Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Riset Pasar Meliputi Tujuan, Peran dan Fungsinya Secara Lengkap

Pengertian Riset Pasar Dan Tujuannya Via: cpssoft.com

Pengertian Riset Pasar

Riset pasar adalah sesuatu yang sangat penting dalam bisnis sebab dengan riset pasar akan diketahui apa saja yang diperlukan pasar atau masyarakat dan juga mengetahui para pesaing bisnis. Dengan diketahuinya apa saja yang dibutuhkan oleh pasar dan juga pesaing yang ada dapat membuat produk ataupun jasa yang sesuai dengan pasar dan dapat membuat produk atau jasa dapat bersaing di pasaran.
Dengan riset pasar dapat diketahui pula siapa saja yang membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan, dimana produk atau jasa tersebut di butuhkan,dan kualitas produk seperti apa yang dibutuhkan para konsumen. Dan dapan juga diketahui seberapa besar permintaan dan potensi permintaan, kapan permintaan tersebut memuncak dan kapan permintaan tersebut menurun dari konsumen.
Sehingga akan mempermudah saat merencanakan strategi bisnis dan dapat menghasilkan keuntungan yang besar atau optimal. Bisa dibilang riset pasar adalah otak dalam berbisnis, sebab inilah yang menentukan kemana langkah strategi dalam berbisnis. Itulah definisi riset pasar dan tujuannya.

Pengertian Riset Pemasaran Menurut Para Ahli

1. Philip Kotler

Pengertian riset pemasaran menurut Philip Kotler adalah suatu perencanaan, pengumpulan, analisis dan pelaporan yang sudah tersistematis dari data atau berbagai penemuan yang relevan dengan adanya situasi pemasaran tertentu yang telah dihadapi oleh perusahaan.

2. American Marketing Association

Pengertian riset pemasaran menurut American Marketing adalah fugnsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan publik dengan pemasar melalui informasi digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisi peluang dan masalah pemasaran, menghasilkan dan menyempurnakan dan mengevaluasi upaya pemasaran, memantau kinerja pemasaran; memperbaiki pengertian pemasaran sebagai suatu proses.

3. Robby Susatyo

Pengertian Riset pemasaran menurut Robby Susatyo adalah suatu pengidentifikasian yang lebih objektif dan tersistematis, yang akan dilanjut dengan pengumpulan, analisis, dan perangkaian beberapa informasi yang bertujuan agar dapat memperbaiki dalam pengambilan keputusan yang masih berkaitan dengan solusi permasalahan dan penentuan berbagai peluang dalam proses pemasaran.


Manfaat Riset Pasar

  • Riset pasar yang baik dan keputusan yang berkualitas membuat fakta-fakta dari penelitian pemasaran memastikan bertahan hidup dari bisnis di pasar.
  • Dengan penelitian kualitas pasar, Anda dapat mengidentifikasi peluang untuk bisnis Anda dan dalam waktu yang sama untuk mencegah benang yang akan datang dari pasar.
  • Anda akan selalu tahu dan terus-menerus belajar tentang pelanggan Anda, pesaing Anda dan upaya pemasaran Anda.

Proses Riset Pasar

  • Identifikasi tujuan penelitian;
  • Mengumpulkan data dari pasar;
  • Evaluasi data yang dikumpulkan;
  • Analisis data yang dikumpulkan;
  • Interpretasi data dianalisis;
  • Penyebaran produk akhir dari penelitian untuk pengambil keputusan.

Jenis-Jenis Riset Pasar

Dari hasil riset pasar tersebut kamu dapat menggunakannya untuk menciptakan sebuah usaha dan juga rencana pemasaran atau mengukur kesuksesan rencana bisnis yang telah disusun. Perlu diketahui terdapat jenis-jenis riset pasar, diantaranya sebagai berikut:

1. Riset primer
Riset primer adalah riset yang bertujuan mengumpulkan informasi atau data yang berasal dari analisis penjualan terkini dan efektivitas yang sedang di peraktekan sekarang. Riset ini memberikan informasi mengenai pesaing kamu.
Cara dalam melakukan riset ini:
  • Dengan interview atau wawancara baik langsung (bertatap muka) atau tidak langsung (melalui telepon.).
  • Dengan survey.
  • Kuisioner (online/surat).
  • Diskusi kelompok untuk mengumpulkan sampel konsumen atau pelanggan potensial dan mendapatkan umpan balik yang dari mereka.
2. Riset sekunder
Riset sekunder merupakan riset yang fungsinya mengalanisa data yang telah diterbitkan. Dengan seperti itu, kita bisa menemukan pesaing dan dapat membangun tolak ukur lalu mengidentifikasi sasaran.

Untuk menggunakan data primer atau sekunder, ada dua jenis studi penelitian:

  • Eksplorasi. Penelitian pasar eksplorasi mengumpulkan banyak data terbuka dari banyak orang untuk lebih memahami masalah atau peluang yang terjadi. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan persepsi dan pendapat tentang suatu masalah, sehingga perusahaan Anda dapat memutuskan bagaimana cara mengatasinya. Tetapi pertama-tama Anda harus memahami bagaimana pasar Anda melihat masalah tersebut.
  • SpesifikSetelah Anda memahami masalah pasar yang lebih besar atau peluang yang ada, Anda dapat menggunakan pertanyaan spesifik untuk mengumpulkan informasi yang dapat mengarah pada produk atau layanan baru. Perusahaan riset pasar sering menggunakan pertanyaan spesifik untuk mengumpulkan umpan balik tentang kampanye iklan baru, atau untuk memperbaiki produk baru yang telah

Metode Pengumpulan Data Pada Riset Pasar

Pada bagian riset primer telah disebutkan berbagai cara untuk memperoleh data. Pada bab ini akan dibahas secara lebih mendetail mengenai cara mengumpulkan data pada riset pasar.
  1. Interview/Wawancara

Untuk mengetahui informasi pasar dapat dilakukan dengan melakukan wawancara secara langsung kepada sasaran dari riset pasar baik target market berupa pelanggan/pengguna maupun calon pelanggan/pengguna. Wawancara dapat dilakukan secara langsung dengan tatap muka yang biasanya dilakukan pada titik-titik lokasi yang telah ditentukan misalkan toko tempat pelanggan membeli produk kita. Selain itu wawancara juga dapat dilakukan melalui telefon yang disesuaikan dengan database pelanggan yang dimiliki oleh perusahaan. Contoh riset pasar ini biasa dilakukan oleh lembaga keuangan (BANK) untuk mengetahui kepuasan pelanggan mereka dalam penggunaan produk keuangan.
  1. Kuisioner

Wawancara langsung maupun tidak langsung kadangkala memiliki sisi yang mengganggu pelanggan dan terkesan intimidatif karena dilakukan secara terbuka. Oleh karena itu terdapat cara lain yaitu dengan memberikan kuisioner. Kuisioner diberikan secara langsung maupun secara online yang berisi mengenai pertanyaan kepada pelanggan mengenai informasi yang diperlukan oleh perusahaan. Untuk lebih mengoptimalkan pengumpulan data melalui metode ini biasanya pelanggan yang mengisi kueisioner akan diberi imbalan berupa souvenir atau produk secara gratis.
  1. Survey

Metode ini pada dasarnya memiliki sedikit kesamaan dengan metode kuisioner yaitu dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada pelanggan. Namun pada metode survey dilakukan lebih menyeluruh dengan sampel pelanggan yang lebih banyak sehingga dapat lebih mewakili responden (pelanggan) secara keseluruhan.
  1. Focus Group Discussion

Langkah focus group discussion pada riset pasar yaitu membentuk grup diskusi yang terdiri dari sample responden potensial atau pelanggan utama. Pembahasan diskusi adalah lebih bersifat mengencourage peserta agar menyampaikan segala hal yang mereka butuhkan, bagaimana kesan saat memakai produk kita, dan kritik dan saran terhadap produk yang kita hasilkan. Informasi itulah yang nantinya akan menjadi pertimbangan bagi strategi pemasaran selanjutnya. Seperti halnya dengan kuisioner dan survey maka diperlukan imbalan bagi peserta grup diskusi ini.
  1. Observasi

Cara ini merupakan cara untuk mengumpulkan data dengan melakukan pengamatan secara langsung kondisi yang ada di pasar. Terkait dengan jumlah penjualan suatu produk di berbagai outlet maupun ketertarikan pelanggan/calon pelanggan terhadap produk pesaing. Langkah ini cukup efektif namun memerlukan tenaga dan biaya yang besar karena cakupannya yang luas.

Riset Pasar – Pengertian, Tujuan, Jenis, Peran, Fungsi, Contoh

Ruang Lingkup Riset Pemasaran

Dengan makin berkembangnya alat-alatelektronik untuk melakukan pengolahan dan kuantitatif ( data berbentuk angka ), misalnya electric calculator, electronic calculator, electronic computer, maka penggunaan metode-metode analisa kuantitatif untuk memecahkan persoalan-persoalan social ekonomi pada umumnya dan pemasaran (marketing) pada khususnya makin hari makin luas.
Riset pemasaran ialah suatu kegiatan pengumpulan ( collecting) pengolahan (processing) dan analisis ( analysis) seluruh fakta atau data yang menyangkut persoalan yang berhubungan dengan pemindahan dan punjualan ( transfer and service ) dari produsen ke konsumen ( producers to consumers ).Dari defenisi tersebut jelaslah, bahwa riset pemasaran adalah riset pada setiap fase kegiatan pemasaran ( research on any phase of marketing ), jadi tidak terbatas pada riset yang hanya mencakup suatu tipe pesoalan pemasaran saja, misalnya soal motivasi, soal saluran distribusi atau soal penjualan, akan tetapi lebih luas dari pada itu.Pada dasarnya Riset pemasaran dalam arti lebih luas dapat dikatagorikan menjadi dua adalah sebagai berikut :
  • Riset untuk mencari kesempatan menjual yang kemudian bisa dimanfaatkan sepenuhnya.
  • Riset untuk mencari cara yang paling efesien untuk memanfaatkan kesempatan yang telah diperoleh, jagan sampai kehilangan kesempatan menjual.

Sumber Data Sekunder

Ketika melakukan riset pasar untuk lebih memahami tren industri dan pergeseran yang lebih luas, riset sekunder seringkali merupakan tempat yang baik untuk memulai. Beberapa sumber yang bisa Anda gunakan untuk riset pasar bisnis Anda adalah:
  • Asosiasi industri dan kelompok dagang – sebagian besar asosiasi menerbitkan laporan tahunan perdagangan khusus untuk setiap jenis industri
  • Laporan pemerintah – seperti sensus ekonomi atau kebijakan fiskal
  • Analis industri – mereka memantau kinerja perusahaan publik yang serupa dengan bisnis Anda
  • Laporan instansi pendidikan – Anda dapat melihat laporan penelitian atau jurnal yang telah mereka terbitkan.
  • Situs web – cari sumber informasi yang andal, atau mungkin Anda bisa meminta bantuan pada pihak untuk mengarahkan Anda ke sumber laporan yang memiliki reputasi baik dan dapat dipercaya
  • Website kompetitor – saat pelanggan potensial membeli produk dari pesaing Anda, kemungkinan pada website pesaing Anda dapat berisi informasi, statistik, atau laporan yang bermanfaat bagi kemajuan bisnis Anda.

Contoh-Contoh Riset Pemasaran

  • Riset tetang barang Produksi
Perekonomian suatu Negara dikatakan berorentasi pada pembeli/langganan, apabila para langganan mempunyai banyak elternatif barang produksi untuk dipilih/dibeli. Sehingga dengan demikian pihak produsen agar bertahan untuk hidup harus memprodusir mutu jenis barang yang memenuhi keingginan para langgananya sebagai anggota masyarakat.
  • Macamm-macam data pemasaran dalam menetukan kebiajakan produksi
Banyak sekali data tentang pemasaran yang diperlukan oleh pimpinan suatu perusahaan sebagai dasar untuk membuat kebijaksanaan di dalam bidang produksi, baik mengenai teknik berproduksi maupun penyaluran kepasar-pasar. Data-data itu adalah sebagai berikut :
  • Data hasil penjualan
Time series sales data yaitu data mengenai hasil penjualan yang terus-menerus atau dari waku-kewaktu dikumpulkan sangat penting bagi seorang pimpinan perusahaan, baik yang menyangkut data primer yang dikumpulkan oleh perusahaan sendiri maupun yang dikumpulkan oleh pihak lain sebagai data skunder.

  • Data tentang konsumen
Perubahan selera dari pihak masyarakat pembeli mengharuskan diadakanya perubahan jenis barang produksi. Data tentang konsumen, untuk mengetahui karesteristik dari pihak masyarakat pembeli memang sangat penting dan hanya bisa diperoleh kalu diadakan penyedikan terhadap msyarakat.
  • Analisa Pasar
Analisa pasar adalah suatu proses untuk menentukan potensi penjualan. Yang dimaksud dengan potensi pasar ialah suatu perkiraan kapasitas dari suatu pasar untuk menyerap barang produksi. Perkiraan tersebut bisa dinyatakan dalam bentuk fisik atau dalam jumlah mata uang, atau bisa juga dalam bentuk persentase.
  • Analisa Penjualan
Arti analisa penjualan didalam pembahasan ini ialah analisa sungguhan dari hasil penjualan. Tujuan analisa ialah untuk mencari daerah-daerah yang kuat dan yang lemah, jenis-jenis produk yang sangat menguntungkan dan kurang menguntungkan para pelanggan/nasabah yang mampu membeli dalam jumalah banyak.
  • Riset Tentang Motivasi
Tujuan utama dari riset motivasi ialah untuk membantu menentukan alas an-alasan mengapa para pembeli membeli suatu produk merk tertentu akan tetapibukan merk yang lain.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Riset Pasar

  • contoh riset pasar
  • materi riset pemasaran
  • contoh riset pemasaran sederhana
  • manfaat riset pemasaran
  • proses riset pasar
  • kriteria riset pemasaran
  • jenis riset pemasaran
  • hasil riset adalah

Post a Comment for "Pengertian Riset Pasar Meliputi Tujuan, Peran dan Fungsinya Secara Lengkap"