Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Manajer Meliputi Fungsi, Peran, Etika, Tugas dan Tanggung Jawab Manager Secara Lengkap

Pengertian Manajer Dan Tugasnya Serta Tingkatannya

Pengertian manajer

Pengertian manajer adalah orang yang mempunyai pengalaman, pengetahuan serta keterampilan yang baik yang diakui oleh organisasi untuk bisa memimpin, mengelola, mengendalikan, mengatur dan juga mengembangkan organisasi dalam rangka mencapai suatu tujuannya. Definisi lain dari manajer yaitu seseorang yang dapat atau bisa mengarahkan orang lain Serta mampu untuk bertanggung jawab atas kegiatan atau aktivitas dalam pekerjaan tersebut.


Pengertian Manajer Menurut Para Ahli

  1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia - Manajer yaitu (1) Orang yang mengatur pekerjaan atau kerja sama di antara berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai sasaran; (2) orang yang berwenang dan bertanggung jawab membuat rencana, mengatur, memimpin, dan mengendalikan pelaksanaannya untuk mencapai sasaran tertentu.
  2. Wikipedia  - Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi.
  3. Robert Tanembaum - Manajer adalah seseorang yang mengarahkan orang lain dan bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut.
  4. Oxford Leaner’s Pocket Dictionary - Manajer adalah orang yang mengorganisir bisnis, tim olahraga, dan lain-lain.
  5. Millet (1954) - Manajer adalah orang yang memimpin serta melancarkan sebuah kinerja dari orang-orang yang sudah terorganisir secara formal sebagai sebuah kelompok guna memperoleh suatu tujuan yang sama.
  6. Kimball and Kimball (1951) - Manajer adalah seseorang yang terdiri dari keseluruhan fungsi beserta tugas yang meliputi sebuah sistem penyusunan perusahaan, pembiayaan, penyediaan seluruh peralatan di sebuah perusahaan penetapan garis-garis besar serta penyusunana kerangka organisasi hingga pada pemilihan para pejabat teras di dalamnya.
  7. James A.F Stonner - Manajer adalah seseorang yang melakukan atau merangkai segala perencanaan, proses pengorganisasian, pengarahan serta pengawasan usaha-usaha dari para anggota organisasi serta penggunaan sumber-sumber daya organisasi lain guna mencapai tujuan organisasi yang sudah lama ditetapkan.
  8. Prof. Dr. H. Arifin Abdurachman - Manajer diartikan dengan orang yang melakukan kegiatan-kegiatan atau aktivitas-aktivitas, proses (kegiatan di dalam rentetan maupun urutan-urutan, institut atau orang-orang yang melaksanakan kegiatan atau suatu proses kegiatan.
  9. Dr. SP. Siagian - Manajer adalah orang yang memiliki sebuah kemampuan maupun keterampilan guna memperoleh suatu hasil dalam upaya untuk mencapai tujuan melalui tindakan kerja orang lain.

Tugas Manajer

Dari ulasan pengertian manajer di atas, tentu saja manajer merupakan posisi yang sangat penting. Jadi, tidak heran apabila seseorang yang memegang posisi ini mempunyai banyak sekali tugas yang juga tanggung jawab yang besar. Beberapa tugas Dari seorang manajer di antaranya adalah sebagai berikut :
  1. Tugas yang paling utama di miliki oleh seorang manajer adalah memimpin organisasinya yakni perusahaan. Bukan hanya sebatas pemimpin saja, seorang manajer juga harus bisa mengatur dan mengendalikan organisasi tersebut.
  2. Kemudian yang ke-2 dimana seorang manajer pun di haruskan untuk bisa mengembangkan organisasi tersebut, jadi bukan hanya sebagai penonton saja tanpa adanya sebuah perkembangan. Untuk menjadi seorang manajer yang handal perlunya memiliki kemampuan dalam menggali dan mengembangkan sumber daya yang di miliki perusahaan atau organisasi dan berkembang secara maksimal. Selain dari yang telah di sebutkan tadi manajer juga memiliki tugas yakni mengawasi dan mengendalikan organisasinya.
  3. Seorang manajer yang professional harusa bisa mengatasi berbagai masalah yang di hadapi dari organisasinya tersebut, hal ini di lakukan untuk menumbuhkan kepercayaan bagi siapapun. Dengan demikian pula rasa tanggung jawab yang penuh akan tumbuh pada diri seorang manajer.
  4. Kemudian tugas lainnya dari seorang manajer adalah melakukan evaluasi pada setiap kegiatan yang di lakukan oleh organisasi atau perusahaan.

 Tanggung Jawab Manager

Menyelesaikan tujuan organisasi atau perusahaan dengan mengelola staf sesuai dengan departemen yang dia pimpin, bertanggung jawab tentang perencanaan dan evaluasi kegiatan sebuah organisasi atau perusahaan. Seseorang yang tanggungjawab utamanya adalah menjalankan proses atau fungsi manajemen, dengan membuat perencanaan serta mengambil keputusan, mengorganisasikan, memimpin, serta melakukan fungsi pengawasan terhadap manusia/pekerja, keuangan, aset fisik, serta informasi. Dalam pelaksanaan kegiatannya, seorang manajer harus dapat mencapai tujuan organisasi melalui kerjasama dengan banyak orang (staf).


Fungsi Manager

  • Fungsi perencanaan (planning) dari suatu kebijakan yang akan diambil perusahaan serta memprediksikan hasil yang akan didapatkan dari tindakan yang akan diambil tsb.
  • Fungsi pengaturan (organizing), yaitu mengatur, membentuk, mendelegasikan dan menerapkan jalur suatu wewenang/tanggungjawab dan sistem komunikasi, serta mengoordinir kerja setiap anggota organisasi/instansi.
  • Fungsi pengawasan (controlling), yaitu mencakup persiapan atau standar kualitas dan kuantitas hasil kerja, baik dalam bentuk produk ataupun jasa yg diberikan pada perusahaan dalam rangka memberikan pencapaian tujuan perusahaan.
  • Fungsi kepemimpinan (leading) yang membuat oranglain melakukan pekerjaan, mendorong, memotivasi serta menciptakan iklim pekerjaan yang baik.
  • Fungsi evaluating, yaitu menganalisa hasil dari seluruh kegiatan yang telah dilakukan melalui analisis SWOT.



Tingkatan-Tingkatan Manajer

Adapun pada beberapa organisasi, manajer seringkali dikelompokan kedalam beberapa kategori seperti manajer puncak atau top management, manajer tingkat mengah atau middle management dan manajer lini pertama atau first-line management. Berikut di bagian bawah ini penjelasannya:

1. Manejemen lini pertama (first line management).
Manajer lini pertama merupakan tinggatan paling rendah, sering dikenal dengan manajer operasional. Tugasnya seperti memimpin dan mengawasi pegaawai non-manajerial yang derlibat dalam proses produksi. Biasanya mereka sering disebut supervisor, manajer area, manajer shift, manajer department, manajer kantor atau mandor. Itulah penjelasan mengenai manajer lini pertama.

2. Manajer tingkat menengah (middle management).
Manajer tingkat menengah ini berada diantara manajer lini pertama (first line management) dan manajer puncak (top management), tugasnya sebagai penghubung antar keduanya. Adapun jabatan yang termasuk kedalam manajer tingkat menengah ini diantaranya seperti manajer proyek, manajer pabrik, manajer divisi atau kepala bagian. Itulah penjelasan mengenai manajer tingkat menengah.

3. Manajer puncak (top management).
Manajer puncak bertugas untuk merencanakan kegiatan maupun strategi organisasi atau perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya organisasi ataupun perusahaan. Manajer puncak ini dikenal dengan instilah executive officer, contoh dari manajer puncak seperti Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO) dan Chief Information Officer (CIO). Dan itulah penjelasan mengenai manajer puncak.
Jadi dapat diambil kesimpulan manajer ialah seseorang yang mampu mengendalikan dan memimpin organisasi atau perusahaan dalam rangka untuk mencapai tujuan.


Etika Manajer

Seorang manajer harus memiliki sikap atau etika yang baik dalam suatu proses manajerial. Ada tiga kategori etika manajer, yaitu :
  1. Tingkah laku kepada karyawan
  2. Tingkah laku kepada organisasi
  3. Tingkah laku kepada agen ekonomi lainnya

Keterampilan Manajer

Seorang manajer memerlukan minimal tiga keterampilan dasar, antaralain :
  1. Keterampilan Konseptual. Manajer harus memiliki keterampilan dalam pembuatan konsep, ide serta gagasan demi kemajuan organisasi/perusahaan.
  2. Keterampilan Komunikasi. Keterampilan dalam berkomunikasi atau berhubungan dengan orang lain juga harus dimiliki oleh seorang manajer terhadap bawahan yang dipimpinnya.
  3. Keterampilan Teknis. Keterampilan ini diperlukan seorang manajer untuk melaksanakan suatu pekerjaan tertentu seperti memakai program komputer, memperbaiki mesin, akuntansi dan lain sebagainya


Kegiatan-KegiatanManajer

Penjelasan mengenai fungsi-fungsi manajemen merupakan sebuah pendekatan yang logis untuk membahas manajemen, akan tetapi hal tersebut tidaklah cukup untuk membantu mendeskripsikan tugas manajer itu sendiri. Pada hakikatnya fungsi-fungsi manajemen dilakukan dalam bentuk kegiatan yang saling tergantung, berinteraksi, serta saling berhubungan dimulai dari penetapan tujuan sampai dengan pengawasannya.

Biasanya kita melihat bahwa seorang manajer memgunakan waktunya untuk menghadiri rapat, membaca memo, bicara di telepon, serta menemui tamu. Oleh karena itu, perlu dilakukan sebuah pendekatan kegiatan (activities approach) untuk memahami fungsi manajemen dengan aktivitas yang sebenarnya yang lakukan oleh seorang manajer dalam organisasi. Berikut ini ialah tugas-tugas penting yang dilakukan oleh seorang manajer, antara lain yaitu:

1)Seorang manajer bekerja dengan dan melalui orang lain
Istilah “orang lain” disini merujuk kepada para bawahan ataupun atasan dalam sebuah organisasi, dan juga individu-individu diluar organisasi tersebut. Misalnya seperti, para konsumen, supplier, pemerintah, dan sebagainya.

2)Manajer memadukan dan menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentangan dan menetapkan prioritas-prioritas
Setiap manajer tentu saja akan menghadapi sejumlah masalah, tujuan, dan kebutuhan organisasional yang saling bersaing untuk memperebutkan sumber daya yang sifatnya sangat terbatas. Oleh sebab itu, manajer harus bisa menjaga keseimbangan diantara berbagai tujuan serta kebutuhan organisasional.

3)Manajer harus berpikir secara konseptual dan analitis
Seoran manajer harus mampu merinci dan memisah-misah suatu masalah menjadi sebuah komponen-komponen masalah, menganalisa komponen-komponen tersebut, melihat pengaruh dari setiap komponen, serta mampu untuk mencari penyelesaian yang layak, optimal (feasible) dan akurat. Dan lebih penting seorang manajer harus mempunyai pandangan secara konseptual, yakni pandangan yang menyeluruh terhadap seluruh aktivitas yang terjadi didalam organisasi.

4)Manajer bertanggung jawab dan mempertanggungjawabkan
Seoran manajer ditugaskan untuk mengelola pekerjaan-pekerjaan tertentu untuk dapat mencapai kata “sukses”. Mereka juga akan dievaluasi atas apa yang sudah mereka kerjakan. Sehingga seorang manajer harus bertanggung jawab secara penuh atas apa yang dilakukan oleh para bawahnnya dan juga mempertanggungjawabkan tugas dan jabatan yang diemban. Kesuksesan dan kegagalan bawahan ialah cerminan langsung sukses atau kegagalnya seorang manajer.

5)Manajer adalah seorang mediator
Sebuah organisasi terdiri atas banyak orang yang berbeda pendapat dan pandangan. Apabila hal tersebut terjadi maka akan menurunkan semangat kerja dan produktivitas kerja, sehingga suasana kerja menjadi tidak stabil dan luwes. Dalam hal ini seorang manajer harus mampu berperan sebagai mediator yang memberikan jalan tengah dan juga solusi apabila terjadi pertentangan didalam organisasi.

6)Manajer adalah seorang diplomat
Seorang manajer harus bisa berperan sebagai wakil yang “representatif” bagi organisasi yang dipimpinnya pada setiap pertemuan organiasasional untuk mempererat hubungan kerja serta menindaklanjuti setiap program-program yang ingin dilaksanakan.

7)Manajer adalah seorang politisi
Seperti halnya yang dilakukan oleh seorang politisi, seorang manajer juga harus mampu mengkampanyekan program-program yang ia buat agar memperoleh dukungan terhadap kegiatan-kegiatan yang diinginkannya. Setiap manajer yang efektif akan mampu “memainkan politik” dengan cara mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai pihak baik itu didalam internal maupun eksternal organisasi.

8)Manajer harus mampu mengambil keputusan-keputusan yang sulit
Seorang manajer harus bisa mengambil risiko terhadap setiap keputusan yang ia buat. Setiap organisasi pasti akan selalu mengalami kesulitan untuk keberlangsungan, apakah itu kesulitan dalam hal finansial, sumber daya, ataupun budaya organisasi itu sendiri.




Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Manajer
  • pengertian manajer menurut para ahli
  • pengertian manajer kantor menurut para ahli
  • top manajer adalah
  • pengertian manajerial
  • fungsi manajer
  • pengertian peran manajer
  • keterampilan dan peran manajer
  • pengertian manajemen dan manajer

Post a Comment for "Pengertian Manajer Meliputi Fungsi, Peran, Etika, Tugas dan Tanggung Jawab Manager Secara Lengkap"