Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Hotel Melipti Sejarah, Fungsi Dan Jenis Hotel Secara Lengkap

Pengertian Hotel Dan Jenis Hotel Secara Jelas

Pengertian hotel 

 Yang dimaksud dengan hotel adalah suatu bangunan atau perusahaan yang menyediakan jasa menginap dan juga menyediakan makanan, minuman serta fasilitas lainnya untuk tamu-tamu yang datang, yang mana seluruh fasilitasnya di peruntukan bagi seluruh masyarakat umum yang datang untuk menginap.


Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

1. Keputusan Menteri Parpostel No. KM 94/HK103/MPPT 1987

Hotel adalah jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bagian untuk memberikan jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman, serta jasa lain bagi masyarakat umum dan dikelola secara komersial.

2. Surat Keputusan Menteri Perhubungan No. PM.10/PW.301/Phb-77

Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial dan disediakan untuk semua orang yang membutuhkan pelayanan penginapan, makan, dan minum.

3. American Hotel & Motel Association

Hotel adalah tempat yang menyediakan penginapan, makan dan minum, serta pelayanan lain yang disewakan kepada para tamu atau orang-orang yang tinggal untuk sementara.

4. Endar Sri, 1996

Hotel adalah bangunan yang dikelola secara komersial untuk memberikan fasilitas penginapan kepada masyarakat umum dengan fasilitas di antaranya pelayanan barang bawaan, makanan dan minuman, fasilitas perabot dan hiasan yang ada di dalamnya, serta jasa pencucian pakaian.

5. Lawson, 1997

Hotel adalah sarana tempat tinggal umum bagi wisatawan yang memberikan pelayanan jasa kamar, makanan dan minuman, serta akomodasi dengan syarat penggunanya harus membayar.


Sejarah Hotel 

Menurut sebagian pendapat, hotel berasal dari kata hostel yang merupakan kosakata dalam bahasa Perancis kuno. Kata tersebut memiliki arti tempat penampungan bagi para pendatang atau bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum.
Pada masa Kerajaan Romawi, terdapat mansion yang dibangun di sepanjang jalan utama sejauh 4 km. Selanjutnya, pada abad pertengahan, di Eropa dibuat peraturan untuk membangun tempat-tempat menginap di sepanjang jalan yang sering dilalui orang yang disebut dengan road side inn.Pada perkembangan selanjutnya, muncullah bangunan-bangunan yang dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat bagi para pengunjung gereja-gereja. Ketika itu, untuk menginap dan mendapatkan fasilitas lainnya, pengunjung tidak dikenakan biaya, hanya diminta untuk memberikan sumbangan sukarela.
Seiring dengan perkembangan zaman, hotel mulai meninggalkan misi sosialnya dan berubah menjadi kegiatan komersial. Setiap tamu yang datang harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkan layanan dan fasilitas hotel.
Agar para tamu merasa nyaman dan betah tinggal berlama-lama di hotel, bangunan hotel pun didesain dengan konsep tertentu dan kamar-kamar dirancang sedemikan rupa sesuai konsep yang dipilih. Akan tetapi, jenis layanan yang diberikan hotel belum banyak berubah.
Tahun 1793 menjadi awal mula berubahnya konsep hotel menjadi lebih sempurna, yaitu dengan dibangunnya City Hotel di lokasi yang kini menjadi New York City. Hotel ini tak hanya mempertimbangkan letak yang strategis, tetapi juga memprioritaskan tempat istirahat yang layak.
Boston’s Tremont House adalah hotel modern pertama dan dibangun pada tahun 1829. Hotel ini memiliki 270 kamar yang sudah dibedakan menjadi tipe kamar single dan double serta memiliki ruang pertemuan. Hotel ini juga menjadi hotel menjadi yang menerima karyawan melalui seleksi.



Fungsi Hotel

  1. Bagi pemiliknya, hotel adalah alat untuk mendapatkan keuntungan finansial serta menyelamatkan dan mengamankan modal yang sudah dikeluarkan untuk membangunnya.
  2. Bagi karyawan, hotel adalah tempat mencari nafkah untuk mendapatkan penghasilan demi pemenuhan kebutuhan hidup yang layak bagi diri dan keluarganya, juga tempat menambah kemampuan dan pengalaman.
  3. Bagi para tamu, hotel berfungsi sebagai tempat menginap sementara yang diharapkan bisa memberikan pelayanan yang nyaman, aman, dan memuaskan.
  4. Bagi pemerintah, keberadaan hotel memiliki fungsi penting untuk menyerap tenaga kerja setempat, menambah pendapatan daerah; dan membantu mempromosikan objek wisata setempat.


Karakteristik Hotel

Perbedaan antara hotel dengan industri lainnya adalah :
  • Industri hotel tergolong industri yang padat modal serta padat karya yang artinya dalam pengelolaannya memerlukan modal usaha yang besar dengan tenaga pekerja yang banyak pula.
  • Dipengaruhi oleh keadaan dan perubahan yang terjadi pada sektor ekonomi, politik, sosial, budaya, dan keamanan dimana hotel tersebut berada.
  • Menghasilkan dan memasarkan produknya bersamaan dengan tempat dimana jasa pelayanannya dihasilkan.
  • Beroperasi selama 24 jam sehari, tanpa adanya hari libur dalam pelayanan jasa terhadap pelanggan hotel dan masyarakat pada umumnya.
  • Memperlakukan pelanggan seperti raja selain juga memperlakukan pelanggan sebagai patner dalam usaha karena jasa pelayanan hotel sangat tergantung pada banyaknya pelanggan yang menggunakan fasilitas hotel tersebut.


Jenis-jenis hotel

Jenis hotel berdasarkan dari lokasinya, diantaranya seperti berikut ini:
  • City Hotel atau Hotel kota yaitu hotel yang lokasinya berada di perkotaan, biasanya hotel ini titujukan untuk masyarakat yang bertujuan untuk tinggal sementara atau tinggal dalam jangka waktu yang lelatif pendek, city hotel sering disebut dengan transit hotel sebab sering dihuni oleh pelaku bisnis.
  • Residential Hotel yaitu hotel yang lokasinya berada di daerah pinggiran perkotaan yang jauh dari keramaian, akan tetapi cukup mudah untuk dapat mencapai berbagai tempat kegiatan usaha. Residential hotel ini biasanya berlokasi di daerah yang tenang sebab ditujukan untuk masyarakat yang ingin menginap dalam jangka waktu yang relative lama.
  • Resort Hotel yaitu hotel yang lokasinya berada di daerah pegunungan atau di tepi-tepi pantai dan lain-lain. Resort hotel ini ditujukan untuk masyarakat yang ingin menginap atau beristirahat pada hari libur dan bagi yang ingin berwisata.
  • Motel yaitu singkatan dari Motor Hotel yang lokasinya berada di pinggiran atau sepanjang jalan raya yang menghubungkan satu kota dengan kota besar lainnya ataupun dengan lokasi lainnya, bisa juga di pinggir jalan raya dekat dengan batas kota besar. Motel ditujukan untuk tempat instirahat sementara bagi orang yang melakukan perjalanan yang cukup jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Krena itu motel selalu menyediakan garasi untuk kendaraan-kendaraan pribadi.
  • Beach Hotel yaitu suatu hotel yang lokasinya berada di dekat pantai.
  • Mountain Hotel yaitu suatu hotel yang lokasinya di daerah pegunungan.
  • Bandara Hotel yaitu hotel yang berada di dekat bandar udara utama.


Pengelompokan Hotel

Hotel dapat dikelompokkan ke dalam berbagai kriteria menurut kebutuhannya. Kriteria yang umum digunakan adalah sebagai berikut: 
  1. Pengelompokan menurut standar, hotel  dibagi menjadi hotel internasional,hotel semi internasional dan hotel nasional
  2. Pengelompokan menurut ukuran, hotel di bagi menjadi hotel yang beroperasi  sepanjang tahun dan hotel yang beroperasi pada musim-musim tertentu. 
  3. Pengelompokan menurut lokasi, hotel di bagi menjadi hotel yang berlokasi didaerah perkotaan, hotel yang berlokasi di pinggiran kota, hotel yang berlokasi di daerah pegunungan atau tepi pantai, hot el yang berlokasi  disepanjang jalan raya yang menghubungkan satu kota dengan kota lain.
  4. Pengelompokan menurut pelayanannya , hotel dibagi menjadi hotel yang memberikan pelayanan untuk tamu-tamu yang akan mengadakan symposium, konferensi, lokakarya, hotel yang me mberikan pelayanan untuk tamu-tamu pemuda dan hotel yang memberikan  pelayanan untuk kelompok-kelompok konferensi tertentu. 


 Pengelompokan Departement Dalam Hotel


Dibawah ini merupakan pengelompokan bebrapa departement dalam hotel,yaitu:
  • Front office Departement
Front Office biasa disebut sebagai jantung hotel,karna Front Office adalah tempat yang paling utama dikunjungi oleh tamu,itu karena tempat Front Office berada dibagian depan.
  • Food And Beverage Service Departement
Food and beverage department adalah bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun yang tidak tinggal di hotel tersebut dan dikelola secara komersial serta profesional.
  • House Keeping Departement
Bagian atau departemen yang bertugas untuk mengatur dan menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya.
  • Accounting Departement
Accounting disebut juga Finance Departement yaitu salah satu bagian dari manajemen hotel yang berfungsi untuk mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan hotel tersebut.
  • Human Resource Departement
Bagian atau unit yang biasanya mengurusi SDM ialah bagian personalia atau “Human Resources Department”. Departemen ini memilki peran yang amat penting di hotel, menangani pemasokan tenaga kerja  yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang sesuai pada department lain yang membutuhkan karywan professional pada bidangnya.
  • Engineering Departement
Pengertian dari Engineering departemen adalah departemen yang bertanggung jawab terhadap sumber air dan listrik hotel,peralatan elektronik.Engineering bertugas jika tamu menyalahgunakan atau kesalahan teknis peralatan di dalam hotel dengan memperbaiki peralatan yang rusak dengan keahliannya sebagai teknisi.
  • Marketing department
suatu bagian yang bertugas memasarkan hotel kepada masyarakat maupun pelanggan agar setiap tahunnya mengalami peningkatan atas tamu-tamu yang menginap dan menggunakan fasilitas-fasilitas hotel.
  • Purchasing department
suatu bagian yang bertanggung jawab atas keseluruhan pembelian pengadaan serta semua kebutuhan hotel.
  • Security Department
suatu bagian yang bertugas menjaga keamanan hotel maupun tamu selama menginap (24 jam)


Klasifikasi Hotel (Berdasarkan Bintang)

Berdasarkan kelasnya, hotel dapat dibedakan menjadi beberapa tingkatan, yaitu hotel bintang, hotel melati, wisma, dan guest house. Perbedaaan keempat kelas hotel tersebut terletak pada jumlah dan jenis kamar serta fasilitas yang disediakan.
Hotel berbintang sendiri dibedakan menjadi beberapa tingkatan yang dilambangkan dengan simbol bintang 1 sampai 5 sesuai Surat Keputusan Dirjen Parpostel No. 22/U/VI/1978. Penilaian terhadap hotel dilakukan oleh Dirjen Pariwisata setiap 3 tahun sekali berdasarkan kriteria berikut.

1. Hotel Bintang 1

  • Jumlah kamar standar minimal 15 dengan luas minimal 20 m2
  • Kamar mandi di dalam

2. Hotel Bintang 2

  • Jumlah kamar standar minimal 20 dengan luas minimal 20 m2
  • Jumlah kamar suite minimal 1 dengan luas minimal 44 m2
  • Kamar mandi dalam, TV, telepon, AC, penerangan, jendela, lobi, sarana olahraga, bar

3. Hotel Bintang 3

  • Jumlah kamar standar minimal 30 dengan luas minimal 24 m2
  • Jumlah kamar suite minimal 2 dengan luas minimal 48 m2
  • Kamar mandi dalam, toilet sendiri, TV, telepon, AC, penerangan, jendela, lobi, sarana olahraga dan rekreasi, bar, restoran, valet parking

4. Hotel Bintang 4

  • Jumlah kamar standar minimal 50 dengan luas minimal 24 m2
  • Jumlah kamar suite minimal 3 dengan luas minimal 48 m2
  • Luas lobi minimal 100 m2
  • Kamar mandi air panas/dingin, TV, telepon, AC, penerangan, jendela, sarana olahraga dan rekreasi, bar, restoran

5. Hotel Bintang 5

  • Jumlah kamar standar minimal 100 dengan luas minimal 26 m2
  • Jumlah kamar suite minimal 4 dengan luas minimal 52 m2
  • Tempat tidur dan perabot kamar berkualitas tinggi
  • Kamar mandi air panas/dingin, TV, telepon, AC, penerangan, jendela, lobi, sarana olahraga dan rekreasi, bar, restoran 24 jam dan makanan bisa diantar ke kamar, valet parking



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Hotel
  • pengertian hotel wikipedia
  • pengertian hotel menurut para ahli
  • pengertian hotel dalam bahasa inggris
  • pengertian hotel menurut para ahli tahun 2013
  • pengertian hotel brainly
  • pengertian hotel pdf
  • pengertian hotel menurut para ahli tahun 2015
  • pengertian hotel dan klasifikasinya

Post a Comment for "Pengertian Hotel Melipti Sejarah, Fungsi Dan Jenis Hotel Secara Lengkap"