Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Alur Meliputi Jenis Alur dan Unsurnya Secara Lengkap

Pengertian Alur Dan Macamnya Serta Unsurnya

Pengertian Alur

Alur ialah struktur rangkaian dari kejadian-kejadian didalam sebuah cerita yang disusun secara kronologis. Addapula pengertian lain dari alur ialah sebuah rangkaian cerita dari awal hingga akhir. Alur mengatur seperti apa tindakan-tindakan yang ada didalm cerita dan harus berkaitan satu sama lain. Dan seperti bagaimana sebuah peristiwa berkaitan dengan peristiwa yang lainnya, kemudian bagaimana tokoh yang digambarkan dan juga berperan di dalam cerita yang keseluruhannya terkait dengan sebuah kesatuan waktu.


Pengertian Alur Menurut Para Ahli

Adapun alur menurut para ahli yang diantaranya yaitu:
  • Menurut Aminudin

Alur merupakan rangkaian cerita yang dibentuk oleh tahapan-tahapan peristiwa sehingga menjalani suatu cerita bisa berbentuk dalam rangkaian peristiwa yang berbagai macam. Alur atau Plot ialah struktur rangkaian kejadian dalam cerita yang disusun sebagai sebuah interelasi fungsional yang sekaligus menandai urutan bagian-bagian dari keseluruhan fiksi “semi”.
  • Menurut Stanton “Dalam Nurgiyantoro”
Mengemukakan bahwa plot ialah cerita yang berisi urutan kejadian, namun tiap kejadian itu hanya dihubungkan secara sebab akibat peristiwa yang satu disebabkan atau menyebabkan terjadinya peristiwa yang lain.
  • Menurut Rusyana
Mengemukakan bahwa “alur bukan sekedar urutan cerita dari A sampai Z, melainkan merupakan hubungan sebab-akibat peristiwa yang satu dengan peristiwa yang lain di dalam cerita”.
  • Menurut Foster “Dalam Tuloli 2000”
Mengemukakan plot merupakan rentetan peristiwa dalam suatu fiksi “novel dan cerpen” tersusun dalam uraian waktu dan berdasarkan hukum sebab akibat. Plot sama dengan kerangka cerita yang menjadi susunan struktur cerita.
Berdasarkan pendapat ahli diatas dapat disimpulkan bahwa alur/plot ialah rangkaian peristiwa yang dihubungkan oleh sebab akibat peristiwa yang satu dengan yang lainnya dalam cerita.


Tahapan Alur

1. Tahap pengenalan

Tahap pengenalan adalah tahapan awal cerita yang akan digunakan untuk mengenalkan tokoh, latar, situasi, waktu, atau lain sebagainya.

2. Tahap pemunculan konflik

Tahap pemunculan konflik adalah tahap yang dimunculkannya masalah. Tahap ini ditandai dengan adanya ketegangan ataupun perdebatan antar tokoh.

3. Tahap konflik memuncak

Tahap konflik yang memuncak maupun biasa juga disebut dengan klimaks adalah tahap di mana ada permasalahan atau ketegangan berada pada titik paling puncak.

4. Tahap konflik menurun

Tahap konflik menurun atau biasa juga disebut disebut antiklimaks adalah tahap di mana ada masalah mulai dapat diatasi atau ketegangan berangsur-angsur menghilang.

5. Tahap penyelesaian

Tahap penyelesaian merupakan tahap di mana ada konflik yang sudah terselesaikan. Sudah tidak ada permasalahan ataupun ketegangan antar tokohnya,oleh karena itu telah menemukan penyelesaiannya.



Jenis-Jenis Alur

Untuk penjelasan yang selanjutnya kita akan membahas tentang macam-macam dari alur. Di dalam sebuah alur terdapat 3 jenis alur dan kaliini kita akan menjelaskannya agar para pembaca bisa mendapatkan sebuah informasi yang lengkap. Oleh karena itu langsung saja kita lanjutkan pembahasannya berikut ini.

1. Alur Maju

Alur maju ialah peristiwa yang ditampilkan secara kronologis, maju dan secara berurut dari tahap awal, tahap tengah, hingga sampai tahap akhir cerita. Pada nbiasanya alur ini sering digunakan oleh seorang penulis pemula, dengan membuat sebuah cerita menggunakan alur ini kemudian bisa terbangun sebuah kebiasaan menulis untuk mereka karena jika menggunakan alur ini tidak begitu sulit didalam mengarang ataupun membuuat sebuah cerita. Dan alur ini pada umumnya digunakan pada sebuah cerita yang mudah untuk dipahami ataupun dicerna, contohnya seperti cerita bagi anak-anak. Namun bukan berarti alur ini tidak bisa digunakan kepada cerita yang serius, yakni seperti drama dan yang lainnya.

2. Alur Mundur

Alur mundur ialah alur yang ceritanya dimulai dengan sebuah penyelesaian. Alu ini juga sering ditemukan pada cerita yang menggunakan setting waktu pada masa lampau. Dan penulis yang sering menggunakan alur ini haris pintar didalam menyusun cerita agar tidak membuat para pembaca menjadi kebingungan.

3. Alur Campuran

Alur campuran ialah alur yang diawali dengan sebuah klimaks dari sebuah cerita, dan kemudian malihat kembali masa lalu ataupun masa lampau dan kemudian diakhiri dengan sebuah penyelesaian dari cerita tersebut. Sedangkan alur ini akan mudah untuk digunakan di dalam pembuatan cerita jika sipengarang cerita memahami cara mengatur plot ceritanya.

4. Alur Antiklimaks

Alur Antiklimaks adalah alur yang susunan peristiwanya makin menurun dari peristiwa menegangkan kemudian menjadi kendor dan berakhir dengan peristiwa biasa.

5. Alur Kronologis

Alur Kronologis adalah alur yang susunan peristiwanya berjalan sesuai dengan urutan waktu. Dalam alur ini terdapat hitungan jam, menit, detik, hari dan sebagainya.



Unsur-Unsur Alur

Secara umum unsur-unsur alur bisa dijelaskan yang ada dibawah berikut ini:
  • Pengenalan cerita, Pada bagian ini, pengarang akan memperkenalkan tokoh utama, penataan adegan cerita dan hubungan antar tokoh yang terdapat didalam sebuah cerita. 
  • Awal konflik, Pada bagian ini sih pengarang atau pembuat cerita akan memunculkan bagian-bagian dalam sebuah cerita yang bisa menimbulkan suatu permasalahan. 
  • Menuju konflik. Sih Pengarang cerita akan meningkatkan suatu permasalahan yang dialami olah tokoh.
  • Konflik memuncak atau klimaks. Pada bagian yang satu ini merupakan puncak dari permasalahan yang dihadapi oleh sih tokoh, pada bagian ini juga tokoh di dalam cerita akan dihadapkan dalam sebuah penentuan akhir yang akan dialaminya, keberhasilan atau kegagalan biasanya menjadi suatu penentuan nasib tokoh didalam cerita. 
  • Penyelesaian atau ending. Akhir dari cerita, pada bagian ini akan menjelaskan bagaimana nasib sih tokoh dalam cerita tersebut apakah endingnya bahagia, buruk, ataupun menggantung.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Alur

  • pengertian alur menurut para ahli
  • pengertian alur maju
  • pengertian alur datar
  • pengertian alur sirkuler
  • pengertian latar
  • alur adalah brainly
  • tahapan alur
  • terangkan pengertian alur tunggal

Post a Comment for "Pengertian Alur Meliputi Jenis Alur dan Unsurnya Secara Lengkap"