Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kegiatan Ekonomi Meliputi Tujuan, Macamnya dan Contohnya Secara Lengkap

Pengertian Kegiatan Ekonomi Dan Contohnya

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Definisi atau Pengertian kegiatan ekonomi bahwa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan barang atau jasa tertentu sesuai dengan kebutuhannya. Kegiatan ekonomi, juga dapat dikatakan sebagai kegiatan untuk mencapai kesejahteraan dalam hidupnya. Selain itu, kegiatan ekonomi juga dapat diartikan sebagai cara untuk mendapatkan maupun mencapai tujuan. Dalam hal ini barang dan jasa. Jadi, dapat dikatakan bahwa kegiatan ekonomi bertujuan untuk kemakmuran hidup individu.
Beranjak dari pengertian kegiatan ekonomi, kita masuk pada jenis atau macam-macam dari kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu kegiatan produksi, kegiatan distribusi dan kegiatan konsumsi. Nah, apabila Anda adalah salah satu siswa atau mahasiswa ekonomi, Anda pasti tidak asing dengan hal tersebut. Anda harus mampu memahami kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi. Bahkan, Anda juga dapat turut melakukan kegiatan produksi. Contohnya adalah apabila Anda ingin membuat usaha seperti menjajakan gorengan atau es lilin. Kegiatan ekonomi yang pastinya sering Anda lakukan adalah kegiatan konsumsi. Kegiatan ini dilakukan sehari-hari. Contohnya adalah ketika Anda ingin membeli pakaian atau bahkan jajanan. Jadi, Anda juga sebenarnya telah melakukan kegiatan ekonomi yang ada.


Tujuan Kegiatan Ekonomi

Secara umum tujuan kegiatan ekonomi adalah untuk memenuhi segala kebutuhan manusia di dalam hidupnya, yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.
Dalam upaya untuk memenuhi tujuan kegiatan ekonomi tersebut, manusia melakukan berbagai hal. Mulai dari memproduksi barang atau jasa, melakukan proses distribusi produk, hingga penggunaan (konsumsi) terhadap produk tersebut.





Macam - Macam Kegiatan Ekonomi

Adapun jenis dari kegiatan ekonomi dibagi kedalam 3 (tiga) macam, dan penjelasannya di bawah ini:

1. Kegiatan produksi.
Kegiatan ekonomi ini adalah sebuah kegiatan ataupun pekerjaan yang dapat menghasilkan barang atau produk dan jasa. Tujuan dari kegiatan produksi ini yaitu untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen. Sedangkan tujuan pihak produsen sendiri yaitu untuk mencari keuntungan atau laba dari kegiatan ini. Contoh dari kegiatan produksi misalnya seperti: kegiatan membuat sepatu, kain atau pakaian, kue, motor, mobil dan lain sebagainya dengan tujuan untuk di pasarkan atau di jual. Atau seperti jasa yang menawarkan jasa sedot wc, pangkas rambut, perbaikan elektronik (servis), jasa tukang kebun dan lain sebagainya.
Beberapa jenis barang yang dihasilkan dari kegiatan produksi adalah:
  • Barang mentah
  • Barang setengah jadi
  • Barang jadi


2. Kegiatan distribusi
Lalu kegiatan distribusi adalah sebuah pekerjaan yang bertujuan untuk menyalurkan produk atau barang maupun menyalurkan jasa kepada para konsumen yang akan membeli produk atau memakai jasa tersebut tentunya mendistribusikanya dengan memakai cara tertentu. Yang melakukan distribusi disebut dengan distributor atau kita sering menyebutnya penyalur, dan yang melakukan distribusi ini bisanya agen dan pedagang besar. Contoh dari pekerjaan distribusi misalnya seperti: agen surat kabar, agen tenaga kerja, agen yang menjual makanan dan lain sebagainya.

Adapun beberapa aktivitas dalah kegiatan distribusi adalah sebagai berikut:
  • Pembelian dari produsen
  • Pengangkutan barang
  • Pengepakan (pengemasan)
  • Penjualan ke pedagang pesar (grosir)
  • Penyimpanan di gudang
  • Standarisasi mutu barang
  • Klasifikasi barang
  • Promosi barang
  • Penyaluran barang


3. Kegiatan konsumsi
Dan kegiatan konsumsi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh konsumen dalam memakai atau menggunakan suatu produk dan jasa yang diproduksi oleh produsen. Tujuan konsumen dari kegiatan ini yaitu untuk memenuhi keperluan sehari-harinya atau kebutuhan hidupnya. Contoh dari kegiatan ini misalnya seperti: Kita makan di warung nasi atau warteg, membeli cemilan di warung, membeli pakaian model terbaru di toko atau pasar, membeli gadget terbaru. Atau seperti menggunakan jasa pangkas rambut, berobat ke puskesmas jika sakit, memakai jasa sedot wc, memakai jasa tukang kebun, memakai jasa servis elektronik dan lain sebagainya.

Adapun beberapa pelaku utama kegiatan konsumsi adalah sebagai berikut:
  • Rumah tangga keluarga
  • Pemerintah
  • Industri atau perusahaan


Contoh Kegiatan Ekonomi

Ada banyak sekali contoh kegiatan ekonomi yang ada di sekitar kita. Semua kegiatan ekonomi tersebut memiliki dampak besar bagi kehidupan bermasayarakat. Artinya, satu kegiatan ekonomi akan mempengaruhi kegiatan ekonomi lainnya.
Untuk melengkapi artikel ini, berikut adalah beberapa contoh sederhana kegiatan ekonomi yang sering berlangsung sehari-hari:
No.KegiatanJenisPihak yang DiuntungkanKeuntungan yang Didapatkan
1Bertani/ Berkebun/ BerladangProduksiMasyarakat yang membutuhkan bahan makananKebutuhan primer (makan) dapat terpenuhi
2Menjual PakaianDistribusiMasyarakat yang membutuhkan pakaianKebutuhan sekunder (sandang) terpenuhi
3Makan nasi, sayur, dan buahKonsumsiPedagang bahan makanan dan masyarakat yang membutuhkan makananPedagang mendapatkan uang, dan pembeli mendapatkan bahan makanan
4Menjual semenDistribusiMasyarakat yang sedang membuat bangunanProses pembangunan menjadi lancar
5Menangkap ikan di lautProduksiMasyarakat yang membutuhkan laukKebutuhan akan lauk dan protein dapat terpenuhi


Contoh Soal Kegiatan Ekonomi

Contoh Soal 1

Manakah pertanyaan yang benar berkaitan dengan kegiatan ekonomi?
a. Kegiatan ekonomi terdiri dari kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi
b. Kegiatan ekonomi hanya menghasilkan barang saja
c. Kegiatan konsumsi hanya dilakukan oleh rumah tangga saja
d. Kegiatan distribusi adalah kegiatan tunggal
e. Minyak bumi bukan merupakan hasil dari kegiatan produksi
Jawaban:
(a). kegiatan ekonomi terdiri dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Jawaban (b) salah karena kegiatan ekonomi menghasilkan barang dan jasa. Jawaban (c) salah karena kegiatan konsumsi juga dilakukan oleh pemerintah dan industri, jawaban (d) salah karena kegiatan distribusi terdiri dari beberapa aspek seperti pengemasan, pengangkutan, penyimpanan dan lainnya, jawaban (e) salah karena minyak bumi merupakan hasil dari kegiatan produksi di bidang ekstratif

Contoh Soal 2

Berikut ini yang tidak termasuk dalam faktor produksi adalah…
a. sumber daya alam
b. sumber daya manusia
c. modal
d. kewirausahaan
e. barang jadi
Jawaban (e) barang jadi. Barang jadi merupakan hasil dari kegiatan produksi. Sementara sumber daya alam, sumber daya manusia, modal dan kewirausahaan adalah faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan produksi.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Kegiatan Ekonom
  • kegiatan ekonomi produksi
  • kegiatan ekonomi distribusi
  • jenis kegiatan ekonomi
  • tujuan kegiatan ekonomi
  • pengertian kegiatan ekonomi produksi
  • pelaku kegiatan ekonomi
  • kegiatan ekonomi pekerjaan
  • sebutkan jenis-jenis kegiatan ekonomi

Post a Comment for "Pengertian Kegiatan Ekonomi Meliputi Tujuan, Macamnya dan Contohnya Secara Lengkap"