Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Server Meliputi Fungsi, Manfaat, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis Server

Mengenal Pengertian, Fungsi dan Jenis Server

Pengertian Server

Server merupakan sebuah system yang terdapat di dalam komputer yang dapat menyediakan segala macam jenis layanan tertentu yang akan dapat di tunjukkan untuk client di dalam sebuah system jaringan komputer. Di dalam server terdapat system operasi khusus untuk dapat mengontrol atau untuk dapat memonitor segala akses dan dapat menjaga submer daya yang ada di dalamnya.
Server di ukung dengan prosesor yang memiliki sifat scalable dan juga memiliki ram berkapasitas besar, tidak hanya itu pula di dalam server pun terdapat system operasi yang khusus untuk server yang di namakan dengan system operasi jaringan komputer.Di dalam server juga dapat menjalankan perangkat lunak administrative yang memiliki sifat dapat mengontrol akses kepada jaringan komputer dan pada sumber daya yang telah ada di dalamnya. Sumber daya tersebut seperti berkas atau pencetak. Selain itu dapat pula memberi akses kepada stasiun kerja paran anggota di jaringan komputer.


Ada berbagai jenis server:
  1. Proxy server: membatasi permintaan data, kinerja koneksi, dan berbagi file antarserver dan klien di luar jaringan serta sebagai gerbang antara jaringan lokal dan jaringan luar.
  2. Telnet server: mengatur komputer dengan cara melakukan login dan logout pada komputer host.
  3. Virtual server: sejumlah server fisik dibuat seolah-olah seperti menjadi beberapa server.
  4. Web server: berfungsi untuk menyimpan konten pada website dan berkomunikasi menggunakan HTTP.
  5. Audio dan video server: berfungsi untuk menyimpan fitur multimedia sebuah website.
  6. FTP server: mengatur transfer data dalam sebuah jaringan.
  7. Aplikasi server: mengolah perintah yang diberikan oleh klien dan menghubungkan dengan database.
  8. Mail server: berfungsi ketika menyimpan surat elektronik dan menangani berbagai permintaan klien.
  9. News server: mendistribusikan berbagai macam berita melalui jaringan berita.

Fungsi Server Secara Umum

Pada dasarnya fungsi server adalah untuk melayani permintaan dari komputer client, baik itu permintaan data, file, aplikasi, dan lainnya. Adapun beberapa fungsi server adalah sebagai berikut:
  • Melayani permintaan data dari komputer klien.
  • Mengatur lalu lintas data pada suatu jaringan.
  • Menyimpan berbagai data, file, aplikasi, dan informasi lainnya sehingga dapat diakses secara bersama-sama dengan protokol FTP.
  • Menyediakan berbagai sumber daya (software, hardware) yang dapat digunakan oleh banyak komputer klien dalam jaringan.
  • Mengatur hak akses (permissions) pada suatu jaringan untuk membatasi klien yang dapat mengakses data pada komputer server.
  • Menyediakan basis data dan aplikasi yang dapat dioperasikan pada semua komputer klien.

Pengertian Server, Fungsi, Manfaat, Komponen, Jenis

Manfaat Penggunaan Komputer Server

Dengan menggunakan sebuah komputer server, berbagai biaya dan juga waktu dapat dipangkas, sehingga sebuah kegiatan menjadi lebih ekonomis. Misalnya saja, jika di sebuah perusahaan terdapat sebuah komputer server yang terhubung ke semua komputer lain sebagai kliennya, maka sebuah data dapat dibagikan ke sesama klien dalam jaringan perusahaan tersebut.
Hampir semua komputer server memiliki spesifikasi yang tinggi
Kemudian jika misalnya ada komputer klien yang ingin mencetak sebuah file, maka bisa langsung melalui komputer server, sehingga hanya dibutuhkan satu buah printer saja. Tentu jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan jika harus melakukan pemasangan printer untuk tiap komputer yang ada di perusahaan tersebut. Untuk membuat sebuah komputer server, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti :
  • RAM : kapasitas memori yang besar agar proses multitasking menjadi lebih cepat.
  • Processor : komputer sever sebaiknya memiliki kecepatan akses prosesor yang mumpuni agar kinerja tetap terjaga dan tidak down.
  • Hard Drive : berguna untuk menyimpan berbagai macam data komputer klien yang terpusat pada komputer server. Kebanyakan server canggih lebih memilih menggunakan SSD ketimbang hard drive atau harddisk karena performa atau kinerjanya lebih baik.

Cara Kerja Server

Secara sederhana, server bekerja atas permintaan dari sebuah klien. Misalnya saja untuk kasus web server, ketika Anda mengetikkan suatu alamat website menggunakan browser, maka artinya komputer Anda sedang bertindak sebagai klien yang meminta informasi kepada web server. Web server tersebut kemudian mengirimkan isi website ke komputer Anda, sehingga Anda pun dapat mengakses isi website tersebut.
Untuk kasus lainnya, seperti server FTP, mungkin agak sedikit berbeda. Pada server FTP, Anda dapat mengunggah sebuah dokumen atau data menuju server FTP, sehingga dapat disimpan dalam server tersebut. Sebagai klien, Anda berhak untuk menyimpan data Anda di server FTP. Nantinya, jika ada orang lain yang tergabung dalam jaringan server tersebut dan ingin mengunduh data atau dokumen Anda, maka server FTP akan menyediakan koneksi untuk klien lain tersebut.
Secara umum, semua jenis server bekerja dengan menjalankan fungsi-fungsi yang telah disebutkan sebelumnya, mulai dari melayani permintaan data dari klien hingga memberikan perlindungan pada komputer klien. Hanya saja, untuk jenis server yang berbeda, hal yang dilayani pun berbeda.
Sebuah perangkat komputer yang dijadikan server biasanya dirancang sedikit berbeda dari komputer – komputer klient. Dalam hal spesifikasi perangkat dan juga dalam hal sistem operasi misalnya, spesifikasi perangkat komputer yang digunakan sebagai server harus dibuat tinggi (karena harus menangani lalu lintas data yang cukup besar), sedangkan sistem operasinya harus menggunakan sistem operasi khusus server seperti Windows Server atau pun Linux Ubuntu Server / Linuxt Mint Server.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Server
  • pengertian server dan client
  • pengertian server dan fungsinya
  • pengertian server fisik
  • pengertian client
  • contoh server
  • salah server adalah
  • cara kerja server
  • pengertian server dan sistem operasi jaringan

Post a Comment for "Pengertian Server Meliputi Fungsi, Manfaat, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis Server"