Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Komputer, Fungsi, Jenis Dan Sejarah Perkembangan Komputer Terlengkap

Pengertian Komputer (Elemen, Fungsi, dan Jenis Komputer)

Komputer berasal dari kata Computare yang artinya menghitung. Secara bahasa komputer didefinisikan sebagai alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika.
Secara umum, Komputer didefinisikan sebagai seperangkat alat elektronik yang mengubungkan komponen satu dengan yang lainnya sehingga menghasilkan informasi yang sebelumnya telah diolah terlebih dahulu. 
Komputer terdiri dari 3 elemen yakni : Hardware (perangkat keras) seperti Processor, Harddisk, RAM, CPU, Motherboard. Software (perangkat lunak) seperti aplikasi- aplikasi dan juga Sistem Operasi yang akan bekerja sesuai perintah yang diberikan oleh Brainware (pengguna).


Pada umumnya komputer terdiri dari 3 elemen utama, antara lain:
  • Perangkat Keras (Hardware) yang terdiri dari Processor, RAM, Harddisk, Motherboard, dan CPU.
  • Perangkat Lunak (Software) yaitu sistem operasi dan juga berbagai aplikasi yang dimasukkan ke dalam hardware dan bekerja sesuai perintah dari pengguna.
  • Pengguna Komputer (Brainware) yaitu pemakai atau operator komputer.


Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti komputer, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, pengertian komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

2. V. C. Hamacher

Menurut V. C. Hamacher, definisi komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

3. Donald H. Sanders

Menurut Sanders, pengertian komputer adalah sistem elektronik yang digunakan untuk memanipulasi data yang cepat serta tepat, dirancang dan diorganisasikan agar dapat secara otomatis menerima dan menyimpan data, memproses data hingga menghasilkan output berdasarkan perintah yang sudah tersimpan di dalam memori.

3. Wiliam M. Fuori

Menurut Fuori, pengertian komputer adalah suatu alat pemroses data yang bisa melakukan perhitungan secara besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika serta operasi logika, dan tidak ada campur tangan manusia.

4. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, pengertian komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas diantaranya menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menghasilkan output yang berbentuk informasi.

5. Williams & Sawyer

Menurut Williams & Sawyer, definisi komputer adalah mesin serbaguna yang dapat diprogram, bisa menerima data (fakta-fakta serta gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasi data tersebut ke dalam informasi yang dapat digunakan.




Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa
 
Inilah sejarah perkembangan komputer dan ciri-cirinya dari masa ke masa, diantaranya sebagai berikut:
Abacus – Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih dipakai di beberapa tempat sampai saat ini, dapat dianggap sebagai cikal bakal atau awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan si penggunanya dapat melakukan perhitungan memakai biji-bijian yang geser, diatur pada sebuah rak. Terutama para pedagang di masa itu memakai abacus untuk menghitung transaksi bisnis atau perdagangan. Seiring dengan kemunculan pensil dan kertas, terutama di benua eropa, Abacus mulai kehilangan popularitasnya.
Komputer generasi pertama (1940 – 1959) – Komputer generasi yang pertama ini memakai tabung vakum untuk memproses dan menyimpan datanya. Sehingga menjadi cepat panas dan mudah sekali terbakar, oleh karena itu di perlukan beribu-ribu tabung vakum untuk menjalankan operasi keseluruhannya.
Komputer generasi kedua ( 1959 – 1964 ) – Pada tahun 1948, setelah di temukannya transistor sangat mempengaruhi perkembangan dari komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di radio, televise dan komputer. Lalu akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai dipakai di dalam komputer sejak tahun 1956. Penemuan lainnya yang berupa pengembangan memori inti – magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang ukurannya lebih kecil dari generasi pertama, lebih cepat, lebih dapat diandalkan dan juga lebih hemat energi dibanding dengan yang sebelumnya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini yaitu superkomputer.
Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970) – IC (Integrated Circuits) atau dikenal juga dengan rangkaian terpadu menggantikan fungsi dari transistor. Dari sebuah keping IC, dapat menggantikan beberapa transistor, diode serta resistor sekaligus, sampai memiliki kinerja lebih baik jika dibandingkan generasi pendahulunya. Walaupun memiliki ukuran lebih kecil, tapi kecepatannya semakin tinggi, kapasitasnya lebih besar dan memungkinkan untuk berkomunikasi antar komputer.
Komputer Generasi Keempat (1970-an – Sekarang) – Komponen utama dari komputer ini menggunakan VLSI (Very Large Scale IC) yaitu IC yang memiliki kemampuan yang telah ditingkatkan hingga ratusan bahkan ribuan kali dengan ukuran fisik yang lebih kecil atau cirinya menggunakan Microprocessor yang merupakan pemadatan dari ribuan IC kedalam sebuah Chip (Komputer generasi keempat ini yaitu yang kita temui pada saat ini).
Komputer generasi ke lima – Dalampengembangan, rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence atau disebut dengan AI. Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan penggunanya. Ciri-ciri komputer generasi ini yaitu :
  • Masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum terlalu banyak. Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang.
  • Komponen elektronikanya menggunakan bentuk yang paling baru dari chip VLSI.
  • Programnya dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan bahasa LISP (List Processor)
  • Difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence atau Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan berbagai tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.



Fungsi Komputer 

Beberapa contoh fungsi komputer untuk kehidupan sehari-hari adalah
  • Menulis dokumen yang dapat dicetak.
  • Mengakses internet.
  • Mengolah data dengan berbagai tujuan.
  • Memutar file media seperti gambar, video dan musik.
  • Menyimpan data digital.
  • Membangun sistem informasi yang membantu suatu instansi, contoh: sistem informasi universitas.
  • Bermain Video Games.
  • Programming.
  • Membuat design.
  • Presentasi.
  • Dan lain-lain.



pengertian komputer secara umum



Komponen Komputer

Berdasarkan fungsi komputer yang telah dijelaskan diatas, terdapat komponen komputer yang dibedakan dalam 3 kelompok, antara lain :
  1. Komponen Input
    Komponen input berfungsi sebagai pemberi perintah untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberikan pada komputer. Beberapa komponen komputer input antara lain :
    • Mouse dan Trackpad, merupakan alat yang dapat menghubungkan antara brainware dengan layar monitor.
    • Keyboard, memberikan input yang berupa alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya.
    • Pen (untuk layar sentuh), mempunyai fungsi yang mirip seperti mouse namun dengan bentuk yang seperti pena.
    • Microphone, alat yang digunakan untuk input data dalam bentuk audio.
    • Scanner, alat yang digunakan untuk memindai gambar yang dimasukkan ke sistem komputer.
  2. Komponen Proses
    Komponen proses berfungsi untuk mengolah data atau memproses perintah-perintah yang diberikan dan kemudian ditampilkan pada komponen output. Beberapa komponen komputer proses antara lain :
    • Processor, menjadi komponen komputer utama dalam proses pengolahan data.
    • Hard Disk, merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data bersifat permanen, seperti sistem operasi komputer.
    • Motherboard, merupakan komponen penghubung komponen-komponen yang lainnya dalam komputer.
    • RAM, merupakan memori yang berfungsi untuk menyimpan aktivitas-aktivitas komputer untuk sementara.
  3. Komponen Output
    Komponen output berfungsi menampilkan informasi dari berbagai perintah yang telah diproses oleh komputer. Beberapa komponen komputer output antara lain :
    • Monitor, merupakan komponen output yang menampilkan proses-proses yang sedang dikerjakan oleh komputer.
    • Printer, merupakan komponen komputer yang dapat digunakan untuk mencetak informasi ke dalam hard copy.
    • Speaker, merupakan komponen output yang menghasilkan suara atau audio.


Jenis-jenis Komputer

Macam macam komputer berdasarkan dari bentuk dan ukurannya, komputer bisa dikelompokkan menjadi 7 jenis yaitu sebagai berikut:
  1. Komputer portabel adalah jenis komputer yang mudah untuk dibawa kemana-mana, komputer ini biasanya digunakan untuk keperluan penelitian di lapangan dan berpindah-pindah. Komputer jenis ini kurang populer dikarenakan cenderung besar dan berat dari pada laptop pada umumnya.
  2. Komputer desktop adalah komputer yang ada di atas meja. Komputer ini mempunyai CPU yang terpisah dari monitor dan juga keyboard.
  3. Komputer tower adalah komputer yang bentuknya lebih besar dibanding komputer desktop yang biasanya ditaruh di atas meja atau di samping meja. Komputer ini bisa ditambahkan perangkat pendukung sebab mempunyai expansionanslot.
  4. Komputer palmtop yaitu komputer yang berbentuk kecil dan dapat digenggam. Jenis komputer ini sudah jarang dipakai semenjak ditemukannya Smartphone.
  5. Komputer laptop adalah jenis komputer yang bisa diletakkan di pangkuan penggunanya. Laptop mempunyai monitor, CPU, dan keyboard yang menyatu dan mudah untuk dibawa ke mana-mana.
  6. Komputer notebook adalah jenis laptop tetapi ukurannya yang lebih tipis. Komputer jenis ini umumnya banyak dipakai oleh para pelajar, pengajar dan peneliti yang memerlukan perangkat komputer yang ringan dan ringkas.
  7. Sub-notebook atau handbook adalah jenis notebook yang mempunyai ukuran lebih kecil dibanding notebook pada umumnya. Handbook umumnya mempunyai processor yang spesifikasinya rendah.

Komponen-komponen Komputer

Terdapat banyak komponen atau perangkat yang terdapat pada komputer. Ada perangkat komputer yang harus ada pada sebuah komputer seperti processor (CPU), harddisk, RAM dan lain sebagainya. Ada juga yang hanya sebagai perangkat tambahan atau kita sering menyebutnya sebagai peripheral, contohnya seperti printer, webcam, scanner, modem dan lain sebagainya.
Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Komputer

  • pengertian komputer secara umum
  • pengertian komputer secara lengkap
  • pengertian komputer menurut para ahli
  • fungsi komputer
  • pengertian sistem komputer
  • gambar komputer lengkap
  • gambar komputer dan laptop
  • komponen komputer

Post a Comment for "Pengertian Komputer, Fungsi, Jenis Dan Sejarah Perkembangan Komputer Terlengkap"