Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bluetooth Meliputi Sejarah, Fungsi dan Cara Kerja Bluetooth

Pengertian Bluetooth - Pengertian Ahli

Pengertian bluetooth


Bluetooth adalah suatu peralatan media komunikasi yang dapat digunakan untuk menghubungkan sebuah perangkat komunikasi dengan perangkat komunikasi lainnya, bluetooth umumnya digunakan di handphone, komputer atau pc, tablet, dan lain-lain. Fungsi bluetooth yaitu untuk mempermudah berbagi atau sharing file, audio, menggantikan penggunaan kabel dan lain-lain. Saat ini sudah banyak sekali perangkat yang menggunakan bluetooth.

Atau definisi bluetooth yang lainnya adalah sebuah teknologi komunikasi wireless atau tanpa kabel yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz (antara 2.402 GHz s/d 2.480 GHz) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mapu menyediakan layanan komunikasi data dan juga suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas.
Pada dasarnya teknologi bluetooth ini diciptakan bukan hanya untuk menggantikan atau menghilangkan penggunaan media kabel dalam melakukan pertukaran data atau informasi, tetapi juga mampu menawarkan fitur yang bagus atau baik untuk teknologi mobile wireless atau tanpa kabel, dengan biaya yang relatif rendah, konsumsi daya rendah, interoperability yang sangat menjanjikan, mudah dalam pengoperasiannya dan juga mampu menyediakan berbagai macam layanan.


Sejarah Bluetooth

Awal mula dari Bluetooth adalah sebagai teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas (sekitar 10 meter). Bluetooth berupa card yang menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11 dengan jarak layanan yang terbatas dan kemampuan data transfer lebih rendah dari card untuk Wireless Local Area Network (WLAN).
Pembentukan Bluetooth dipromotori oleh 5 perusahaan besar Ericsson, IBM, Intel, Nokia dan Toshiba membentuk sebuah Special Interest Group (SIG) yang meluncurkan proyek ini. Pada bulan Juli 1999 dokumen spesifikasi bluetooth versi 1.0 mulai diluncurkan. Pada bulan Desember 1999 dimulai lagi pembuatan dokumen spesifikasi bluetooth versi 2.0 dengan tambahan 4 promotor baru yaitu 3Com, Lucent Technologies, Microsoft dan Motorola.
Saat ini, lebih dari 1800 perusahaan di berbagai bidang bergabung dalam sebuah konsorsium sebagai adopter teknologi bluetooth. Walaupun standar Bluetooth SIG saat ini ‘dimiliki’ oleh grup promotor tetapi ia diharapkan akan menjadi sebuah standard.

Berikut ini adalah table perkembangan teknologi Bluetooth
TahunVersiKeterangan
Juli, 19991.0 dan 1.0 B
  • Dibutuhkan perintah manual pada Hardware Device Address (BD-ADDR) transmisi saat proses koneksi di antara dua device dalam satu jaringan (handshaking process).
  • Keamanan pengguna tidak terjamin
  • Penggunaan protokol tanpa nama (anonymite mode) tidak dimungkinkan.
Oktober, 19991.1 dan 1.2
  • Digunakannya masks pada perangkat Hardware Device Address (BD-ASSR) untuk melindungi pengguna dari identity snooping (pengintai) maupun tracker.
  • Penggunaan protokol tanpa nama (anonymite mode) sudah tersedia namun tidak diimplementasikan, sehingga konsumen biasa tidak dapat menggunakannya.
  • Adaptive Frequency Hopping (AFH), dengan memperbaiki daya tahan dari gangguan frekuensi radio yang digunakan oleh banyak orang di dalam hopping sequence.

2.0
  • Diperkenalkannya Non-hopping narrowband channels. Pada channel ini bisa digunakan untuk memperkenalkan layanan profile bluetooth oleh berbagai device dengan volume yang sangat tinggi dari perangkat bluetooth secara simultan.
  • Tidak dienkripsinya informasi yang bersifat umum secara realtime, sehingga dasar kemacetan trafik informasi dan laju trafik ke tujuan dapat dihindari waktu ditransmisikan oleh perangkat dengan melewati setiap host dengan kecepatan tinggi.

Asal Nama Bluetooth

Nama bluetooth berasal dari nama raja pada abad kesepuluh yaitu Harald Blatand. Di Inggris, ia dijuluki Harald Bluetooth karena (kemungkinan) memang giginya yang berwarna gelap. Ia adalah seorang Raja Denmark yang berhasil menyatukan suku-suku yang sebelumnya terpecah dan perang, termasuk suku dari wilayah yang sekarang bernama Norwegia dan Swedia. Bahkan wilayah Scania, tempat teknologi bluetooth ini ditemukan, juga merupakan daerah kekuasaannya. Kemampuan Raja Harald sebagai pemersaru juga mirip dengab teknologi bluetooth sekarang yang bisa menghubungkan berbagai peralatan, seperti komputer dengan handphone.
Logo Bluetooth
Logo Bluetooth
Logo bluetooth sendiri berasal dari penyatuan dua huruf Jerman yaitu huruf H dan B ( singkatan dari Harald Bluetooth) yang kemudian digabung menjadi logo bluetooth yang terkenal saat ini.

 

Fungsi Bluetooth

1. Mengirim dan Menerima Data/File
Seperti yang kita ketahui, fungsi utama dari bluetooth adalah untuk mengirim dan menerima sejumlah data atau file. Dengan menggunakan bluetooth Anda dapat mengirim file berupa dokumen, gambar, lagu dan data lainnya melalui antar handphone, handphone ke komputer atau sebaliknya tanpa harus memasang kabel data.Cara mengirimnya sangatlah mudah, Anda aktifkan bluetooth pada masing-masing perangkat, kemudian Anda tinggal cari perangkat bluetooth yang tersedia dan lalu Anda menghubungkannya. Setelah terhubung Anda bebas untuk saling bertukar file atau data antara perangkat tersebut.

2. Audio Bluetooth Handsfree dan Headphone
Salah satu fungsi bluetooth lainnya adalah bluetooth bisa digunakan untuk handsfree dan headphone. Dengab adanya bluetooth Anda tak perlu repot lagi menghubungkannya dengan menggunakan media kabel. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa komunikasi dan mendengarkan lagu dengan mudah dan simpel.

3. Penggunaan Keyboard dan Mouse Wireless
Saat ini telah beredar luas perangkat keyboard dan mouse tanpa kabel. Dalam menghubungkan kedua perangkat tersebut media penghubungnya menggunakan bluetooth. Dengan berkembangnya mouse dan keyboard wireless maka semakin memudahkan kita bekerja dalam menggunakan komputer tanpa harus repot mengatur kabel.

4. Mencetak dokumen dengan wireless printer
Selain keyboard dan mouse wireless, sekarang juga telah banyak beredar wireless printer. Hanya dengan mengaktifkan bluetooth, kita telah bisa mencetak dokumen atau file yang kita inginkan.
Dengan adanya perangkat wireless printer, maka semakin memudahkan dan efisiensi waktu dalam bekerja. Kita tak perlu lagi repor-repot memasang kabel ketika akan mencetak dokumen.

5. Digunakan sebagai modem
Fungsi lainnya dari bluetooth adalah dapat dijadikan sebagai modem. Hal ini sangat cocok bagi Anda yang hobi mengakses sosial media, chatting atau hanya sekedar browsing di internet. Anda cukup setting pada komputer, maka Anda bisa terhubung dengan internet melalui media bluetooth.


Cara Kerja Bluetooth

Perlu kamu ketahu, bahwa sistem bluetooth terdiri atas sebuah radio transceiver, baseband link Management dan Control, Baseband (processor core, SRAM, UART, PCM USB Interface), flash dan juga voice codec.
  • Radio transceiver menerima dan mengirim sinyal berupa gelombang radio.
  • Baseband link controller menghubungkan perangkat keras atau hardware radio ke baseband processing dan layer protokol fisik.
  • Link manager melakukan aktivitas protokol tingkat tinggi, yaitu melakukan link setup, autentikasi dan konfigurasi perangkat bluetooth yang terhubung
Nah, perangkat – perangkat tersebut akan bekerja agar kita dapat mengirimkan data antara satu sama lainnya.


Kelebihan Dan Kekurangan Bluetooth

Kelebihan:
  • Bisa menembus rintangan, misalnya seperti dinding, kotak, dan sebagainya. Walaupun jarak transmisinya hanya 10 M.
  • Tidak memerlukan media kabel ataupun kawat.
  • Dapat mensingkronisasi data dari Handphone ke Komputer atau laptop.
  • Dapat dipakai sebagai perantara modem.
  • Praktis dan tidk ribet dalam penggunaanya.
Kekurangan:
  • Memakai frekuensi yang sama dengan gelombang WiFi.
  • Kalu terlalu banyak koneksi bluetooth didalam satu ruangan, akan sulit untuk menemukan penerima yang dituju.
  • Sering beredar virus-virus yang disebarkan melalui bluetooth, khususnya dari handphone.
  • Cukup banyak mekanisme keamanan yang harus diperhatikan untuk mencegah kegagalan pengiriman data atau penerimaan data maupun informasi.
Kecepatan dalam transfer data tidak tetap, tergantung dari perangkat yang dipakai untuk mengirim dan yang menerima data maupun informasi.


Spesifikasi Bluetooth dari V 1.0 sampai V 5.0


Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group.
Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas.Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah.


Bluetooth 1.0 dan 1.0B 
Versi 1.0 dan 1.0B Memiliki banyak masalah dan produsen mengalami kesulitan membuat produk mereka interoperable. Versi 1.0 dan 1.0B juga termasuk wajib transmisi alamat perangkat keras Bluetooth (BD_ADDR) dalam proses Menghubungkan (render anonimitas mustahil pada tingkat protokol), yang merupakan kemunduran besar untuk layanan tertentu yang direncanakan untuk digunakan dalam lingkungan Bluetooth.

 

Bluetooth 1.1

  • Disahkan sebagaiIEEE Standard 802.15.1-2002 
  • Banyak ditemukan kesalahan dalam spesifikasi v1.0B yang tetap.
  • Ditambahkan kemungkinan saluran non-dienkripsi.
  • Menerima Kekuatan Sinyal Indikator (RSSI )
Bluetooth 1.2
perangkat tambahan utama adalah sebagai berikut:
  • Lebih cepat menemukan koneks dari Bluetooth lain
  • Adaptive frekuensi-hopping spread spectrum (AFH) , yang meningkatkan ketahanan terhadap radio frequency interference dengan menghindari penggunaan frekuensi ramai di urutan hopping.
  • Kecepatan yang lebih tinggi transmisi dalam praktek daripada di v1.1, sampai dengan 721 kbit / s.
  • Diperpanjang Koneksi Synchronous (Esco), yang meningkatkan kualitas suara dari link audio dengan memungkinkan transmisi ulang paket yang rusak, dan secara opsional dapat meningkatkan latency audio yang menyediakan transfer data bersamaan dengan baik.
  • Host Controller Interface(HCI) operasi dengan tree-wire UART .
  • Disahkan sebagai IEEE Standard 802.15.1-2005 
  • Diperkenalkan Flow Control dan Retransmisi Mode untuk L2CAP.
  • Disetujui FDA sistem medis Bluetooth pertama pada tahun 2003.

 

Bluetooth 2.0 + EDR

Versi Bluetooth 2.0 + ERD dirilis pada tahun 2004. Perbedaan utama adalah pengenalan Enhanced Data Rate (EDR) adalah transfer datanya yang lebih cepat, kecepatan maksimalnya adalah 3 Mbit /s dan kecepatan rata-rata transfernya adalah 2.1 Mbit / s.
Bluetooth 2.0+EDR ini merupakan Bluetooth yang pertama kali dapat mentransferkan audio secara stereo.

 

Bluetooth 2.1 + EDR

Bluetooth Inti Versi Specification 2.1 + EDR diadopsi oleh Bluetooth SIG pada 26 Juli 2007.
Fitur utama dari v2.1 adalah secure simple pairing (SSP): ini meningkatkan pengalaman pasangan untuk perangkat Bluetooth, sambil meningkatkan penggunaan dan kekuatan keamanan.
Versi 2.1 memungkinkan berbagai perbaikan lainnya, termasuk “Extended Inquiry Response.” (EIR), yang memberikan informasi lebih selama pemindaian untuk memungkinkan penyaringan yang lebih baik dari perangkat lain sebelum koneksi; dan sniff subrating, yang mengurangi konsumsi daya dalam mode daya rendah.

 

Bluetooth versi 3.0 + HS

Dua tahun berselang setelah kehadiran Bluetooth v2.1 + EDR, BSIG menghadirkan Bluetooth v3.0 + HS. HS dalam versi ini merupakan singkatan dari High Speed yang berarti teknologi ini menggunakan link 802.11. Pada versi 3.0 ini, terdapat teknologi yang disebut Alternate MAC/PHY (AMP).
Dengan menggunakan teknologi yang mendukung link 802.11, transfer data antar perangkat menjadi lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Di beberapa smartphone kelas low-end, teknologi Bluetooth ini masih banyak digunakan.
Bluetooth v3.0 + HS diperkenalkan pada 21 April 2009 yang menyediakan kecepatan hingga 24 Mbit/s. Pada versi ini link Bluetooth hanya digunakan untuk pairing dan pembentukan jalur akses data, sementara pengiriman dan penerimaan data menggunakan link wireless 802.11 (sama seperti Wi-Fi). Fitur baru dan utama dari versi ini adalah Alternate MAC/PHY (AMP) yang memberikan dukungan link 802.11 untuk transfer data yang lebih cepat. “HS” pada versi ini merupaka singkatan dari High Speed melalui penggunaan link 802.11.

 

Bluetooth versi 4.0

Transfer data
Teknologi Bluetooth 4.0 mendukung pengiriman paket data yang sangat pendek; minimal 8 oktet dan maksimal mencapai 27 oktet yang ditransmisikan pada kecepatan 1 Mbps.
Frequency Hopping
Teknologi Bluetooth 4.0 menggunakan modulasi lompatan frekuensi (frequency hopping) yang adaptif terhadap semua versi Bluetooth. Tujuan dari penggunaan frequency hopping adalah untuk meminimalisir terjadinya interferensi dengan semua teknologi yang bekerja pada frekuensi 2.4 GHz ISM Band. Efisiensi sistem banyak jalur (multi-path) akan memberikan keuntungan pada peningkatan anggaran pranala (link).
Host-Control
Teknologi Bluetooth 4.0 menempatkan sejumlah pengendali yang signifikan sehingga penyedia layanan (host) dapat memiliki waktu beristirahat (sleep-period) lebih lama dan bekerja hanya saat dibutuhkan saja. Hal ini akan memberikan penghematan yang cukup signifikan karena dapat diasumsikan bahwa host menggunakan konsumsi daya tinggi dibandingkan dengan pengontrol lalu-lintas transfer data (traffic controller).
Latency
Teknologi Bluetooth 4.0 memiliki kemampuan untuk mendukung pengadaan koneksi dan transfer data hingga 3 milisekon. Nilai tersebut merupakan waktu yang sangat singkat sehingga ketika dibutuhkan, Bluetooth 4.0 dapat dengan segera memutuskan kembali koneksi setelah proses transfer berlangsung.
Jangkauan
Peningkatan indeks modulasi pada Bluetooth 4.0 membuatnya mampu menyediakan jangkauan energi hingga 100 meter.
Robustness
Teknologi Bluetoth 4.0 yang hemat energi menggunakan 24 bit CRC pada setiap paketnya untuk memastikan teknologi ini aman terhadap kemungkinan interferensi.
Kekuatan Keamanan
Teknologi Bluetooth 4.0 menggunakan enkripsi Full AES-128 CCM yang merupakan enkripsi mutakhir dari paket data sehingga keamanan penggunaanya lebih terjamin dibandingkan dengan teknologi Bluetooth generasi sebelumnya.
Topologi
Teknologi Bluetooth 4.0 menggunakan alamat akses 32 bit di setiap paket data. Dengan demikian, milyaran perangkat bisa terkoneksi dengan Bluetooth 4.0. Teknologi ini menggunakan koneksi one-to-one dengan sangat optimal. Selain itu, teknologi hemat energi ini juga mendukung koneksi one-to-many dengan menggunakan Topologi Star. Saat menggunakan koneksi cepat atau pemutusan koneksi, data dapat digerakkan dalam sebuah topologi semacam penghubung.

 

Bluetooth 4.1

Bluetooth SIG mengumumkan adopsi formal spesifikasi v4.1 Bluetooth pada 4 Desember 2013. Spesifikasi ini merupakan update inkremental perangkat lunak dengan Spesifikasi Bluetooth v4.0, dan tidak update hardware. Update menggabungkan Bluetooth Core Specification Addenda (CSA 1, 2, 3 & 4) dan menambahkan fitur baru yang meningkatkan kegunaan konsumen. Ini termasuk peningkatan dukungan co-eksistensi untuk LTE, tingkat-dan pertukaran data curah inovasi pengembang bantuan dengan memungkinkan perangkat untuk mendukung peran ganda secara bersamaan. 
Fitur baru dari spesifikasi ini meliputi:
  • Mobile Wireless Service Coexistence Signaling
  • Train Nudging and Generalized Interlaced Scanning
  • Low Duty Cycle Directed Advertising
  • L2CAP Connection Oriented and Dedicated Channels with Credit Based Flow Control
  • Dual Mode and Topology
  • LE Link Layer Topology
  • 11n PAL
  • Audio Architecture Updates for Wide Band Speech
  • Fast Data Advertising Interval
  • Limited Discovery Time

 

Bluetooth 4.2 

Dirilis pada tanggal 2 Desember 2014, itu memperkenalkan fitur untuk Internet of Things .
Bidang utama perbaikan adalah:
  • Energi rendah Aman Koneksidengan Paket Data Panjang Ekstensi
  • Link LayerPrivasi dengan diperpanjang Scanner Filter Kebijakan
  • Internet ProtocolSupport Profile (IPSP) versi 6 Smart Bluetooth untuk Connected home
Untuk hardwarare lama jika ingin mendapatkan fitur Bluetooth 4.2  seperti Data Packet Panjang Searching dan peningkatan privasi bias didapat melalui update firmware.


Bluetooth 5 

Bluetooth SIG secara resmi meluncurkan Bluetooth 5 selama acara media di London pada tanggal 16 Juni 2016. fitur baru Its terutama difokuskan pada muncul Internet of things teknologi.
Samsung Galaxy S8 diluncurkan dengan Bluetooth 5 dukungan pada bulan April 2017. Salah satu perubahan di sisi marketing adalah menjatuhkan jumlah titik, sehingga hanya “Bluetooth 5” (dan bukan Bluetooth 5.0 atau 5.0 LE seperti untuk Bluetooth 4.0). Perubahan itu konon demi “menyederhanakan pemasaran, dan mengkomunikasikan manfaat pengguna secara lebih efektif.”
Di sisi teknis, Bluetooth 5 memiliki empat kali lipat kisaran, dua kali lipat kecepatan, dan memberikan peningkatan delapan kali lipat dalam kapasitas penyiaran data transmisi Bluetooth energi rendah dibandingkan dengan 4.x Bluetooth, yang mungkin penting untuk aplikasi IOT mana node yang terhubung seluruh seluruh rumah. Bluetooth 5 mendukung transfer pada 2 Mbit / s bukannya biasa 1 Mbit / s. Selain itu menambah fungsionalitas untuk layanan connectionless seperti informasi lokasi yang relevan dan navigasi  koneksi Bluetooth rendah energi.
Bidang utama perbaikan adalah:
  • Slot Availability Mask (SAM)
  • 2 Mbit/s PHY for LE
  • LE Long Range
  • High Duty Cycle Non-Connectable Advertising
  • LE Advertising Extensions
  • LE Channel Selection Algorithm #2
Ditambahkan fitur di CSA5 – Terpadu di v5.0:
  • Output dengan power yang besar
Fitur berikut telah dihapus dalam versi spesifikasi:
  • Park State



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Bluetooth
  • pengertian bluetooth menurut para ahli
  • kelebihan dan kekurangan bluetooth
  • sejarah bluetooth
  • cara kerja bluetooth
  • ciri ciri bluetooth
  • mengapa teknologi bluetooth banyak digunakan
  • pengertian speaker bluetooth
  • versi bluetooth

Post a Comment for "Pengertian Bluetooth Meliputi Sejarah, Fungsi dan Cara Kerja Bluetooth"