Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ekonomi Pembangunan Serta Fungsi Dan Tujuan Ekonomi Pembangunan

Pengertian Ekonomi Pembangunan?
Ekonomi pembangunan adalah suatu ilmu yang mengajari mengenai pembangunan di bidang ekonomi atau salah satu dari percabangan ilmu ekonomi yang di fokuskan bahasannya tentang pembangunan di Negara-negara yang statusnya masih tergolong kedalam negara berkembang.



Ekonomi Pembangunan  Menurut Para Ahli
  • Adam Smith, menjelaskan bahwa definisi pembangunan ekonomi adalah proses perpaduan antara pertumbuhan penduduk dan kemajuan teknologi. Bertambahnya penduduk suatu negara harus diimbangi dengan kemajuan teknologi dalam produksi untuk memenuhi permintaan kebutuhan dalam negeri.
  • Schumpeter, menjelaskan bahwa definisi pembangunan ekonomi adalah perubahan pendapatan per kapita dan pendapatan nasional yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak terputus.
  • Sadoro Sukirno, menjelaskan bahwa definisi pembangunan ekonomi adalah proses untuk meningkatkan pemasukan atau pendapatan perkapita suatu negara dengan cara mengolah potensi ekonomi menjadi bentuk rill.
  • Simon Kuznets, menjelaskan bahwa definisi pembangunan ekonomi adalah meningkatnya kemampuan suatu negara untuk menyediakan beragam barang yang dibutuhkan penduduknya dalam jangka panjang.

 Tujuan dari ilmu ekonomi pembangunan adalah :
  • untuk memberikan pengetahuan mengenai berbagai macam isu yang terjadi dalam pembangunan ekonomi yang ditemukan dan dihadapi di negara-negara berkembang.
  • menelaah faktor-faktor yang menimbulkan ketiadaan pembangunan atau lambatnya pembangunan di negara-negara yang sedang berkembang, berikut menentukan pedekatan yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapai negara-negara yang sedang berembang sehingga laju pembangunan ekonominya jadi lebih cepat. 
Obyek Ekonomi Pembangunan. Obyek dari ekonomi pembangunan adalah  kebijakan-kebijakan pembangunan, baik secara teoritis maupun fakta aktual yang terjadi di negara-negara berkembang dan negara transisi di seluruh dunia, khususnya di negara-negara Asia, Afrika, Amerika Latin, Timur Tengah, dan negara-negara transisi di Eropa.


Fungsi Ekonomi Pembangunan
Secara umum, ekonomi pembangunan memiliki fungsi dalam menciptakan upaya-upaya dalam memperbaiki taraf hidup masyarakat di negara sedang berkembang.Sedangkan bagi civitas atau pelajar, ekonomi pembangunan berfungsi sebagai ilmu dalam memahami permasalahan perekonomian negara-negara berkembang di dunia.

Jika dianalisis satu per satu, beberapa fungsi ekonomi pembangunan adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan GDP

Dengan memahami dan mengaplikasikan dengan baik ilmu dari ekonomi pembangunan, maka pertumbuhan ekonomi negara dapat meningkat.Oleh karena itu, penciptaan lapangan kerja juga akan meningkat yang akan memengaruhi tingkat pendapatan nasional.

 2 Menurunkan Tingkat Pengangguran dan Kemiskinan

Melanjutkan dari poin 1, karena adanya penciptaan lapangan pekerjaan dalam jumlah besar, maka pendapatan per kapita masyarakat juga akan meningkat.Akibatnya, pengangguran dan tingkat kemiskinan akan mengalami penurunan.

 3 .Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Dengan mengaplikasikan ekonomi pembangunan, pendidikan masyarakat juga dapat meningkat.Peningkatan pendidikan tersebut akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, karena pendidikan dan kemampuan ekonomi merupakan faktor dari peningkatan kualitas sumber daya manusia.


4. Terbentuknya Faktor Modal

Memahami dan mengaplikasikan ekonomi pembangunan dengan baik tentunya pembangunan ekonomi negara pasti berkembang.Pembangunan ekonomi yang berjalan lancar dan terus berkembang akan membuat masyarakat memikirkan hal selain kebutuhan pokok dan mulai menginvestasikan modalnya pada sektor ekonomi.

 5. Mendatangkan Bantuan dari Dalam dan Luar Negeri

Sebuah negara bisa mendapatkan bantuan dana jika memiliki kemampuan ekonomi yang bagus atau dengan kata lain memiliki pembangunan ekonomi yang lancar dan terus berkembang.Pembangunan ekonomi yang pesat bisa mengundang investor baik dari dalam maupun luar negeri untuk berinvestasi.


Beberapa cakupan pembahasan dalam ekonomi pembangunan diantaranya adalah :
  • pertumbuhan ekonomi.
  • kemiskinan.
  • pembentukan modal.
  • bantuan luar negeri.
Dengan semakin berkembangnya ilmu ekonomi pembangunan memberikan harapan kepada negara-negara yang sedang berkembang untuk lebih meningkatkan pembangunan ekonomi negaranya. Dengan demikian dapat mengejar ketertinggalan mereka dalam bidang ekonomi dari negara-negara lain yang sudah maju. 



Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan


  • Instansi Pemerintahan

Prospek kerja ekonomi pembangunan yang pertama adalah kalian bisa mengincar area pemerintahan, Quipperian. Para sarjana ekonomi pembangunan memiliki keahlian merumuskan persoalan pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan bisnis terutama di berbagai instansi pemerintahan dan lembaga negara.
Intansi pemerintah berkait perumusan kebijakan di bidang pembangunan ekonomi meliputi BPK, Bappenas, bappeda, Bank Indonesia, pegadaian, dan perpajakan. Di situ, seorang lulusan ekonomi pembangunan dapat memaksimalkan keahliannya.
Di Bappenas misalnya, kalian memiliki tugas  penyusunan rencana pembangunan nasional, rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara, pengendalian dan evaluasi terhadap pelaksanaan rencana pembangunan, serta pengambilan keputusan dalam penanganan permasalahan mendesak dan berskala besar. Semua pekerjaan ini sangat membutuhkan lulusan ekonomi pembangunan. 

  • Lembaga Pendidikan

Selain bidang pemerintahan, prospek kerja ekonomi pembangunan pun bisa dibidik ke bidang pendidikan. Quipperian perlu juga melihat betapa jurusan ekonomi pembangunan belum banyak tersedia di beberapa universitas. Artinya, pengajar dan ahli di bidang tersebut juga hanya beberapa gelintir.
Ekonomi pembangunan menjadi jurusan paling strategis. Bukan tidak mungkin, beberapa universitas akan membuka jurusan tersebut. Dari situ, peluang para lulusannya menjadi lebih untuk mengabdi menjadi pengajar.
Tak hanya menjadi pengajar, bekerja di lembaga pendidikan sebagai sarjana ekonomi pembangunan bisa juga menyabet profesi sebagai asisten peneliti atau asisten analis kebijakan.
Tentu kalian harus memenuhi persyaratan bila ingin bekerja sebagai pengajar jurusan ekonomi pembangunan, seperti melanjutkan kuliah magister di bidang ekonomi. 

  • Research & Development

Bagian Research & Development (R&D) bertanggungjawab mengelola sejumlah dana tertentu untuk riset dan pengembangan. R&D melakukan tes dan tak jarang membuat alat tes sendiri dan terus mengembangkan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas produk perusahaan. Selain itu, seringkali juga melakukan kerja sama dengan perusahaan terkait pengadaan barang dan jasa untuk aktivitas riset dan pengembangan perusahaan.
Dalam R&D, seorang lulusan ekonomi pembangunan bertugas menganalisa berbagai isu perekonomian untuk mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan ekonomi secara kritis, kreatif, dan inovatif.

  • Perusahaan Internasional

Perusahaan-perusahaan internasional baik yang bergerak di bidang ekonomi, perbankan, maupun perusahaan umum juga membutuhkan tenaga lulusan ekonomi pembangunan.
Bagi perusahaan di bidang ekonomi, sarjana ekonomi pembangunan dibutuhkan untuk menganalisa pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan bisnis secara berkala.
Sementara di perusahaan umum, lulusan ekonomi pembangunan juga sangat dibutuhkan di bagian analisa data semisal divisi research and development.

  • Analis Bisnis

Seorang analis bisnis bertugas menganalisis kebutuhan-kebutuhan bisnis dan permasalahan penting bagi para pemangku kepentingan dan mengusulkan solusi-solusi praktis.
Analis bisnis juga dapat mendukung pengembangan materi pelatihan, berpartisipasi dalam pelaksanaannya, dan memberikan dukungan pasca implementasi. Hal ini mungkin melibatkan pengembangan rencana proyek dan seringkali memerlukan keterampilan manajemen proyek.
Biasanya beberapa perusahaan atau industri di bidang keuangan, perbankan, asuransi, telekomunikasi, utilitas, layanan perangkat lunak, dan lainnya membutuhkan seorang analis bisnis. Di perusahaan-perusahaan tersebut, lulusan ekonomi bisnis sangat diperlukan untuk menganalisa kebutuhan bisnis dan pengembangan bisnis. 

  • Lembaga Swadaya Masyarakat

Tiap Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM membutuhkan beragam analisa pembangunan industri perbankan, ekonomi, dan lainnya.
Dengan demikian, sumber daya insani tersebut mampu bekerja di organisasi publik, swasta, atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta memiliki kemampuan untuk melanjutkan studi Ilmu Ekonomi dan/atau lainnya ke strata yang lebih tinggi. Lulusan prodi ini juga dapat bekerja di sektor swasta dan BUMN, terutama perbankan dan sektor keuangan lainnya.




Ekonomi pembangunan merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang pembangunan dalam ekonomi, misalnya pertumbuhan ekonomi, perubahan sosial dan kesejahteraan masyarakat.Ekonomi pembangunan ini mempertimbangkan kondisi politik dan ekonomi suatu negara karena pembangunan ekonomi berkaitan dengan peningkatan kualitas hidup suatu bangsa.Berikut ini jenis-jenis pembangunan ekonomi secara umum antara lain yaitu :
  • Pendidikan
  • Kesehatan
  • keadilan
  • Infrastruktur
  • Keamanan
  • hak Asasi Manusia
  • Persaingan
  • Pasar
  • Perlindungan konsumen
  • Keuangan

Jadi secara umum pembangunan ekonomi harus merata keseluruh aspek-aspek kehidupan, mulai dari pendidikan sampai dengan keuangan semua harus dibangun.Meningkatkan kualitas pendidikan bangsa akan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, sumber daya manusia yang berkualitas ini akan menjadi modal utama dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Dengan demikian maka tujuan pembangunan ekonomi nasional dapat tercapai dengan baik.


Penelusuran yang terkait dengan contoh ekonomi pembangunan

  • pembangunan ekonomi
  • pelajaran ekonomi pembangunan
  • pengertian ekonomi pembangunan menurut para ahli
  • perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi
  • tujuan pembangunan ekonomi
  • materi ekonomi pembangunan 2
  • perkembangan ekonomi
  • indikator pembangunan ekonomi

Post a Comment for "Pengertian Ekonomi Pembangunan Serta Fungsi Dan Tujuan Ekonomi Pembangunan"