Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian VPN Meliputi Macam - Macam VPN, Manfaat, dan Cara Cerja VPN Secara Lengkap

VPN adalah - Fungsi, Cara Kerja, Tipe, Kelebihan, Kekurangan

Pengertian Virtual Private Network

Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terkoneksi ke jaringan public dan menggunakannya untuk dapat bergabung dengan jaringan local. Dengan cara tersebut maka akan didapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti halnya berada didalam LAN itu sendiri, walaupun sebenarnya menggunakan jaringan milik public.
Dari cara pandang jaringan, salah satu masalah jaringan internet (IP public) adalah tidak mempunyai dukungan yang baik terhadap keamanan. Sedangkan dari cara pandang perusahaan, IP adalah kebutuhan dasar untuk melakukan pertukaran data antara kantor cabang atau dengan rekanan perusahaan. VPN muncul untuk mengatasi persoalan tersebut. Sebuah jaringan perusahaan yang menggunakan infrastruktur IP untuk berhubungan dengan kantor cabangnya dengan cara pengalamatan secara private dengan melakukan pengamanan terhadap transmisi paket data.



Fungsi VPN

Teknologi VPN atau virtual Private Network mempunyai tiga fungsi utama yaitu 

1. Confidentially (Kerahasiaan)
Teknologi VPN merupakan teknologi yang memanfaatkan jaringan publik yang tentunya sangat rawan terhadap pencurian data. Untuk itu, VPN menggunakan metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat. Dengan adanya teknologi enkripsi itu, keamanan data menjadi lebih terjamin. Walaupun ada pihak yang dapat menyadap data yang melewati internet bahkan jalur VPN itu sendiri, namun belum tentu dapat membaca data tersebut, karena data tersebut telah teracak. Jadi, confidentially ini dimaksudkan agar informasi yang ditransmisikan hanya boleh diakses oleh sekelompok pengguna yang berhak.

2. Data Integrity (Keutuhan Data)
Ketika melewati jaringan internet, sebenarnya data telah berjalan sangat jauh melintasi berbagai negara. Pada saat perjalanan tersebut, berbagai gangguan dapat terjadi terhadap isinya, baik hilang, rusak, ataupun dimanipulasi oleh orang yang tidak seharusnya. Pada VPN terdapat teknologi yang dapat menjaga keutuhan data mulai dari data dikirim hingga data sampai di tempat tujuan.

3. Origin Authentication (Autentikasi Sumber)
Teknologi VPN memiliki kemampuan untuk melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang akan diterimanya. VPN akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk dan mengambil informasi dari sumber datanya. Kemudian, alamat sumber data tersebut akan disetujui apabila proses autentikasinya berhasil. Dengan demikian, VPN menjamin semua data yang dikirim dan diterima berasal dari sumber yang seharusnya. Tidak ada data yang dipalsukan atau dikirim oleh pihak-pihak lain.



Macam-Macam VPN

Setelah memahami tentang pengertian vpn dan fungsinya, maka selanjutnya perlu memahami juga tentang macam-macamnya. Karena, dengan VPN inilah semua transmisi data di antara komputer dan gadget pribadi bisa terenkripsi dengan baik. Dengan begitu, semua datanya menjadi lebih aman dari para hacker. Lebih lengkapnya akan kami sebutkan 3 macam VPN, yaitu:
  1. Access VPN, akses ini disebut juga dengan VPDN (Virtual Private Dial-up Network), yaitu koneksi user ke LAN yang digunakan oleh perusahaan kepada para karyawanya yang membutuhkan internet. Remote access VPN ini nanti bisa bekerja untuk mengakses semua data penting yang dibutuhkan. Sehingga, bagian ini kerap dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan.
  2. Intranet VPN. Jenis VPN ini sering disebut juga dengan site to site VPN. Biasanya jenis VPN ini sering digunakan untuk menyambungkan antara kantor cabang dengan kantor pusat. Cara untuk menghubungkannya adalah lewat shared network. Sedangkan untuk koneksi yang digunakan adalah, koneksi dedicated atau koneksi yang permanen.
  3. Extranet VPN ini biasanya digunakan untuk menghubungkan kantor dengan pihak luar. Misalnya saja, untuk menghubungkan kantor dengan supplier, pelanggan, rekan bisnis, dan komunitas dalam jaringan internet. Tentu saja jenis jaringan ini menggunakan koneksi dedicated. Dengan extranet VPN inilah setiap perusahaan bisa berkomunikasi dan bertukar informasi dengan cepat, mudah, dan aman.


Manfaat dari VPN

1. Remote Access

Maksudnya dengan memakai VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet atau publik.

2. Keamanan

dengan memakai koneksi VPN kita dapat browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik misalnya seperti hotspot dan internet yang ada di cafe-cafe.

3. Hemat

bisa menghemat biaya setup jaringan : VPN juga bisa digunakan sebagai cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Karena transmisi data yang digunakan pada VPN melibatkan media jaringan internet dan jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membentuk jaringan sendiri.





Pengertian VPN Dan Fungsinya Serta Manfaatnya


Cara Kerja VPN

Untuk lebih memahami konsep VPN, maka perlu kita ketahui bagaimana prinsip kerja dari VPN. Pada dasarnya, VPN berkerja dengan cara seolah-olah membuat jaringan didalam jaringan atau biasa disebut tunnel (terowongan). Tunneling ini digunakan untuk membuat jalur privat dengan menggunakan infrastruktur pihak ketiga. VPN sendiri menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada yaitu: PPTP, L2TP, dan Internet Protocol Security (IPSec). VPN merupakan perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi sehingga lebih aman daripada koneksi internet biasa.
Untuk menghubungkan antar 1 PC dengan yang lain, VPN membutuhkan sebuah Server VPN yang dapat berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router. Komputer dengan aplikasi VPN Client ini kemudian akan mengontak Server VPN, VPN Server kemudian melakukan verifikasi username dan password dan apabila berhasil, VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk.


Kelebihan dan Kekurangan VPN

Menggunakan server VPN pada jaringan komputer perusahaan untuk transmisi data yang bersifat rahasia atau privat membantu mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pada kasus-kasus pencurian data yang marak terjadi.
Dengan menggunakan VPN maka tidak ada yang bisa menyusup pada jaringan pribadi Anda sehingga tingkat keamanan transmisi sangat tinggi. Mengacu pada pengertian VPN, adapun beberapa kelebihan dan kekurangan VPN adalah sebagai berikut:

1. Kelebihan VPN

  • Bagi perusahaan yang membutuhkan jaringan khusus yang aman, maka VPN adalah solusi dengan biaya yang lebih murah
  • Dengan adanya VPN maka mobilitas perusahaan akan lebih baik dimana para pekerja dapat terhubung dengan jaringan kantor melalui perangkat pribadi di rumah
  • Fitur kemanan VPN dapat disesuaikan dengan kebutuhan

2. Kekurangan VPN

  • Ketika menyediakan akses ke karyawan secara global, maka faktor kemanan menjadi resiko tersendiri karena informasi sensitif perusahaan dapat diakses.
  • Diperlukan perhatian ekstra dalam penetapan sistem keamanan VPN

Di atas tadi adalah penjelasan ringkas tentang pengertian VPN, fungsi, manfaat, serta cara kerja Virtual Private Network. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian VPN
  • fungsi vpn di android
  • kelebihan dan kekurangan vpn
  • jenis jenis vpn
  • tujuan vpn
  • contoh vpn
  • fungsi vpn proxy
  • topologi vpn
  • fungsi vpn untuk game online

Post a Comment for "Pengertian VPN Meliputi Macam - Macam VPN, Manfaat, dan Cara Cerja VPN Secara Lengkap"