Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Contoh Pidato Singkat Yang Mudah dihafal dan Menarik

Suatu kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan gagasan dengan menggunakan lisan pada masyarakat umum, disebut dengan berpidato. Ada juga yang menyatakan bahwa pidato merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk mengungkapkan pikiran, ide, maupun gagasan secara lisan. Yang disampikan melalui serangkaian kata – kata maupun kalimat pada khalayak dengan memiliki tujuan tertentu.Pidato juga merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk berorasi di depan umum dalam rangka menyampaikan pendapat. Bukan hanya pendapat saja yang disampaikan, namun juga gagasan seorang individu terhadap suatu hal atau kondisi yang sedang berkembang saat ini.

Pidato penting untuk menyampaikan pesan pada pihak lain, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Pesan yang disampaikan secara langsung, biasanya dalam bentuk suatu imbauan dan ajakan.

Sedangkan, pesan yang disampaikan secara tidak langsung, pada umumnya tersirat di dalam setiap pernyataan yang disampaikan dalam pidato. Pidato atau dapat disebut juga dengan orasi. Orator merupakan seorang individu yang sedang menyampaikan pidato.Individu tersebut berbicara secara langsung pada pembicara, di atas podium atau mimbar untuk menyampaikan isi yang dibicarakan pada pendengar. Pidato memiliki beberapa tujuan, yang akan disampaikan pada pembahasan selanjutnya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik. Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato.

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Tata Cara dan Etika Berpidato

 
 Tata cara berpidato merujuk kepada langkah-langkah serta urutan darimana untuk memulai berpidato, mengembangkan, dan mengakhiri pidato. Etika berpidato lebih merujuk pada nilai-nilai kepatutan yang harus diperhatikan serta dijunjung ketika pada saat seseorang sedang berpidato.
Urutan dalam berpidato biasanya diawali dari pembukaan, sajian isi pidato, dan penutup. Pembukaan berisi sapaan kepada pihak-pihak yang telah diundang dan hadir dalam acara atau kegiatan tersebut. Sajian isi pidato merupakan hasil dari penjabaran gagasan pokok-pokok yang akan disampaikan pada saat berpidato. Sajian isi perlu diperinci sesuai dengan kondisi waktu yang disediakan. Penutup pidato berisi tentang penyegaran kembali dari gagasan pokok yang telah disampaikan, harapan, dan ucapan terima kasih kepada para pendengar atas partisipasinya.
Etika berpidato menjadi pegangan penting bagi orang yang akan berpidato. Pada saat berpidato, tidak boleh menyinggung perasaan orang lain dan berupaya untuk menghargai serta membangun rasa optimisme bagi para pendengarnya. Selain itu, diperhatikan juga keterbukaan, kejujuran, empati, serta persahabatan yang perlu diusahakan dalam berpidato.

Tujuan Pidato

Tujuan pidato antara lain :
  1. Mempengaruhi orang lain supaya mau mengikuti apa kemauan kita dengan suka rela.
  2. Memberikan suatu pemahaman atau sebuah informasi kepada orang lain.
  3. Membuat orang lain merasa senang dengan pidato yang disampaikan dan menghibur sehingga orang lain senang dengan apa yang disampaikan.

 

Metode Pidato

Metode pidato antara lain :
  1. Impromptu yaitu suatu metode dalam berpidato yang serta merta tanpa persiapan terlebih dahulu.
  2. Memoriter yaitu metode berpidato yang dengan menghapalkan naskah teks pidato terlebih dahulu.
  3. Naskah yaitu suatu metode dalam berpidato dengan membacakan teks pada saat berpidato.
  4. Ekstemporan yaitu metode berpidato yang terlebih dahulu menyiapkan secara garis besar konsep pidato yang akan disampaikan pada saat berpidato.


Cara agar pidato Anda menarik dan tidak membosankan

  1. Mulailah pidato Anda dengan kutipan, statistik, anekdot atau pertanyaan. Ini perkenalan bisa mendapatkan perhatian audiens Anda dan membantu Anda tetap sepanjang sisa pidato Anda.
    Hindari menggunakan bahasa yang terlalu formal. Audiens akan lebih mampu berhubungan dengan Anda jika Anda terdengar seperti orang biasa, bukan seorang sarjana dan sebagainya. Anda masih dapat terdengar profesional tanpa terdengar terlalu kaku dan tertutup.
  2. Menyisipkan humor sesekali ke dalam pidato. Kecuali Anda berurusan dengan topik yang sangat serius, humor dapat membantu menghidupkan suasana penonton. Menggunakannya sedikit, meskipun. Jika berlebihan, humor bisa mengurangi tesis pidato Anda dan argumen.
  3. Gunakan pengenalan Anda untuk memberitahu penonton secara singkat apa yang akan membahas.
  4. Kemudian gunakan kesimpulan untuk memberitahu mereka apa yang Anda katakan.
  5. Hubungkan penonton dengan topik Anda dalam pengantar. Beritahu pendengar Anda mengapa mereka harus peduli tentang apa yang Anda katakan. Dalam kesimpulan Anda, menjembatani tesis dan argumen ke dunia yang lebih luas dan memberikan ide-ide tentang bagaimana penonton untuk mengambil tindakan terhadap apa yang telah dibahas.


Contoh Teks Pidato Singkat Belajarlah Sampai Ke Luar Negeri

Kompetisi dunia saat ini memang sudah sangat sengit dalam hal teknologi. Kemajuan yang ada juga sudah terjadi di semua lini. Untuk mengejar ketertinggalan ini, maka generasi masa kini harus memiliki semangat belajar yang tinggi.

Belajar bagi kebanyakan bangsa Indonesia memang merupakan hal yang sulit. Belajar memerlukan ketekunan yang mana tidak banyak orang yang dapat menahan rasa bosan ini. Maka dari itu, belajarlah dengan tekun sesuai dengan apa yang menjadi passion Anda.

Dengan mengerti apa yang menjadi passion diri sendiri, maka Anda akan tidak cepat merasa lelah dan jenuh. Lakukan hal ini secara terus-menerus, maka Anda akan menjadi ahli di bidang yang Anda geluti. Kemudian, akan semakin mudah untuk mendapatkan beasiswa untuk dapat sekolah ke luar negeri yang sesuai dengan bidang yang menjadi passion Anda.

Saat Anda sudah menjadi orang yang ahli dalam bidang Anda, maka untuk belajar mengenai hal yang baru di luar negeri juga akan menjadi mudah. Selain itu, iklim belajar di luar negeri sangat berbeda dengan di Indonesia. Hal itu akan semakin memicu semangat Anda dalam menyelesaikan studi atau paling tidak untuk dapat mempertahankan beasiswa yang sudah Anda dapatkan.

Semua hal itu akan terjadi dengan sendirinya tanpa disadari. Jadi Anda akan bisa, karena sudah terbiasa. Saat Anda juga sudah lebih dari satu tahun di tempat tersebut, bahasa asing yang biasa digunakan di sana akan terasah dengan sendirinya.

Setelah lulus, Anda dapat saja kembali ke Indonesia dan memajukan Indonesia melalui apa yang sudah Anda pelajari selama di luar negeri. Tularkan keinginan kepada orang lainnya untuk semangat belajar ke luar negeri juga. Suatu saat bila ada banyak orang Indonesia yang melakukan hal ini, kemajuan bangsa Indonesia akan menjadi semakin pesat dan dapat berkompetisi dengan berbagai bangsa lainnya.


Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Narkoba

Narkoba memang merupakan salah satu masalah serius yang dialami oleh bangsa Indonesia. Bangsa ini perlu bersatu untuk memberantas narkoba. Hal ini juga penting untuk diajarkan kepada anak-anak sebelum usia SMA.

Jadi dekatkan generasi mudah kepada agama, sehingga bila ada masalah, anak tersebut akan meminta perlindungan dan petunjuk kepada Allah SWT. Itulah mengapa pendidikan agama sangat diperlukan. Selain itu, perlu juga untuk mengajarkan mengenai dampak negatif dari narkoba.

Dampak negatif yang pertama adalah dalam jangka panjang akan merugikan kesehatan jantung berupa peningkatan denyut jantung, tekanan darah, dan juga suhu tubuh. Jadi orang yang mengkonsumsinya bisa saja meninggal akibat stroke atau serangan jantung.

Perbuatan yang merugikan diri sendiri itu juga dianggap sebagai tindakan yang buruk secara agama. Bisa juga justru dikategorikan dalam percobaan untuk bunuh diri atau mati konyol. Padahal bila ada masalah dan merasa sudah tidak dapat menahannya lagi, Anda bisa saja curhat kepada Allah SWT dan berdoa untuk diberikan kemudahan.


Contoh Teks Pidato Singkat Hidup Rukun dan Damai


Manusia merupakan makhluk sosial, sehingga dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya membutuhkan bantuan dari orang lain. Bahkan dalam Agama pun, umat Islam juga diharuskan untuk hidup saling toleransi dan saling menolong dalam hal kebaikan.
Selain itu, setiap umat Islam juga diharuskan untuk dapat menjalin hubungan yang baik kepada manusia setelah menjalin hubungan yang baik dengan Allah SWT. Tidak boleh bertengkar lebih dari 3 hari. Maka dari itu, hidup rukun dan damai ini sangat dianjurkan.
Selain itu, Anda sebagai generasi masa kini juga diharuskan untuk dapat mengajarkan kepada generasi penerus Anda mengenai pentingnya hidup rukun dan damai. Bilamana kehidupan seperti itu diwujudkan, maka orang-orang akan saling tolong-menolong apabila menghadapi suatu masalah.

Contoh Pidato Halal Bihalal


    Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang kami hormati,
    Hadirin dan hadirat yang berbahagia,
    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya yang telah diberikan kepada kita semua, sehinggga pada malam yang berbahgia ini kita masih bisa diberi kenikmatan, sehingga kita semua yang hadir disini dapat bertemu bersilaturahmi, khususnya dalam acara halal bihalal, dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri yang berbahagia ini.

    Hadirin dan hadirat yang berbahagia.
    Saya atas nama Ketua Panitia halal bihalal, sudah sepantasnya saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada hadirin, yang dengan penuh keikhlasan telah sudi meluangkan waktu untuk menghadiri acara Halal bihalal ini, dengan penuh kesadaran, menghariri undangan yang telah kami sebarkan.

        Sebagai umat Islam sudah selayaknya kita berlapang dada, khususnya terhadap sesama muslim dan muslimah, yang sudah barang tentu dalam kehidupan sehari-hari melakukan hal-hal yang membuat kita khilaf, rasa salah dan rasa berdosa. Untuk itu dalam kesempatan yang berbahgia ini kami mengajak hadirin dan hadirat, untuk melapangkan dada, membuka hati dengan rasa sabar dan penuh keikhlasan, atas ridla Allah meminta dan memberi maaf atas kesalahan di antar kita semua, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.    

    Pada kesempatan yang berbahagia ini pula, acara akan diisi oleh siraman rohani dengan tema “Hikmah dari Halal Bihalal” yang akan disampaikan oleh Bpk Ustad….. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan Bapak untk hadir dan memberikan ceramah pada majlis yang mulia ini. 

    Selaku pribadi dan selaku ketua Panitia, kami dalam kesempatan ini pula kami mohon maaf kepada hadirin jika ada sesuatu selama ini yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian. Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan diantara kita semua dan memberikan kekuatan lahir dan bathin. Amin..

      Akhirulkalam, Wabilahitaufiqwalhidayah
    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Tentang Lingkungan Sekolah


Assalamu’alaikum wr.wb.

Kepada yang terhormat Bpk. Suroso S.Pd selaku kepala SMK Sakura Jakarta, bapak dan ibu guru beserta staf karyawan SMK sakura, tak lupa teman-teman SMK Sakura yang saya sayangi dan saya banggakan.Yang pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga kita bisa berkumpul dan saling bertatap muka di pagi hari ini tanpa suatu halangan apapun, amin.Sholawat dan salam senantiasa kita sanjungkan kepada beliau Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nanti-natikan syafa’atnya kelak di yaumuddin. AminPerkenankanlah saya berdiri di sini untuk menyampaikan pidato bahasa Indonesia singkat yang bertema tentang lingkungan sekolah.

Hadirin yang saya hormati,

Mengingat apa yang telah terjadi di sekolah kita ini sangat memprihatinkan akhir-akhir ini. Banyaknya sampah yang tidak dibuang pada tempatnya tentu merupakan kebiasaan yang tidak baik dan perlu dicegah. Sering sekali ditemukan sampah yang dibuang secara sembarangan di halaman sekolah maupun di sekolah.Halaman menjadi terlihat kotor dan selokan menjadi tersumbat. Pemandangan yang tidak enak ini tentu akan mengganggu kenyamanan di lingkungan sekolah kita. Selain itu, banyak juga tanaman yang mati karena kurang terawat dan kekurangan air.

Padahal kita semua tahu, bahwa tanaman hijau memerlukan air yang cukup untuk melakukan fotosintesis. Apa jadinya jika tanaman itu tidak pernah disiram dan diabaikan setiap saat? Tentu tanaman akan menjadi layu dan kering.Padahal fungsi tanaman di lingkungan sekolah adalah untuk memperindah dan memberikan udara yang segar di sini. Apa jadinya jika tanaman-tanaman di sekolah kita tidak pernah disiram dan tidak dirawat dengan baik? Tanaman akan mati dan udara akan kurang sejuk. Tentu saja pemandangan di sekolah terlihat gersang dan kurang indah.Jika lingkungan sekolah bersih dan segar maka proses belajar akan menjadi lebih menyenangkan. Sebaliknya jika lingkungan sekolah kotor dan bau tentu kita akan kurang fokus dalam menerima pelajaran dengan baik.

Hadirin yang berbahagia,

Maka dari itu, mari kita bersama-sama wujudkan lingkungan sekolah yang bersih, hijau dan segar. Kalau bukan kita yang menjaganya siapa lagi? Keindahan lingkungan sekolah merupakan tanggungjawab bersama seluruh warga sekolah di sini. Tidak perlu hanya mengandalkan tukang kebun, tidak boleh hanya mengandalkan jadwal piket tetapi mari bersama-sama menjaga lingkungan sekolah kita agar tetap bersih dan nyaman.Tanaman kering mari kita siram, kelas dan halaman yang kotor mari kita sapu, buang sampah pada tempatnya. Dengan begitu lingkungan sekolah akan terasa bersih, sejuk, segar, nyaman dan nyaman dirasakan. Kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi lebih nyaman dan semangat.

Hadirin yang saya hormati,

Demikian pidato bahasa Indonesia tentang pentingnya menjaga kebersihan. Mari bersama-sama menjaga keindahan lingkungan sekolah kita agar proses belajar mengajar menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.Semoga apa yang saya sampaikan memberikan sedikit manfaat untuk diri saya pribadi khususnya dan untuk kita semua pada umumnya. Mohon maaf apabila di dalam saya menyampaikan pidato banyak kesalahan dan kata yang kurang berkenan. Salam sehat, saya akhiri,

Wassalamu’alaikum wr.wb


Contoh Pidato Bahasa Indonesia Tentang Pergaulan Bebas

Assalamu’alaikum wr.wb

Bismillahirrohmanirrohim, alhamdulillahirobbil’alamin, wassolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiya’I walmursalin wa’ala alihi wasohbihi ajma’in amma ba’du

Yang saya hormati dewan juri serta teman-teman peserta lomba pidato bahasa Indonesia yang saya sayangi dan saya banggakan.Pertama dan yang paling utama, mari kita bersama-sama memanjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, karunia, inayah dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat saling bertatap muka pada pagi yang cerah ini tanpa suatu halangan apapun. Amin allohumma amin

Selanjutnya, sholawat serta salam senantiasa kita sanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman Jahilliyah ke jaman yang terang benderang dan penuh dengan ilmu pengetahuan seperti sekarang ini. Semoga kita semua termasuk umat nabi yang akan mendapatkan pertolongan di hari kiamat kelak. AminPada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan pidato bahasa Indonesia saya yang berjudul “ Awas!! Pergaulan Bebas Remaja Merajalela”

Dewan juri yang saya hormati serta teman-teman yang saya sayangi,

Di zaman yang semakin canggih seperti sekarang ini, kemajuan dunia teknologi semakin pesat dan segala sesuatu menjadi semakin mudah. Sebut saja ponsel android. Jaman dulu, untuk dapat memberi kabar kepada seseorang harus menulis sebuah surat yang berisi pesan dan dikirimkan melalui kantor pos.Berbeda dengan jaman sekarang dimana kegiatan bertukar informasi dan pesan sudah sangat mudah dengan adanya kecanggihan HP. Bukan hanya HP jadul yang hanya bisa digunakan untuk berkirim sms dan telpon saja, sekarang sedang marak penggunaan HP android dengan berjuta kecanggihannya.Kehadiran Hp android ini memang memudahkan kita dalam urusan akses informasi dan tukar menukar pesan, namun penggunaan yang salah juga dapat menjadikan keberadaan Hp android sebagai jalan terjerumusnya kita ke dalam pergaulan bebas.

Pergaulan bebas yang banyak mengandung sisi negatif, pergaulan bebas yang tidak mengenal waktu, pergaulan bebas yang melupakan tujuan sekolah dan pendidikan kita, pergaulan bebas yang melupakan tujuan diberikannya HP canggih itu kepada kita.Orang tua memberikan Hp canggih ini kepada anaknya tentu dengan tujuan yang baik, contohnya untuk mempermudah tukar menukar informasi pelajaran dengan teman sekolah menambah wawasan pengetahuan yang diambil dari internet. Namun kenyataannya keberadaan HP android untuk siswa justru digunakan kepada hal-hal yang kurang baik.

Hadirin yang saya hormati,

Sebagai contoh penggunaan HP android untuk bermain game tanpa mengenal waktu. Terlalu senangnya bermain game hingga lupa dengan PR, hingga lupa dengan tugas kelompok hingga lupa dengan pelajaran sekolah.Contoh lain yang sangat menjerumuskan adalah penggunaan Hp android untuk pemakaian sosial media seperti facebook, Whatsapp dan sebagainya namun dengan penggunaan yang kurang baik.

Saat ini tentu kita semua tidak asing dengan yang namanya pergaulan bebas remaja. Apa itu pergaulan bebas remaja? Pergaulan bebas remaja adalah suatu pertemanan remaja melewati batas pada umumnya.

Banyak anak sekolah yang hamil di luar nikah hingga dikeluarkan dari sekolah dan kehilangan masa depannya, banyak perselingkunhan di antara orang tua, banyak anak-anak yang mengakses informasi dan video-video seksual di internet yang mengakibatkan anak itu menjadi penasaran semakin penasaran dan akhirnya mencobanya. Tentu hal ini menjadi hal sangat memprihatinkan sekali bukan?

Hadirin yang saya hormati,

Selain penggunaan yang salah dengan Hp, kasus lain yang sama memprihatinkannya adalah para siswa sekolah yang sudah mengenal narkoba! Pengguna narkoba di Indonesia dari masa ke masa jumlahnya semakin meningkat dan saat ini bukan hanya orang dewasa saja yang menggunakan ironisnya anak sekolah pun sudah banyak yang terjerumus ke dalam penggunaan barang haram ini, na’udzubillahi min dzalik.Kita semua tahu, narkoba memiliki sifat candu bagi pemakainya, artinya sekali seseorang menggunakan narkoba maka orang itu ingin untuk terus menerus menggunakan narkoba. Tidak peduli dengan seberapa mahal harganya, tidak peduli dengan seberapa sulit mendapatkannya, bagi para pecandu narkoba menjadi wajib untuk selalu mengkonsumsinya. Peristiwa yang sungguh dan sangat memprihatinkan.Penggunaan zat adiktif dan narkotika ini memberikan dampak yang sangat buruk pada manusia apalagi anak-anak yang masih dalam masa belajar meraih masa depan. Masa depan menjadi suram dan hancur karena adanya narkoba dan pergaulan yang bebas serta penggunaan Hp android dengan salah.

Hadirin yang saya hormati,

Maka dari itu, mari kita bersama-sama untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan, dengan senantiasa menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. Ingatkan teman kita yang berjalan di jalan yang salah, ajaklah untuk berbuat kebaikan, selamatkan teman yang kita sayangi dari belenggu jurang kesengsaraan.Mari kita untuk lebih berhati-hati dalam memilih teman agar terhindar dari pergaulan bebas dan bahaya narkoba. Katakan tidak pada narkoba!

Dewan juri yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi,

Demikian pidato bahasa Indonesia tentang pergaulan bebas yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika terdapat kebaikan itu murni merupakan petunjuk dari Allah SWT dan apabila banyak kesalahan itu adalah dari kebodohan diri saya sendiri. Saya akhiri,

Wassalamu’alaikum wr.wb

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Bahasa Indonesia

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan segala puji  bagi Allah SWT yang sudah memberikan limpahan rahmat serta nikmatnya kepada kita semua sehingga saat ini kita masih bisa menikmati udara segar dan bisa berkumpul dalam keadaan sehat dan suasana kekeluargaan yang berharga pada hari ini.Kedua kalinya, sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan baginda Nabi besar Muhammad Saw yang telah memberikan tuntunan serta bimbingan kepada kita semua sehingga kita berada pada jalan yang terang benderang yang diridhoi oleh Allah Swt.

Bapak/Ibu dan para hadirin yang berbahagia

Pada kesempatan kali ini Saya akan menyampaikan pidato singkat tentang pendidikan moral.Pidato singkat ini akan saya tujukan terkhusus untuk diri saya sendiri khususnya dan umumnya untuk para hadirin sekalian.

Bapak/Ibu para hadirin yang berbahagia…

Suatu bangsa akan dianggap lemah, jika masyarakatnya sudah tidak dapat menunjukkan moral ketika  bertingkah laku.Maka dari itu, menjaga moralitas sangatlah diperlukan agar kita terjauh dari pengaruh-pengaruh buruk yang bisa merusak nilai moral yang sudah kita jalani saat ini.Dewasa ini, kehidupan manusia serba mudah dan praktis. Hal ini dikarenakan adanya semua fasilitas yang semakin memanjakan dan dengan kemajuan teknologi semakin memudahkan kita untuk menjalankan berbagai aktivitas.Jangan sampai kita mudah terbuai yang berdampak pada menyalahgunakan kemudahan-kemudahan yang kita dapat saat ini. Sebaliknya, Kita harus memanfaatkannya untuk tujuan-tujuan yang lebih positif.

Bapak/Ibu sekalian,…

Memantau putra-putri kita agar terhindar dari berbagai macam potensi pengaruh buruk yang bisa merusak moral dan akhlak mereka merupakan kewajiban dari setiap orang tua. Orangtua harus selalu bisa memberikan nasehat yang mendidik kepada anaknya. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan sebagai pondasi untuk membentengi anak-anak dari hal yang bisa menjerumuskan ke perilaku-perilaku yang negatif.Cara untuk membentengi anak-anak dari perilaku yang buruk dengan mengajari mereka pendidikan agama sejak dini, memberikan informasi-informasi yang membuat mereka bersemangat untuk belajar, mengajak mereka ke suatu tempat yang sarat akan moral.Tidak hanya itu, menyisihkan waktu untuk mendengar curhatan-curhatan anak-anak, keluh kesah mereka untuk bisa memberi cara pandang baru untuk melihat suatu masalah serta menemukan solusinya adalah hal yang tidak kalah penting.

Sahabatku sekalian yang saya cintai,…

Arti sebuah moral sangatlah penting. Jika adat santun dan ramah sudah hilang dalam kehidupan sehari-hari, maka bangsa Indonesia tidak akan mampu menopang kokohnya pilar kebhinekaan.Maka dari itu, marilah kita junjung tinggi nilai moral, menghargai perbedaan dan  etika bermasyarakat. Hal ini dimulai dari kita yang memegang peran sebagai orangtua, kemudian kita ajarkan kepada anak-anak kita, agar bangsa ini senantiasa terhindar dari hal yang tidak kita inginkan.

Kurang lebihnya Saya mohon maaf dan terima  atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Pidato Singkat Tentang Kesehatan


Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk Kita semua.

Pertama-tama marilah kita panjatkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT, karena telah memberikan rahmatnya, sehingga kita bisa berkumpul pada kesempatan ini dalam keadaan sehat wal afiyah.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang “Pentingnya menjaga kesehatan untuk menyongsong masa depan yang lebih baik”.

Perlu kita sadari bahwa kesehatan itu harganya memang sangat mahal. Bayangkan saja jika Anda tiba-tiba terserang penyakit jantung . coba Anda bayangkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengobati penyakit tersebut, pastinya akan sangat mahal.

Maka dari itu, menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting. Jika kesehatan kita terjaga dengan baik. sehingga Kita dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan lancar dan bisa meraih prestasi yang lebih banyak di masa depan.

Dinamakan bangsa yang kuat jika bangsa tersebut mempunyai rakyat yang sehat di dalamnya. Jika rakyat sehat, maka sebuah negara akan menjadi kuat dan sebaliknya. Nah, sebagai pelajar kita bisa menjaga kesehatan dari hal yang sederhana, seperti bangun tepat waktu, kemudian mandi dan sarapan yang bergizi.

Sebelum berangkat sekolah, jangan terlalu banyak makan pagi agar di sekolah kita tidak terasa ngantuk. Setelah itu, jika ada pelajaran olahraga, antusias lah dalam mengikuti semua kegiatannya dengan baik. karena secara tidak langsung kamu sudah mencoba menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga selama seminggu sekali. Ketika istirahat, Anda juga diharuskan mengkonsumsi makanan atau jajanan yang bersih dan sehat. Makanan yang sehat dan bersih bisa kita lihat dari kemasannya.

Masih banyak lagi hal-hal yang dapat Anda kerjakan agar tubuh kita bisa terjaga kesehatannya. Yang paling penting adalah kita selalu peduli untuk menjaga kesehatan tubuh diri sendiri dan tentunya juga keluarga terdekat.

Agar kesehatan kita tetap terjaga karena lingkungan yang kumuh merupakan sumber daripada penyakit, maka jagalah kebersihan lingkungan di sekitar kita dalam kondisi yang baik. Maka dari itu, mulai saat ini marilah kita sama-sama menjaga kesehatan tubuh kita. Tanpa harus menunggu hingga esok hari. Mulailah hidup sehat dengan mudah yaitu dengan menjaga pola hidup sehat dan teratur agar kesehatan kita tetap terjaga.

Demikianlah pidato singkat tentang kesehatan yang bisa saya sampaikan. Jika ada kesalahan dalam bertutur kata, Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Contoh Pidato Singkat yang Benar


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Marilah kita sama-sama mengucap syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmatnya kepada kita semua sehingga kita bisa berkumpul pada acara ini dalam keadaan sehat.

Hadirin yang saya hormati,

Kali ini, Saya akan menyampaikan pidato tentang pentingnya menjaga kebersihan. Karena Allah SWT sangat mencintai orang yang bersih. Maka dari itu, marilah kita mulai menjaga kebersihan agar keselamatan dan kebaikan untuk diri kita maupun orang lain tetap terjaga.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Jika kita selalu menjaga kebersihan di dalam kehidupan sehari-hari, lalu kebiasan kita tersebut ditiru oleh anak-anak dan orang-orang dekat, maka kita juga akan mendapat manfaatnya. Maka dari itu, mari ajarkan anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan sedini mungkin agar kelak mereka menjadi anak yang sehat, cerdas dan suka berbuat hal-hal yang positif.

Dengan mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan kepada anak-anak. Sangat diharapkan mereka dapat mandiri dan terbiasa mengatasi hal-hal yang sulit diselesaikan.  seperti yang kita ketahui saat ini, sangat banyak sekali orang-orang yang tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan dan bahkan membiarkannya lingkungan menjadi kotor.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah pidato singkat tentang pentingnya menjaga kebersihan yang bisa saya sampaikan. Semoga apa saya sampaikan ini bermanfaat dan dapat dilaksanakan dengan baik dan senang hati. Apabila ada kesalahan kata penyampaian, saya mohon maaf sebesar-besarnya, akhir kata saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Contoh Pidato Singkat Tentang Kenakalan Remaja


Assalamu’alaikum Wr. Wb

Kepada Yth. Bapak Kepala Sekolah SMK Wahid Hasyim

Yang terhormat Bapak/Ibu guru dan seluruh staff

Dan tak lupa teman-teman yang sangat Saya cintai dan Saya banggakan,

Pertama-tama, marilah kita sama-sama bersyukur kepada  Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan berkat yang sangat melimpah, sehingga Kita pada saat ini masih bisa berkumpul dalam keadaan sehat walafiyat dan tanpa halangan apapun.

Kita semua tahu bahwa banyak saat ini sudah banyak sekali terjadi kenakalan remaja yang disebabkan karena banyaknya perbuatan negatif di masyarakat. Contohnya seperti banyaknya orang tua yang terang-terangan merokok sehingga bisa ditiru dengan mudahnya oleh anak-anak di usia remaja. Meski awalnya hanya sekedar mencoba, tetapi lama kelamaan akan ketagihan, hingga berujung kecanduan.

Penyebab kenakalan remaja ini kebanyakan berasal dari orang tua yang terlalu sibuk dalam bekerja hingga tidak punya waktu sedikitpun untuk memperhatikan perkembangan pergaulan anak mereka. salahnya didikan yang diberikan oleh orang tua juga sangat berpengaruh terhadap kenakalan remaja. Selain itu, juga disebabkan karena faktor pergaulan remaja yang salah dalam memilih teman.

Memang, kita boleh saja berteman dengan siapapun. Tetapi ingat, kita juga tetap harus hati-hati dalam memilih teman, agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang salah.

Pergaulan yang salah ini seperti tawuran antar pelajar, geng motor, mabuk-mabukan dan lain sebagainya. Pergaulan yang seperti ini juga bisa memberikan kerugian menimbulkan korban jiwa, baik dari kalangan remaja bahkan menyangkut warga lain. Maka dari itu, segera jauhi pergaulan yang salah tersebut, karena hal tersebut bisa merugikan diri Anda sendiri.

Maka dari itu, gunakan masa remaja Anda dengan diisi beragam hal yang positif agar bisa berguna untuk diri sendiri, para orang tua, orang lain dan bangsa kita. Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan, jika terdapat kesalahan, maka saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr Wb.

Contoh Pidato Singkat Tentang Zakat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.



Syukur alhamdulilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya dan hidayahnya, sehingga Kita masih diberi kesempatan pada hari dalam keadaan yang sehat dan bisa mengikuti kegiatan kultum tanpa ada halangan suatu apapun. Tak lupa, kita lantunkan shalawat kepada junjungan Kita Nabi Besar Muhammad SAW, karena Beliaulah kita petunjuk jalan yang benar yakni ajaran Islam dan semoga kelak kita mendapat syafaatnya.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Nabi Muhammad SAW. bersabda:

“Zakat fitrah sebagai pembersih dari perbuatan sia-sia dan keji bagi orang yang berpuasa (Ramadhan). Dan zakat merupakan makanan bagi orang miskin. Maka barangsiapa yang menunaikan zakat sebelum shalat idul fitri, maka sebagai zakat yang diterima. Dan barang siapa yang menunaikannya sesudah shalat Idul fitri, maka dianggap sebagai sedekah biasa”  (HR. Abu Dawud Ibnu Majah).

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Zakat fitrah sangatlah wajib untuk dikeluarkan, kecuali bagi orang kafir yang miskin. bagi orang yang telah melakukan puasa Ramadhan penuh selama 30 hari kemudian tidak berzakat, diibaratkan puasanya bergantung antara langit dan bumi, yakni tidak akan dilangsungkan kehadirat Allah SWT. Karena pada dasarnya, zakat bisa dibilang sebagai pembersih dosa dari orang-orang yang berpuasa.

Demikian pidato singkat yang bisa Saya sampaikan. Semoga pidato singkat tentang zakat ini sangat bermanfaat dan bisa membuat kita lebih mengerti pentingnya mengeluarkan zakat fitrah, sehingga orang-orang tidak enggan untuk mengeluarkan zakat fitrah dan meringankan beban orang lain.

Atas perhatiannya Saya ucapkan terima kasih. Kurang lebihnya Saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Singkat Tentang Kebersihan


    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Pada kesempatan yang baik ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana telah memberikan nikmat dan hidayahnya kepada kita sehingga bisa berkumpul dalam keadaan sehat pada hari ini.

    Hadirin yang saya hormati,
    Pidato yang akan saya sampaikan kali ini menerangkan menjaga kebersihan. Allah SWT sangat mencintai orang yang bersih dan suka membersihkan segala sesuatu yang ada padanya. Jadi marilah kita mulai menjaga kebersihan demi terciptanya keselamatan dan kebaikan untuk diri kita maupun orang lain.

    Hadirin sekalian,
    Jika kita menjaga kebersihan lalu ditiru oleh anak-anak kita dan orang-orang dekat kita maka kita pun akan mendapat manfaatnya, oleh karenanya mari ajarkan sedini mungkin terhadap anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan agar kelak mereka menjadi anak yang sehat, cerdas dan suka berbuat kebaikan.

    Dengan mengajarkan menjaga kebersihan kepada anak-anak, diharapkan mereka bisa mandiri dan terbiasa mengatasi hal-hal yang sulit untuk diselesaikan, seperti kita ketahui di masa sekarang masih banyak orang-orang yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan dan membiarkannya menjadi kotor.

    Hadirin yang berbahagia,
    Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan apa yang sudah saya sampaikan bermanfaat dan dapat dilaksanakan, akhir kata saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Contoh Pidato Singkat Tentang Kerukunan


    Assalaamu’alaikum Wr. Wb

    Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayatNya kepada kita sehinga kita bisa berkumpul pada siang hari ini. Sholawat serta salam tidak lupa kita curahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW.

    Kita umat manusia tahu bahwa kita diciptakan sebagai makhluk sosial. Kita selalu membutuhkan pertolongan orang lain. Kita tidak bisa melakukan segala sesuatu seorang diri, pasti ada campur tagan orang lain, meskipun pertolonga itu hanya sedikit.

    Untuk itu, agar segalanya berjalan lancar dan kita bisa saling tolong menolong satu sama lain, kita harus menjaga kerukunan antarsesama. Baik terhadap saudara, tetangga maupun teman. Jangan sampai kita ini terbecah-belah hanya karena hal sepele.

    Misalnya, dengan saudara sendiri jangan sampai kita ini memiliki rasa dendam, atau sampai bermusuhan. Karena sudah dijelaskan pada suatu hadis yang artinya : dari Abu Hurairah, dari Nabi. Nabi bersabda bahwa dibuka beberapa pintu surga setiap hari senin dan kamis, maka setiap hamba yang tidak syirik pada Allah akan diampuni, kecuali orang-orang dendam. Makamenunggulah kalian malaikat pada hal ini sehingga keduanya berdamai.

    Dari hadis di atas, maka sudah jelas bahwa kita harus saling rukun, damai dan tidak saling bermusuhan karena pintu beberapa surga akan dibuka ketika hari senin dan kamis dan akan dimaafkan oleh Allah bagi mereka yang tidak syirik atau tidak saling bermusuhan.

    Atau dengan tetangga sendiri, jangan sampai tidak saling sapa, apalagi tidak saling kenal. Kita harus menyambung tali silaturrahmi agar kerukunan tetap terjalin. Atau dengan teman sendiri saling bermusuhan, tawuran antar pelajar, menggunjing teman. Jangan sampai hal ini terjadi. Karena Allah telah menjelaskan dalam Al-Qur’an pada surat Al-Hijarat : 12, yang berbunyi

    Artinya : Wahai orang-orang yang beriman jauhilah pada persangkaan, karena sebagian dari persangkaan itu adalah dosa. Dan janganlah meneliti kesalahan dan menggunjing sebagian dari kalian. Apakah salah seorang dari kalian senang jika memakan daging bangkai saudara kalian?. Maka kalian akan benci dengan hal itu. Takutlah kalian pada Allah, sesungguhnya Allah maha menerima tobat lagi maha penyayang.

    Dari ayat tersebut sudah jelas bahwa menggunjing dan meneliti kesalahan orang lain itu dosa dan sama artinya dengan memakan bangkai saudara sendiri. Kita tahu bahwa memakan daging bangkai adalah haram dan itu dosa. Oleh karena itu, janganlah kita menggunjing atau mencari kesalahan orang lain. Tetapi, Allah maha menerima tobat dan maha penyayang, jadi kita harus meminta apmun kepada Allah dan tidak mengulanginya lagi.

    Untuk itu, kita harus bisa mengintrospeksi diri sendiri. Atau saling menasehati satu sama lain dengan ikhlas, damai dan tanpa dendam dan rasa iri. Karena hal itu, dapat menghilangkan rasa dendam dan iri pada sesama, sehingga kerukunan antar sesama dapat terjalin.

    Pada suatu hadis dijelaskan, yang artinya, Nabi bersabda : tidak masuk kalian di dalam surga sampai kalian iman, dan kalian tidak iman hingga saling mencintai. Apakah aku tidak menunjukkan atas perkara ketika kalian berbuat? Maka saling kasih sayanglah kalian dengan menyiarkan salam antar sesama.

    Pada hadis tersebut Nabi menjelaskan bahwa kita tidak akan masuk surga jika belum saling mencintai. Dan Nabi menganjurkan untuk saling mengucapkan salam. Untuk itu, kita juga harus mengucapkan salam untuk menjaga kerukunan antar sesama.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb


Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Tawuran


    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Yang terhormat Ibu Nurjannah S.Pd. selaku guru Bahasa Indonesia kelas XII IPA dan yang terhormat teman-teman sekalian.

    Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya jua lah kita dapat berkumpul disini. Shalawat serta salam tak lupa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

    Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato tentang “tawuran dikalangan pelajar”.

    Teman-teman sekalian, tawuran merupakan suatu hal yang sudah tidak asing di telinga kita. Yang mana tawuran menjadi ciri khas yang dilakukan oleh kaum laki-laki yang ingin memamerkan kekuatannya. Seseorang yang tawuran memiliki cirinya tersendiri misalnya mengikuti hal-hal yang bersifat negatif, membuat sebuah geng, memakai benda-benda yang tajam, dan sebagainya.

    Tawuran juga memiliki nilai kerugian yang cukup besar yaitu terbunuh saat tawuran, terluka cukup parah, merugikan orang lain, merugikan diri kita sendiri. Tetapi masih saja banyak yang tetap melakukan hal seperti itu. Belum lagi jika orang tua kita mengetahui hal itu, betapa sakitnya hati mereka mengetahui bahwa anak yang mereka didik tidak menjadi anak yang mereka harapkan.

    Tindakan tersebut sama sekali tidak bermanfaat, kalaupun ingin menunjukkan kehebatan hendaknya melalui prestasi akademik maupun non-akademik yang kita dapat, itu justru lebih bergengsi dan bermanfaat untuk kita kedepannya.

    Sekian pidato singkat yang dapat saya sampaikan, apabila ada ucapan yang kurang berkenan dihati anda semua mohon dimaafkan.

    Wabillahitaufiq wal hidayah

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



Penelusuran yang terkait dengan contoh pidato
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato singkat tentang kesehatan
  • contoh pidato persuasif singkat
  • contoh pidato tentang disiplin
  • contoh pidato singkat tentang narkoba
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato informatif

Post a Comment for "15 Contoh Pidato Singkat Yang Mudah dihafal dan Menarik"