Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hardware Komputer (Perangkat Keras) dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Pengertian Hardware: Fungsi, Jenis,dan Contoh Hardware

Pengertian Hardware komputer (perangkat keras)

Pengertian hardware komputer (perangkat keras) adalah komponen fisik yang dapat dilihat, disentuh dan mempunyai wujud atau bentuk yang nyata yang digunakan untuk menjalankan dan memproses perintah pada komputer. Nah, bisa dibilang hardware komputer ini adalah komponen atau perangkat elektronik pada komputer.

Selain menjelaskan mengenai pengertian hardware disini saya uga akan menjelaskan mengenai software dan brainware komputer. Untuk pengertian software komputer (perangkat lunak) adalah kumpulan data elektronik yang sisimpan dan diatur oleh komputer, untuk data elektronik yang disimpan pada komputer ini dapat berupa prgram atau instruksi yang dapat menjalan suatu perintah

Pengertian brainware (pengguna) adalah orang yang menggunakan komputer, jadi komputer tidak akan berjalan jika komputer tidak dijalan oleh manusia. 

Pada kesempatan ini akan dibahas secara lebih spesifik mengenai hardware komputer (perangkat keras) dan juga pembagian hardware komputer tersebut.
 
 

Pengertian Hardware Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidang komputer pernah menjelaskan tentang definisi hardware, diantaranya adalah:

1. Ali Zaki

Menurut Ali Zaki, pengertian hardware adalah bagian fisik dari komputer, termasuk sirkuit digital di dalam perangkat komputer.

2. Joko Untoro

Menurut Joko Untoro, pengertian hardware adalah perangkat fisik berupa komputer beserta segala instrumen pendukungnya.

3. Raya Fahreza

Menurut Raya Fahreza, pengertian hardware adalah bagian dari komputer yang bekerja sesuai dengan instruksi software.

4. Sunarto S. Kom

Menurut Sunarto, arti hardware adalah perangkat pendukung EDPS (elektronik data processing system) yang dapat disentuh dan dirasakan.

5. Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto

Menurut Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto, pengertian hardware adalah adalah komponen komputer yang dapat dirasakan secara fisik yaitu dapat diraba dan dilihat atau kasat mata.

6. R. Wilman dan Riyan

Menurut R. Wilman dan Riyan, definisi hardware adalah serangkaian peranti elektronik yang tercompact pada ponsel yang berfungsi terkait piranti-piranti menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan.

7. Rainer

Menurut Rainer, hardware adalah perangkat dalam komputer yang berbentuk fisik seperti processor, monitor, keyboard, dan printer. Hardware berfungsi untuk menerima data/ informasi, memproses dan menampilkan informasi mentah menjadi informasi baru yang berguna.

8. James O’Brien

Menurut James O’Brien, pengertian Hardware adalah semua perlatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi, termasuk diantaranya CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain-lain. Perangkat keras merupakan media komunikasi yang menghubungkan beberapa jaringan dan memproses paket data sehingga transmisi data lebih efektif.
 
 

Macam Jenis Hardware Pada Komputer

Hardware dibagi menjadi 3 jenis, diantaranya yaitu :

1. Hardware input

Hardware input ini merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer, data yang telah masuk itu diolah dalam suatu proses. Ada banyak jenis perangkat yang gunanya untuk mengontrol dan menginput data ke dalam komputer contohnya mouse, keyboard, mouse pen, disk drive, scanner, trackball, dan joystick.

2. Process Device

Process device yaitu perangkat yang memproses dan mengolah data pada komputer. Process device sering disebut sebagai otaknya komputer karena menjadi perangkat yang sangat penting pada proses pemasukkan dan penginputan data. Contoh process device adalah CPU, RAM, VGA, dan sebagainya.

3. Hardware Output

Yaitu perangkat keras pada komputer yang gunanya untuk mencetak dan menampilkan informasi dari hasil input data yang berasal dari hardware input yang telah melewati proses dari hardware process. Contohnya yaitu speaker, monitor, dan printer.
Selain 3 jenis hardware yang telah disebutkan di atas, masih ada lagi perangkat lain yang penting pada komputer, yaitu perangkat tambahan yang fungsinya untuk membantu komputer dalam menjalankan perintah dari penggunanya. Contoh dari perangkat tambahan ini adalah modem yang sering digunakan untuk menyambungkan jaringan internet.
Perangkat tambahan lain yang sering digunakan pada komputer adalah storage atau perangkat penyimpanan. Perangkat penyimpanan ini disebut juga hardisk, fungsi dari hardisk ini adalah menyimpan segala jenis data, berkas dan file di dalam sebuah komputer.
 

Pembagian hardware komputer (perangkat keras)


Ada banyak hardware yang ada pada komputer, untuk memudahkan memahami apa saja hardware komputer itu maka hardware komputer ini dikelompokan menjadi 4 bagian yaitu :

1. Input Device (Perangkat masukan)
2. Process Device (Perangkat proses)
3. Output Device (Perangkat keluaran)
4. Storage Device (Perangkat penyimpanan)

Untuk lebih terperinci lagi dalam memahami keempat bagian dari hardware komputer maka saya akan jelaskan lagi secara terperinci lagi keempat hardware komputer pada pembahasan dibawah ini.

1. Input Device (Perangkat masukan)


Pengertian input device adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk memberikan perintah pada komputer. Fungsi dari input device adalah memberikan perintah pada komputer, untuk contoh perangkat keras yang digunakan untuk memberikan perintah pada komputer adalah keyboard, mouse, scaner, stick dan lain-lain.

a. Keyboard

Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Keyboard komputer

Keyboard adalah perangkat keras komputer yang mempunyai macam-macam tombol yang terdiri dari huruf, angka dan simbol dimana setiap tombol ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.

b. Mouse
Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Mouse komputer

Mouse komputer merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk memindahkan pointer atau kursor serta menjalankan perintah klik kanan dan klik kiri.

c. Scanner
Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Scanner

Scanner adalah alat yang digunakan untuk mengcopy atau menyalin gambar atau teks yang selanjutnya disimpan pada memori komputer. Hasil dari scanner ini bisa berupa image berformat PNG, JPG atau dokumen yang berformat PDF.
d. Optical Disc Drive
Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Optical disk drive

Optical disk drive (ODD) adalah sebuah penggerak cakram yang didalamnya menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk proses membaca atau menulis data ke dalam atau dari cakram optis. Fungsi dari ODD adalah untuk membaca CD/DVD atau untuk memburning file ke CD/DVD.

d. Joystick 
Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Joystick

Joystick dalah perangkat masukan pada komputer yang berbentuk tuas atau tongkat yang dapat bergerak ke segala arah yang dilengkapi dengan tombol untuk mengatur pergerakan objek pada komputer.


2. Process Device (Perangkat proses)


Pengertian process device adalah perangkat keras yang digunakan untuk memproses data atau perintah menjadi suatu informasi yang bermanfaat bagi manusia. Untuk fungsi dari process device ini adalah memproses data yang telah di inputkan dan untuk contoh dari proces device seperti motherboard, prosesor, RAM, power supplay dan VGA.

a. Motherboard
Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Motherboard

Motherboard adalah komponen elektronik komputer yang berbentuk sirkuit PCB (Printed Circuit Board) yaitu komponen yang penuh dengan komponen-komponen elektronik yang saling terhubung dan menjadi tempat komponen lain seperti RAM, Prosesor, VGA dan lain-lain. Untuk fungsi dari motherboard ini sebagai penghubung komponen penyusun komputer.
b. Prosesor
Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Prosesor

Prosesor adalah komponen komputer yang menjadi otak dari komputer itu sendiri yang bertugas menjalankan dan mengendalikan kerja komputer. Untuk satuan kecepatan prosesor ini adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dimana semakin besar kecepatan dari prosesor ini maka semakin cepat kinerja komputer ini.
c. RAM
Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
RAM

RAM (Random Acces Memory) adalah suatu komponen komputer berupa memori penyimpan data sementara ketika komputer bekerja atau sedang dijalankan dan dapat diakses secara acak (random). Maksud penyimpanan sementara ini adalah data ini akan hilang ketika terjadi mati lampu, misal Anda sedang mengetik menggunakan microsoft word maka ketika anda mengetik data  Anda disimpan sementara pada RAM, nah ketika mengetik dan kemudian mati lampu maka data ketikan tadi akan hilang.
d. Power supplay
Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Power supplay
Power supplay atau pencatu daya adalah komponen komputer yang digunakan untuk mensupplay listrik ke komponen komputer yang membutuhkan daya listrik seperti moterboard, hardisk, kipad dan lain-lain.
e. VGA
Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
VGA

VGA (Video Graphic Accelerator) adalah komponen komputer yang melakukan rendering atau pemprosesan output berupa visual yang hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer. Fungsi dari VGA ini untuk menampilkan ouput di layar monitor komputer.


3. Output Device (Perangkat keluaran)


Pengertian output device adalah perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan atau mencetak data yang telah dilakukan oleh CPU. Fungsi dari output device ini adalah perangkat untuk menampilkan hasil pengolahan data. Contoh dari output device ini seperti monitor, printer, plotter dan proyektor.  

a. Monitor
Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Monitor

Monitor adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk menampilkan output data secara grafis yang telah di olah oleh CPU. 
b. Printer
Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Printer
Printer adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk mencetak data dalam bentuk teks atau gambar yang biasanya menggunakan kertas.
c. Plotter
Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Plotter
Plotter adalah mesin cetak gradi yang menggunakan pena-pena tinta yang dapat mencetak output dalam skala besar seperti poster, gambar banner dan lain-lain.
d. Proyektor
Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Proyektor

Proyektor adalah perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan dan memperbesar layar komputer dengan mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display yang tujuannya untuk memproyeksikan layar komputer ke dinding atau layar.

4. Storage Device (Perangkat penyimpnan)


Pengertian storage device adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk media penyimpan data yang diproses oleh CPU. Contoh storage device seperti hardisk, flasdisk, CD, DVD.

a. Hardisk
Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Hardsik
Hardisk adalah perangkat keras komputer yang menyediakan ruang untuk penyimpanan data yang telah di proses oleh CPU. Hardisk merupakan penyimpanan sekunder pada komputer yang artinya data yang sudah disimpan di hardisk ini tidak hilang ketika mati lampu atau komputer dimatikan. Jadi begini ketika Anda mengetik di mocrosoft word data masih disimpan di RAM, dan ketika Anda selesai kemudian mensave data tersebut maka data tersebut disimpan di hardisk dan data tersebut tidak hilang ketika Anda mematikan komputer.
b. Flashdisk
Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Flasdisk
Flashdisk biasa disebut USB Drive adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data komputer secara ekternal, artinya data tersebut dapat dipindah atau dibuka di komputer lain.
c. CD

Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
CD
CD (Compact disc) adalah media penyimpanan yang berbentuk lempeng piringan yang menggunakan laser optic untuk membaca data dalam CD tersebut.
 
 
 

Contoh Hardware Pada Komputer

Di bawah ini adalah beberapa contoh hardware pada komputer, antara lain:

1. Contoh Hardware Input Device

  • Keyboard; perangkat ini berfungsi untuk membantu pengguna memasukkan simbol, angka ke dalam komputer. Bentuknya seperti papan dan terdapat berbagai tombol huruf, angka, dan simbol.
  • Mouse; perangkat yang berfungsi untuk menggerakkan kursor pada layar komputer dan memudahkan memilih menu yang ada di komputer.
  • Scanner; hardware ini berperan untuk mengubah dokumen hard copy menjadi soft copy. Perangkat keras ini sangat penting untuk mengarsipkan dokumen-dokumen yang sudah dibubuhi stempel dan tandatangan.

2. Contoh Hardware Process Device

  • CPU; ini adalah otak komputer yang mengontrol semua proses kerja pada komputer, mulai dari intruksi, pengolahan, hingga menghasilkan output.
  • VGA; merupakan hardware yang berfungsi untuk memproses atau mengolah data grafis dan hasil prosesnya ditampilkan pada layar monitor komputer.
  • RAMRandom Access Memory (RAM) merupakan perangkat keras pada komputer yang sangat menentukan kecepatan akses komputer.

3. Contoh Hardware Output Device

  • Monitor; mengacu dari pengertian hardware, maka seringkali yang terlintas pertama kali dalam benak kita adalah komponen monitor. Monitor merupakan komponen primer yang harus dimiliki setiap perusahaan untuk melakukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan data dan dokumen.
  • Printer; seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian hardware sebelumnya sebagai komponen output atau bentuk realisasi dari perintah. Printer berfungsi untuk mencetak segala macam dokumen yang dibutuhkan.
  • Proyektor LCD; proyektor LCD berfungsi untuk membantu menampilkan gambar atau video dari komputer ke layar LCD. Dengan menggunakan proyektor LCD maka berbagai presentasi dapat disampaikan dengan lebih jelas.

4. Contoh Hardware Storage Device

  • Harddisk; berfungsi untuk menyimpan data atau informasi pada komputer dengan kapasitas yang besar. Selain di dalam komputer, harddisk saat ini ada juga yang bentuknya portable, atau sering disebut dengan harddisk eksternal.
  • Flashdisk; berfungsi sebagai alat menyimpan data dari komputer dan memiliki konektor USB untuk menghubungkannya ke komputer atau media lainnya. Biasanya Flashdisk digunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya.
  • Optical Disk; media penyimpanan data yang dapat ditulis/dibaca oleh cahaya laser. Media penyimpanan data Optical Disk misalnya seperti Compact Disk (CD) dan Digital Versatile Disk (DVD).

5. Contoh Hardware Periferal

  • Modem; ini adalah hardware yang berfungsi sebagai alat komunikasi yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, ataupun sebaliknya. Modem dapat memungkinkan komputer terhubung ke internet.
 

Demikianlah pembahasan mengenai hardware atau perangkat keras yang ada pada komputer, semoga dapat membantu Anda dalam memahami materi tentang hardware komputer. 


Penelusuran yang terkait dengan Hardware Komputer
  • 50 perangkat keras komputer dan fungsinya
  • materi perangkat keras komputer
  • makalah perangkat keras komputer
  • perangkat lunak komputer
  • software komputer
  • identifikasi perangkat keras komputer
  • rangkuman perangkat keras komputer
  • perangkat komputer dan kegunaannya

Post a Comment for "Hardware Komputer (Perangkat Keras) dan Fungsinya Beserta Gambarnya"