Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Struktur Organisasi Meliputi Fungsi, Jenis Struktur Organisasi dan Cara Membuat Struktur Organisasi

Pengertian Struktur Organisasi Dan Fungsinya Secara Jelas

Struktur organisasi

Struktur organisasi adalah suatu susunan komponen-komponen atau unit-unit kerja dalam sebuah organisasi. Struktur organisasi menunjukan bahwa adanya pembagian kerja dan bagaimana fungsi atau kegiatan-kegiatan berbeda yang dikoordinasikan. Dan selain itu struktur organisasi juga menunjukkan mengenai spesialisasi-spesialisasi dari pekerjaan, saluran perintah maupun penyampaian laporan.
Struktur organisasi adalah suatu susunan atau hubungan antara komponen bagian-bagian dan posisi dalam sebuah organisasi, komponen-komponen yang ada dalam organisasi mempunyai ketergantungan. Sehingga jika terdapat suatu komponen baik maka akan berpengaruh kepada komponen yang lainnya dan tentunya akan berpengaruh juga kepada organisasi tersebut.
Struktur organisasi merupakan susunan dan hubungan antara setiap bagian maupun posisi yang terdapat pada sebuah organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan-kegiatan operasionalnya dengan maksud untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Struktur organisasi dapat menggambarkan secara jelas pemisahan kegiatan dari pekerjaan antara yang satu dengan kegiatan yang lainnya dan juga bagaimana hubungan antara aktivitas dan fungsi dibatasi. Di dalam struktur organisasi yang baik harus dapat menjelaskan hubungan antara wewenang siapa melapor atau bertanggung jawab kepada siapa, jadi terdapat suatu pertanggungjawaban apa yang akan di kerjakan. Itulah beberapa definisi struktur organisasi.


Pengertian Struktur Organisasi Menurut Para Ahli

Daftar Isi
Berikut adalah beberapa pengertian struktur organisasi menurut para ahli :
  • Hasibuan (2010: 128)

Menurut Hasibuan, pengertian struktur organisasi adalah suatu gambaran yang menjelaskan tipe organisasi, pendepartemenan organisasi kedudukan, jenis wewenang pejabat, bidan dan hubungan pekerjaan , garis perintah, tanggung jawab, rentang kendali serta sistem pimpinan organisasi.
  • Robbins dan Coulter (2007: 284)

Menurut Robbins dan Coulter, pengertian struktur organisasi adalah kerangka kerja formal organisasi yang dengan kerangka tersebut tugas-tugas pekerjaan dibagi, dikelompokkan dan dikoordinasikan.
  • Reksohadiprodjo dan Handoko (1992: 74)
Menurut Reksohadiprodjo dan Handoko, pengertian struktur organisasi adalah suatu kerangka yang menunjukkan semua kegiatan pencapaian tujuan organisasi, hubungan antar fungsi, wewenang dan juga tanggung jawabnya.

Berdasarkan dari pengertian struktur organisasi diatas maka dapat disimpulkan bahwa struktur organisasi adalahh gambaran kerangka atau susunan hubungan antara fungsi, bagian atau posisi dan juga menunjukkna hirarki organisasi atau stuktur sebagai wadah untuk menjalankan wewenang, tanggung jawab serta sistem pelaporan terhadap atasan.Pada akhirnya, struktur organisasi akan memberikan stabilitas serta kontinuitas yang dapat memungkinkan organisasi tetap berjalan walaupun orang-orang didalamnya datang dan pergi.
Struktur Organisasi ini dapat membantu menghindari atau mengurangi kesimpangsiuran dalam pelaksanaan tugas.


Fungsi Struktur Organisasi

Struktur di dalam organisasi dibuat untuk menjalankan perusahaan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing jabatan. Struktur organisasi secara jelas mampu memisahkan tanggung jawab dan wewenang anggotanya.Jika dalam suatu bisnis atau perusahaan tidak memiliki komponen penting dalam struktur organisasi tersebut bisa jadi akan mengalami gangguan kedepannya, salah satunya dalam hal alur manajemen dan pengelolaan.Berikut ini beberapa alasan penting kenapa struktur organisasi harus ada dalam setiap bisnis:

1. Kejelasan Tanggung Jawab

Setiap anggota dalam organisasi memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Tumpang tindih wewenang dapat menjadi masalah serius dalam sebuah struktur organisasi, misalnya saja jika dalam sebuah perusahaan memiliki 2 pimpinan sekaligus dapat menyebabkan adanya kebingungan dalam hal pengambilan keputusan cepat.Idealnnya memang seharusnya hanya satu pimpinan saja, namun jika memang terdapat lebih dari satu, masing-masing pimpinan dapat dibedakan berdasarkan tanggung jawabnya. Di sinilah pentingnya struktur organisasi dalam bisnis yang sedang berkembang.

2. Kejelasan Kedudukan dan Kordinasi

Organizational structure menjelaskan kedudukan dan posisi dari masing-masing anggota. Dalam hal ini melalui bagan struktur organisasi dapat memperjelas alur komunikasi antar tim.
Koordinasi dibutuhkan untuk menghindari adanya missed communication yang dapat memberikan dampak negatif bagi bisnis yang sedang berkembang dan dapat digunakan sebagai dasar dalam penyelesaian pekerjaan yang membutuhkan komunikasi antar jabatan.

3. Kejelasan Dalam Jalur Hubungan

Fungsi struktur organisasi berikutnya adalah kejelasan dalam jalur hubungan. Dalam melakukan tugas dan tanggung jawab, setiap anggota dalam organisasi harus terlihat jelas sehingga proses pekerjaan lebih efisien dan saling memberikan keuntungan.

4. Pengendalian dan Pengawasan

Adanya struktur organisasi penting untuk pengendalian dan pengawasan dari seorang pimpinan terhadap bawahannya. Tercapainya tujuan dari berdirinya suatu bisnis adalah melalui pengendalian dan pengawasan rutin untuk melakukan evaluasi kinerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing anggota.
Bisnis yang ideal adalah bisnis yang dijalankan dari tim yang terkoordinasi dengan baik dan benar. Tujuan berdirinya suatu bisnis sangat ditentukan dari kerjasama tim yang terkoordinasi tugas dan fungsinya melalui struktur organisasi.


Jenis Struktur Organisasi

1. Formal Structure
Formal Structure ialah sebuah struktur organisasi yang mendapatkan julukan resmi (official state).
Struktur organisasi ini biasanya berbentuk suatu diagram yang menjelaskan suatu hubungan pengaturan formal posisi kerja dan pelaporan dari sebuah organisasi.
Keunggulan dari struktur organisasi ini ialah mencakup beberapa aspek seperti berikut :
  • Pembagian kerja
  • Saluran komunikasi
  • Pengawasan hubungan
  • Tingkat manajemennya

2. Informal Structure
Informal Structure ialah sebuah struktur organisasi yang membentuk suatu hubungan yang bersifat (bayangan) dan tidak resmi. Struktur ini biasanya akan kritis dalam menanggapi suatu hal yang bersifat kolektif.
Dalam struktur organisasi ini pun setiap anggota dapat melakukan suatu hubungan kerja sama tanpa adanya batas-batas formalitas.
Keuntungan dari struktur organisasi yakni :
  • Dapat membantu seseorang menyelesaikan pekerjaan mereka
  • Mengatasi berbagai macam batasan struktur formal
  • Mendapatkan pelajaran informal
  • Mendapatkan akses mudah di jaringan interpersonal

3. Functional Structure
Functional Structure ialah suatu struktur organisasi yang terdiri dari beberapa anggota yang memiliki keterampilan sama dan dapat melaksanakan tugas-tugas serupa.
Jenis struktur organisasi ini tidak memiliki batasan pada jenis bisnis apapun. Struktur organisasi ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk memproduksi beberapa produk atau jasa.
Keuntungan dari struktur fungsional ini yaitu :
  • Mencapai skala ekonomis
  • Berkualitas tinggi dalam pemecahan masalah teknis
  • Mendalami pelatihan dan pengembangan suatu keterampilan

4. Divisional Structure
Divisional Structure merupakan suatu organisasi yang terbentuk berdasarkan pada produk yang sama, kelompok sama, dan proses kerja yang sama.
Secara umum, struktur organisasi ini memiliki sifat kompleks dan menghindari masalah yang terkait dengan struktur fungsional.
Keuntungan dari struktur divisi ini ialah sebagai berikut :
  • Fleksibel dalam menanggapi perubahan lingkungan
  • Peningkatan koordinasi
  • Tanggung jawab tinggi
  • Keahlian berfokus pada pelanggan, produk, dan wilayah tertentu

5. Matrix Structure
Matrix Structure ialah suatu struktur organisasi yang menggabungkan dua jenis struktur organisasi yaitu fungsional dan divisional.
Untuk mendapatkan keuntungan dari kedua struktur organisasi tersebut, maka terjadilah peminimalan kekurangan dari masing-masing struktur organisasi tersebut.
Keuntungan yang dihasilkan dari struktur jenis ini ialah :
  • Manufaktur
  • Profesional bidang
  • Sektor non profit
  • Multi nasional perusahaan
  • Industri Jasa



Cara Membuat Struktur Organisasi

Tentukan Jabatan

Pertama Anda harus mengetahui jabatan mulai dari yang tertinggi hingga terendah dalam organisasi.
Susunan struktur organisasi biasanya sudah diatur di AD/ART masing-masing organisasi.
Biasanya urutan dalam struktur organisasi adalah:
  • Pelindung
  • Penanggungjawab
  • Dewan Penasehat
  • Ketua
  • Bendahara
  • Sekretaris
  • Divisi-divisi
  • Anggota
Sedangkan dalam perusahaan struktrur organisasi psrusahaan biasanya memiliki urutan seperti berikut ini:
  1. CEO (Chif Executive Officer) - CEO merupakan suatu jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan untuk menahkodai arah dan tujuan sebuah perusahaan. CEO merupakan pemilik suatu perusahaan atau bisnis.
  2. Direksi (Directors) - Untuk direksi yang dimaksud disini terdiri dari 4 jabatan penting, yang mana jabatan tersebut harus ada dalam suatu perusahaan seperti direktur utama, direktur keuangan dan direktur personalia.
  3. Manajer (Manager) - Komponen selanjutnya adalah manager yang mana seorang manager ini bertugas untuk mengintegrasikan berbagai variable, seperti pengarahan, koneksi, seleksi, komunikasi dan pelatihan.
  4. Administrasi dan Gudang - Dan komponen selanjutnya yang wajib ada dalam sebuah bisnis yang sedang berkembang adalah administrasi dan gudang yang mana pada komponen ini memiliki tugas dan fungsi untuk mengecek seluruh transaksi perusahaan yang berhubungan dengan pihak outsorcing, pembukuan dan laporan penerimaan dan pengeluaran.
  5. Devisi Regional -Ini juga merupakan komponen penting dalam stuktur organisasi. Divisi regional biasanya menangani produk di daerah.
Setelah mengetahui urutan jabatan berdasarkan AD/ART beserta nama pejabatnya, Anda tinggal membuat bagan atau diagram terkait susunan pengurus.Bagan ini bisa dibuat oleh bermacam aplikasi. Yang paling umum adalah Microsoft Word yakni menggunakan autoshapes.


Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian struktur organisasi, fungsi, komponen, dan penerapannya dalam bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Struktur Organisasi

  • pengertian struktur organisasi menurut para ahli
  • komponen struktur organisasi
  • pengertian struktur organisasi fungsional
  • pengertian struktur organisasi menurut para ahli 2016
  • struktur organisasi manajemen
  • pengertian struktur organisasi pdf
  • fungsi struktur organisasi
  • struktur organisasi sederhana

Post a Comment for "Pengertian Struktur Organisasi Meliputi Fungsi, Jenis Struktur Organisasi dan Cara Membuat Struktur Organisasi"