Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Piramida Makanan Beserta Penjelasan dan Contohnya

Piramida Makanan Adalah – Lengkap Dengan Pengertian, Contoh, Gambar

Pengertian Piramida Makanan

Piramida makanan adalah sebuah piramida yang menggambarkan suatu perbandingan komposisi antara jumlah biomassa dan jumlah energi dari produsen sampai dengan konsumen puncak (konsumen tingkat akhir) di dalam suatu ekosistem.
Komposisi biomassa yang terbesar terdapat pada penghasil (produsen) yang menempati dasar dari piramida makanan. Demikian juga jumlah energi yang terbesar terdapat pada dasar dari piramida. Komposisi biomassa dan energi ini semakin ke atas akan semakin kecil sebab selama proses perpindahan energi terjadi penyusutan jumlah energi pada setiap tingkat trofik.
Di dalam sebuah ekosistem yang seimbang tentunya jumlah produsen jika dibandingkan dengan jumlah konsumen, jumlah produsen relatif lebih banyak daripada jumlah konsumen tingkat ke 1, jumlah konsumen tingkat ke 2, lebih banyak daripada konsumen tingkat ke 3, dan seterusnya.
Hal tersebut disebabkan karena hilangnya energi pada setiap tingkatan makanan. Jika pada rantai makanan digambarkan dari produsen sampai dengan konsumen tingkat tertinggi atau puncak, maka terbentuklah suatu piramida makanan.






Contoh Piramida Makanan

Berikut di bagian bawah ini adalah salah satu contoh dari piramda makanan:


Apa itu piramida makanan?
Penjelasnnya:
  1. Phytoplankton, yaitu sebagai produsen karena di perairan plankton ini dapat berfotosintesis dan menghasilkan cadangan makanan.
  2. Ikan, sebagai konsumen tingkat 1 diperairan ikan akan memakan phytoplankton sebagai makanannya.
  3. Anjing laut, sebagai konsumen tingkat 2 di perairan, anjing laut ini akan memakan ikan sebagai makanannya.
  4. Paus pembunuh, sebagai konsumen tingkat 3 atau tingkat akhir, salah satu makannya adalah anjing laut. Jadi paus jenis ini dapat digolongkan sebagai konsumen tingkat akhir.
Di dalam suatu ekosistem seringkali ada 2 konsumen bahkan lebih yang menempati puncak piramida makanan (konsumen tingkat akhir), sehingga ada juga piramida makanan dengan satu puncak dan dua puncak, tapi pada umumnya adalah satu puncak. Piramida makanan yang memiliki satu puncak berarti hanya terdapat satu jenis karnivora saja (konsumen tingkat akhir). Sedangkan piramida makanan dengan dua puncak berarti di puncak piramida makananya ditempati oleh dua jenis karnivora tetapi keduanya tidak saling makan-memakan.


Gambar Piramida Makanan Ekosistem Air


Pada piramida makanan ekosistem air, contoh urutan posisi mahluk hidup pada piramida makanannya adalah phytoplankton menjadi produsen, ikan ukuran kecil dan sedang menjadi konsumen I, anjing laut menjadi konsumen II, dan paus pembunuh menjadi konsumen tingkat III.
  • Phytoplankton menjadi produsen karena jumlahnya sangat banyak dan menjadi cadangan makanan bagi sebagian besar mahluk hidup pada ekosistem air.
  • Konsumen I pada piramida makanan ekosistem air adalah ikan kecil dan ikan berukuran besar yang pada umumnya mengkonsumsi plankton.
  • Konsumen II pada ekosistem air adalah anjing laut dan ikan yang mengkonsumsi ikan yang lebih kecil.
  • Konsumen III pada piramida makanan adalah paus pembunuh. Piramida makanan pada biota air adalah ikan besar yang tidak ada organisme lain yang memangsanya. Contohnya adalah paus pembunuh dan paus biru.


Contoh Piramida Makanan Ekosistem Darat


Pada ekosistem darat, piramida makanan tidak hanya diisi oleh hewan saja. Akan tetapi, tumbuhan juga menjadi salah satu bagian penting dari piramida makanan ekosistem darat. Berikut ini rincian piramida makanan untuk ekosistem darat.
  • Produsen pada piramida makanan ekosistem darat dihuni oleh berbagai tumbuhan seperti rerumputan dan tumbuhan yang daunnya dikonsumsi oleh sebagian besar populasi binatang di daratan.
  • Konsumen I ekosistem darat contohnya adalah serangga dan tikus yang memakan tumbuhan dan sejenisnya.
  • Konsumen II diisi oleh katak, ayam dan hewan sejenisnya yang mengkonsumsi serangga dan belalang.
  • Konsumen III pada piramida makanan ekosistem darat adalah burung elang, ular, dan hewan lain pemangsa ayam dan hewan sejenisnya.


Jenis-Jenis Piramida Makanan


Piramida Makanan dikelompokkan sesuai dengan urutan sebuah siklus rantai makanan yang berada dalam Ekosistem tertentu.Karena hal ini disebabkan oleh sebuah siklus makanan mahluk hidup yang berbeda. Seperti seekor hewan dengan yang hidup pada habitat yang berada di hutan, gurun, laut, dll.

Dalam hal inilah Piramida Makanan terbagi menjadi 3 bagian yaitu :
 
1. Piramida Biomassa
 
Piramida Biomassa adalah Sistem piramida yang mensatukan massa dari semua organisme yang berada pada suatu habitat tertentu.Pada piramida ini sebuah organisme diukur berdasarkan massa. Seperti berat dari setiap organisme dapat diukur dalam satuan gram.Dalam pengukuran berat pada setiap tingkatan trofik berdasarkan dengan berat rata-rata organisme yang dimana menggunakan suatu rumus tertentu untuk memperkirakan jumlahnya.Piramida biomassa ini sangat akurat dalam menunjukkan suatu hubungan kuantitas biomassa pada sebuah ekosistem yang berdasarkan habitat dari oragnisme tersebut.

Piramida Biomassa terbagi menjadi 2 bagian, yaitu :
  • Piramida Tegak
  • Piramida Tegak adalah Sistem piramida yang massa produsennya lebih besar, dibandingkan dengan tingkat trofik yang berada di atasnya, dan biasanya menggambarkan sebuah ekosistem daratan.
  • Piramida Terbalik
  • Piramida Terbalik adalah Sistem piramida yang massa produsennya lebih kecil, dibandingkan dengan massa gabungan dari konsumennya, dan biasanya menggambarkan sebuah ekosistem perairan.

2. Piramida Energi
 
Piramida Energi adalah Sistem piramida yang mengalami suatu penurunan energi pada setiap tingkat trofik yang berada di atasnya.Pada sistem piramida energi ini, produsen harus memiliki energi lebih besar dibandingkan dengan energi konsumennya.Semakin kecilnya suatu energi pada tingkat trofik selanjutnya,  dapat disebabkan beberapa faktor, yaitu :
  • Hanya makanan tertentu yang dapat dimakan oleh tingkat trofik selanjutnya.
  • Tidak semua makanan yang dicerna trofik selanjutnya menjadi suatu energi, melainkan hanya menjadi kotoroan yang dibuang.

3. Piramida Populasi
 
Piramida Populasiadalah Dimana suatu organisme yang berperan sebagai produsen harus mempunyai populasi yang lebih banyak dibandingkan dengan tingkat trofik yang berperan sebagai konsumen di atasnya.Pada ujung piramida populasi ini ditempati oleh organisme yang berperan sebagai konsumen III, dan diantara dasar & puncaknya piramida populasi ini, ditempati oleh beberapa tingkatan konsumen lainnya (konsumen I & konsumen II).Artinya pada suatu populasi pada konsumen I harus lebih banyak daripada populasi pada konsumen II, dan populasi pada konsumen II harus lebih banyak dibandingkan populasi pada konsumen III & seterusnya.

Piramida Populasi ini juga sering, disebut sebagai Piramida Penyeimbang pada populasi setiap organisme tertentu, karena sudah sewajarnya populasi dari kelompok mangsa selalu lebih banyak, daripada sekelompok pemangsanya.Apabila sebuah populasi sekelompok pemangsa jauh lebih banyak daripada kelompok mangsanya, maka akan terjadi suatu kepunahan terhadap kelompok pemangsa itu sendiri.



Tingkatan Dalam Piramida Makanan

Piramida Makanan versi Indonesia terdiri dari 5 tingkatan makanan dan minuman sesuai kebutuhan tubuh manusia serta 1 Tingkat pondasi hidup sehat seperti berolahraga teratur dan menjaga berat badan yang ideal. Berikut ini adalah gambar Piramida Makanan untuk menjaga keseimbangan Gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita
  1. Tingkat Pertama

Tingkat Pertama atau tingkat dasar adalah dalam piramida makanan sehat adalah menjaga berat badan ideal dan rutin berolahraga. Kedua unsur tersebut sangat mempengaruhi kualitas hidup sehat kita. Salah satu alasan akan pentingnya olahraga adalah dengan menggunakan aturan sederhana seperti dibawah ini :
“Perubahan Berat Badan sama dengan Kalori yang masuk dikurangi dengan Kalori yang keluar”
Dengan berolahraga kita dapat membakar kalori yang kita konsumsi dan menjaga tubuh tetap berada di berat badan yang ideal. Makan lebih banyak daripada yang dibakar akan menyebabkan pertambahan lemak dan berat badan sehingga menimbulkan penyakit-penyakit yang berkaitan dengan kelebihan berat badan tersebut.
  1. Tingkat Kedua

Air memegangkan peranan yang sangat penting dalam tubuh manusia. Dalam tubuh manusia, air berfungsi sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, pengatur suhu tubuh, pelarut zat-zat gizi lainnya dan sebagai pembantu dalam proses pencernaan. Dalam satu hari, tubuh kita memerlukan 8 gelas air atau setara dengan 2 liter air.
  1. Tingkat Ketiga

Tingkat ketiga adalah  makanan-makanan yang merupakan sumber karbohidrat tinggi seperti Nasi, Kentang, Roti, Biskuit, Jagung dan Ubi. Makanan-makanan tersebut biasanya disebut dengan makanan pokok yang biasanya dikonsumsi 3 hingga 8 porsi sehari.
  1. Tingkat Keempat

Tingkat keempat dari Piramida Makanan adalah sayur-sayuran dan buah-buahan yang merupakan sumber serat, vitamin dan mineral. Sayur-sayuran sebaiknya dikonsumsi 3 hingga 5 porsi sedangkan buah-buah dapat dikonsumsi 2 sampai 3 porsi sehari.
  1. Tingkat Kelima

Tingkat kelima adalah makanan-makanan yang merupakan sumber protein baik protein nabati maupun protein hewani. Protein Nabati adalah protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti Kacang-kacangan dan makanan olahannya (tempe, tahu).
Sedangkan Protein Hewani adalah Protein yang didapat dari hewan diantaranya seperti daging sapi, ikan, ayam, telur dan produk-produk susu. Makanan-makanan yang berprotein (nabati dan hewani) sebaiknya dikonsumsi 2 hingga 3 porsi setiap hari.
  1. Tingkat Tertinggi (Puncak)

Tingkat Tertinggi atau posisi Puncak merupakan makanan-makanan yang tingkat konsumsinya harus dibatasi. Hal ini dikarenakan tingkat kebutuhan butuh akan makanan-makanan tersebut sangat rendah. Makanan-makanan tersebut diantaranya adalah Garam, Gula dan Minyak.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Piramida Makanan

  • contoh piramida makanan di sawah
  • contoh piramida makanan di hutan
  • arti tingkat 1 piramida makanan
  • macam macam piramida makanan
  • contoh piramida makanan brainly
  • piramida makanan terbalik
  • piramida makanan sehat
  • cara membuat piramida makanan

Post a Comment for "Pengertian Piramida Makanan Beserta Penjelasan dan Contohnya"