Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Lembaga Ekonomi : Struktur, Ciri, Tujuan, Fungsi dan Contohnya

Pengertian Lembaga Ekonomi Dan Contohnya Serta Fungsinya
Apakah itu lembaga ekonomi? mungkin kita pernah atau sering mendengar mengenai lembaga ini, tapi apakah arti dan fungsi lembaga ini? Untuk memahaminya mari kita baca dan pelajari di bawah ini.

Pengertian lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi adalah suatu lembaga yang memiliki kegiatan di bidang ekonomi demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Atau definisi dari lembaga ekonomi yang lainnya yaitu suatu lembaga yang mengatasi berbagai masalah mengenai cara produksi, pendistribusian atau pelayanan suatu jasa yang di perlukan oleh masyarakat supaya kebutuhan masyarakat tersebut dapat terpenuhi.


Tujuan Lembaga Ekonomi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa tujuan dari lembaga ekonomi adalah membangun perekonomian masyarakat agar terpenuhi segala kebutuhan kompleks masyarakat secara berkelanjutan

Fungsi Lembaga Ekonomi

Bahasan kali ini adalah tentang fungsi lembaha ekonomi. Menurut Kornblun, lembaga ekonomi berfungsi mengatur pembagian kerja dalam kehidupan manusia. Disamping itu lembaga ekonomi memiliki fungsi manifes yaitu:
  1. Lembaga ekonomi berfungsi sebagai pedoman untuk memperoleh bahan pangan.
  2. Lembaga ekonomi berfungsi sebagai pedoman dalam penentuan harga jual beli barang.
  3. Lembaga ekonomi berfungsi sebagai pedoman dalam rangka meggunakan tenaga kerja.
  4. Lembaga ekonomi berfungsi sebagai pedoman tentang tata cara pengupahan.
  5. Lembaga ekonomi berfungsi sebagai pedoman tentang tata cara pemutusan hubungan kerja.
  6. Lembaga ekonomi berfungsi sebagai identitas didi masyarakat.


Unsur Unsur Lembaga Ekonomi

  • Pola Perilaku
Dalam lembaga ekonomi akan menimbulkan suatu pola perilaku seperti efisiensi, penghematan, profesionalisme dan mencari keuntungan.
  • Budaya Simbolis
Dalam lembaga ekonomi akan muncul budaya simbolis seperti merk dagang, slogan, hak paten dan lagu komersial
  • Budaya Manfaat
Dalam lembaga ekonomi akan timbul budaya manfaat seperti pabrik, kantor, toko, pasar, formulir, blangko dan lainnya.
  • Kode Spesialisasi
Dalam lembaga ekonomi akan timbul kode speialisasi seperti kontrak monopoli, akte perusahaan, kontrak, lisensi dan lain sebagainya.
  • Ideologi
Dalam lembaga ekonomi akan muncul suatu ideologi ekonomi seperti tanggung jawab, manajerial, kebebasan berusaha, hak buruh, liberalisme dan lain sebagainya.

Bagian–bagian Lembaga Ekonomi

  • Produksi
Ini merupakan kegiatan yang dapat menghasilkan produk atau jasa yang di perlukan oleh konsumen, dengan tujuan untuk mencari keuntungan biasanya laba.
  1. Ekstraktif yaitu produksi yang mengambil secara langsung dari alam, tanpa mengubah bentuk dan sifat barang tersebut.
  2. Agraris yaitu kegiatan mengolah tanah untuk ditanami tanaman atau tumbuhan yang nantinya akan menghasilkan sesuatu misalnya seperti buah, sayur, kayu dan lain sebagainya.
  3. Industri yaitu produksi yang mengolah bahan baku atau bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi.
  4. Perdagangan yaitu kegiatan yang bergerak di bidang jual-beli barang atau jual-beli jasa.
  5. Jasa yaitu produksi dengan cara menyediakan layanan yang di butuhkan oleh konsumen.

  • Konsumsi/konsumen
Konsumen atau pembeli yaitu orang yang memakai produk atau jasa yang di perjual-belikan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau kebutuhan sehari-harinya.
  • Distribusi
Distribusi merupakan kegiatan menyalurkan barang yang di produksi kepada pembeli atau konsumen, yang mendistribusikan barang biasanya disebut dengan agen atau sering disebut juga dengan penyalur barang. Sedangkan pemasaran kegiatan yang menjual barang hasil produksi atau jasa kepada konsumen.


Macam Macam Lembaga Ekonomi

Dilihat dari sistem perekonomian, di dalam lembaga ekonomi sendiri terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya;

A. Komunis

Komunis merupakan sala satu sistem perekonomian yang akan menegaskan bahwa semua kekayaan yang dimiliki masyarakat adalah milik negara. Dalam perekonomian ini mengedepankan aspek kepedulian bersama dan juga rasa kebersamaan.namun, Sistem perekonomian komunis pada saat ini masih tersisa di beberapa negara,yang misalnya Negara Rusia, China,& Korea Utara.

B. Kapitalis

Aspek yang ada dalam macam lembaga ekonomi selanjutnya ialah kapitalis, definisi dari perekonomian ini mengutamakan persaingan antar masyarakat. Kekayaan yang miliki sendiri, tanpa ada urusan negara. Adapun beberapa negara yang akan menjalankan sistem perekonomian kapitalis yang misalnya saja Amerika Serikat, Singgapura,atau yang lain sebaginya.

C. Pancasila

yang pada khususnya pada sistem perekonomian ini sangat tidak asing lagi bagi warga negara di Indonesia, bagimana tidak?, lantaran Pancasila sebagai Idiologi bangsa Indonesai juga akan diteraakan dalam perekonomian. Intisari dari perekonomian ini sendiri ialah akan berada di antara komunis dan kapitalis, yang akan menggabiungkan keadilan, kemakmuran, maupun kepercayaan.Ciri Lembaga Ekonomi
Penjelasan mengenai pengertian atau juga jenis terhadap lembaga ekonomi di atas. Penting pula yang diketahui bahwasanya ada sejumlah kesamaan dari semuanya yang terutama dalam ciri ataupun karakteristik yang ada di dalam lembaga perekonomian, dinatarnya yakni;
  • Mengawasi Jalannya Ekonomi

Sifat tetap dalam lembaga ekonomi ialah dapat berfungsi sebagai untuk memberikan pengawasan dalam kegiatan perkonomian, pengawasan ini sering dilakukan dengan membentuk badan khusus yang akan menaunginya. Dalam masyarakat Indonesia lembaga ekonomi bisa diawasi dengan OJK, Kementrian Perekonomian, atau lembaga-lembaga lainnya.
  • Bersifat Kokoh

Karakteristik selanjutnya dari lembaga ekonomi ialah bersifat kokoh. Kokoh yang dalam artian memiliki payung hukum yang tetap dan tidak bisa digangu gugat,dalam keadaan ini berfungsi agar lembaga ekonomi saat lebih maksimal untuk dapat menjalankan suatu tugasnya.
  • Asas Gotong Royong

Khusus pada ciri lembaga ekonomi di Indonesia asas ini haruslah dimiliki, dengan rasa kekeluargaan antara satu wilayah ataupun masyarakat maka pembangunan ekonomi dan tahap perencanaannya akan lebih mudah untuk dapat dikerjakannya, sebagaimana kondisi ini sering dilakukan pula oleh negara-negara di dunia.



Contoh Lembaga Ekonomi

Contoh lembaga ekonomi yang mudah kita kenali adalah seperti:
  1. Lembaga keuangan, adalah lembaga yang usaha utamanya dalam bidang keuangan seperti menyediakan (memfasilitasi) modal dari pihak yang memiliki dana kepada pihak yang membutuhkan dana dan di bidang jasa lalu lintas pembayaran.
  2. BUMN, merupakan Badan Usaha Milik Negara uang sumber modalnya sebagian besar berasal dari Negara.
  3. Koperasi, adalah sekumpulan orang atau badan hukum yang mempunyai visi yang sama yaitu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya.
  4.  Kementerian Perindustrian
  5. Kementerian Perdagangan
  6. Kementerian Pertanian
  7. Kementerian Perikanan dan Kelautan



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Lembaga Ekonomi

  • tujuan lembaga ekonomi
  • macam macam lembaga ekonomi
  • peran lembaga ekonomi
  • struktur lembaga ekonomi
  • fungsi laten lembaga ekonomi
  • gambar lembaga ekonomi
  • pengertian lembaga politik
  • sebutkan lembaga ekonomi di indonesia

Post a Comment for "Pengertian Lembaga Ekonomi : Struktur, Ciri, Tujuan, Fungsi dan Contohnya"