Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli, Manfaat, Peran Penting Manajemen dan Dilengkapi Fungsinya

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli [LENGKAP]

Pengertian Manajemen

Menerapkan ilmu manajemen dalam kehidupan sehari-hari tidak dapat Anda praktikkan tanpa mengerti apa itu manajemen. Pengertian ilmu manajemen secara umum wajib Anda pahami agar dapat diimplementasikan dengan baik.
Secara umum, manajemen adalah suatu proses di mana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu atau kelompok. Manajemen perlu dilakukan guna mencapai tujuan atau target dari individu ataupun kelompok tersebut secara kooperatif menggunakan sumber daya yang tersedia.Dari pengertian tersebut, ilmu manajemen dapat diartikan sebagai kemampuan dalam mengatur sesuatu agar tujuan yang ingin dicapai dapat terpenuhi. Sebetulnya, hal ini sudah sering terjadi di kehidupan nyata. Setiap orang juga pasti pernah mempraktikkan ilmu manajemen secara tidak langsung setiap harinya.
Selain itu, manajemen juga dapat diartikan menurut etimologinya. Manajemen berarti sebagai seni mengatur dan melaksanakan, berdasarkan Bahasa Prancis kuno. Manajemen juga dapat diartikan sebagai usaha perencanaan, koordinasi, serta pengaturan sumber daya yang ada demi mencapai tujuan secara efektif dan efisien.Dengan menerapkan ilmu manajemen, diharapkan sesuatu yang sedang dikerjakan dapat selesai tepat waktu dan tanpa ada hal yang menjadi sia-sia. Tujuan tercapai karena terorganisir secara baik.


Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidang ilmu manajemen menjelaskan apa arti manajemen. Pendapat para ahli ini bisa kita jadikan sebagai landasan untuk lebih memahami tentang ilmu manajemen.
Berikut adalah definisi manajemen menurut para ahli:

1. Mary Parker Follet

Menurut Mary Parker Follet, pengertian manajemen adalah sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Dengan kata lain, seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan sebuah organisasi.

2. George R. Terry

Menurut George Robert Terry, pengertian manajemen adalah sebuah proses yang khas yang terdiri dari beberapa tindakan; perencanaan, pengorganinasian, menggerakkan, dan pengawasan.
Semua itu dilakukan untuk menentukan dan mencapai target atau sasaran yang ingin dicapai dengan memanfaatkan semua sumber daya, termasuk sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

3. Henry Fayol

Menurut Henry Fayol, pengertian manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengawasan/ kontrol terhadap sumber daya yang ada agar mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

4. Ricky W. Griffin

Menurut Ricky W. Griffin, pengertian manajemen adalah sebuah proses perencanaan, proses organisasi, proses kordinasi, dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.
Efektif berarti tujuan dapat tercapai sesuai rencana, sedangkan efisien artinya tugas dijalankan dengan benar, teroganisir, dan selesai sesuai jadwal.

3. Lawrence A. Appley

Menurut Lawrence A. Appley, arti manajemen adalah sebuah keahlian yang dimiliki seseorang atau organisasi untuk menggerakkan orang lain agar mau melakukan sesuatu.

5. Oey Liang Lee

Menurut Oey Liang Lee, pengertian manajemen adalah ilmu atau seni dalam perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

6. Hilman

Menurut Hilman, pengertian manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui perantara kegiatan orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai tujuan yang sama.

7. Dr. Ahuja

Menurut Dr. Ahujae, pengertian manajemen adalah pihak-pihak yang menawarkan/ menyediakan jasa untuk bidang yang berhubungan dengan manajemen.

8. Renville Siagian

Menurut Renville Siagian, pengertian Manajemen adalah salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.


Unsur-Unsur Manajemen

Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah manajemen. Peruahaan akan memiliki manajemen yang baik ketika memiliki SDM yang mumpuni. Karena mereka yang menyusun tujuan hingga melakukannya agar mencapai tujuan itu sendiri.

Keuangan

Selain SDM, keuangan juga berpengaruh besar terhadap peruahaan. Dengan keuangan itu, segala kegiatan yang sudah disusun sesuai rencana bisa dijalankan dengan baik. Sehingga perusahaan akan lebih mudah untuk menjalankan segala kegiatannya.

Material Atau Bahan Baku

Sebuah perusahaan sulit untuk bisa berjalan jika tidak ada bahan yang digunakan dalam proses produksi. Jika bahan yang digunakan baik, produk yang akan dihasilkan bisa berkualitas bagus.

Mesin

Untuk memudahkan pekerja dalam menyelesaikan pekerjaannya, unsur mesin memang sangat dibutuhkan. Nantinya pekerja bisa bekerja dengan efektif dan efisien.

Metode

Metode bisa diartikan sebagai cara yang digunakan dalam perlaksanaan kerja. Sebuah metode yang baik selalu mempertimbangkan berbagai hal.

Pasar

Produk yang sudah diproduksi nantinya akan dipasarkan kepada konsumen. Jika produk memiliki kualitas yang bagus, tingkat penjualannya juga akan meningkat dan berpengaruh terhadap keuntngan. Dengan hal ini, pasar menjadi unsur penting dalam sebuah manajemen.




Fungsi manajemen, diantaranya meliputi:
  • Fungsi Perencanaan – Proses yang menyangkut berbagai macam upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa depan atau masa yang akan datang dan penentuan strategi serta taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan dari suatu organisasi, perusahaan atau lembaga. Aktivitas dari perencanaan memfokuskan pada mempertahankan tujuan. Para manajer menegaskan secara jelas dan detail apa yang organisasi, perusahaan ataupu suatu lembaga harus lakukan supaya berhasil. Perencanaan fokus terhadap kesuksesan dari suatu organisasi dalam jangka waktu pendek dan juga jangan panjang.
  • Pengorganisasian yaitu memberikan tugas sebagai hasil dari tahapan perencanaan, tugas itu di berikan kepada beragam individu ataupun kepada grup didalam suatu organisasi ataupun lembaga. Mengorganisir adalah menciptakan mekanisme untuk menjalankan rencana.
  • Pengaruh atau pengarahan merupakan sebuah Motivasi, kepemimpinan ataupun arah. Pengaruh dapat di definisikan sebagai suatu bimbingan dari aktivitas anggota organisasi dalam arah yang bisa membantu organisasi lebih terarah untuk mencapai tujuannya.
  • Pengendalian yaitu proses yang dilakukan untuk memastikan bahwa semua rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan maupun diimplementasikan supaya dapat berjalan sesuai dengan target yang ingin di capai, sekalipun berbagai macam perubahan terjadi dalam lingkungan kegiatan yang dihadapi. Pengendalian merupakan sejumlah peranan yang dilakukan oleh para manajer: Mengumpulkan berbagai informasi untuk mengukur performa, membandingkan performa yang sekarang dengan sebelumnya serta menentukan aksi, taktik selanjutnya dari rencana dan juga melakukan modifikasi untuk mencapai parameter performa diharapakan.

Peran Penting Manajemen Bagi Organisasi Atau Perusahaan

Peter F. Drucker, seorang otoritas manajemen mencatat telah menekankan pentingnya manajemen untuk kehidupan sosial. Dia memproklamirkan hampir 25 tahun yang lalu bahwa manajemen yang efektif merupakan sumber utama negara-negara maju.
Dia juga menyatakan bahwa manajemen yang efektif adalah sumber daya yang paling dibutuhkan untuk negara-negara berkembang.
Berdasarkan dari uraian diatas mengenai pengertian manajemen serta fungsinya, maka kita tahu bahwa manajemen sangat penting bagi organisasi atau perusahaan. Lebih lanjut, mengenai apa saja pentingnya manajemen bagi organisasi, dijabarkan melalui poin-poin berikut ini:
  • Membantu mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.
  • Mengoptimalkan sumber daya.
  • Menunjang organisasi atau perusahaan yang baik.
  • Menciptakan keseimbangan.
  • Meminimalisir biaya.
Materi Manajemen

Manfaat Manajemen

Manajemen seolah menjadi hal yang wajib untuk dijalankan dengan sebaik baiknya dalam sebuah perusahaan. Apa saja manfaat yang didapatkan dengan menerapkan ilmu manajemen yang baik?

Berikut diantaranya:
  1. Perusahaan bisa mendapatkan hasil yang maksimal dengan sumber daya yang dimiliki.
  2. Manajemen akan memudahkan setiap individu maupun kelompok dalam perusahaan untuk menyajikan dan menjalankan seluruh kerangka kerja yang efektif.
  3. Mengalokasikan dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara efektif
  4. Kerangka kerja dalam jangka waktu yang panjang bahkan yang pendek disusun secara detail dan bisa dijalankan dengan mudah
  5. Menumbuhkan sikap profesional disetiap individu pada perusahaan dengan memberikan kepercayaan dalam menjalankan tugas yang diberikan.
  6. Merancang strategi untuk mencapai tujuan secara efektif, rasional, sistematis dan bisa dijalankan dengan mempertimbangkan semua aspek yang terhubung.

Prinsip-Prinsip Manajemen

Bagaimana, apakah sekarang anda sudah mengerti dari berbagai definisi dan jenis-jenis manajemen yang telah dijelaskan diatas, maka untuk selanjutnya agar anda dapat lebih paham mengenai manajemen perlu juga mengetahui prinsip-prinsipnya. Dibawah ini merupakan berbagai dari prinsip manajemen :
  • Discipline (Disiplin)
  • Authority and responsibility(Wewenang dan tanggung jawab)
  • Unity of direction (Kesatuan pengarahan)
  • Unity of command (Kesatuan perintah)
  • Renumeration (Penggajian yang adil)
  • Lebih mementingkan kepentingan umum / organisasi daripada kepentingan pribadi
  • Hierarchy (Hirarki)
  • Centralisation (Pemusatan)
  • Equity (Keadilan)
  • Order (Tata tertib)
  • Inisiative (Inisiatif)
  • Stability of tenure of personnel (Stabilitas kondisi karyawan)
  • Semangat untuk bersatu
  • Division of work (Pembagian kerja)
Setelah menyimak dan mengetahui dari pengertian, Prinsip dan jenis-jenis manajemen di atas serta definisinya tentunya anda juga harus mengetahui fungsi dari manajemen tersebut.
Jika di lihat dari segi prakteknya bahwasnya Fungsi dari manajemen sangat strategis. Maka dari itu untuk bisa mengerti tentang fungsi manajemen sangat di anjurkan bagi siapa saja khususnya bagi para pelajar, mahasiswa dan lainnya.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Manajemen

  • pengertian manajemen secara umum
  • pengertian manajemen menurut para ahli
  • pengertian manajemen pendidikan
  • jurnal pengertian manajemen
  • pengertian manajemen menurut istilah
  • pengertian manajemen dan manajer
  • pengertian manajemen keuangan
  • apa pengertian manajemen menurut anda

Post a Comment for "Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli, Manfaat, Peran Penting Manajemen dan Dilengkapi Fungsinya"