Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ekonomi Manajerial Meliputi Cakupan, Fungsi dan Tujuannya Secara Lengkap

Pengertian Ekonomi Manajerial, Peran dan Tujuan

Pengertian Ekonomi Manajerial

Ekonomi Manajerial adalah penerapan teori ekonomi dan seperangkat analisis keputusan. Ilmu ini membahas bagaimana suatu organisasi atau bisnis dapat mencapai tujuannya dengan cara yang efektif dan efisien.Sederhananya, ekonomi manajerial bermaksud untuk menggabungkan EKONOMI dan langkah-langkah pengambilan keputusan.Dalam hal ini ekonomi manajerial penting sebagai strategi yang paling efisien dan efektif untuk menjalankan bisnis.Berikut ini adalah beberapa penjelasan ahli mengenai definisi ekonomi manajerial.


Pengertian Ekonomi Manajerial Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa penjelasan para ahli mengenai definisi managerial economics.

1. Hirschey (2003)

Menurut Hirschey, ekonomi manajerial adalah aplikasi teori ekonomi sebagai metode untuk pengambilan keputusan menajerial dan administratif.

2. Dominic Salavatore (1996)

Menurut Dominic Salavatore, pengertian ekonomi manajerial adalah pengetahuan atau wawasan yang menunjukan adanya teori ekonomi dan analisis terhadap pengambilan keputusan berdasarkan teori ekonomi tersebut untuk menelaah bagaimana bisnis dapat mencapai tujuan dengan efisien.

3. Ket (2000)

Menurut Ket, managerial economics adalah ilmu dan seni tentang bagaimana mengorganisir dan mengalokasikan sumber daya perusahaan yang terbatas untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

4. Evan J. Douglas (1995)

Menurut Evan J. Douglas, pengertian ekonomi manajerial adalah bagian ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan penerapan prinsip-prinsip metodologi ekonomi dalam proses pengambilan keputusan sebuah perusahaan/ organisasi.

5. Mc. Connel (1993)

Menurut Mc. Connel, pengertian ekonomi manajerial adalah alat analisis yang sangat penting bagi manajer dalam mengambil keputusan bisnis. Sesuai dengan namanya, ekonomi manajerial merupakan gabungan dari ilmu ekonomi dan ilmu manajemen.



Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

Ekonomi manajerial adalah suatu penerapan ilmu yang menggabungkan antara ilmu ekonomi dan pengambilan keputusan.

1. Terkaitan Dengan Teori Ekonomi.
Keputusan dari manajemen dapat menerapkan ilmu ekonomi dan perangkat ilmu terapan. Ekonomi mikro mempelajari mengenai tingkah laku ilmu ekonomi secara individual sebagai unit pengambilan suatu keputusan dalam sistem perdagangan bebas. Dan ekonomi makro melihatnya secara agregat, yaitu seperti: output, pendapatan, investasi, keseluruhan harga atau harga total. Teori ekonomi berguna untuk memprediksi serta menerangkan tingkah laku ekonomi. Teori ekonomi umumnya dimulai dengan suatu model, model merupakan suatu abstraksi dari banyak hal yang meliputi dari suatu kejadian dan berusaha untuk mengidentifikasi dari beberapa banyak faktor dari suatu kejadian.

2. Terkaitan Dengan Ilmu Keputusan
Ilmu keputusan mempergunakan perangkat matematika ekonomi dan juga ekonometrik guna untuk membentuk serta menestimasi model yang ditujukan untuk perilaku optimal suatu perusahaan. Matematika ekonomi ini dipakai untuk menformulasi model ekonomi yang dipostulatkan oleh teori ekonomi ekonometrik yang menerapkan peralatan statistik pada perangkat dunia nyata untuk mengestimasi model yang dipostulatkan oleh teori ekonomi yaitu untuk peramalan.

3. Keterkaitan dengan berbagai fungsional ilmu administrasi bisnis
Hubungan antara ekonomi manajerial dengan area fungsional  ilmu administrasi bisnis menjadi latar belakang dalam pengambilan keputusan. Area fungsi administrasi tersebut diantaranya meliputi: akuntansi, keuangan, pemasaran, manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) dan produksi. Jadi ekonomi manajerial adalah sebagai pelajaran yang menggabungkan antara teori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan, dan juga area fungsional ilmu administrasi Bisnis, yang membahas bagaimana hal itu saling berinteraksi antara satu sama lain pada organisasi atau perusahaan untuk mencapai target atau tujuan perusahaan dengan cara yang lebih efisien.

4.Ilmu Administrasi Bisnis

Ilmu administrasi dalam bisnis bisa menjadi latar belakang teori untuk pengambilan keputusan termasuk diantaranya keuangan, akuntansi, manajemen sumber daya manusia  dan manajemen pemasaran serta produksi.


Peran dan Tujuan Ekonomi Manajerial

Adapun peranan dan tujuan ekonoi manajerial diantaranya yaitu:
  • Sebagai alat evaluasi jika terjadi pergantian manajer baru.
  • Membantu manajer menyelesaikan masalah.
  • Membantu mengatur keuangan.
  • Mengetahui lingkungan industri, perusahaan dan perekonomian.
  • Mendapatkan keuntungan perusahaan.


Contoh Ekonomi Manajerial

Contoh penerapan ekonomi manajerial adalah dapat dilihat di suatu rumah sakit dalam menjalankan kegiatan mengobati pasien tentu rumah sakit harus menghitung sebarapa banyak pasien yang mampu atau bisa ditangani setiap harinya. Selain itu, rumah sakit juga harus menentukan bagaimana dokter, perawat, dan para pekerja di rumah sakit bisa bekerja secara berkesinambungan dan bergantian dalam kurung waktu tertentu. Dalam hal ini harus ada suatu keputusan yang tepat supaya tidak terjadi suatu kekurangan atau kesalahan.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Ekonomi Manajerial, Ruang Lingkup dan Contohnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Ekonomi Manajerial

  • pengertian ekonomi manajerial menurut para ahli indonesia
  • tujuan ekonomi manajerial
  • materi ekonomi manajerial
  • ruang lingkup ekonomi manajerial pdf
  • hubungan ekonomi manajerial dengan ilmu lain
  • contoh kasus ekonomi manajerial dalam perusahaan
  • ekonomi manajerial ppt
  • buku ekonomi manajerial

Post a Comment for "Pengertian Ekonomi Manajerial Meliputi Cakupan, Fungsi dan Tujuannya Secara Lengkap"