Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Aurora Meliputi Jenis, Penyebab Dan Proses Terjadinya

Pengertian Aurora, Jenis, Waktu, Proses, Akibat, Lokasi dan Faktanya

Pengertian Aurora

Fenomena alam Aurora ini seperti pancaran cahaya yang menyala terang di lapisan ionosfer dalam suatu planet yang merupakan akibat dari adanya suatu interaksi antara medan mafnetik yang dipunyai oleh planet tersebut dengan partikel yang bermuatan yang dipancarkan oleh matahari. Nah seperti itu lah pengertian Aurora namun apa sih yang menyebabkan hal terjadi, dan bagaimana proses terjadinya aurora tersebut akan dijelaskan dibawah ini.


Jenis Aurora

  • Aurora Australis adala jenis aurora yang hanya terlihat di kutub selatan, sehingga sering sekali disebut dengan cahaya selatan. Aurora jenis ini terlihat di tempat-tempat yang tinggi, tapi jika dilihat dari kejauhan akan tampak seperti berada di garis cakrawala. Cahaya aurora ini biasanya berwana hijau, terkadang berwarna kemerahan atau merah pudar seolah-olah matahari sedang terbit. Aurora yang indah ini dapat dilihat dari beberapa tempat, khususnya bagian di selatan bumi. Wilayah yang dapat menikmati Aurora jenis ini seperti di tempat Antartika, Amerika Selatan, Australia, New Zealand.
  • Aurora Borealis adalah jenis aurora yang sering disebut dengan cahaya utara. Nama Borealis sendiri berasal dari kata Boreas yang merupakan dari bahasa Yunani untuk angin utara. Secara keseluruhan, aurora ini hampir tidak ada bedanya dengan Aurora Australis. Perbedaannya hanya terletak pada lokasi terjadinya saja.


Penyebab Terjadinya Aurora

1. Sun Spot (Bintik Matahari)
Bintik matahari merupakan area gelap atau hitam dan area dingin di permukaan matahari yang dinamai fotosfer dan termasuk salah satu fenoma unik matahari.
Fotosfer sendiri termasuk dari beberapa bagian matahari. Sun Spot ini dapat berukuran sangat besar, sekitar 50.000 kilometer. dan Sun Spot terjadi disebabkan adanya interaksi pada medan magnet matahari yang tidak sempurna.

2. Kutub Medan Magnet
Daerah kutub yakni suatu pusat dari medan magnet bumi. Saat partikel yang masuk dan terjebak di Sabuk Van Allen, partikel-partikel tersebut akan terbawa oleh angin menuju kutub medan magnet bumi (ini alasannya fenomena aurora hanya terjadi di kutub).

3. Partikel Proton dan Elektron
Proton dan elektron ialah sebuah unsur-unsur pembentuk atom, Proton posisinya berada di inti atom, sedangkan elektron berada di luar lapisan atom.
Proton serta elektor akan di bawa oleh angin surya. Pada lapisan tersebut posisi cahaya aurora terjadi. itulah alasannya kenapa aurora terjadi di tempat yang tinggi.

4. Mengganggu Jaringan Telekomunikasi
  • Sebuah gelombang seperti gelombang radio itu akan dipancarkan ketitik tertentu di udara.
  • Gelombang yang dipancarkan itu merupakan salah satu dari bagian spektrum elektromagnetik.
  • Gelombang dengan panjang tertinggi itu akan menyentuh lapisan udara (di atmosfer).
  • Setelah barulah dipantulkan kembali.
  • Pada terjadinya aurora yang merupakan suatu bentuk terbenturnya antara proton dan juga atmosfer bumi maka titik-titik atmosfer yang terdapat di bumi akan terganggu.
  • Gangguan tersebut juga akan melubangi lapisan atmosfer, sehingga gelombang elektromagnetif yang pada awalnya dipantulkan justru akan dilanjutkan keluar angkasa.
  • Sebagai akibatnya sinyal terserbut tidak akan kembali ke bumi serta tidak ada sinyal yang diterima oleh radio, televisi dan juga alat elektronik lainnya yang memiliki basisfrekuensi.

5. Dapat Mengganggu GPS
Fenomena aurora selain mengganggu frekuensi juga bisa menggangu pada sistem GPS. Salah satunya adalah sistem GPS yang dimiliki oleh WAAS salah satu perusahaan di Amerika Serikat. Gangguan yang terjadi itu terjadi selama kurang lebih 30 jam.


Proses Terjadinya Aurora

Aurora merupakan cahaya yang tercipta dari udara yang dikarenakan oleh atom-atom dan molekul yang bertumbukan dengan partikel yang memiliki muatan, terutama elektron dan proton yang berasal dari dalam matahari. Partikel-partikel tersebut terlempar dari matahari dengan kecepatan hingga lebih dari 500 mil/detik lalu terhisap oleh medan magnet bumi di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan.
Warna-warna yang dihasilkan aurora disebabkan oleh adanya benturan partikel dan molekul ataupun atom yang berbeda. Misalnya, aurora warna hijau terbentuk oleh benturan antara partikel elektron dengan molekul nitrogen. Aurora warna merah terjadi karena benturan antara partikel elektron dan juga atom oksigen. Bagian yang penting dari mekanisme aurora ialah angin matahari atau angin surya.
Angin matahari yaitu sebuah aliran partikel yang keluar dari dalam matahari. Angin matahari menggerakkan sebagian ataupun sejumlah besar listrik di atmosfer (Sabuk Van Allen). Energi itu akan mempercepat partikel ke atmosfer bagian atas, selanjutnya akan bertabrakkan dengan beragam gas. Sehingga hasilnya, warna-warna yang bergerak-gerak di angkasa. Proses terjadinya aurora tersebut menimbulkan cahaya yang berwarna, dan merupakan hasil dari partikel dan atom berbeda yang mengalami benturan.


Fakta Unik Tentang Aurora

Kutub magenitik bumi menjadi pusat aurora, dibelahan bumi utara, zona aurora terbentang sepanjang pantai utara Siberia, Skandinavia, Islandia, ujung utara Kanada, Greenland dan Alaska. Berikut fakta menarik aurora yang indah.
  • Aurora dapat berpindah tempat ke sisi lebih selatan

ketika intensitas matahari tinggi maka akan terjadi aurora. pada kawasan Oklahama dan Atlanta kita dapat melihat fenomena Aurora. dan fenomeno aurora hanya terjadi di bulan oktober.
  • Api dingin

walaupun suhu yang berada diluar atmosfer bisa mencapai ribuan dejarat Farenheit, terutama untuk fenomena aurora ini ternyata suhunya dingin. Dengan penampakan di langit yang mirip dengan api, aurora ini bisa di ibaratkan sebagai api dingin yang menari-nari diatas langit.
  • Aurora akan lebih baik ketika dilihat melalui kamera

Ketika terjadi fenomena aurora, cahaya yang ditunjukan terkadang redup dan terang. tetapi sifat cahayanya tidak stabil yang dalam mata kita terlihat seperti menari sehingga mata kita sulit fokus.


Lokasi Aurora

Sinar aurora adalah fenomena yang hanya dapat dilihat di lingkar kutub. Berikut ini adalah beberapa kota yang dapat kita kunjungi untuk dapat menikmati indahnya keajaiban cahaya ini, yaitu:
  • Tromso, Norwegia
  • Yellowknie, Kanada
  • Fairbanks, Alaska
  • Kanherlussuaq, Greenland
  • Steward Island, Selandia Baru

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Aurora

  • manfaat aurora
  • bahaya aurora
  • jenis jenis aurora
  • teks eksplanasi aurora
  • aurora wikipedia
  • makalah tentang aurora
  • kesimpulan aurora
  • teks eksplanasi tentang aurora brainly


Post a Comment for "Pengertian Aurora Meliputi Jenis, Penyebab Dan Proses Terjadinya"