Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Latar Menurut Para Ahli Beserta Jenis dan Contoh Secara Lengkap

Pengertian Latar

Latar adalah keterangan mengenai ruang, waktu serta suasana terjadinya peristiwa-peristiwa didalam suatu karya sastra. Atau definisi latar yang lainnya adalah unsur intrinsik pada karya sastra yang meliputi ruang, waktu serta suasana yang terjadi pada suatu peristiwa didalam karya sastra.
Atau bisa juga latar yaitu semua keterangan, petunjuk pengaluran yang berhubungan dengan ruang, waktu dan juga suasana. Latar diantaranya meliputi penggambaran mengenai letak geografis, kesibukan si pelaku/tokoh, waktu berlakunya peristiwa, lingkungan agama, musim, moral, intelektual sosial, serta emosional si pelaku/tokoh.


Pengertian Latar Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari latar menurut ahlinya.

1. Abrams (1981:175)

Pengertian Latar menurut Abrams adalah tempat, hubungan waktu dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Latar dalam cerita bisa dikategorikan menjadi latar tempat, latar waktu, dan latar sosial

2. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian Latar menurut KBBI adlaah keterangan tentang waktu, ruang dan suasana terjadinya lakuan dalam sebuah karya sastra.

3. Suparmin (2009:60)

Pengertian Latar menurut Suparmin, latar tempat ataupun latar waktu dalam sebuah karya sastra akan mempengaruhi inti cerita dan pengambilan nilai-nilai yang akan diungkapkan si pengarang.

4. Indrawati (2009:64)

Pengertian Latar menurut Indrawati adalah tempat, waktu serta suasana yang digunakan dalam sebuah cerita.


Macam-macam latar

Ada beberapa Jenis atau macam dari latar, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Latar waktu : yakni dimana latar menunjukan para tokoh melakukan berbagai kegiatan dalam cerita ketika terjadinya peristiwa. Contohnya : Waktu siang, Pagi, Sore, Malam, Zaman Dahulu, Akan datang dan Lainnya.
  • Latar tempat : yakni lokasi dimana para tokoh mengalami berbagai peristiwa pada sebuah cerita, Contohnya : Pada sebuah gedung, lapangan, lautan, hutan, sekolah, kendaraan dan lainnya
  • Latar suasana : adalah kondisi yang terjadi pada sebuah cerita yang di alami oleh para tokoh. Contohnya sedih, gembira, lelah, gundah dan lainnya
  • Latar alat : yakni beberapa peralatan yang di pakai/digunakan para tokoh pada suatu cerita. Contohnya Tombak, Pedang, Pena, Buku dan lainnya


Fungsi Latar

Fungsi dari latar sendiri yaitu untuk memberikan suatu gambaran yang jelas supaya peristiwa-peristiwa yang terjadi pada suatu karya sastra benar-benar terjadi atau memberikan informasi yang jelas mengenai situasi didalam sebuah cerita.

Contoh Latar

Kegiatan pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang sangat diperlukan oleh setiap individu. Karena dengan melakukan sebuah kegiatan pembelajaran ini maka individu tersebut akan dapat berkembang dengan baik. Ketika kita membicarakan tentang kegiatan pembelajaran ini maka kita mungkin akan langsung mengarahkan pandangan kita pada kegiatan pembelajaran yang berlangsung di sekolah. Terlintas pandangan kita, bagaimana kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut dapat berjalan dengan efektif?.
Tentunya untuk mendapatkan sebuah kegiatan pembelajaran yang efektif ini memerlukan banyak komponen yang harus diperhatikan. Beberapa di antaranya adalah mengenai tenaga pendidik, para peserta didik, media pembelajaran, materi pembelajaran, strategi pembelajaran dan perencanaan kegiatan pembelajaran. Komponen yang saya sebutkan tersebut masing-masing harus dapat digunakan secara maksimal agar proses kegiatan pembelajaran yang berlangsung dapat berjalan dengan efektif.

Salah satu elemen terpenting dalam sebuah kegiatan pembelajaran adalah adanya sebuah perencanaan pembelajaran yang baik. Selama ini ketika kita melihat pada kenyataan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, maka mungkin yang akan memenuhi benak kita adalah tentang bagaimana kekurangmatangan perencanaan kegiatan pembelajaran di sekolah yang akhirnya mengakibatkan sebuah kegiatan pembelajaran berlangsung dengan tidak efektif. Dan akhirnya para peserta didik kurang dapat maksimal saat mengalami proses kegiatan pembelajaran di tempat tersebut.


Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai Pengertian Latar, Macam, Jenis, Fungsi beserta Contohnya. Semoga Bermanfaat


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Latar

  • pengertian latar menurut para ahli
  • pengertian alur
  • sebutkan macam-macam latar
  • pengertian sudut pandang
  • contoh latar suasana dalam novel
  • latar metaforik
  • contoh penggambaran latar
  • contoh latar fisik

Post a Comment for "Pengertian Latar Menurut Para Ahli Beserta Jenis dan Contoh Secara Lengkap"