang satu ini biasanya dibuat setelah literatur dokumen tekstual dan literatur dokumen non tekstual telah diterbitkan.

Pengertian Literatur dan Jenis-jenisnya

Manfaat literatur

Manfaat yang biusa diperoleh dengan menggunakan koleksi sekunder serta koleksi tersier ini ialah :
  1. Memberikan keterangan atau penjelasan langsung dan juga mendasar mengenai suatu hal yang ingin diketahui, guna untuk menghilangkan keragu-raguan terhadap pengertian suatu masalah tertentu.
  2. menambahkan perbendaharaan kata yang dipunyai bukan hanya mengetahui suatu kata atau pun juga istilah, bahkan bisa mengetahui keterangan dasarnya, baik itu mengenai asal kata/istilah, penggunaannya, padanan kata, lawan kata, pengucapannya, sejarah, dan sebagainya.
  3. Bisa digunakan untuk bisa mengetahui seluk beluk dan juga keadaan suatu negara atau juga tempat lain di dunia, bahkan juga tentang tempat yang belum pernah dikunjungi.
  4. Meningkatkan ketrampilan serta juga kemampuan di dalam menggunakan sumber informasi dasar.
  5. Menunjang kegiatan atau aktivitas penelitian.
  6. Membantu para pustakawan serta juga pemakai lain di dalam melakukan penelusuran informasi

 

Contoh Literatur

  1. Literatur primer : Majalah penelitian,  literatur niaga, tesis, disertasi dokter, laporan penelitian, laporan pertemuan ilmiah, patent, standart, artefact, audio recording, diaries, internet communication, interviews, jurnal artikel penerbitan, surat.
  2. Literatur sekunder : Indeks, abstrak, buku pedoman, buku-buku ilmiah, tinjauan perkembangan, survei literatur atau bibliogarafi subjek, ensiklopedi,  surat kabar, majalah dan kamus.
  3. Literatur tersier : Almanak,pedoman literatur, bibliografi seperti, daftar penelitian, direktori, daftar buku atau majalah,katalog induk majalah daftar indeks dan abstrak.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Literatur
  • pengertian literatur pdf
  • pengertian literatur menurut para ahli pdf
  • pengertian literatur dalam bahasa inggris
  • literatur mirip dengan
  • contoh literatur
  • fungsi literatur
  • pencarian literatur adalah
  • sebutkan literatur literatur non buku dan jelaskan

Post a Comment for "Pengertian Literatur, Ciri, Jenis, Manfaat dan Contohnya"