Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ilmu Komunikasi Meliputi Macam, Jenis, Komponen, Contoh

Pengertian Ilmu Komunikasi 


 Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara beromunikasi serta menggunakan berbagai alat komunikasi sebagai saran komunikasi terhadap masyarakat.
Adapun definisi ilmu komunikasi yang lain yaitu ilmu yang mempelajari cara-cara untuk mentransfer ide dari satu individu atau grup ke individu ataupun ke grup yang lainnya. Proses transfer itu sendiri dapat melalui media tertulis, lisan, maupun media yang lainnya.
Sedangkan pengertian ilmu komunikasi menurut para ahli atau beberapa pakar dalam buku Sasa Djuarsa Sendjaja, Pengantar Ilmu Komunikasi, salah satunya yaitu Berelson & Stainer, 1964 mengatakan bahwa komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian, dan lain-lain menggunakan simbol-simbol, seperti kata-kata, gambar, angka, dan lain-lain.


Pengertian Ilmu Komunikasi Menurut Para Ahli

Memang banyak sekali yang mendefinisikan komunikasi oleh para ahli namun kali ini ada salah satu pakar yang akan menjelaskan komunikasi yaitu proses dimana adanya pihak yang akan menggunakan informasi untuk mencapai tujuan bersama-sama dan komunikasi akan memiliki kaitan hubungan erat oleh penerus rangsangan dan pembangkit balasannya. Dalam suatu organisasi sangat dibutuhkan sekali komunikasi untuk mencapai tujuan organisasinya. Dalam penyampaian pesan haruslah tepat dan sesuai dengan yang disampaikan. Berkomunikasilah dengan baik dan benar usahakan jangan sampai membuat orang lain sakit hati karena anda salah bicara.

Namun ada beberapa opini yang berpendapat mengenai pengertian ilmu komunikasi menurut Anwar Arifin, komunikasi merupakan suatu konsep yang berdasarkan multi makna. Untuk makna tersebut dapat dibedakan dari proses sosial komunikasinya yang terdapat dalam konteks ilmu sosial. Secara umum pendekatan komunikasi lebih berfokus kepada kegiatan manusia dan perilaku yang mereka lakukan. Komunikasi memang akan berjalan jika adanya gerakan atau kegiatan yang akan dilakukan oleh manusia, apapun kegiatannya pasti akan ada komunikasi antara satu orang dengan yang lainnya. Selain itu ada juga yang mengatakan bahwa komunikasi menurut David K. Berlo merupakan instrumen karena adanya interaksi sosia yang dapat berguna bagi sebagian orang untuk memprediksi dan mengetahui setiap kegiatan orang lain, serta juga dapat mengetahui keberadaan sendiri untuk menciptakan keseimbangan di dalam masyarakat.

Ada juga yang berpendapat tentang komunikasi menurut Bernard Berelson dan Gary A Stainer merupakan transmisi-transmisi, gagasan, emosi, serta keterampilan dengan menggunakan simbol-simbol sebagai ciri khas dari transmisi komunikasi. Tindakan seperti itulah yang disebut komunikasi. Komunikasi sendiri merupakan hal yang semua orang bisa lakukan. Pengertian ilmu komunikasi menurut pendapat para ahli diatas bisa anda jadikan sebagai acuan untuk suatu pembelajaran. Jangan lupa untuk selalu mengolah kata ejaan yang baik dan benar agar dapat berkomunikasi dengan orang lain.


Ruang Lingkup Ilmu Komunikasi yang Dipelajari 

Komunikasi yang dilakukan oleh setiap orang tidak memiliki batas sehingga bisa dikatakan bahwa ruang lingkup ilmu komunikasi sangat luas. Kegiatan komunikasi dilakukan oleh setiap manusia setiap hari dimanapun mereka berada. Meski begitu ruang lingkupnya masih dapat dipelajari, meliputi telaah yang digunakan untuk melihat kegiatan komunikasi setiap orang.

Lebih jelasnya ada beberapa lingkup komunikasi yang menjadi sasaran utama yaitu ada komunikasi sosial, komunikasi bisnis, komunikasi organisasi, komunikasi tradisional, komunikasi pembangunan, komunikasi antarbudaya, komunikasi international dan komunikasi politik. Bisa dikatakan bahwa ruang lingkup ilmu komunikasi mencakup pada bidang tersebut. Semua bidang tersebut membutuhkan komunikasi yang baik agar dapat menarik perhatian seluruh orang.

Macam-Macam Komunikasi


Elemen dasar komunikasi menjadikan objek studi tentang teori komunikasi:

  • Sumber
Shannon mengatakan unsur ini sebagai “sumber informasi”, yang “menghasilkan urutan pesan yang akan dikomunikasikan ke terminal penerima.”

  • Pengirim
Shannon menyebut unsur ini sebagai “pemancar/penyebar”, yang “beroperasi pada pesan dalam beberapa cara untuk menghasilkan sinyal yang cocok untuk meneruskannya melalui saluran tersebut.” Oleh Aristoteles, unsur ini disebut “speaker” (orator).

  • Channel
Bagi Shannon, saluran tersebut ialah “hanya media yang digunakan untuk mengirimkan sinyal dari pemancar ke penerima.”

  • Penerima
Untuk Shannon, penerima ialah “melakukan operasi kebalikan dari yang dilakukan oleh pemancar, dengan merekonstruksi pesan dari sinyal.”

  • Tujuan
Untuk Shannon, tujuan ialah “orang (atau suatu hal) kepada siapa pesan ini ditujukan”.

  • Pesan
dari bahasa Latin mittere, “untuk mengirim”. Pesannya berupa sebuah konsep, informasi, komunikasi, atau pernyataan yang dikirim dalam bentuk, ditulis, direkam, atau bentuk visual verbal kepada penerima.

  • Tanggapan
    Elemen entropik, positif dan negatif


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Ilmu Komunikasi

  • pengertian ilmu komunikasi pdf
  • definisi komunikasi
  • sejarah teori komunikasi
  • tujuan ilmu komunikasi
  • makalah pengertian ilmu komunikasi
  • pengertian ilmu komunikasi secara etimologi
  • artikel ilmu komunikasi
  • proses komunikasi

Post a Comment for "Pengertian Ilmu Komunikasi Meliputi Macam, Jenis, Komponen, Contoh"