Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Manajemen Pendidikan Meliputi Tujuan, Fungsi, Prinsip, Manfaat dan Ruang Lingkup

Manajemen Pendidikan: Pengertian, Ruang Lingkup, Fungsi, dan Tujuannya Via: pahlevi.net

Pengertian Manajemen Pendidikan

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses dari perencanaan, penorganisasian, pengarahan, pengawasan, dan penilaian usaha-usaha pendidikan agar bisa mencapai tujuan pendidikan yang sudah di tetapkan sebelumnya.
Atau definisi manajemen pendidikan yang lainnya yakni adalah suatu bentuk kerjasama antar pihak-pihak pendidikan demi pencapai suatu target pendidikan yang sudah di tetapkan sebelumnya.

Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli

Beberapa ahli pernah menjelaskan pengertian manajemen di bidang pendidikan, diantaranya adalah:

1. Syarif (1976:7)

Menurut Syarif, pengertian manajemen pendidikan adalah segala usaha bersama untuk mendayagunakan sumber-sumber “personil maupun materiil” secara efektif dan efisien untuk menunjang tercapainya pendidikan.

2. Sutisna (1979:2-3)

Menurut Sutisna, pengertian manajemen bidang pendidikan adalah keseluruhan “proses” yang membuat sumber-sumber personil dan meteriil sesuai yang tersedia dan efektif bagi tercapainya tujuan-tujuan bersama di bidang pendidikan.

3. Djam’an Satori (1980:4)

Menurut Djam’an Satori, pengertian manajemen pendidikan adalah  keseluruhan proses kerjasama dengan memanfaatkan semua sumber personil dan materil yang tersedia dan sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.

4. Made Pidarta (1988:4)

Menurut Made Pidarta, pengertian manajemen pendidikan adalah aktivitas memadukan berbagai sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya.

5. Soebagio Atmodiwirio (2003:23)

Menurut Soebagio Atmodiwirio, manajemen pendidikan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.

6. Engkoswara (2001:2)

Menurut Engkoswara, manajemen pendidikan adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana menata sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara produktif dan bagaimana menciptakan suasana yang baik bagi manusia yang turut serta di dalam mencapai tujuan yang disepakat bersama.

7. Hadari Nawawi (1981:11)

Menurut Hadari Nawawi, pengertian manajemen di bidang pendidikan adalah rangkaian kegiatan pengendalian usaha kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan pendidikan, secara berencana dan sistematis yang diselenggarakan di lingkungan tertentu, terutama lembaga pendidikan formal.

8. W. Haris

Menurut W. Haris, manajemen pendidikan adalah suatu proses pengintegrasian segala usaha pendayagunaan sumber-sumber personalia dan material sebagai usaha untuk meningkatkan secara efektif pengembangan kualitas manusia.

9. Purwanto dan Djojopranoto (1981:14)

Menurut Purwanto dan Djojopranoto, pengertian manajemen pendidikan adalah suatu usaha bersama yang dilakukan untuk medayagunakan semua sumber daya baik manusia, uang, bahan dan peralatan serta metode untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

10. Stephen J. Kneziech

Menurut Stephen J. Kneziech,  manajemen pendidikan merupakan sekumpulan fungsi-fungsi organisasi yang memiliki tujuan utama untuk menjamin efisiensi dan efektivitas pelayanan pendidikan, sebagaimana pelaksanaan kebijakan melalui perencanaan, pengambilan keputusan, perilaku kepemimpinan, penyiapan alokasi sumber daya, stimulasi dan koordinasi personil dan iklim organisasi yang kondusif.

11. Daryanto (1998:8)

Menurut Daryanto, pengertian manajemen pendidikan adalah suatu cara bekerja dengan orang-orang dalam rangka usaha mencapai tujuan pendidikan yang efektif.

12. Dasuqi dan Somantri (1992:10)

Menurut Dasuqi dan Somantri, manajemen pendidikan merupakan upaya penerapan kaidah-kaidah manajemen dalam bidang pendidikan.

13. Sagala (2005:27)

Sedangkan Sagala mengatakan pengertian manajemen pendidikan adalah penerapan ilmu manajemen dalam dunia pendidikan atau sebagai penerapan manajemen dalam pembinaan, pengembangan dan pengendalian usaha dan praktek-praktek pendidikan.

14. Menurut Gaffar

Menurut Gaffar, manajemen pendidikan adalah suatu proses kerja sama yang sistematis, sistemik, dan komprehensif dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

15. Mulyasa (2002:19)

Manajemen pendidikan menurut Mulyasa diartikan sebagai segala sesuatu yang berkenaan dengan pengelolaan proses pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, baik tujuan jangka pendek, menengah, dan tujuan jangka panjang.


Fungsi Manajemen Pendidikan

Manajemen pendidikan memiliki fungsi yang sama dengan fungsi manajemen secara umum yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Namun dalam manajemen pendidikan fungsi manajemen tersebut lebih spesifik menangani bidang pendidikan. Berikut penjelasan mengenai fungsi-fungsi manajemen pendidikan :
  1. Perencanaan

Pelaksanaan perencanaan diatur dan disesuaikan dengan sumber daya yang dimiliki. Pada dunia pendidikan perencanaan disusun untuk mengarahkan pada tujuan pendidikan secara menyeluruh dan menggunakan metode terbaik untuk meraihnya. Hasil dari perencanaan dapat  berupa peta kerja dalam pencapaian tujuan seperti rencana strategis lembaga pendidikan dalam pencapaian visi dan misi, rencana pembelajaran semester (RPS), kurikulum dan silabi mata pelajaran/kuliah, dan lainya. 
  1. Pengorganisasian

Fungsi pengorganisasian dalam manajemen pendidikan memiliki tujuan untuk membagi tugas besar menjadi aktivitas yang lebih sederhana. Fungsi ini memudahkan dalam pelaksanaan pengawasan dan dalam penentuan jumlah dan kualifikasi sumber daya yang diperlukan. Pengorganisasian dalam manajemen pendidikan contohnya adalah menyusun apa saja yang dibutuhkan lembaga pendidikan, berapa tenaga pengajar dan karyawan yang dibutuhkan, tenaga pengajar di bidang apa saja yang diperlukan, dan lain-lain.
  1. Pengarahan

Setelah pengorganisasian kemudian dilakukan pengarahan terhadap berbagai sumberdaya khususnya sumber daya manusia untuk melakukan tanggung jawab yang sesuai dengan tujuan. Pada intinnya pengarahan merupakan proses menggerakkan orang untuk menjalankan aktivitas dalam rangka meraih tujuan sehingga tercipta efisiensi dan efektifitas.
  1. Pengawasan

Kegiatan penilaian kinerja yang mengacu pada perencanaan yang telah disusun bersama sebelumnya. Tujuan dari pengawasan adalah untuk menjamin kegiatan yang sedang dilaksanakan agar sesuai dengan tujuan. Selain itu memberikan penilaian terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan supaya menjadi masukan perbaikan di masa mendatang. Contoh evaluasi dalam manajemen pendidikan adalah melakukan evaluasi pembelajarn terhadap siswa, mengadakan jejak pendapat tentang sistem pendidikan yang ada si suatu lembaga pendidikan.


Objek Kajian Manajemen pendidikan


Objek atau sumber daya yang menjadi kajian dalam manajemen pendidikan ada tujuh , yaitu :
  • Man
Man atau manusia adalah unsur terpenting yang perlu dikelola dalam manajemen pendidikan, pengelolaan yang biasa dilakukan misalnya dengan mengorganisasikan manusia dengan melihat apa yang menjadi keahlian orang tersebut.
  • Money
Money atau uang dimaksudkan untuk mengelola pemdanaan atau pembiayaan secara efisien sehingga tidak terjadi pemborosan dalam suatu lembaga pendidikan.
  • Materials
Materials atau bahan materi merupakan aspek yang tidak kalah penting dalam manajemen pendidikan, melalui pengelolaan material maka bisa terbentuk kurikulum yang berisi panduan dasar untuk mentranfer ilmu dari guru ke siswa.
  • Method
Pengelolaan metode juga harus dilakukan dengan baik, metode yang digunakan untuk mengajar guru di sekolah satu dengan guru di sekolah lain tidak sama karena tergantung pada kesiapan siswa yang diajar.
  • Machines
Pengelolaan mesin bertujuan untuk dapat mengelola mesin yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar supaya dapat digunakan sebaik mungkin dan tidak cepat mengalami kerusakan, untuk orang yang mengelola mesin biasanya harus orang yang benar-benar tau cara merawat mesin tersebut dengan baik.
  • Market
Market atau pasar adalah salah satu kunci yang menentukan sekolah atau lembaga pendidikan tersebut menjadi lembaga pendidikan yang besar atau kecil, pasar yang dimaksud adalah masyarakat secara luas, sasaran yang dituju adalah masyarakat yang berniat menyekolahkan putra putri mereka.
  • Minutes
Minutes atau waktu perlu dikelola dengan baik karena waktu belajar peserta didik di sekolah sangat terbatas, sehingga perlu pengelolaan yang baik supaya waktu belajar mengajar menjadi lebih efisien.




Tujuan Manajemen Pendidikan

Tujuan utama manajemen pendidikan adalah untuk melaksanakan suatu pembentukan kepribadian pelajar yang berdasarkan dengan tujuan dari pendidikan nasional dan tingkat perkembangan atau perbaikan untuk usia pendidikan.
Tujuan lain dan manfaat pembentukan manajemen pendidikan, yaitu:
  • Terwujudnya suasana belajar dan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, menyenangkan, dan bermakna.
  • Terciptanya peserta didik yang aktif mengembangkan potensi diri untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
  • Terpenuhinya salah satu dari 5 kompetensi tenaga kependidikan.
  • Tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
  • Terbekalinya tenaga kependidikan dengan teori tentang proses dan tugas administrasi pendidikan.
  • Teratasinya masalah mutu pendidikan karena 80% masalah mutu disebabkan oleh manajemennya.
  • Terciptanya perencanaan pendidikan yang merata, bermutu, relevan, dan akuntabel.
  • Meningkatnya citra positif pendidikan.



Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan

1. Ruang lingkup berdasarkan wilayah kerja
Jika di tinjauan dari wilayah kerjanya maka ruang lingkup manajemen pendidikan dapat dibedakan menjadi :
  • Manajemen pendidikan seluruh negara adalah majejemen pendidikan untuk tingkat nasional ini ditangani bukan hanya dengan pelaksanaan pelatihan pendidikan di dalam sekolah saja, akan tetapi pendidikan luar sekolah juga, penyelenggaraan pelatihan, pengayaan penelitian, maupun pendidikan yang meliputi kebudayaan dan kesenian secara nasional.
  • Menejemen pendidikan dalam satu provinsi adalah ruang lingkupnya yang meliputi wilayah kerja satu sebaras provinsi saja, yang dimana pelaksanaannya dibantu oleh petugas manajemen pendidikan yang berada di kabupaten dan di kecamatan.
  • Manajemen pendidikan dalam satu kabupaten atau kota adalah ruang lingkupnya hanya meliputi wilayah kerja satu kabupaten ataupun satu kota saja.
  • Manajemen pendidikan satu unit kerja adalah Manajemen ini hanya di titik beratkan pada satu unit kerja yang langsung dalam menangani pekerjaan mendidik.
  • Manajemen kelas adalah sebagai suatu kesatuan kegiatan yang terkecil dalam manajemen pendidikan yang menjadi inti dari semua jenis manajemen pendidikan.

2. Ruang lingkup menurut objek garapan
Jika ditinjau berdasarkan objek garapan, dapat meliputi:
  • Manajemen siswa.
  • Manajemen personil-personil sekolah.
  • Manajemen kurikulum.
  • Manajemen prasarana atau material.
  • Manajemen ketata usahaan sekolah atau tata laksana pendidikan.
  • Manajemen anggaran.
  • Manajemen lembaga atau organisasi pendidikan,
  • Manajemen hubungan masyarakat atau manajemen kominikasi pendidikan.

3. Menurut fungsi atau urutan kegiatannya
  • Merencanakan.
  • Mengorganisasikan.
  • Mengarahkan.
  • Mengkoordinasikan.
  • Mengkomunikasikan.
  • Mengawasai ataupun mengevaluasi.

4. Menurut pelaksana
Jika dilaihan dalam liungkungan kelas guru itu sebagai administator. Guru haruslah melaksanakan kegiatan-kegiatan manajemen, dengan pengertian bahwa manajemen yaitu pengelolaan, maka guru bertindak sebagai seorang manajer di kelas yang di pimpinnya.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Manajemen Pendidikan

  • pengertian manajemen pendidikan menurut para ahli
  • pengertian manajemen pendidikan pdf
  • pengertian manajemen pendidikan islam
  • jurnal pengertian manajemen pendidikan
  • tujuan manajemen pendidikan
  • prinsip manajemen pendidikan
  • fungsi manajemen pendidikan
  • ruang lingkup manajemen pendidikan

Post a Comment for "Pengertian Manajemen Pendidikan Meliputi Tujuan, Fungsi, Prinsip, Manfaat dan Ruang Lingkup"