Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Topologi Bus Meliputi Gambar, Cara kerja, Kelebihan dan Kekurangan [ LENGKAP ]

Pengertian Topologi Bus: Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangan

Pengertian Topologi Bus 

Apakah itu topologi bus? Yang dimaksud topologi bus adalah jenis topologi pada jaringan komputer yang menggunakan kabel tunggal sebagai media transmisinya atau menggunakan kabel pusat sebagai tempat dimana semua client dan server dihubungkan.
Atau arti lain dari topologi bus yaitu jenis topologi yang menggunakan kabel tunggal sebagai media transmisinya yang dimana seluruh client yang menggunakan topologi ini akan dihubungkan ke server.
Penggunaan topologi bus pada jaringan komputer digunakan untuk memudahkan koneksi antara client dengan server yang ada dalam satu jaringan supaya lebih mudah saat berbagi data. Terutama jika haya terdapat satu server yang di tugaskan untuk memberikan pelayanan pada client yang jumblahnya tidak banyak, maka topologi bus dapat digunakan sebagai salah satu pilihan.
Jadi jenis topologi ini setiap komputer akan terhubung pada satu kabel utama yang panjang dengan beberapa terminal, dan kabel utama tersebut digunakan juga sebagai lalu lintas data. Saat ini topologi bus sudah jarang digunakan pada jaringan komputer karena alasan tertentu.


  • Yayasan sandhykara. Jaringan computer adalah sebuah system yang terpisah. Dan dengan jaringan computer yang terpisah dan disatukan , akan menajdikan kita mampu untuk melakukan komunikasi satu sama lain dan saling berbagi melalui jaringan computer yang terpasang. 
  • Jafar nor yudianto. Jaringan computer adalah computer computer yang tentunya terpisah dan dirangkai menjadi satu rangkaian. Dan dengan rangkaian jaringan computer itu akan menajdikan kamu mampu untuk menyatukan sumber daya seperti CPU, printer dan lainnya. Dan dengan jaringan computer juga akan menajdikan kamu lebih mudah untuk berkomunikasi antara jaringan komponen computer satu dan yang lainnya. 
  • Umi proboyekti. Jaringan computer adalah sekumpulan computer yang banyak dan terpisah, namun disatukan menjadi satu rangkaian yang saling mampu untuk mengerjakan tugas dan juga bisa untuk berkomunikasi dengan koneksi jaringan computer. 
  • Anonym. Jaringan computer adalah sekelompok computer yang mampu saling berhubungan satu sama lain dengan jaringan yang telah dirangkai dan dalam jaringan itu memiliki protocol yang akan menajdi sebuah penghubung antara computer yang satu sama lain yang telah dihubungkan dengan jaringan computer.




Ciri-Ciri Topologi Bus

Ciri-ciri dari topologi bus adalah:
  • Merupakan teknologi lama, yang disambungkan dengan satu kabel dalam satu baris
  • Tidak memerlukan peralatan aktif untuk menyambungkan terminal/komputer.
  • Setiap komputer tidak tersambung dengan komputer lain secara langsung, tetapi tersambung dengan kabel tunggal yang merupakan media transmisinya.
  • Kabel tunggal tersebut adalah jalur yang akan dilewati oleh data
  • Seringkali pada bagian ujung kabel utama terpasang terminator yang berfungsi untuk menghentikan sinyal agar tidak berbalik arah ke sisi ujung lain.
  • Ujung kabel dipasang konektor 50 ohm
  • Apabila kabel putus, maka komputer lain tidak bisa berkomunikasi
  • Sulit mengidentifikasi masalah yang muncul
  • Dukungan teknologi sudah tidak ada (discontinue support)

 

Karakteristik Topologi Bus

Berikut ini karakteristik dari topologi bus, yaitu:
  • Proses instalasi jaringan bisa dilaksanakan dengan ringan
  • Adanya kabel utama yang fungsinya sebagai pusat lalu lintas data
  • Setiap node akan disambungkan secara serial dan ujung kabel utama akan dipasang terminator untuk menutupnya
  • Biaya yang digunakan untuk membangun topoloti bus lebih murah
  • Paket data yang terkirim akan sering mengalami persimpangan dalam satu kabel
  • Membutuhkan konektor BNC, T Connector di setiap kartu jaringan
  • Sering kali terjadi kepadatan lalu lintas data di kabel utama
  • Jika terjadi kerusakan di salah satu node, maka jaringan akan down/lemah.

Jenis Topologi Jaringan Komputer

Seperti disebutkan di atas, ada beberapa jenis topologi jaringan komputer yang sering digunakan. Berikut ini adalah pemahaman tentang berbagai topologi jaringan komputer, serta penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan topologi jaringan komputer tersebut :

1. Topologi ring

Topologi ring atau topologi cincin adalah topologi jaringan yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke komputer lain dalam sirkuit sirkular, seperti cincin. Jenis topologi jaringan ini umumnya hanya menggunakan satu kartu LAN sehingga setiap komputer terhubung.

2. Topologi bus

Topologi bus adalah topologi jaringan yang dapat dibilang begitu sederhana. Secara umum, topologi jaringan ini dilakukan dalam pemasangan jaringan berdasarkan kabel koaksial. Topologi bus menggunakan kabel koaksial di sepanjang node dan konektor klien. Jenis konektor yang digunakan adalah BNC, Terminator dan TBNC.

3. Topologi bintang

Topologi bintang, juga disebut topologi bintang, adalah topologi jaringan berbentuk bintang yang umumnya menggunakan hub atau switch untuk koneksi antar klien. Topologi jaringan komputer ini lebih sering digunakan saat ini karena memiliki banyak kelebihan.



Ilustrasi pada topologi bus

Dalam topologi bus ada terminator di setiap ujung kabel jaringan. Terminator berfungsi untuk menyerap sinyal dan mencegah terhadap sinyal yang terpantul kembali. Jika sinyal dipantulkan kembali, akan ada tabrakan (collision) sinyal dalam jaringan itu.
BNC Terminator
Berikut ini adalah ringkasan dari karakteristik topologi bus:
  • Semua komputer yang ada pada jaringan akan terhubung  dengan menggunakan kabel tunggal sebagai media transmisinya.
  • Kabel tunggal berfungsi sebagai sebuah backbone dan menjadi sebuah jalur data
  • Pada tiap-tiap ujung kabel utama sendiri akan terhubung ke terminator untuk menghentikan sinyal dan supaya dapat menghindari tabrakan sinyal


Kelebihan dan Kekurangan Topologi Bus

Kelebihan 

Berbicara tentang kelebihannya memang cukup banyak. Sehingga, meskipun topologi bus ini dianggap merupakan teknologi lama, namun ternyata jenis topologi ini masih digunakan oleh beberapa orang. Apalagi memang dari segi instalasinya terbilang lebih sederhana dan mudah. Sehingga, banyak orang yang menggunakannya untuk perusahaan kecilnya. Berikut ini adalah kelebihan dari topologi bus, antara lain:
  1. Seperti yang diketahui, bahwa desain jaringan topologi ini seperti interior bus, sehingga layoutnya lebih sederhana. Tidak dibutuhkan banyak komponen dan kabel dalam pembuatannya, supaya dalam praktiknya jenis topologi ini lebih mudah dan murah. Anda bisa lebih menghemat biaya bila menggunakan topologi ini daripada topologi yang lainnya.
  2. Jenis topologi bus ini juga mudah dikembangkan. Bahkan, tidak akan mengganggu perangkat jaringan yang lain saat mengembangkan topologi ini. Kalaupun ada kerusakan di salah satu perangkat PC client, maka topologi ini tidak akan mempengaruhi perangkat client yang lainnya. Bahkan, ternyata dalam pembuatannya juga tidak butuh hardware, seperti hub atau switch.
  3. Dalam pemakaiannya topologi bus ini hemat kabel, karena media transmisinya hanya menggunakan kabel tunggal saja yang terpusat. Sehingga, tidak butuh banyak kabel dan lebih sederhana pemasangannya. Biaya yang murah dan lebih ringan daripada susunan topologi jaringan yang lainnya yang membuatnya populer di antara beberapa jaringan.

Kekurangan 

  • Jika terjadi gangguan pada salah satu perangkat komputer, maka untuk mendeteksi letak kesalahannya cukup sulit. Selain itu juga pada jaringan topologi star cenderung rumit dan membutuhkan penanganan dari ahlinya.
  • Semakin banyak perangkat komputer yang terhubung maka jalur lalu lintas transfer datanya juga akan semakin padat. Sehingga ketika laju transfer data terlalu tinggi, maka kinerja bus akan memburuk.
  • Jalur utama yang mengalami kerusakan atau eror maka akan menyebabkan seluruh perangkat lainnya rusak atau lumpuh.
  • Untuk memperkuat sinyal, harus menggunakan repeater.
  • Jika salah satu komputer client membutuhkan kecepatan akses data yang tinggi, maka akan mempengaruhi kecepatan akses data pada perangkat lainnya.
Disamping itu, jaringan topologi ini juga dianggap lebih sulit, sehingga membutuhkan penanganan khusus dari ahlinya. Semakin banyak komputer yang saling terhubung, hal ini bisa membuat jalur lalu lintas untuk proses transfer data semakin padat. Dengan begitu, kinerja topologi bus ini menjadi memburuk, karena laju transfer datanya dianggap terlalu tinggi.
Selain itu, ketika pada jalur utamanya sedang bermasalah atau error, ini akan membuat semua perangkat lainnya bisa lumpuh dan rusak seketika. Tak hanya itu saja, bila Anda ingin membuat sinyalnya semakin kuat, maka dibutuhkan bantuan repeater. Kalaupun ada salah satu client yang membutuhkan akses data yang cepat, itu bisa membuat kecepatan perangkat lainnya terpengaruh.
Maka dari itulah, bila dilihat dari segi kelebihan dan kekurangannya, maka diperlukan sebuah cara untuk mengoptimalkan kinerjanya agar lebih baik lagi. Caranya adalah, perhatikan dasar-dasar pengimplementasian topologi bus yang memakai DAP. DAP itu sendiri adalah sumber utama komputer yang akan mengirim data pertama kali ke jaringan. Jadi, itulah pengertian topologi bus dan cara mengoptimalkan kinerjanya.


Gambar topologi Bus


Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Topologi Bus, Fungsi, Ciri, Karakteristik, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangannya semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Penelusuran yang terkait dengan pengertian topologi bus
  • pengertian topologi bus kelebihan dan kekurangannya
  • fungsi topologi bus
  • pengertian topologi ring
  • pengertian topologi star
  • cara kerja topologi bus
  • kelebihan dan kekurangan topologi bus
  • topologi bus banyak digunakan di
  • pengertian topologi bus menurut para ahli ...

Post a Comment for "Pengertian Topologi Bus Meliputi Gambar, Cara kerja, Kelebihan dan Kekurangan [ LENGKAP ]"