Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Perangkat Lunak Atau Software Komputer, Fungsi, Jenis dan Contoh Perangkat Lunak

Pengertian Perangkat Lunak (Software) Komputer dan Fungsinya

Pengertian Perangkat Lunak

Bila perangkat keras atau hardware ada bentuk fisiknya, sebaliknya kalau perangkat lunak tidak ada bentuk fisiknya. Perangkat lunak komputer memiliki pengertian sebagai sekumpulan data elektronik, yang tersimpan dan kemudian dikendalikan oleh perangkat komputer.Nah, data elektronik tersebut berupa Instruksi atau program , yang nantinya akan menjalankan perintah khusus. Jadi dalam sebuah perangkat komputer atau laptop harus diinstal software, agar bisa dioperasikan. Oleh karena itu, di setiap komputer bisa terpasang software yang berbeda-beda. Sebab instalasi perangkat lunaknya disesuaikan dengan keinginan penggunanya


Pengertian Software Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti software, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Wiwit Siswoutomo

Menurut Wiwit Siswoutomo, software adalah nyawa dari sebuah hardware atau komputer karena tanpa adanya perangkat lunak maka komputer hanyalah sebuah hardware yang mati dan tidak dapat digunakan.

2. Roger S. Pressman

Menurut Roger S. Pressman (2002), pengertian software adalah suatu perintah program dalam sebuah komputer yang apabila dieksekusi oleh usernya akan memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diharapkan oleh user-nya. Dengan kata lain, perangkat lunak berfungsi untuk memberi perintah kepada komputer agar dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan perintah user.

3. Melwin Syafrizal Daulay

Menurut Melwin Syafrizal Daulay (2007), pengertian software adalah suatu perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan seluruh intruksi yang mengarah pada sistem komputer dan menjembatani interaksi antara user dengan komputer.

4. Imam Prayogo Pujiono

Menurut Imam Prayogo Pujiono, pengertian perangkat lunak adalah suatu program dalam komputer yang dirancang sedemikian rupa, yang jika dijalankan akan memberikan perintah ke komputer/ hardware/ software lain dalam rangka menyelesaikan sebuah tugas, pekerjaan, dan juga tuntutan tertentu seperti yang diharapkan user.

5. Wilman dan Riyan

Menurut Wilman dan Riyan, pengertian software adalah sebuah perangkat operasi kerja untuk menjalankan berbagai komponen pada hardware yang memiliki sifat maya (tidak terlihat) tetapi bermanfaat bagi user-nya.



Sejarah Perangkat Lunak

Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.

  • Era Pioner
Perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat keras
  • Era Stabil

Perangkat lunak dapat mejalankan beberapa fungsi, mampu melayani banyak pengguna, mulai dikenal sistem basis data yang memisahkan program degan data

  • Era Mikro
Perangkat lunak mulai dibedakan menjadi 2, yaitu :
    1. perangkat lunak sistem : menangani maslah internal
    2. perangkat lunak aplikasi : digunakan untuk keperlua tertentu

  • Era Modern
Mulai mengenal masukan berbentuk suara dan gambar Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) . 

Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.



Ada beberapa fungsi dari perangkat lunak (software) diantaranya:
Fungsi perangkat lunak (software) adalah memproses data atau perintah / instruksi hingga mendapat hasil atau menjalankan sebuah perintah perintah.Berfungsi sebagai sarana interaksi yg menghubungkan atau menjembatani pengguna komputer (user) dengan perangkat keras. Fungsi Lainnya:
  1. Menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan-kebutuhan komputer yang yang dibagi lagi menjadi sistem operasi atau hanya sistem pendukung.
  2. Mengatur berbagai hardware agar dapat bekerja secara bersama-sama.
  3. Sebagai penghubung antara software yang lain dengan hardware.
  4. Sebagai penerjemah software lain dalam instruksi ke dalam bahasa mesin sehingga dapat diterima oleh hardware.
  5. Sebagai pengidentifikasi program.



Macam Perangkat Lunak atau Softwere

Perangkat lunak/software ini dibagi menjadi ke dalam 3 (tiga) macam diantaranya:
  1. Sistem Operasi adalah bagian dari software komputer yang menggunakan kemampuan komputer secara langsung serta menyeluruh untuk mengerjakan suatu tugas ataupun fungsi tertentu sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Jenis-jenis Sistem Operasi misalnya seperti: Micorsoft Windows, Linux, Mac OS, dan yang lainnya.
  2. Pengertian perangkat lunak aplikasi (Software Application) adalah bagian dari software komputer yang menggunakan kemampuan komputer secara langsung dan menyeluruh untuk mengerjakan suatu tugas/fungsi tertentu sesuai dengan kebutuhan pengguna. Jenis-jenis aplikasi komputer misalnya seperti: Pengolah kata – Microsoft Word, OpenOffice, Pengolah angka – Microsoft Excel, Presentasi – Microsoft PowerPoint, Anti virus dan masih banyak lagi yang lainnya.
  3. Software Bahasa Pemrograman (Language Program) adalah suatu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin supaya dapat diterima dan juga dipahami oleh komputer. Atau suatu program untuk pengembangan sistem seperti bahasa pemrograman turbo pscal, Visual Basic, Delphi, pemrograman editor, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Perangkat Lunak

Jenis-Jenis Perangkat Lunak

Menurut jenisnya, perangkat lunak terbagi menjadi :
  1. Commercial Software (Perangkat Lunak Berbayar), contohnya adobe photoshop dan corel draw.
  2. Freeware (Perangkat Lunak Gratis), contohnya mozilla firefox dan chrome.
  3. Shareware, yaitu perangkat lunak uji coba dalam jangka waktu tertentu, contohnya aplikasi yang menyediakan free trial.
  4. Firmware, yaitu perangkat lunak yang berkaitan langsung dengan Memory Read Only.
  5. Free Software, yaitu perangkat lunak yang disebarkan secara bebas dan gratis oleh para penciptanya.
  6. Open Source Software, yaitu perangkat lunak yang kode sumbernya dapat dibuka dan dimodifikasi serta dikembangkan oleh sebuah komunitas tertentu yang sudah expert.
  7. Malware, yaitu perangkat lunak perusak sistem komputer yang terdiri dari virus, trojan horse, rootkit, cacing, spyware, adware, crimeware, dan perangkat lunak lain yang sifatnya jahat.




Contoh Perangkat Lunak


Berikut ini merupakan beberapa kategori dan contoh dari perangkat lunak:
1. Software System
Perangkat lunak yang digunakan sebagai sistem operasi dalam komputer untuk mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak serta memberikan informasi kepada user.
Contoh: Linux, Mac, Windows.

2. Software Browser
Untuk mencari informasi tertentu yang dibutuhkan dalam internet.
Contoh: Opera Mini, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Chrome, UC Browser

3. Microsoft Office
Perangkat lunak yang dibuat dan dirancang khusus untuk menunjang pekerjaan di dalam perkantoran ataupun sekolah.
Contoh: Microsoft Word, Excel, Powerpoint, Outlook, Publisher.

4. Paint Software
Perangkat lunak yang memiliki fungsi sebagai pengolah gambar atau desain (membuat gambar atau pola, editting, dll)
Contoh: Corel Draw, Adobe Photosoft, Paint, Paint.Net

5. Software Anti Virus
Melindungi sistem dari berbagai serangan virus.
Contoh: AVG, Norton, Avast, Smadav, dll.




Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Perangkat Lunak

  • pengertian perangkat lunak aplikasi
  • jenis perangkat lunak
  • contoh perangkat lunak
  • yang merupakan jenis perangkat lunak adalah
  • pengertian perangkat keras
  • pengertian perangkat lunak sistem dan contohnya
  • sebutkan macam-macam perangkat lunak sistem komputer
  • pengertian perangkat lunak bahasa

Post a Comment for "Pengertian Perangkat Lunak Atau Software Komputer, Fungsi, Jenis dan Contoh Perangkat Lunak "