Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Brainware : Pengertian, Fungsi, Jenis, Komponen dan Contohnya

Pengertian Brainware dan Contohnya

Brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoprasikan perangkat komputer. Seperti contoh dari brainware yaitu programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer. Atau definisi brainware yaitu manusia yang terlibat dalam mengoperasikan atau pemakaian serta mengatur sistem di dalam perangkat komputer.
Dapat diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan juga mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software).
Istilah brainware komputer ditujukan untuk orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Secanggih-canggihnya sebuah komputer baik dari segi hardware atau software jika tidak ada brainware yang mengoperasikannya, maka fungsi hardware dan software komputer tersebut tidak akan bisa berjalan secara optimal.

Berikut ini adalah contoh brainware:
  1. Programer: orang yang punya kemampuan dalam bahasa pemorograman, sering berperan sebagai membuat program yang diperlukan pada sistem komputerisasi.
  2. Administrator: orang yang bertugas mengelola sebuah sistem operasi dan program yang digunakan pada komputer atau jaringan komputer.
  3. Operator: orang yang menjalankan sistem operasi dan program dalam perangkat komputer, misalnya merawat sistem operasi komputer, menyiapkan data untuk diakses, dan lain-lain.
Dalam sistem komputer, brainware menjadi hal yang sangat penting dan tidak dipisahkan dari hardware dan software. Mengapa demikian? Hardware di dalam komputer tidak bisa dijalankan tanpa adanya software, sedangkan tanpa adanya brainware maka software dan hadware tidak bisa berjalan.



Komponen Brainware Komputer

Berdasarkan tingkat dan cara pemanfaannya, perangkat brainware komputer dibagi menjadi 4 tingkatan.

1. Sytem Analyst

Selain berperan penting dalam proses pengembangan sistem, system analyst juga bertanggung jawab dalam penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan pemilihan software serta sistem operasi yang harus sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.
Seorang system analyst wajib memiliki keahlian sebagai berikut:
  • Analisis
  • Teknis
  • Manajerial
  • Interpersonal
Syarat wajib diatas memungkinkan para system analyst untuk memahami perilaku suatu organisasi beserta fungsi-fungsi di dalamnya.Nantinya keahlian analisis tersebut akan membantu mereka dalam menganalisa permasalahan dengan rekomendasi solusi terbaik.Selain keahlian analis, kemampuan teknis dari sistem analis akan membantu mereka dalam memahami potensi dan keterbatasan pada teknologi informasi.Seorang system analyst juga dituntut untuk mampu bekerja pada berbagai jenis bahasa pemrograman, operating system, serta hardware yang digunakan.Keahlian manajerial dari seorang system analyst akan membantu mereka dalam mengelola proyek, sumber daya, risiko, serta perubahan perubahan.Keahlian terakhir dari seorang system analyst yakni kemampuan interpersonal, dengan kemampuan ini mereka akan mudah dalam berkomunikasi dengan para pengguna lainnya seperti programer dan administrator. 

2. Progammer

Programmer handal pastinya mempunyai kemampuan dalam menguasai salah satu bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java dan lain sebagainya.Maka dari itu, tugas dari seorang programmer adalah untuk membuat program atau aplikasi dengan bahasa pemrograman tertentu guna membantu pekerjaan manusia dalam rutinitas mereka sehari-sehari.Programmer membuat suatu rancangan program yang terdiri dari beberapa script, kode dan bahasa pemrograman tertentu.Saat ini sudah ada berbagai bahasa pemrograman yang sering digunakan pada pembuatan aplikasi tertentu yakni Bahasa Pemrograman Java, Algoritma, C Plus, Visual Basic, Php, Perl, Python, Html, Cobol, Fortran dan lain sebagainya.Selanjutnya, programmer  akan menyusun kembali perintah-perintah bahasa pemrograman rumit tersebut dengan sangat teliti agar bisa digunakan oleh pengguna komputer yang lain.

3. Administrator

Sistem operasi komputer tanpa pengelolaan yang baik pastinya akan menjadi kacau dan semrawut. Oleh karena itu, peran dari administrator ini sangatlah penting.Karena admisnistrator bertugas dalam mengelola sebuah sistem operasi dan beberapa program yang berjalan pada suatu sistem jaringan komputer. Berikut ini beberapa tugas dari administrator secara lengkap yang harus kamu ketahui.
  • Memastikan Keamanan Jaringan
Melindungi komputer dalam satu jaringan merupakan salah satu tugas utama dari administrator.Komputer beserta jaringannya harus dipastikan oleh admin dari kemungkinan ancaman virus dan malware atau bahkan penyusup yang datang tanpa memiliki hak akses.
  • Manajemen Pengguna
Dalam jaringan komputer perusahaan kelas menengah, seorang admin mempunyai hak dalam mengatur pengguna jaringan tersebut.Disisi lain, admin juga berperan dalam penegakan kebijakan suatu perusahaan saat pengguna lain mengakses jaringan komputer tertentu, seperti memblokir situs sosial media saat jam kerja.
  • Mengatur Cadangan Data (Backup)
Tugas terpenting dari admin yakni sebegai penaggung jawab dalam membuat cadangan data-data penting dari suatu jaringan perusahaan.Backup berfungsi sebagai alat penyimpan cadangan data pada saat terjadi hal-hal yang diluar dugaan, seperti musibah bencana alam, tidak sengaja terhapus ataupun kerusakan pada hardware storage.
  • Troubleshooting Problem
Salah satu pekerjaan wajib dari seorang admin dalam mengatasi masalah troubleshooting pada jaringan. Admin wajib menjaga jaringan perusahaan agar dapat berfungsi secara normal tanpa adanya kendala apapun.
  • Update
Umumnya tugas ini berkaitan dengan perangkat lunak, namun tidak menutup kemungkinan juga perangkat keras.Sebenarnya update merupakan hal sepele yang bisa dilakukan oleh kebanyakan orang. Namun disisi lain update juga memiliki dampak besar pada jaringan perusahaan.

4. Operator

Operator merupakan tingkatan paling rendah dalam penggunaan komputer. Hal ini dikarenakan operator hanya bisa memanfaatkan sumber daya dari sistem komputer itu sendiri tanpa harus menganalisa bahkan membuat aplikasi yang membantu pekerjaan manusia.

5. Konsultan

Seorang brainware yang memiliki pengetahuan dibidang komputerisasi namun biasanya tidak berperan untuk menangani secara langsung, hanya sebagai penasehat yang handal. Bisnis atau perusahaan memerlukan komponen ini untuk mencari solusi terkait cara manajemen sistem informasi yang tepat dan meminimalisir terjadinya data yang tidak dikelola dengan baik.

6. Project Manajer

Seorang komando atau pemimpin dari suatu project tertentu. Biasanya juga disebut sebagai mandor. Dalam sebuah bisnis tentu saja ada beberapa project yang dipimpin oleh seorang project manajer. Komponen ini penting sebagai bentuk pengendalian dan pengawasan.
Braiware memiliki peranan langsung terhadap keoptimalan dalam hal manajemen informasi suatu bisnis yang sedang berkembang. Beberapa peran seorang brainware dalam bisnis antara lain:
  • Sebagai unit manajemen terhadap segala hal yang berkaitan dengan database dalam komputer. Perusahaan atau bisnis harus memiliki komponen brainware sebagai sekelompok orang yang akan mengelola manajemen informasi perusahaan.
  • Sebagai pengendali dan pengawasan terhadap jaringan komputerisasi di dalam perusahaan. Tidak adanya peran brainware dapat berakibat pada kurangnya pengawasan terhadap database perusahaan dan meningkatkan kemungkinan data diretas oleh kompetitor.
  • Seorang pemimpin perusahaan termasuk brainware, yakni sebagai otak atau CPU-nya perusahaan untuk mengendalikan kearah mana perusahaan akan dibawa. Pemimpin yang tidak memiliki kapasitas dibidangnya bisa menyebabkan perusahaan salah arah atau berjalan di tujuan yang menyimpang. Tentu ini akan berakibat buruk bagi kelangsungan perusahaan.
  • Komponen brainware terutama manajer perusahaan berpengaruh paling signifikan terhadap pelaksanaan sistem manajemen untuk menghasilkan sistem informasi yang akurat dan berguna bagi kelangsungan perusahaan.
Dalam sebuah perusahaan bisnis yang sedang berkembang, komponen brainware harus diupayakan untuk dimiliki sebagai langkah untuk menuju keteraturan sistem informasi manajemen. Sistem informasi yang baik menghasilkan informasi-informasi yang bermanfaat secara langsung terhadap perkembangan perusahaan beserta keamanannya.

Tugas Pokok dan Fungsi Brainware

Brainware adalah perangkat intelektual yang memiliki tugas pokok dan fungsi utama yang memiliki tanggung jawab masing-masing. Dari pembuat perangkat lunak sampai pengguna perangkat lunak adalah termasuk dalam brainware, penjelasan lengkap mengenai tugas pokok dan fungsi utama dari brainware adalah sebagai berikut di bawah ini:
  1. Tugas utama dari seorang brainware yang bertugas sebagai administrator sistem adalah menerima laporan leaver, stayer, dugaan cheater (MH, bugs, dll) dari users yang berada di channel dan memproses baned sesuai dengan bukti yang ada. Biasanya brainware seperti ini berada di sebuah sistem yang besar seperti layanan sosial media yang mengawasi para penggunanya, dan melakukan tindakan represif jika terjadi pelanggaran aturan yang berlaku.
  2. Menjaga ketertiban / keteraturan sistem, seorang brainware yang bertugas sebagai administrator akan menjadi penanggung jawab atas segala yang terjadi, jika terjadi suatu konflik di sebuah diskusi sosial media, maka seorang administrator akan melakukan tindakan yang keras seperti banned dan mematikan komentar. Sehingga bisa menghentikan kekacauan yang terjadi, karena jika hal seperti ini marambah ke dunia nyata, maka pihak kepolisian akan mengejar administrator untuk di jadikan tersangka pertama.
  3. Mencegah flooding, seorang brainware akan melakukan atau mencegah kejadian flooding yaitu terjadinya pengulangan kata yang sama dalam waktu bersamaan, sehingga dapat mencegah terjadinya penumpukan data yang akan memberatkan disk penyimpanan pada server.
  4. Mencegah flaming, seperti yang telah di sebutkan tadi, jika terjadi kericuhan pada sebuah diskusi di sosial media, maka seorang admin harus bertanggung jawa atas segala sesuatu yang terjadi, jadi seorang admin harus mencegah flaming atau penggunaan kata-kata yang memancing terjadinya emosi berlebihan.

Contoh Brainware

Berikut ini adalah beberapa contoh dari brainware, yaitu:

Netter

Netter adalah seseorang, individu, organisasi yang akan menggunakan, menjelajah internet untuk dapat mencari suatu informasi. Misalnya, cari situs web yang ada di Internet dan lihat situs itu sebagai penjelajahan. Dengan kata lain, itu bisa disebut sebagai kata kunci explorer.
Misalnya Anda akan menjelajah menggunakan Google dengan mengetikkan kata kunci tertentu. seperti baju maka akan menampilkan situs-situs mengenai baju dan itulah yang juga disebut surfing atau juga menjelajah.

EDP Departement

Pengolah Data Elektronik ini akan mengacu pada penggunaan metode otomatis untuk dapat mengolah data komersial. Secara umum, ini juga relatif mudah karena kegiatan ini diulang untuk memproses sejumlah besar informasi serupa. Manajer EDP menjaga departemen EDP. EDP ​​berarti pemrosesan data elektronik.
Pada dasarnya, ada departemen di semua perusahaan yang menangani seluruh pekerjaan komputer. Ada beberapa perusahaan yang menyebut ini departemen TI, dan beberapa perusahaan lain menyebut departemen ini sebagai departemen komputer.

Network System

Sebuah jenis sistem operasi yang akan ditujukan dalam menangani pada jaringan. Secara umum, sistem operasi terdiri dari banyak layanan yang ditujukan untuk melayani pengguna. Layanan berbagi file, layanan berbagi printer, layanan DNS, layanan HTTP, dll. Istilah ini populer dari akhir 1976 hingga awal 1987-an.



Nah itulah penjelasan mengenai pengertian brainware yang di sertai dengan contoh dan fungsinya, dengan adanya pembahasan seperti ini di harapkan pembaca menjadi lebih memahami tentang brainware, karena kebanyakan orang mengetahui brainware hanya sebatas pengguna komputer, padahal pengguna komputer terbagi menjadi beberapa bidang pekerjaan yang berbeda-beda. Untuk itu dengan adanya artikel ini anda menjadi tahu apa perbedaan dari masing-masing brainware.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Brainware
  • pengertian brainware menurut para ahli
  • pengertian brainware pdf
  • fungsi brainware
  • pertanyaan tentang brainware
  • pembagian brainware
  • jelaskan keterkaitan antara hardware software dan brainware
  • pengertian hardware
  • brainware adalah brainly

Post a Comment for "Brainware : Pengertian, Fungsi, Jenis, Komponen dan Contohnya"