Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Analisis Meliputi Macam Jenis, Fungsi Tujuan dan Contohnya Secara Lengkap

Pengertian Analisis, Fungsi dan Tujuan, Jenisnya Beserta Contoh Analisis

Pengertian analisis  

Apa itu analisis? Secara umum, arti analisis adalah aktivitas yang memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian dicari kaitannya dan ditafsirkan maknanya.Analisis atau analisa berasal dari kata Yunani kuno analusis yang berarti melepaskan. Analusis terbentuk dari dua suku kata, yaitu ana yang berarti kembali, dan luein yang berarti melepas, jika digabung berarti melepas kembali atau menguraikan. Kata analusis ini diserap ke dalam bahasa Inggris menjadi analysis, yang kemudian juga diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi analisis.
Kata analisis sendiri digunakan dalam berbagai bidang, di antaranya bidang ilmu bahasa, ilmu sosial, ilmu ekonomi, ilmu alam (sains), dan lain sebagainya. Dalam bidang bahasa dan linguistik, analisis adalah suatu kajian mendalam untuk meneliti struktur pada sebuah bahasa.

Pada kegiatan laboratorium, kata analisis berarti kegiatan yang dilakukan di laboratorium untuk memeriksa kandungan suatu zat dalam cuplikan. Dalam ilmu sosial, analisis didefinisikan sebagai suatu proses menjelaskan sebuah permasalahan dan berbagai hal yang ada di dalamnya.Dalam ilmu sains, analisis adalah kegiatan yang dilakukan untuk dapat menguraikan suatu bahan menjadi senyawa penyusunnya. Sedangkan dalam ilmu kimia, analisa penting digunakan untuk menentukan apa saja komposisi suatu bahan atau zat yang diteliti atau dianalisis.Salah satu bentuk analisis adalah merangkum sejumlah besar data yang masih mentah, untuk selanjutnya diolah menjadi sebuah informasi yang dapat diinterpretasikan. Semua bentuk analisis berusaha menggambarkan pola-pola secara konsisten dalam data sehingga hasilnya dapat dipelajari dan diterjemahkan dengan mudah, singkat dan penuh dengan arti.

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

Untuk memahami pengertian analisis lebih mendalam, perhatikan beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian analisis dibawah ini.

1. Robert J. Schreiter

Pengertian analisis menurut Robert J. Schreiter diibaratkan seperti “membaca” teks dengan menempatkan berbagai tanda dalam interaksi yang dinamis dan pesan-pesan yang disampaikan melalui proses.

2. Husein Umar

Menurut Husein Umar, pengertian analisis adalah suatu proses tahapan pekerjaan yang dilakukan sebelum riset dan didokumentasikan dalam tahapan bentuk laporan.

3. Anne Gregory

Anne Gregory berpendapat bahwa analisis merupakan langkah atau tahapan pertama yang dilakukan dalam proses perencanaan.

4. Effrey Liker

Pengertian analisis menurut Effrey Liker adalah waktu yang digunakan dalam aktivitas mengumpulkan sumber (akar) atau bukti baru untuk menyelesaikan suatu masalah.

5. Minto Rahayu

Menurut Minto Rahayu, analisis adalah suatu cara yang digunakan dalam membagi sebuah subyek kedalam komponen-komponen. Atau dengan kata lain, analisis menurut Minto meliputi melepaskan, menanggalkan, menguraikan sesuatu yang terikat padu.

6. Dwi Prastowo Darminto

Dwi Prastowo Darminto berpendapat bahwa analisis diartikan sebagai bentuk penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti secara keseluruhan.

7. Wiradi

Menurut Wiradi, pengertian analisis berkaitan dengan aktivitas yang memuat proses mengurai, memilah dan membedakan sesuatu yang kemudian digolongkan dan dikelompokkan menurut kriteria tertentu untuk menemukan makna dan hubungannya masing-masing.

8. Rifka Julianty

Analisis menurut Rifka Julianty adalah suatu penguraian pada pokok atas bagiannya yang kemudian ditelaah dan dihubungkan antara bagian untuk mendapatkan pengertian dan pemahaman yang tepat.


Macam Jenis Analisis

Terdapat beberapa jenis analisis yang bisa anda pilih. Metode yang diambil oleh setiap jenis analisis pun juga berbeda. Berikut adalah beberapa jenis analisis

1. Analisis Logika

Adalah sebuah analisis yang mendasarkan pada suatu prinsip tertentu dan berdasarkan pada logika dan pembelahan yang jelas antara satu dengan yang lain.

2. Analisis realis

Sebuah analisis yang dalam melakukan proses analisis akan menggunakan urutan benda sebagai dasar pemikiran. Urutan benda ini didasarkan pada kesatuan atau sifat dasar dari benda itu sendiri.



Penggunaan Kata Analisis dalam Istilah

Seperti yang disebutkan di atas, kata analisis sering digunakan dalam berbagai bidang ilmu, mulai dari ilmu bahasa, bisnis, manajemen, ilmu kimia, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa contoh istilah yang menggunakan kata analisis:

1. Istilah Analisis dalam Bisnis

  • Analisis SWOT; Metode yang digunakan untuk mengevaluasi kelemahan, kekuatan, peluang, ancaman dan spekulasi sesuai dengan kepanjangannya; strenght, weakness, opportunity dan threats
  • Analisis Pasar; analisis terhadap potensi, lokasi, sifat, dan ciri-ciri pasar (baca: Pengertian Pasar).
  • Pengertian analisis Jabatan; evaluasi kemampuan dan kepribadian seseorang terkait pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya

2. Istilah Analisis dalam Bahasa

  • Analisis Wacana; cara menguraikan wacana atas bagian-bagian yang berfungsi untuk melakukan analisis
  • Analisis Bahasa; penelaahan yang dilakukan oleh pakar bahasa untuk menggarap data kebahasaan yang diperoleh dari penelitian lapangan atau penelitian kepustakaan hingga menemukan kesimpulan
  • Analisis Deduktif; penelitian terhadap kebenaran sebuah pernyataan dengan menunjukkan bahwa pernyataan itu telah tercakup dalam pernyataan lain yang telah ditetapkan kebenarannya

3. Istilah Analisis dalam Ilmu Kimia

  • Analisis Ayak; pemilahan zat padat menurut ukurannya dengan memakai alat pengayak
  • Analisis Endapan; pemisahan partikel berdasarkan tingkat pengendapan dalam cairan

4. Istilah Analisis dalam Ilmu Kesehatan

  • Analisis Kekebalan; menguji kekebalan tubuh dengan menggunakan antigen-antibodi
  • Analisis Lambung; pemeriksaan yang dilakukan terhadap isi lambung organisme untuk mengetahui pola makannya
Setiap penulisan karya ilmiah pada umumnya disertai dengan berbagai analisis yang dipaparkan oleh penulisnya. Penjabaran analisis tersebut harus bersifat logis dan obyektif. Ketika penulis gagal memaparkan analisis dengan logis maka sebuah karya ilmiah akan dianggap tidak akurat.

Fungsi dan Tujuan Analisis

Analisis mempunyai fungsi untuk mengumpulkan data-data yang terdapat pada suatu lingkungan tertentu. Analisis dapat diterapkan diberbagai jenis lingkungan dan keadaan. Analisis akan lebih optimal dipergunakan dalam keadaan kritis dan untuk keadaan yang membutuhkan strategi. Karena analisis dapat mengetahui secara mendetail tentang keadaan lingkungan saat ini.
Analisis bertujuan untuk mengumpulkan data yang pada akhirnya data-data ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan pelaku analisis. Biasanya akan digunakan dalam menyelesaikan krisis atau konflik, atau bisa saja hanya digunakan sebagai arsip. Dalam bidang pendidikan analisis digunakan untuk melakukan penelitian dalam berbagai subjek keilmuan.

Contoh Analisis

Salah satu contoh untuk analisis adalah berkaitan dengan perusahaan. Dalam hal ini yang digunakan adalah analisis SWOT. SWOT adalah kepanjangan dari strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), dan Threats (ancaman). Dari ketiga unsur ini sebuah kinerja dan juga struktur dari perusahaan tersebut akan diteliti satu persatu.
Hasil dari analisis SWOT sendiri dapat digunakan untuk berbagai kepentingan perusahaan. Seperti untuk membantu mengatasi krisis internal atau eksternal dari perusahaan sendiri. Selain itu hasil dari analisis dapat dijadikan arsip dan digunakan sebagai pembanding perkembangan perusahaan, sebagai salah satu patokan untuk dapat meningkatkan kinerja kerja dan pengembangan produk perusahaan.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Analisis
  • pengertian analisis dalam skripsi
  • pengertian analisis menurut para ahli
  • pengertian analisis pdf
  • pengertian analisis dalam penelitian
  • contoh analisis adalah
  • pengertian analisis seni
  • analisis adalah dan contohnya
  • pengertian analisis manajemen

Post a Comment for "Pengertian Analisis Meliputi Macam Jenis, Fungsi Tujuan dan Contohnya Secara Lengkap"