Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Cahaya Meliputi Kecepatan, Sifat, Teori, Manfaat dan Gelombang Secara Lengkap

Pengertian Cahaya Dan Sifatnya Serta Contohnya

Pengertian Cahaya

Cahaya adalah energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380-750 nm. Jika dalam Fisika, Cahaya adalah radiasi gelombang elektromagnetik baik dengan panjang gelombang kasat mata ataupun tidak. Selain itu, cahaya merupakan paket partikel yang disebut dengan foton. Paket cahaya dikenal dengan spektrum lalu dipersepsikan secara visual oleh indera penglihatan sebagai warna. Bidan studi yang mempelajari tentang cahaya disebut dengan optika.

Berikut ini ada beberapa definisi dari cahaya.
  • WikipediaPengertian cahaya menurut wikipedia adalah energi berbentuk gelombang elektromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380-750 nm. Pada bidang fisika, cahaya adalah radiasi elektromagnetik baik dengan panjang gelombang kasat mata maupun yang tidak.
  • KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)Pengertian cahaya menurut KBBI adalah sinar atau terang (dari sesuatu yang bersinar seperti matahari, bulan, lampu) yang memungkinkan mata menangkap bayangan benda-benda di sekitarnya.

Sifat - Sifat Cahaya

Cahaya memiliki beberapa sifat, diantaranya seperti di bawah ini:
  • Cahaya merambat lurus
Untuk dapat membuktikan bahwa cahaya itu merambat lurus, itu dapat dilihat dari cahaya matahari yang masuk lewat celah-celah atau melalui jendela yang terdapat di rumah kamu. Dan jika kamu amati lampu kendaraan bermotor saat malam hari,cahaya lampu kendaraan bermotor tersebut merambat lurus. Banyak sekali kejadian-kejadian yang terjadi dalam kehidupan yang dapat membuktikan bahwa cahaya memiliki sifat yang dapat merambat lurus.
  • Cahaya dapat menembus benda bening
Sifat cahaya selanjutnya, cahaya dapat masuk ke dalam sebuah rumah melalui jendela yang memiliki kaca. Kaca jendela yang bening dapat ditembus oleh cahaya matahari, jika kaca jendela itu di tutup dengan menggunakan kain warna hitam maka cahaya tidak dapat menembus kaca jendela tersebut, peristiwa tersebut dapat membuktikan sifat dari cahaya yang dapat menembus benda bening.
Bukti cahaya dapat dibiaskan.
  • Cahaya dapat diuraikan
Penguraian cahaya (dispersi) yaitu merupakan penguraian cahaya putih menjadi cahaya yang mempunyai bermacam-macam warna. Misanya seperti pelangi, pelangi terjadi akibat dari cahaya matahari yang diuraikan oleh titik-titik air hujan, peristiwa tersebut dapat menunjukan bahwa cahaya dapat diuraikan.
  • Cahaya dapat dipantulkan
Sifat cahaya yang lainnya yaitu dapat di pantulkan, terdapat 2 jenis pemantulan cahaya diantaranya pemantulan baur dan pemantulan teratur. Pemantulan baur terjadi jika cahaya mengenai permukaan yang tidak rata, biasanya pemantulan ini sinar hasil pemantulannya tak beraturan. Dan pemantulan teratur terjadi jika cahaya mengenai permukaan yang rata, mengkilap atau licin seperti misalnya cahaya yang menganai cermin yang datar dan sinar hasil yang dipantulkannya memiliki arah yang teratur.

Dengan berdasarkan bentuk dari permukaan cermin ini dapat dibedakan menjadi 3 macam diantaranya: cermin datar, cembung dan cekung, berikut di bawah ini penjelasannya:

1. Cermin datar
Cermin datar ini merupakan cermin yang permukaannya tidak melengkung, seperti cermin yang digunakan oleh kita sehari-hari. Adapun sifat dari cermin datar ini diantaranya:
  1. Ukuran bayangannya sama dengan ukuran bendanya.
  2. Lalu jarak antara bayangan sama dengan jarak dari benda ker cermin tersebut.
  3. Penampakan bayangan berlawanan dengan benda, seperti contohnya jika kamu bercermin
  4. tangan kiri kamu pada bayangan di cermin akan menjadi tangan kanan.
  5. Bayangan pada cermin datar bersifat semu atau maya, maksudnya bayangan dapat kamu
  6. lihat tetapi tidak dapat ditangkap layar.
  7. Dan bayangan pada cermin datar tegak.
2. Cermin cembung
Cermin cembung merupakan sebuah cermin yang permukaannya itu melengkung kearah luar. Cermin ini biasanya digunakan pada kaca spion kendaraan. Bayangan dari cermin cembung ini memiliki sifat maya, tegak, diperkecil dari ukuran benda sesungguhnya.

3. Cermin cekung
Cermin cekung merupakan sebuah cermin yang permukaannya melengkung kea rah bagian dalam. Biasanya cermin ini digunakan yakni sebagai reflektor pada lampu mobil, lampu senter, serta juga pada sendok. Adapun sifat dari cermin cekung ini diantaranya:
  1. Bayangan benda pada cermin bersifat tegak, diperbesar dan juga maya.
  2. Dan jika benda jauh dari cermin cekung, maka bayangannya bersifat nyata dan juga terbalik.


Manfaat Cahaya

Cahaya ini memiliki manfaat atau juga kegunaan yang sangat besar bagi kehidupan yang terdapat di Bumi. Dibawah ini merupakan manfaat cahaya, diantaranya sebagai berikut :

Fungsi Optik

Tanpa adanya cahaya matahari, manusia akan kesulitan untuk melihat apapun. Hal tersebut dikarenakan tidak ada cahaya yang bisa dipantulkan objek yang dilihat sehingga tidak ada yang diinterpretasikan di sistem pengelihatan manusia yakni  mata.

Fotosintesis

Tumbuhan memanfaatkan cahaya matahari untuk dapat membuat makanannya sendiri yang disebut dengan proses fotosintesis. Sehingga meskipun tanpa diberi pupuk, tumbuhan itu dapat hidup serta juga tumbuh dengan sendirinya.

Foto Rontgen

di bidang kedokteran, gelombang cahaya matahari dimanfaatkan dalam foto rontgen atau juga sinar-X. Foto rontgen ini merupakan teknik pemeriksaan penunjang yang penting didalam mendiagnosa suatu penyakit dalam ilmu medis.

Pembangkit Listrik

fungsi cahaya yakni sebagai pembangkit listrik adalah pemanfaatan cahaya matahari (cahaya matahari diubah menjadi energi listrik) untuk dapat memasok daya listrik di satelit komunikasi dengan melalui sel surya. Panel surya tersebut akan mendapatkan energi listrik dari cahaya matahari dengan menempatkan panel surya yang dilengkapi dengan kontroler (mengupayakan matahari untuk selalu jatuh tegak lurus panel) dengan posisi statis menghadap matahari. Walaupun sebenarnya fungsi cahaya matahari ubu dapat digantikan oleh generator listrik, namun disebabkan efek polusi penggunaan generator listrik tinggi, maka penggunaan generator listrik ini tidak dianjurkan.

Lampu Kendaraan

Sifat cahaya yang selalu merambat lurus itu dimanfaatkan manusia dalam pembuatan lampu kendaraan bermotor. Sehingga pada waktu malam hari, kita bisa leluasa berkendara.

Peralatan Kaca

Sifat cahaya yang bisa menembus benda bening bisa dimanfaatkan orang untuk dapat membuat berbagai macam peralatan berbahan kaca bening seperti contohnya kacamata, akuarium, kaca mobil, termometer dan lain sebagainya.

Alat Optik

Sifat-sifat cahaya yang bisa dipantulkan serta juga dibiaskan menjadi prinsip dasar dalam pembuatan alat-alat optik untuk aktivitas/ kegiatan keilmuan seperti misalnya mikroskop, teleskop (teropong), lup (kaca pembesar), periskop, kamera dan lain sebagainya.

Pemanasan Ruangan

Pemanfaatan cahaya matahari didalam pemanasan ruangan terdiri dari beberapa teknik, diantaranya:
  1. Jendela
    Prinsip ini diterapkan dengan membuat lubang pada dinding untuk dapat meneruskan panas matahari dari luar masuk ke dalam bangunan. Untuk mendapatkan panas yang optimal maka pada jendela itu lebih baik dipasang dengan kaca ganda. walaupun ada juga jendela tanpa kaca yang banyakjuga digunakan.
  2. Dinding Trombe
    Dinding trombe merupakan dinding yang biasanya itu berupa kaca yang diluarnya itu terdapat ruangan sempit berisi udara. Pemanfaatan cahaya mataharinya yakni memberi panas pada permukaan luar ruangan, Setelah itu panas tersebut dengan secara perlahan dipindahkan kedalam ruangan sempit. Yang kemudian panas di dalam ruangan sempit itu akan dikonveksikan ke dalam bangunan dengan melalui saluran udara pada dinding trombe.



Demikianlah telah dijelaskan diatas tentang Pengertian Cahaya, Macam, Sifat & Contohnya (Bahas Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Cahaya
  • pengertian cahaya menurut para ahli
  • materi cahaya
  • pengertian cahaya pdf
  • teori cahaya
  • 8 sifat cahaya
  • cahaya sebagai gelombang
  • sifat cahaya pada cermin
  • cahaya sebagai partikel

Post a Comment for "Pengertian Cahaya Meliputi Kecepatan, Sifat, Teori, Manfaat dan Gelombang Secara Lengkap"