Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Cuaca Beserta Jenis dan Unsur-Unsur Cuaca Secara Lengkap

Cuaca Adalah : Pengertian, Jenis, Unsur dan Pengaruhnya
 
Cuaca adalah keadaan udara pada saat tertentu dan di wilayah tertentu yang relatif sempit (tidak luas) dan pada jangka waktu yang singkat. Atau definisi cuaca ialah keadaan udara harian pada suatu tempat tertentu dan meliputi wilayah yang sempit, keadaan cuaca ini dapat berubah setiap harinya.Atau pengertian cuaca yang lainnya yaitu suatu keadaan rata-rata udara sehari-hari disuatu tempat tertentu & meliputi wilayah yang sempit dalam jangka waktu yang singkat. Keadaan dari cuaca mudah berubah – ubah, karena disebabkan oleh tekanan udara, suhu, angin, kelembaban udara, dan juga curah hujan.
Seperti contohnya: Ketika pada pukul 07.00 WIB, keadaan cuaca di kota Bandung cerah suhu udaranya berkisar antara 23.C – 27.C, dan angin yang berhembus dari arah barat laut berkisar dengan kecepatan 25 km/jam, Akan tetapi ketika pada pukul 14.00 WIB keadaan cuacanya berubah menjadi berwarna tebal dengan suhu udara berkisaran 30.C, dan angin bertiup dari arah barat dengan kecepatan 20 km/jam.



Unsur-Unsur Cuaca

Untuk memahami gejala cuaca dan iklim diperlukan pemahaman mengenai unsur-unsurnya. Berikut ini unsur-unsur cuaca dan iklim, diantaranya sebagai berikut :

1. Suhu/temperatur
Suhu udara/temperatur udara di suatu tempat akan berbeda dengan tempat lainnya, karena disebabkan oleh beberapa faktor:
  • Lamanya penyinaran matahari ke bumi, ialah intensitas penyinaran matahari di belahan bumi sangat bervariasi tergantung oleh letak lintang.
  • Pada ketinggian suatu tempat, semakin datar suatu tempat atau wilayah maka panas yang diterima akan semakin besar.
  • Pada keadaan awan, Bila di atmosfer banyak terdapat awan maka panas yang diterima bumi akan lebih kecil karena terserap oleh awan.
  • Karena keadaan tumbuhan di permukaan bumi.
  • Karena sudut penyinaran matahari, ialah suatu sudut yang dibentuk oleh sinar matahari pada bidang permukaan di bumi.
Sedangkan alat yang dipakai untuk mengukur suhu udara yaitu thermometer.

2. Tekanan undara
Tekanan udara adalah suatu gaya yang timbul karena adanya berat dari lapisan udara, besarnya suatu tekanan udara di suatu tempat bisa berubah-rubah. Atau kerapatan massa udara dalam satuan wilayah tertentu. Sedangkan pada alat untuk mengukur tekanan udara yakni Barometer.

3. Kelembaban udara
Kelembaban udara ialah banyak sedikitnya uap air yang terkandung dalam udara pada saat waktu tertentu. Sedangkan alat yang dipakai untuk mengukur kelembaban udara disebut dengan Higrometer

4. Angin
Angin yaitu udara yang bergerak dari daerah bertekanan maksimum (tinggi) ke daerah tekanan minimun (rendah). Sedangkan untuk mengukur suatu kecepatan & arah angin digunakan Anemometer dengan memakai skala Beaufort.

5. Hujan/Curah hujan
Hujan/curah hujan adalah suatu intensitas atau jumlah air hujan yang turun pada suatu wilayah dalam waktu tertentu.


Jenis-Jenis Cuaca

Terdapat beberapa jenis cuaca yang terbentuk di muka bumi. Sesuai dengan pengertian cuaca, adapun beberapa jenis cuaca adalah sebagai berikut:
  1. Cuaca cerah; yaitu suatu keadaan dimana matahari bersinar jernih dan udara tidak begitu panas. Pada saat cuaca cerah, umumnya hujan tidak akan turun.
  2. Cuaca panas; yaitu keadaan dimana udara terasa kering karena panas sinar matahari. Keadaan ini terjadi pada saat cahaya matahari tegak lurus ke bumi.
  3. Cuaca berawan; yaitu keadaan dimana terdapat sejumlah awan yang bergerombol di langit sehingga sinar matahari tidak terasa panas karena terhalang oleh awan tersebut.
  4. Cuaca sejuk; yaitu suatu keadaan dimana humiditas udara cukup tinggi, angin bertiup cepat, dan suhu udara rendah.
  5. Cuaca berangin; yaitu suatu keadaan dimana angin bergerak dengan cukup kuat sehingga dapat menggerakkan benda-benda ringan yang dilaluinya. Saat cuaca berangin, umumnya langit agak berawan dan suhu udaran cenderung rendah.
  6. Cuaca hujan; yaitu suatu keadaan dimana titik-titik air yang berada di atas langit berubah menjadi tetesan air. Titik-titik air tersebut berasal dari penguapan air di permukaan bumi(danau, sungai, laut, dan lainnya) karena panas sinar matahari.



Pengaruh Cuaca Terhadap Kesehatan dan Perilaku

terdapat beberapa pengaruh atau dampak cuaca bagi kehidupan sehari-hari, diantaranya :

1). Cuaca ekstrim bisa memicu masalah psikologis

Orang-orang yang tinggal pada wilayah dengan iklim yang terbilang intens yakni yang sering badai serta tornado, lebih rentan mengalami gangguan kejiwaan. Bencana badai disebut tentu dapat menyebabkan stress, sedangkan pada pasca bencana bisa menyebabkan gangguan psikologis yang berkepanjangan bagi orang yang tinggal di daerah bencana.

2). Hujan dapat membuat alergi kian parah

Musim semi ini sering membawa flu ke banyak orang. namun apabila kamu mendapat alergi musiman sepanjang tahun ini, maka bisa/dapat dipastikan alergi tersebut akan kian parah saat musim hujan.

3). Cuaca panas yang berlebih itu bisa memicu risiko sakit jantung

Temperatur udara yang meningkat itu bisa/dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Kedua, apabila seseorang itu mengalami dehidrasi serta terpapar serangan panas yang cukup tinggi maka bisa/ dapat berpotensi memicu kerusakan otak. Hal tersebut dapat dipastikan berpengaruh juga pada perilaku.


Pengertian Cuaca Dan Unsurnya Secara Lengkap

Proses Terjadinya Cuaca

Cuaca dan iklim merupakan dua kondisi yang hampir sama tetapi berbeda pengertian khususnya terhadap kurun waktu. Cuaca merupakan bentuk awal yang dihubungkan dengan penafsiran dan pengertian akan kondisi fisik udara sesaat pada suatu lokasi dan suatu waktu, sedangkan iklim merupakan kondisi lanjutan dan merupakan kumpulan dari kondisi cuaca yang kemudian disusun dan dihitung dalam bentuk rata-rata kondisi cuaca dalam kurun waktu tertentu (Winarso, 2003). Menurut Rafi’i (1995) Ilmu cuaca atau meteorologi adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji peristiwa-peristiwa cuaca dalam jangka waktu dan ruang terbatas, sedangkan ilmu iklim atau klimatologi adalah ilmu pengetahuan yang juga mengkaji tentang gejala-gejala cuaca tetapi sifat-sifat dan gejala-gejala tersebut mempunyai sifat umum dalam jangka waktu dan daerah yang luas di atmosfer permukaan bumi.

Trewartha and Horn (1995) mengatakan bahwa iklim merupakan suatu konsep yang abstrak, dimana iklim merupakan komposit dari keadaan cuaca hari ke hari dan elemen-elemen atmosfer di dalam suatu kawasan tertentu dalam jangka waktu yang panjang. Iklim bukan hanya sekedar cuaca rata-rata, karena tidak ada konsep iklim yang cukup memadai tanpa ada apresiasi atas perubahan cuaca harian dan perubahan cuaca musiman serta suksesi episode cuaca yang ditimbulkan oleh gangguan atmosfer yang bersifat selalu berubah, meski dalam studi tentang iklim penekanan diberikan pada nilai rata-rata, namun penyimpangan, variasi dan keadaan atau nilai-nilai yang ekstrim juga mempunyai arti penting.

Perbedaan Cuaca dan Iklim

Setelah mengetahui pengertian cuaca dan iklim meskipun keduanya berbeda pengertian namun memiliki keterkaitan karena persamaan unsur terbentuknya cuaca dan iklim yaitu matahari, suhu, kelembaban udara, tekanan udara, angin, curah hujan dan awan.
Perbedaan antara cuaca dengan iklim, antara lain:
  • Ilmu yang mempelajari cuaca adalah meteorologi sedangkan ilmu yang mempelajari iklim adalah klimatologi.
  • Cuaca memiliki daerah cakupan dan pengamatan sempit sedangkan iklim lebih luas.
  • Pengamatan cuaca dilakukan selama 24 jam sedangkan iklim dilakukan selama 11-30 tahun.
  • Sifat cuaca cepat berubah sedangkan iklim sangat sulit berubah.
  • Prakiraan cuaca mudah sedangkan iklim sulit.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Cuaca
  • pengertian cuaca hujan
  • cuaca adalah wikipedia
  • pengertian iklim
  • sebutkan pengertian cuaca beserta unsur-unsurnya
  • cuaca adalah iklim adalah
  • cuaca adalah pdf pengertian
  • unsur unsur cuaca
  • pengertian cuaca mendung

Post a Comment for "Pengertian Cuaca Beserta Jenis dan Unsur-Unsur Cuaca Secara Lengkap"