Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Chatting Meliputi Sejarah, Fungsi, Manfaat, Dampak dan Contohnya

Pengertian Chatting dan Manfaatnya

Pengertian chatting adalah suatu feature atau suatu program di Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pengguna internet yang sedang online / yang sedang sama-sama menggunakan Internet. Komunikasi ini dapat berupa teks (text chat) ataupun suara (voice chat).
Atau definisi chatting adalah suatu pesan instant ataupun instant messaging di sebuah teknologi jaringan komputer yang mengijinkan pemakainya untuk mengirimkan pesan ke pengguna lain yang tersambung dalam sebuah jaringan komputer ataupun internet.
Chatting tidak hanya populer dikalangan kaum remaja atau anak muda saja tetapi jaman sekarang ini, sudah merambah ke kalangan orang tua sekalipun. Dengan adanya  chatting, kita dapat dengan bebas mengobrol mengenai apa saja mulai dari persahabatan, pekerjaan, pelajaran di sekolah, mata kuliah, sampai masalah percintaan dan perjodohan, bahkan sampai dengan hal-hal bersifat pribadi sekali pun.


Pengertian Chatting Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa definisi chatting menurut para ahli:
  • Pengertian chatting menurut Shannon & Waever, bahwa chatting adalah suatu bentuk interaksi yang saling pengaruh mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya, baik itu dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. Tidak terbatas dari bentuk chatting menggunakan bahasa verbal, namun juga dalam ekspresi muka, seni, lukisan dan teknologi.
  • Pengertian chatting menurut Bernard Barelson & Gary A, menyatakan bahwa chatting merupakan transmisi informasi, gagasan, keterampilan, emosi dan lain-lain dengan menggunakan kata-kata, symbol-symbol, gambar, grafik, figure dan lain-lain. Tindakan atau proses transmisi tersebutlah yang disebut sebagai chatting.
  • Pengertian chatting menurut Raymon S. Ross, chatting yaitu proses menyortir, memilih dan mengirimkan symbol-symbol yang sedemikian rupa, sehingga dapat membantu pendengar dalam membangkitkan sebuah makna ataupun respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator.
  • Pengertian chatting menurut Anwar Arifin, chatting adalah sebuah konsep yang multi makna. Makna chatting bisa dikelompokkan berdasarkan chatting sebagai proses sosial, pada makna ini chatting ada dalam konteks ilmu sosial. Di mana para ahli ilmu sosial melakukan sebuah penelitian dengan cara menggunakan pendekatan chatting secara umum memfokuskan pada kegiatan manusia yang berkaitan dengan pesan dan perilaku.

Sejarah Chatting

Sejarah chatting sangat berkaitan dengan email. Hal tersebut karena awalnya email dianggap sebagai terobosan baru yang bisa menggantikan cara pengiriman pesan secara konvensional. Akan tetapi, masyarakat lalu menyadari jika mengirim dan membalas email tersebut kurang efisien.
Pengirim tidak bisa mengetahui apakah emailnya telah dibaca atau belum. Terkadang, penerima juga tidak membuka email sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk meresponnya. Hal tersebut yang kemudian membuat para pengembang perangkat menciptakan aplikasi untuk memenuhi kebutuhan pengiriman pesan secara cepat dan mudah. Pelopornya yaitu penyedia jasa daring Quantum Link, atau yang dikenal dengan American Online.
Sejak saat itu, aplikasi chatting mulai banyak bermunculan. Pada tahun 1996, Mirabilis merilis aplikasi chatting bernama ICQ. Kemudian pada tahun 1997, AOL merilis aplikasi sejenis bernama AIM (AOL Instant Messenger). Semakin hari, aplikasi chatting semakin berkembang dan menawarkan fitur-fitur yang lebih canggih daripada apa yang ditawarkan pesaingnya. Kini sudah banyak aplikasi chatting diantaranya whatsapp, line, bbm dan lain sebagainya.

Fungsi Chatting

Saat ini penggunaan aplikasi chatting sudah sangat masif, hampir semua orang menggunakan setidaknya satu aplikasi bertukar pesan. Secara umum, Chatting memiliki beberapa fungsi, diantaranya:
  • Sebagai sarana berkomunikasi yang paling mudah, cepat dan efisien.
  • Sebagai sarana untuk saling berkonsultasi lebih mudah
  • Alat untuk menjalin hubungan dengan orang lain
  • Bisa digunakan untuk berkumpul pada suatu grup atau multiple chat

Manfaat Chatting 

Sesudah kalian mengetahui apa itu chatting dan jenis jenisnya, lantas apa ada pengaruh chatting pada bisnis? Pasti hal ini ada. Nah, berikut ini sejumlah manfaat dari adanya fitur chatting guna mengembangkan bisnis :
  1. Sarana komunikasi
    Sudah disinggung diatas tadi mengenai pengertian chatting, bahwa tujuannya ialah guna memudahkan cara berkomunikasi dengan jarak jauh. Dengan adanya fitur yang satu ini maka akan semakin membuat mudahnya sistem koordinasi di dalam sebuah perusahaan.
    Untuk menyampaikan sebuah informasi yang kesannya penting dan cepat maka dapat memanfaatkan dari fitur chatting ini. dengan menggunakan chatting pun dapat menyampaikan pesan maupun informasi secara langsung ke sejumlah orang seperti dalam fitur group chatting. Tentu hal tersebut akan sangat berdampak baik pada sebuah bisnis.
  2. Sumber informasih sangat cepat
    Chatting di klaim menjadi perantara penyampaian sebuah informasi yang paling cepat. Untuk saling bertukar informasi, maka kalian tidak harus menemui orang yang berhubunga maupun menghabiskan pulsa menggunakan telepon sebab dapat dijalankan hanya dengan menggunakan chatting.
  3. Meningkatkan efisien waktu
    Memang tidak dapat dipungkiri sebab adanya fitur chatting sekarang ini sangat memudahkan pekerjaan kita sehari-harinya. Guna membuat janji maupun sebuah pertemuan yang mendadak ini tidak perlu memakai surat yang resmi, sebab sekarang ini telah banyak sekali yang lebih memanfaatkan undangan via chatting. Jadi dengan menggunakan vhatting maka bisa menghemat waktu yang dibutuhkan guna menyebarkan undangan.
  4. Media guna berkomunikasi bersama dengan pelanggan
    Chatting tidak hanya memudahkan dalam berkomunikasi saja bersama antar anggota perusahaan, tetapi tujuannya bisa pula untuk memudahkan interaksi bersama dengan pelanggan. Dengan menggunakan chatting, maka kalian akan menjadi lebih mudah berhubungan dengan pelanggan misalnya seperti saat memesan sebuah prodyk, complain dll.
  5. Menjadi saran pemasaran
    Di era jaman yang serba gadget ini pasti kalian tidak harus lagi untuk mengeluarkan budget yang lebih guna memasarkan maupun promosi menggunakan brosur.
    Kalian hanya membuat sebuah bahan promosi yang bentuknya digital dan lalu menyebarkan via chatting. Cara mempromosikan yang seperti inilah yang telah dianggap “lumrah” di kalangan sejumlah pebisnis, khususnya yang sedang berbisnis via online.

Dampak Chatting Pada Masyarakat

Meskipun banyak hal yang positif dari Chatting, namun dampak negatif juga patut diperhatikan salah satunya adalah kasus penipuan via chat yang kini sedang merajalela.
Berikut adalah beberapa dampak chatting pada masyarakat:
  • Resiko perangkat komputer dan gadget mudah terkena virus
  • Kemungkinan membicarakan hal yang tidak sopan melalui chatting
  • Berhubungan dengan orang yang tak dikenal
  • Bisa mengakibatkan chatter ketagihan
  • Chatting bisa menimbulkan masalah kesehatan bila terlalu sering, misalnya rematik, otot kaku, masalah penglihatan
  • Potensi terjadinya penipuan melalui aktivitas chatting


  • Whatsapp (WA)
  • Blackberry Messenger (BBM)
  • Facebook Messenger
  • Yahoo Messenger (YM)
  • Line
  • Google Hangout
  • Google Allo
  • Talk
  • dan lain sebagainya
Dari semua aplikasi tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu untuk saling berkomunikasi melalui media internet.


Demikian penjelasan tentang Pengertian Chatting, Sejarah, Fungsi, Manfaat, Dampak dan Contoh Chatting Lengkap , semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Chatting
  • pengertian chatting dan contohnya
  • manfaat chatting
  • arti chatting di wa
  • pengertian email
  • pengertian chatting brainly
  • pengertian www
  • pengertian browsing
  • fungsi server

Post a Comment for "Pengertian Chatting Meliputi Sejarah, Fungsi, Manfaat, Dampak dan Contohnya"