Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Grafik Beserta Jenis, Tujuan, Fungsi dan Contohnya Secara Lengkap

Pengertian Grafik Dan Contohnya Dilengkapi Jenis-Jenisnya
Pengrtian Grafik
 
Atau definisi grafik yaitu sebagai suatu kombinasi antara angka, huruf, simbol, gambar, lambang, perkataan, lukisan, yang disajikan satu media untuk memberi konsep maupun ide dari pengirim kepada sasarannya dalam proses menyampaikan maklumat. Ada juga pengertian Grafik yang lainnya yaitu merupakan suatu rangka untuk membentuk Objek visualisasi tabel. Tabel yang terdiri dari angka-angka dapat disajikan atau dapat ditampilkan ke dalam bentuk gambar, bisa dalam berbentuk garis, lingkaran, batang dll.
Dan definisi yang ketiga yaitu gambaran dari pasang surutnya suatu keadaan atau data yang ada dengan garis ataupun gambar. Grafik dibedakan menjadi 3 (tiga) macam, diantaranya yaitu grafik: batang, garis, dan lingkaran.

Pengertian Grafik Menurut Para Ahli

Supaya dapat mengerti lebih lanjut makan kita dapat merujuk pada beberapa pendapat para ahli mengenai grafik ini. Terdapat beragam Pengertian Grafik menurut para ahli, diantaranya ialah sebagai berikut :
  • Wai & Kaicher (1976:1) - Menyatakanbahwa pengertian grafik ini ialah suatu gambar yang terdiri dari titik-titik serta juga garis yang menghubungkan titik-titik tersebut. 
  • Wilson (1998:8) - Menggemukakan bahwa grafik ialah suatu garis horizontal serta vertikal yang menghubungkan antara dua titik.
  • Selby (1979:13) - Menggemukakan bahwa grafik ini merupakan alat bantu untuk dapat mengungkapkan dua macam data atau lebih.
  • Harper (1988:42) - Menggemukakan bahwa pengertian grafik ini merupakan alat untuk menampilkan data berupa garis atau juga kurva yang menghubungkan satu (1) variabel dengan variabel yang lain.


Tujuan Grafik

Adapun tujuan pembuatan grafik yakni untuk menunjukkan perbandingan informasi yang kualitatif dengan cepat dan sederhana. Data-data dalam bentuk uraian deskriptif juga kompleks dapat disederhanakan dengan menggunakan grafik. Jadi apabila sebuah grafik sulit dibaca atau dipahami berarti akan kehilangan manfaat yang berharga.

Fungsi Grafik

Adapun fungsi grafik yakni
  • Untuk menggambarkan data kuantitatif dengan teliti.
  • Untuk menjelaskan perkembangan, perbandingan suatu obyek ataupun peristiwa yang saling berhubungan secara singkat dan jelas. Grafik disusun berdasarkan pada prinsip matematika dengan menggunakan data yang komparatif.

Jenis – Jenis Grafik Dan Contoh

Berikut ini merupakan jenis-jenis grafik dan contohnya yaitu:

Grafik Batang


Garfik batang atau yang dikenal juga dengan sebutan histogram dipakai untuk menekankan perbedaan tingkat nilai dan beberapa aspek. Grafik jenis ini merupakan grafik yang paling sederhan, sangat mudah untuk dipahami dan hanya menggambarkan data dalam bentuk batang.Panjangnya batang menggambarkan presentase dari data, sedangkan lebarnya semuanya berukuran sama. Tetapi umumnya data yang dapat diperbandingkan tidak terlalu banyak, maksimalnya hanya delapan data. Untuk lebih memperjelas perbandingan antara batang yang satu dengan yang lainnya diperlukan warna-warna yang berbeda.Grafik batang pada dasarnya sama fugsinya dengan grafik garis yaitu untuk menggambarkan data berkala. Grafik batang juga terdiri dari grafik batang tunggal dan grafik batang ganda.

  • Grafik Batang Tunggal
Yaitu Grafik yang terdiri dari satu garis untuk menggambarkan suatu hal/kejadian .
  • Grafik Batang Ganda

Yaitu Grafik yang terdiri dari beberapa garis untuk menggambarkan beberapa hal/kejadian sekaligus.


Grafik Garis

Grafik garis merupakan grafik yang mana dalam cara penyajian datanya mengunakan garis atau kurva. Grafik garis ini digunakan untuk menggambarkan perkembangan atau perubahan dari waktu ke waktu terhadap suatu objek yang di teliti. Garfik garis terdiri dari dua sumbu utama yakni sumbu X dan Y. Dalam pengunaannya sumbu X  digunakan untuk menunjukkan waktu pengamatan. Sementara sumbu Y dipakai untuk menampilkan nilai hasil pengamatan. Kemudian waktu dan hasil dari penelitian / pengamatan dikumpulkan dengan titik-titik pada bidang XY.

kKemudian setiap titik yang berdekatan dihubungkan oleh garis sehingga menghasilkan garfik garis atau yang dikenal dengan diagram garis. Misalnya, ketika kita ingin membuat garfik garis dari data pengunjung situs facebook dari hari minggu sampai rabu. Pada sumbu x kita menulisakan tahun mulai dari minggu sampai rabu dan pada sumbu y kita menuliskan angka atau nilai hasil yang diperoleh. Dan angka tersebut berupa sekala mulai dari 0 sampai angka hasil tertinggi yang diperoleh dalam penelitian tadi. Contoh : 0,50, 100, 150, 200, 250, 300 dst.

 Grafik Lingkaran


Grafik lingkaran adalah grafik yang penyajian datanya mengunakan lingkaran. grafik lingkaran merupakan gambaran naik turunnya data yang berupa lingkaran untuk menggambarkan persentase dari nilai total suatu data. Dalam membuat grafik lingkaran ada beberapa hal yang harus kita perhatikan yakni, kita tentukan terlebih dahulu besar persentase tiap objek terhadap keseluruhan data  dan kemudian kita tentukan besarnya sudut masing-masing kelompok data. Untuk menetukan presentase suatu kelompok data dapat kita laukan dengan cara jumlah suatu kelompok data di bagi dengan jumlah total seluruh data di kali 100%.

Dan untuk menentukan besar sudutnya dapat kita lakukan dengan cara membagi hasil presentase kelompok data dengan 360.  Yang kedua kita tentukan warna masing-masing kelompok data. Warna tersebut digunakan untuk mebedakan antara kelompok data satu dan lainnya. Misalnya, kita akan membuat diagram lingkaran dari data Pengasilan masyarakat desa Karangdoro. Macam-macam penghasilan yang kita peroleh kita kelompokkan berdasarkan jenisnya. Lalu kita tentukan presentase, besar sudut dan warna dari masing-masing hobi dengan cara seperti yang sudah di jelaskan.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Grafik

  • pengertian grafik menurut para ahli
  • pengertian grafik dan diagram
  • pengertian grafik pdf
  • pengertian grafik di excel
  • manfaat grafik
  • jenis jenis grafik fungsi
  • jenis grafik garis
  • pengertian diagram

Post a Comment for "Pengertian Grafik Beserta Jenis, Tujuan, Fungsi dan Contohnya Secara Lengkap"