Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dengan Berbagai Tema Yang Baik

Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato yang dapat memberikan kesan positif untuk orang banyak yang mendengarkan pidato. Jadi, mempersiapkan teks pidato sangat penting agar topik yang dibicarakan sesuai dengan tema.



Struktur Teks Pidato

1. Pembukaan pidato terdiri dari 3 bagian, yaitu :
  • Salam pembuka
  • Ucapan penghormatan, biasanya menyebutkan dari orang-orang yang memiliki jabatan tertinggi sampai ke orang-orang yang memiliki jabatan rendah.
  • Ucapan syukur, biasanya berisi ucapan rasa syukur orator (orang yang berpidato) karena diberikan kesempatan dapat menyampaikan pidato dan berkumpul dengan para tamu.
  • Pengantar ke topik utama
2. Isi pidato, berisi hal-hal penting yang akan disampaikan.
3. Penutup pidato, berisi kesimpulan dari hal yang disampaikan, permintaan maaf jika terjadi kesalahaan saat menyampaikan suatu hal, dan salam penutup.
4. Salam



Metode Pidato

Pidato yang dilakukan dapat menggunakan beberapa metode antara lain:
  1. Impromptu, yaitu suatu metode pidato yang dilakukan secara langsung tanpa adanya persiapan terlebih dahulu.
  2. Memoriter, yaitu metode berpidato dengan cara menghapalkan naskah teks pidato terlebih dahulu.
  3. Naskah, yaitu metode berpidato dengan cara membacakan teks pada saat berpidato.
  4. Ekstemporan, yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan konsep pidato secara garis besar.


Tujuan Teks Pidato

  • Memengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
  • Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain.
  • Memberikan kesan kepada orang lain.


 Teks Pidato Tentang Moral

 
Moral / Pendidikan Karakter

Puji syukur kepada Tuhan kita semua. Segala rahmat semoga melimpah kepada kita semua. Di pagi yang begitu cerah ini akhirnya kita semua dapat berkumpul bersama dalam keadaan yang sehat. Pada kesempatan ini ijinkan saya menyampaikan tentang moral / pendidikan karakter.

Pertama, saya ucapkan banyak terima aksih kepada hadirin semua yang telah berkenan hadir.

Pada usia remaja adalah usia dimana rasa labil meningkat. Di waktu menginjka remaja pembentukan karakter sedang dibentuk. Oleh karena itu kita semua harus memahami hal tersebut. Hal utama yang sangat mempengaruhi pembentukan kepribadian adalah fakor atau pengaruh dari lingkungan sekitarnya bagaimana.

Apa yang terjadi di sekitar lingkungan akan memberikan dampak positif maupun negatif tergantung dari keadaan sekitarnya. Jika anak dibiasakan pada lingkungan yang baik maka moralnya pun akan bagus atau baik. Begitupun sebaliknya, jika seseorang berada pada lingkungan negatif maka moralnya akan jelek atau kurang baik.

Berdasarkan beberapa hal tersebut disarankan kepa bapak/ibu khusunya agar membiasakan anak berada pada lingkungan positif. Dengan demikian, anak juga akan memiliki hal yang posituf atau baik.

Mungkin itu saja yang mampu untuk saya sampaikan. Untuk itu, kurang dan lebihnya mohon untuk dimaafkan oleh hadirin semua.

Salam sejahtera dan sampai jumpa


 Teks Pidato Pendidikan Tema Pentingnya Menuntut Ilmu

 Assalamualaikum Wr wb

Pertama-tama marilah kita semua panjatkan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT. Atas berkat serta karuniaNya kita semua pada hari ini telah diberikan nikmat sehat wal’afiat. Tak lupa juga kita haturkan shalawat dan salam kepada junjungan Nabiyullah Muhammad SAW. Kepada keluarganya, dan para sahabatnya serta kita semua sebagai umatnya.

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi kita semua. Bahkan, hal tersebut merupakan perintah dari allah SWT. Ilmu yang dimiliki oleh kita semua semata-mata adalah titipan dari yang maha kuasa. Dengan adanya ilmu yang telah dimiliki maka harus selalu diingat bahwa jangan sekali-kali merasa sombong. Semua apa yang ada adalah titipan dari sang pencipta.

Tempat memuntut ilmu di jaman sekarang adalah di sekolah. Mempunyai ilmu yang tinggi merupakan hal yang hampir diminati oleh semua orang. Oleh karena itu, berdasarkan hal tersebut kita semua berlomba-lomba untuki menuntut ilmu yang sangat bermanfaat. Orang tanpa ilmu diibaratkan kulit tanpa buah. Untuk itu mari semangat menunut ilmu.

Mungkin hanya itu saja yang dapat disampaikan untuk saat ini. Semoga dari banyaknya kalimat yang keluar dari bibir ini terdapat manfaatnya bagi kehidupan selanjutnya. Saya mengucapkan banyak terima kasih aats kesempatan ini dan memohon maaf apabila ada kesalahan.

Wassalamualikum wr wb



Contoh Naskah Pidato Tentang Lingkungan

 Assalamualaikum Wr.Wb

Yth. Ibu wali kelas
Serta teman-teman sekalian yang saya cintai

Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada hari yang cerah ini

Teman-teman yang saya banggakan,
Pertama-tama perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua, umat manusia. Maka kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Salah satu cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan

Dalam menjaga kebersihan lingkungan maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga.. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.

Teman-teman yang Berbahagia,
Menjaga Kebersihan Lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan seperti sekarang. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah kita tercinta, SMPN 49 Jakarta. Apabila sekolah kita bersih maka orang lainpun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah kita ini. Dan kita sebagai penghuni sekolah ini juga terkena dampak positifnya yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih.

Menjaga kebersihan Lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuang sampah yang ada di lingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur dan PSN 30 menit setiap hari jum’at dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah dari Sarang nyamuk Ades Aegypti yang menimbulkan penyakit demam berdarah.

Teman-teman Sekalian,
Sebagai penutup saya mengutip kata pepatah yang mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Kedepanya saya juga berharap kita sebagai umat manusia dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf!
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



Contoh Pidato Tentang Pergaulan Bebas

 Assalamualaikum Wr.Wb

Yth. Ibu wali kelas
Serta teman-teman sekalian yang saya cintai

Terima kasih saya ucapkan atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Pada kesempatan ini, saya hendak menyampaikan pidato mengenai kebebasan dalam pergaulan bebas.

Pergaulan bebas adalah wabah dalam pergaulan remaja dan kawula muda. Wabah sporadis yang tidak terkendali ini memberikan berbagai dampak negatif bagi masa depan bangsa Indonesia. Pergaulan bebas dapat dilakukan dengan sadar oleh para kaum muda atau hanya mengikuti trend saja.

Bagi mereka yang tidak mengetahui konsekuensi dari pergaulan bebas, berikut adalah beberapa point penting yang menjadi pertimbangan untuk tidak melakukan pergaulan bebas. Hal pertama yang mengenai pergaulan bebas adalah pihak perempuan adalah mahluk yang paling di rugikan dan dikorbankan.

Bagi anda kaum perempuan muda, pergaulan bebas cenderung mengarah ke seks bebas di bandingkan dengan penggunaan narkoba, pembangkangan dan sebagainya. Pertama-tama, sadarlah bahwa kamu tinggal di Indonesia yang diapit oleh negara-negara asia lainnya yang sarat dengan adat ketimuran. Mungkian kamu tidak menyadarinya saat ini, namun pikirkanlah di masa mendatang, apakah pasangan kamu nanti bisa menerima kamu apa adanya? Pernahkah kamu mendengar bahwa ‘pacar harus cantik sedangkan istri harus pantas’. Ketika kamu sudah terjebak dalam pergaulan bebas, seberapa pantaskah kamu bagi pasangan kamu kelak?.

Jika kamu berpikir bahwa kaum pria juga melakukannya. Kamu benar, mereka memang melakukannya namun mereka tidak menghormati kaum perempuan yang melakukannya dan memandang mereka sebelah mata. Tidak adil memang, namun hal tersebut adalah kenyataan yang harus kamu terima. Jadi kamu sebagai perempuan, pandai-pandailah menjaga diri.

Konsekuensi kedua dari pergaulan bebas adalah kamu tidak mungkin terbebas dari penyakit. Seberapa kamu yakin bahwa pasangan kamu jujur kepada kamu. Sedangkan bisa saja dia berbohong kepadamu tentang jumlah pasangan dan kebiasaan ia dalam mengkonsumsi narkoba.Mungkin saja pasangan kamu jujur namun apakah pasangannya selain kamu juga jujur. Dalam pergaulan bebas, sangatlah jelas bahwa nilai kepercayaan dan kejujuran sudah tercacah-cacah.

Penyakit yang diderita dari pergaulan bebas sangatlah variatif dari yang bisa di sembuhkan sampai dengan yang sulit bahkan sampai tidak dapat disembuhkan seperti AIDS, Herpes.kanker dan sebagainya. Penyakit umum yang menghinggapi para pelaku pergaulan bebas adalah Clamydia. Memang dampak yang diberikan tidak sehebat yang diberikan oleh HIV dan kanker namun penyakit oleh karena jamur ini sangatlah mengganggu dan tidak nyaman. Bayangkan jika kamu harus menahan gatal dan panas berhari-hari bahkan berminggu-minggu di area kelamin. Belum lagi dengan bau busuk yang menyertainya. Penyakit ini menyerang pria maupun wanita.

Bagi kamu kawula muda kaum pria, janganlah kamu berbangga hati dengan bebasnya kalian dari cirri-ciri fisik terlibat dalam pergaulan bebas seksual. Pernahkah terlintas di pikiran kamu bahwa kaum perempuan adalah kaum pembanding yang sangat hebat? Perhatikanlah sekitar kamu atau ketika kamu kecil, seberapa sering kamu mendengar kamu ataupun teman-teman kamu di bandingkan dengan yang lainnya. Tentu saja jika kamu terlibat dalam pergaulan bebas kemampuan kamu, bentuk dan segala macam teknik kamu akan diperbandingkan dengan pasangan-pasangan wanitamu yang lainnya. Jika performa kamu bagus, tentu saja kamu bisa merasa bangga. Kamu bisa saja menanyakannya langsung kepada pasangan kamu secara langsung. Lalu apakah kamu yakin bahwa ia mengatakan yang sesungguhnya? Mungkin juga ia berpura-pura hanya untuk mempertahankan kamu di sisinya untuk kegunaan yang lainnya. Bagaimana jika suatu hari kamu mengetahui bahwa pasangan kamu menyebarkan ketidakmampuan atau performa kamu yang sebenarnya bagi pasangan kamu tidaklah sehebat yang kamu pikir. Tentu saja kamu bisa langsung memaki dengan kata-kata kasar. Namun apakah hal itu akan mengubah harga diri kamu yang sudah terlanjur tegores dan mendapat reputasi yang kurang baik?

Jika hal itu belum cukup bagi kamu, pikirkanlah jika kamu sebagai laki-laki, yang secara umum akan menjadi ayah dari anak-anakmu, memiiliki anak perempuan. Apakah kamu akan memperbolehkan ia untuk melakukan apa yang kamu telah lakukan? Ataukah kamu akan menggunakan dalih pertobatan dalam melarang anak kamu ataukah kamu memilih untuk membohongi anakmu sendiri? Yang lebih parahnya lagi, bagaimana jika anak perempuanmu menjadi korban dari pergaulan bebas dan hidupnya menderita oleh karena penyakit ataupun pasangan yang semena-mena? Apakah kamu rela melihat penderitaan anak kamu. Sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga bukan. Pikirkanlah masa depan kamu sebelum kamu memutuskan untuk terjerumus dalam pergaulan bebas yang tidak bebas itu.

Bagi kamu yang sudah terjebak dalam pergaulan bebas, segeralah keluar dari lingkaran setan tersebut. Satu hal yang kamu dapat ketika kamu keluar dari pergaulan bebas adalah caci maki dan hinaan. Celaan dari teman ‘sebangsa’ kamu dan juga celaan dari mereka yang akhirnya mengetahui bahwa kamu bukannlah wanita atau laki-laki baik-baik. Biarkan saja, mereka berkata dan mencela, pikirkanlah masa depan kamu yang tersisa. Memang tidak mudah membangun kembali apa yang sudah rusak, akan tetapi ingatlah pepatah ‘lebih baik terlambat daripada tidak pernah sama sekali’. Mulailah mencari pertolongan professional dalam bidangnya jika kamu merasa sulit dan butuh bantuan. Jangan ragu untuk menatap masa depan. Walaupun terkesan klise, namun Jika kamu percaya akan Tuhan yang Maha Kuasa maka jika kamu memutuskan untuk berubah dan sungguh-sungguh menjalaninya, niscaya Tuhan akan membukakan jalan bagimu dan membukakan lembaran yang baru untukmu.

Sekian Pidato dari saya. Selamat pagi.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



Contoh Pidato Tentang Pendidikan Berkarakter

     Assalamu’alaikum Wr. Wb. Selamat Pagi, Salam sejahtera untuk kita semua.

    Puji syukur kehadirat Yang Mahakuasa Yang Maha Esa yang mana telah menunjukkan segala rahmat dan nikmatnya kepada kita sehingga pada hari ini kita sanggup berkumpul bersama sama dalam program bimbingan huruf remaja ini.
    Terima kasih saya sampaikan kepada para Orang renta dan adik adik remaja yang telah hadir pada program ini, Semoga adik adik yang hadir di sini sanggup mendapat ilmu yang bermanfaat untuk masa depan adik adik.

    Hadirin yang saya hormati dan adik adik tercinta,
    Usia remaja yakni usia yang cukup kuat terhadap perkembangan masa depan kalian, dimana pada usia remaja kita harus benar benar hati hati dalam menentukan pergaulan dan pendidikan. Jangan hingga usia remaja kita dibuang begitu saja tanpa kita gunakan untuk sesuatu yang bermanfaat menyerupai menyaiapkan diri kita untuk masa depan kita misalnya.

    Banyak faktor yang menghipnotis remaja dalam pencapaian huruf mereka dikala usia dewasa, dimana biasanya faktor ini disebabkan oleh lingkungan atau masyarakat dan juga arah pergaulan mereka. Oleh lantaran itu kalau kita menginginkan kehidupan kita yang terbaik untuk masa depan yakni dengan memakai waktu remaja kita dengan mencar ilmu dan melaksanakan aktivitas yang bermanfaat untuk kita kelak.

    Hadirin para adik adik ku tercinta,
    Salah satu hal yang bermanfaat dalam usia remaja yakni dengan mengikuti aktivitas pendidikan karakter, dimana pendidikan huruf ini sanggup membentuk para remaja kedalam keahlian khusus maupun talenta bakat yang ada pada diri kalian sehingga kelak kalau kalian remaja akan mempunyai keahlian maupun huruf yang sanggup bermanfaat untuk kehidupan kalian. Selain itu juga pendidikan huruf sanggup melahirkan nilai nilai nyata terhadap diri kita dan juga nilai nilai sifat dan akal pekerti yang baik. Oleh lantaran itu marilah kita songsong masa depan kita dengan menentukan memakai waktu remaja kita dengan mengikuti pendidikan pendidikan yang bermanfaat sesuai harapan kita untuk masa depan kita.

    Hadirin yang terhormat,
    Demikianlah pidato singkat yang sanggup saya sampaikan pada kesempatan kali ini, biar dengan adanya pidato dan program ini kita ditunjukan kearah yang benar serta sanggup membimbing para tunas bangsa kedalam arah yang benar. Akhir kata saya ucapkan terima kasih.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



Contoh Pidato dalam bahasa inggris Tentang HIV/AIDS

     I am honoured to be invited to address you today on a matter that so deeply affects South Africa, Africa and indeed the whole world.

    HIV/AIDS has been with us for about two decades, but it remains a problem whose solution continues to elude us all. We are making some progress in understanding this challenge, but we still have a long way to go in containing its spread.

    Although people from all walks of life are affected, AIDS is hitting hard at the most vulnerable sections of our society. It is the poor, the illiterate, the marginalised, the women and the children who bear most of the burden of the HIV epidemic.

    The face of HIV/AIDS in South Africa has become more complex over the past 10 years. We are no longer only dealing with information and awareness, but with people that are faced with the reality of living with the disease. The vast majority of them are undiagnosed. Sebagian besar dari mereka adalah undiagnosed. They do not know their HIV status. Some of them are already falling ill but they do not know that their illnesses are related to HIV/AIDS. And even if they do know or suspect, they are reluctant to come out and talk about their condition.

    I stand before you today to further consolidate our partnership in responding to this major challenge particularly the stigma that continue to be associated with it. We seek your partnership because we know that every South African citizen, every leader, bishop or priest has a special and unique role to play in combating HIV infection and caring for those living with HIV/AIDS.

    The church has always played a role of caring for those who are weak and in need of support. But you have been able to initiate programmes that really make a difference in the lives of those in need of care particularly the children. The care that you have given has ot been limited only to the message of hope and spiritual well-being. I am convinced that the church can play a major role in fighting the stigma that is associated with HIV/AIDS and encourage openness and positive living amongst those who are infected and affected.

    To ensure a common direction in the call for partnerships, we initiated the development of the Five Year Strategic Plan for South Africa, in 2000 in collaboration with all the key stakeholders, including the faith-based sector. It is a broad national strategic plan designed to guide the country’s response to HIV/AIDS. The plan outline four priority areas, which are: (1) Prevention, (2) Treatment, Care and Support, (3) Research, Monitoring and Surveillance and (4) Human Rights.

    There can be no doubt that the faith based community has a central role to play in the implementation of this plan.

    There are numerous examples of how the faith sector is responding or can respond to this challenge. I will like to raise for discussion at least four key roles that Faith-based organisations and individual members of those organisations can play in responding to HIV/AIDS.

    With regard to Education, we can:
    Identify resources and models for prevention education
    Strengthen HIV/AIDS prevention through family enrichment
    Enhance HIV/AIDS prevention through youth programmes – building a solid foundation concerning sexuality, responsible adulthood and marriage, appreciating the youth and breaking the silence about sex.

    On Advocacy, we can:
    Campaign against discrimination
    Work together with government in achieving appropriate levels of cost-effective health care, especially home based care
    Seek means to protect interests of particularly women and children
    On Worship, we can
    Establish an annual National Day of Prayer and Healing for all persons affected by the epidemic
    Establish an interfaith Day of Prayer and Healing Service, we can
    Provide care which involves encouraging and supporting those who are infected and affected
    Promote ‘Family fostering’ for those who have lost their parents or guardians
    Take part in providing home care which may include:
    Home visits for prayer and scripture reading
    Meeting physical needs for food, clothing, medical attention
    Assistance in planning for the future of the family particularly children
    Support for orphaned children
    Assisting with basic household activities such as shopping, cleaning the house or washing clothes

    At the All Africa Church and AIDS Consultation which was held in Kampala in April 1994 a “Call to Action” was developed and signed. Similarly, “A commitment on HIV/AIDS by people of faith”, was signed in Washington that same year. I will like to quote at least one section of this statement of commitment, and I quote:

    “We are called by God to affirm a life of hope and healing in the midst of HIV/AIDS. Our traditions call us to embody and proclaim hope, and to celebrate life and healing in the midst of suffering.”

    We therefore need to send a positive message about HIV/AIDS. We need to tell people that just because you are HIV positive today, it does not mean you will get AIDS tomorrow and die. Co-factors such as poverty, high levels of mainly childhood malnutrition, vitamin A and iodine deficiency as well as lack of other micronutrients have a major impact on how one progress to full-blown AIDS.

    We have to advise those infected and affected by HIV that by eating nutritious food, managing their stress, treating any infection promptly including sexually transmitted infections and using condoms, they can live longer and lead a healthy and productive life for many years.

    We need to use this opportunity to declare our response to AIDS:
    We are called to love
    We are called to be compassionate and care
    We should commit ourselves to speaking publicly and promote HIV/AIDS prevention and ABC messages
    We should promote and provide care for those who are infected and affected
    We should fight the sins of discrimination and stigma
    We should work together with other sectors of society to seek ways of eliminating poverty

    I strongly believe that if we can leave this conference with a strong re-affirmation as the faith based leaders of this country, we will be able to provide hope for the faith community and for society as a whole: That in the spirit of love, compassion and care, through collective efforts to confront and to challenge discrimination and to empower our respective believers, we can overcome many of the challenges posed to us by HIV/AIDS.

    Thank you.


Contoh Teks Pidato Singkat Maulid Nabi Muhammad SAW

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Kaum muslimin dan juga muslimat sekalian, marilah kita mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan rejeki dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul tanpa adanya hambatan sama sekali pada hari ini. Kemudian, shalwat dan salam kita ucapkan kepada Nabi Muhammad SAW yang membawa umat manusia kepada Islam dan jalan kebenaran.

Hari ini adalah bulan Rabiul Awal yang mana merupakan bulan penting bagi umat Islam. Pada bulan ini terdapat peristiwa gajah dan kemudian dilahirkan rasul penutup yaitu Nabi Muhammad SAW. Berkat beliau, kita semua dapat berjalan ke jalan yang benar dengan mengenal Islam dan keluar dari kekafiran.

Berkat beliau kita jadi mengerti akan berbagai macam tindakan yang baik dan benar, serta terlepas dari zaman jahililyah. Berkat beliau kita semua dibimbing untuk dapat berjalan ke jalan penuh cahaya iman dan juga takwa kepada Allah SWT.

Terutama pada bulan ini, marilah kita semua menambahkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW sesuai dengan firman Allah SWT yang dicantumkan di dalam Al Quran surat Al Ahzab ayat 6,”Nabi itu lebih utama bagi orang-orang yang beriman dari diri mereka sendiri.”

Maka dari itu, sebagai umat Islam kita diharuskan untuk mendahulukan kecintaan kita terhadap Allah SWT dan rasul-Nya dalam hati ini dibandingkan dengan hal-hal lainnya yang bersifat duniawi. Ingat bahwa hidup di dunia ini hanya sesaat dan akhirat adalah yang lebih kekal.



Contoh  Teks Pidato Singkat Pentingnya Pendidikan

 Pendidikan formal merupakan pendidikan yang bisa didapatkan oleh seluruh rakyat Indonesia melalui lembaga yang diakui oleh pemerintah. Sedangkan pendidikan non-formal adalah pendidikan yang diperoleh di luar sekolah.

Pendidikan yang bersifat formal ini wajib untuk dijalani oleh setiap warga Indonesia, karena akan berpengaruh terhadap pola pikir, keahlian, dan juga kemampuan untuk membaca, menulis, serta berhitung. Semua hal tersebut akan sangat menunjang kehidupan di masa depan setiap orang.

Pendidikan juga akan secara langsung berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia. Semakin tinggi jenjang pendidikan yang diterima, maka akan semakin maju pola pikir orang tersebut. Maka dari itu, akan ada banyak generasi penerus yang cerdas dan dapat menjadi tonggak negara yang kuat.

Di Indonesia pendidikan formal yang harus ditempuh adalah selama 12 tahun. Dengan pendidikan selama itu, diharapkan generasi penerus bangsa akan dapat berkompetisi di era globalisasi. Persaingan yang ada saat ini sudah sangat ketat dan bila tidak up to date terhadap ilmu pengetahuan, maka akan mudah dijajah oleh negara lainnya dalam bentuk yang modern.

Sekian pidato yang saya sampaikan dan semoga bermanfaat. Apabila terdapat kesalahan dalam berkata, saya mohon maaf.


Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Kemajuan Teknologi

 Bismillahirrohmaanirrohiim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat seluruh para hadirin sekalian di tempat ini.

Para hadirin sekalian yang saya hormati, marilah kita memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena atas rahmat dan rejeki-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini. Kemudian kita ucapkan shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing manusia menuju Islam yang merupakan jalan penuh dengan cahaya iman.

Umat Islam harus selalu rajin dalam menuntut ilmu, karena ilmu-pengetahuan yang dimiliki oleh Allah SWT itu sangat luas. Bahkan kewajiban dalam menuntut ilmu ini juga banyak juga banyak disampaikan dalam ayat-ayat Al Quran.

Salah satu ayat yang mewajibkan umat Islam untuk menuntut ilmu adalah Qs Al Mujadalah ayat 11, “Allah akan meninggikan orang-orang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.”

Dengan memiliki dan menerapkan ilmu-pengetahuan tersebut, maka lahirlah teknologi. Teknologi yang bertujuan untuk mensejahterakan manusia dan mempermudah pekerjaan halal manusia sangat diperbolehkan dalam Islam.

Misalkan saja Teknologi robot ukuran nano yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Teknologi seperti itu, sangat diharapkan kemajuannya untuk dapat menyembuhkan banyak sekali pasien. Teknologi modern lainnya yang akan sangat bermanfaat bagi manusia adalah robot yang dapat merawat manusia yang telah lanjut usia.

Yang jelas di era ini, perkembangan dari teknologi di seluruh dunia berkembang dengan sangat pesat. Bila kita semua berhenti untuk semangat dalam menuntut ilmu, maka kita akan tertinggal dari negara lainnya dan negara ini akan sangat mudah untuk dijajah dalam bentuk yang lebih modern alias penjajahan dalam bentuk yang baru.



Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Kebersihan


 Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada Hadirin yang terhormat semuanya,

Merilah kita panjatkan doa kepada kehadirat Allah SWT atas berkat rahmat-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini. Kita semua dapat berkumpul tanpa adanya halangan ke tempat ini. Kali ini saya akan berpidato mengenai pentingnya kebersihan.Setelah musim kemarau berlalu, maka akan datang musim penghujan. Sebelum musim ini tiba, ada baiknya kita berusaha mempersiapkan lingkungan di sekitar dengan memastikan kelancaran saluran pembuangan air.

Lancarnya saluran pembuangan air merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir. Salah satu cara untuk melancarkan saluran air yang tersumbat akibat menumpuknya sampah organik adalah dengan menggunakan campuran cuka putih, soda kue, dan juga air panas.Namun, apabila saluran air tersumbat akibat sampah plastik, maka satu-satunya cara adalah mengambil sampah plastik tersebut. Tentu saja hal itu akan dapat membuat jijik bagi orang yang sedang bekerja bakti untuk membersihkan lingkungan. Hanya saja daripada harus banjir, kerja bakti membersihkan lingkungan akan lebih baik dilakukan secara rutin.

Ingatlah bahwa Allah SWT menyukai kebersihan, karena kebersihan itu mencerminkan keimanan seseorang. Selain itu, perlu untuk menekankan kepada para generasi muda mengenai pentingnya membuang sampah di tempat sampah.Jadilah generasi yang cinta akan kebersihan, sehingga apabila ada turis yang datang akan sangat nyaman berkunjung di Indonesia. Dengan lingkungan yang bersih, maka tidak akan ada banyak bakteri yang berkembang biak.

Bakteri ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, dengan meningkatkan kebersihan lingkungan, maka akan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat sekitar. Tentu kebaikan seperti ini akan sangat disukai oleh Allah SWT.

Selain dari  menjaga kebersihan saluran air, Anda juga perlu untuk mengetahui cara untuk menjernihkan air yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Kebersihan air ini juga penting, karena akan berdampak secara langsung ke tubuh.Cara yang paling ampuh yakni dengan menggunakan biji kelor. Cara ini adalah cara yang paling bersifat alami. Bahkan dibandingkan dengan tawas, penjernihan air dengan menggunakan biji kelor lebih aman bagi kesehatan.Selain itu, biji kelor ini juga dapat mengikat berbagai macam zat logam yang tentunya akan berbahaya bagi tubuh apabila terkonsumsi. Jadi bagi Anda yang masih memiliki pohon yang satu ini, harap untuk selalu dirawat dan kalau bisa dikembangbiakkan.

Sekian pidato dari saya, semoga bermanfaat. Apabila terdapat kesalahan dalam berkata, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Contoh Teks Pidato Singkat Pentingnya Imunisasi


 Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada para hadirin sekalian,

Saya akan menyampaikan mengenai pentingnya imunisasi bagi bayi Anda. Imunisasi yang sah harus mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan oleh IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Saat bayi Anda lahir pertama kali, penting untuk memberikan imunisasi hepatitis B.

Bahkan sangat disarankan, pemberian imunisasi tersebut dilakukan pada 12 jam pertama setelah bayi dilahirkan. Imunisasi hepatitis B ini berguna untuk mencegah terjadinya kanker hati atau liver pada bayi. Kemudian saat bayi beranjak ke usia 1 bulan, maka bayi perlu diberikan dua macam imunisasi yaitu vaksin polio dan BCG.

Vaksin polio akan diberikan ke bayi melalui tetesan. Sedangkan BCG akan dimasukkan ke dalam tubuh bayi melalui suntikan. Vaksin BCG ini berfungsi untuk mencegah bayi terkena penyakit TBC (Tuberkulosis). Setelah bayi menginjak usia 2 bulan, maka bayi perlu diberi vaksin DPT yang berfungsi untuk mencegah terjangkitnya penyakit difteri, pertusis, dan tetanus. Harga dari setiap vaksin tersebut sudah pasti akan berbeda-beda.

Vaksin ini juga ada yang diproduksi secara lokal dan ada juga yang diimpor dari luar negeri, seperti Belgia dan Perancis. Biasanya vaksin impor akan memiliki kisaran harga sekitar 2 kali lipat dari harga vaksin lokal. Hanya saja, vaksin yang berasal dari luar negeri lebih tidak menimbulkan efek demam pada bayi dibandingkan dengan vaksin buatan lokal.

Walaupun demikian, faktanya juga hampir semua bayi yang disuntik dengan menggunakan vaksin lokal dan hidup dengan sehat sampai besar. Yang jelas, imunisasi bagi bayi itu sangat penting dan sebagai orang tua, Anda harus peduli mengenai hal itu.

Sekian pidato yang saya sampaikan. Apabila terdapat kesalahan dalam berkata, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Contoh Teks Pidato Singkat Cintai Kebudayaan Indonesi

 Jiwa nasionalisme dari generasi muda Indonesia memang dirasakan semakin meluntur. Namun, sebagai generasi masa kini, Anda juga dapat berpartisipasi dalam mencegah penurunan jiwa nasionalisme ini. Caranya mudah saja yaitu dengan lebih sering menggunakan pakaian batik.

Hal itu adalah cara yang paling sederhana untuk menunjukkan jiwa nasionalisme Anda terhadap kebudayaan Indonesia. Selain itu, bila Anda memiliki teman dari luar negeri, Anda bisa saja memperkenalkan mengenai kebudayaan kita dengan memberinya beberapa macam souvenir.

Oleh-oleh yang diberikan dapat berupa alat musik tradisional, seperti angklung. Anda juga bisa saja memperkenalkan mengenai kuliner atau snack asal Indonesia. Dijamin mereka pasti akan merasa sangat senang. Apalagi bila Anda dapat memberikan oleh-oleh berupa rendang kering.

Pasti dijamin bahwa mereka semua akan ketagihan. Cara lainnya yang dapat diterapkan adalah dengan mengajarkan banyak sekali tarian tradisional dan juga hasil modifikasi kepada generasi muda. Tunjukkan juga beragam alat musik tradisional Indonesia yang sudah mendunia dan dianggap mengagumkan di kancah internasional, seperti angklung dan sasando.

Ingatlah bahwa bangsa Indonesia harus mencintai budaya sendiri. Lestarikan budaya bangsa ini sebelum diambil oleh bangsa lainnya. Tidak banyak bangsa yang memiliki keragaman budaya seperti Indonesia. Jadi bersyukurlah, jika bangsa ini terdiri dari banyak suku.

Dengan keragaman suku tersebut, maka Indonesia memiliki kekayaan budaya dalam jumlah yang fantastis. Ketahuilah bahwa dari segi bahasa daerah saja, Indonesia memiliki lebih dari 600 bahasa daerah. Angka yang sangat fantastis bukan. Itu hanya dari segi bahasa saja. Belum lagi bila digabungkan dengan berbagai macam segi budaya yang lainnya.

Yang jelas berkat jumlah suku yang sangat banyak itu, tercipta ada banyak sekali jenis makanan tradisional, alat musik, senjata tradisional, pakaian adat, dan juga lagu daerah. Kekayaan budaya ini merupakan hasil dari warisan leluhur yang sudah sepatutnya kita jaga juga.

Pelestarian  kebudayaan ini dapat meningkatkan devisa negara juga. Maka dari itu, lewat lini, sebetulnya Indonesia dapat berkembang dengan sangat pesat.

Contoh Pidato Hari Guru



    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Kepada yang terhormat.

    Bapak Kepala Sekolah, Bapak/Ibu dewan Guru serta para Staff dan siswa siswi yang saya cintai di (Isikan nama/tempat Sekolah).

    Tak lupa juga untuk para tamu undangan yang sudah menyempatkan hadir di acara hari ini yaitu peringatan Hari Guru 25 November.

    Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat dan hidayahnya kepada kita, sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul bersama dalam acara memperingati Hari Guru.

    Para hadirin yang saya hormati,

    Kita tahu bahwasanya di Indonesia ini sering berganti-ganti kurikulum dan sistem pendidikan setiap tahunnya, jika dibandingkan dengan negara lain mungkin sistem pendidikan di negara kita masih jauh dari harapan kita.

    Namun bagaimanapun juga, Indonesia sangatlah kaya dengan tenaga pengajarnya yang tak pernah lelah mengajarkan anak-anak bangsa yang mudah-mudahan kelak menjadi manusia yang berguna bagi bangsa kita.

    Hadirin yang terhormat,

    Di hari Guru ini, saya akan menyampaikan kesan maupun pesan selama saya menjadi Guru atau tenaga pengajar, maka pada hari yang cukup membanggakan ini, marilah kita bersama-sama menjaga erat tali persaudaraan kita dengan sesama tenaga pengajar maupun dengan anak didik kita.

    Karena kita tahu, masih banyak Guru-guru yang kurang begitu memahami kondisi siswa dengan cara pengajarannya dan ilmu-ilmu yang kita berikan. Untuk itu saya mewakili segenap Guru SMPN 03 Losari mengucapkan, selamat Hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Semoga ilmu dan amal yang kita berikan kepada anak bangsa diberkahi oleh Allah SWT.

    Mungkin hanya ini pidato singkat yang bisa saya sampaikan, jika ada salah-salah kata mohon dimaafkan.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Contoh Pidato Anak Sholeh


    Alhamdulillahirabbil’alamin, washolatu wassalamu ala ashrofil ambiyai walmursalin, sayyidinaa wa maulana, muhammadin. Wa ala alihi wa shahbihi ajmaiin. Amma ba’du.

    Para hadirin ikhwatul iiman,

    Izinkan saya disini berbicara, bukan untuk menjadi seorang yang hendak menggurui atau semacamnya. Hanya hendak berbagi ilmu dan ingin bersama sama senantiasa memperbaiki diri agar menjadi hamba allah yang terus menuju kearah yang lebih baik. Aamiin. Tema yang akan saya bawakan kali ini sudah cukup umum. Dan ada berbagai macam sudut pandang tentang pengertiannya. Yang pasti berkaitan dengan sesuatu yang baik, yaitu anak sholeh. Kata sholeh atau shalehah sendiri memang berarti orang yang baik.

    Nah, kali ini sifat orang baik ini tercermin pada diri seorang anak.

    Ada salah satu ungkapan yang sangat terkenal berkaitan dengan anak shaleh ini. mengenai amalan yang tidak akan terputus meski seseorang sudah meninggal. Atau sering disebut juga amalan jariyyah. Sehingga di alam akhirat pun orang tersebut tetap mendapat pahala atas tiga perkara tersebut. yang pertama yaitu sadaqah jariyyah, yang kedua ilmu yang bermanfaat dan yang ketiga merupakan doa dari seorang anak sholeh bagi orang yang meninggal atau orang tuanya.

    Dalam hal shodaqoh dan ilmu sudah pasti bahwa kita menyebarkan suatu manfaat dan kemudian dapat dimanfaatkan kembali oleh orang lain hingga terus bercabang seperti rantai tentunya akan menjadi sebuah amalan yang tak terputus. Missal dari uang yang kita shadaqah kan menjadi sebuah sajadah yang ada di mesjid dan dipakai untuk sholat berjamaah, maka akan terus mengalir pahalanya. Ilmu yang kita punya kita bagi dan kita pergunakan untuk kemashlahatan umat tentu juga akan menjadi pahala yang tak terputus karena akan terus dipergunakan.

    Untuk anak sholeh sendiri, perlu ada didikan dari orang tua dan berbagai pihaklain hingga lingkungan. Untuk menjadi seorang yang sholeh kita tentunya perlu mengetahui pengertiannya terlebih dahulu seperti apakah anak yang sholeh itu. Seperti yang saya bilang adi, sholeh sendiri berarti orang yang baik. Jika diartikan seperti itu tentunya akan banyak sekali pengertiain orang yang baik. Karena cara pandang orang berbeda beda tentang orang yang kita sebut baik. Yang jelas, saya yakin seratus persen, dalam kaitan nya hal ini yang disebut orang baik adalah orang yang mengerjakan perintah allah dan menjauhi larangannya di setiap amal perbuatan orang tersebut.

    Hadirin ikhwatul iman,

    Mungkin hanya sekian yang bisa saya sampaikan. Memang masih banyak sekali kekurangan dalam penyampaian nya. Mohon dimaklum. Dan saya memohon maaf atas hal itu. Yang terpenting allah akan selalu menunjukan jalan yang lurus pada kita semua. Ammin ya rabbal aalamiin.
    Akhirul kalam, wassalamualaikum wr wb.

 Diatas merupakan sedikit contoh pidato singkat yang dapat anda gunakan untuk berlatih ataupun untuk dibagiluaskan kepada masyarakat.

Post a Comment for "15 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dengan Berbagai Tema Yang Baik"